1. Resep

Resep Gado-Gado yang Enak dan Sehat. Ini Saladnya Indonesia!

Gado-gado merupakan hidangan khas Indonesia yang mirip seperti salad sayur, namun perbedaanya terletak pada sausnya. Hidangan ini sudah terkenal ke seluruh dunia. Perpaduan antara sayuran segar dan saus kacang, membuat rasanya nikmat dan sehat. Tentu saja, makanan ini sangat cocok menjadi pilihan menu bagi kalian yang vegetarian karena kaya akan sayuran dan tidak terdapat daging.

Berbagai macam sayuran yang biasa kalian gunakan seperti kacang panjang, tauge, wortel, dan daun singkong. Namun, biasanya masyarakat suka memvariasi sayuran sesuai dengan selera mereka. Sayur-sayuran tersebut nantinya akan direbus. Selain sayuran, gado-gado juga berisi tambahan seperti telur rebus, tahu, tempe, kentang, dan kerupuk.

Makanan ini juga sudah banyak yang menjualnya seperti pedagang kaki lima maupun rumah makan. Tak hanya masyarakat Indonesia yang menyukai gado-gado, namun orang luar negeri pun juga menyukai makanan ini dan menyebutnya sebagai “Indonesian Salad”. Saus kacang yang ada dalam gado-gado mempunyai cita rasa yang manis, gurih, dan sedikit pedas.

Hidangan gado-gado mempunyai kemiripan dengan makanan khas lainnya yang juga sama-sama menggunakan bumbu kacang yaitu seperti pecel, tipat khas Bali, ketoprak, dll. Bedanya, bumbu kacang yang pada gado-gado tidak menggunakan kencur.

Baca juga: 7 Resep Olahan Kikil Sapi yang Enak & Mudah untuk Kamu Coba

Asal Usul Gado-Gado

Daftar Isi

Hidangan gado-gado memang sudah terkenal ke seluruh Indonesia, banyak juga variasi untuk membuat makanan ini. Namun tahukah kamu jika makanan ini merupakan salah satu kuliner khas Betawi, loh! Kata gado-gado memiliki arti “bercampur” atau “dicampur aduk”. Makanan ini memang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Awalnya, gado-gado terbuat dari campuran sayuran mentah seperti kacang panjang, kentang rebus, tauge, dan mentimun yang dicampur dengan saus kacang pada bagian atasnya. Namun, seiring perjalanan waktu, sayuran yang digunakan untuk membuat gado-gado sudah semakin bervariasi seperti kol, wortel, labu siam, dan daun singkong.

Resep Gado-Gado

Untuk membuat gado-gado, Sobat Kuliner bisa membuatnya di rumah, loh! Pembuatannya cukup mudah dan bahannya pun juga mudah kalian temukan di pasar maupun supermarket. Penasaran cara membuat gado-gado? Simak bahan dan cara membuat gado-gado berikut ini.

Resep-Gado-Gado-Enak

Gado-Gado

Kuliner Kota
Course Main Course, Salad
Cuisine Indonesian
Servings 4 porsi

Ingredients
  

Bahan Utama

  • 200 gram kacang panjang, potong-potong
  • 150 gram tauge
  • 2 buah timun, iris tipis
  • 200 gram kol, iris tipis
  • 150 gram labu siam, iris tipis
  • 200 gram daun singkong, petik daunnya
  • 4 butir telur
  • 200 gram tahu
  • 200 gram tempe
  • 100 gram kerupuk udang

Bahan bumbu kacang

  • 200 gram kacang tanah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 2 sendok makan gula merah, iris tipis
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • Air secukupnya

Instructions
 

  • Siapkan sayuran, cuci hingga bersih, lalu rebus secara bergantian. Rebus terlebih dahulu wortel dan labu siam hingga setengah matang, baru tuang sayuran yang lainnya seperti kacang panjang, tauge, kol, dan daun singkong. Untuk timun tidak perlu direbus. Jika sudah matang, tiriskan.
  • Setelah itu, rebus telur hingga matang. Lalu belah telur menjadi dua bagian dan sisihkan.
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak, lalu goreng tahu dan tempe yang sudah dipotong. Jika sudah, bisa lanjutkan untuk menggoreng kerupuk udang.
  • Selanjutnya, untuk membuat bumbu saus kacang, sangrai terlebih dahulu kacang tanah yang sudah dicuci bersih dengan api kecil hingga kecoklatan.
  • Jika sudah, blender kacang, bawang putih, cabai, gula merah, garam, air asam jawa hingga halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit untuk mendapatkan tekstur yang kental.
  • Jika bahan sudah selesai disiapkan, maka siapkan piring dan tata sayur-sayur, tempe, tahu, dan juga telur. Lalu, siram dengan saus kacang di atasnya.
  • Gado-gado pun siap dihidangkan dengan kerupuk udang.

Baca juga: Mencoba Resep Bokkeumbap, Nasi Goreng Korea yang Hits!

Variasi Resep Gado-Gado

Gado-gado menjadi hidangan yang sangat fleksibel untuk dibuat dari segi bahan-bahan yang digunakan. Jadi, Sobat Kuliner dapat menyesuaikan dengan preferensi kalian sendiri ataupun kesediaan bahannya. Berikut ini beberapa variasi resep gado-gado yang bisa kalian ikuti.

  1. Gado-Gado Jawa Tradisional
    Untuk resep gado-gado Jawa, bisa kalian tambahkan dengan kentang rebus atau lontong sebagai sumber karbohidratnya dan beberapa tambahan sayuran seperti kubis, dan daun bawang.
  2. Gado-Gado Betawi
    Resep gado-gado betawi dapat kalian jadikan referensi dengan menambahkan sambal terasi atau petis sebagai saus tambahan yang menambah kenikmatan saus kacang.
  3. Gado-Gado Padang
    Masakan Padang memang terkenal dengan cita rasa yang kaya akan rempah-rempah. Untuk resep gado-gado khas Padang, kalian bisa menggunakan saus gulai sebagai alternatif saus kacang.
  4. Gado-Gado Seafood
    Gado-gado memang terkenal cocok untuk pilihan makanan vegetarian. Namun, untuk resep gado-gado seafood ini tidak cocok lagi untuk vegetarian karena ada tambahan seperti udang, cumi, atau ikan rebus sebagai variasi sumber protein selain telur, tempe, dan tahu.
  5. Gado-Gado Salad
    Resep gado-gado salad bisa kalian sajikan dengan menambahkan daun selada segar, irisan tomat cherry, dan biji wijen yang memberikan tekstur dan rasa yang berbeda.

Jumlah Kalori Gado-Gado

Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet pasti sangat memperhitungkan jumlah kalori dalam makanan. Jumlah kalori yang dihasilkan dari gado-gado mungkin dapat bervariasi tergantung dari jumlah dan jenis bahan yang kalian gunakan. Berikut ini perkiraan jumlah kalori gado-gado dalam satu porsi sekitar 250 gram:

  • Sayuran (kacang panjang, tauge, timun, kol, wortel, labu siam, daun singkong) yaitu 50-100 kalori
  • Telur rebus: 70-90 kalori
  • Tahu: 70-90 kalori
  • Tempe: 100-150 kalori
  • Kerupuk udang: 50-100 kalori
  • Saus kacang (200 gram kacang tanah, gula, garam, bawang putih, cabai, dan air asam jawa): 150-200 kalori

Kandungan kalori yang tinggi biasanya terkandung dalam kacang, apalagi jika membuatnya dengan cara menggoreng. Jadi untuk mengurangi jumlah kalori dalam saus kacang bisa menggunakan alternatif dengan cara menyangrainya.

Begitupun juga kerupuk udang yang pastinya mempunyai kalori yang tinggi karena melalui proses penggorengan dengan minyak. Untuk tempe dan tahu, kalian bisa mengolahnya dengan cara merebusnya.

Adapun alternatif lain untuk mengurangi jumlah kalori dalam hidangan gado-gado yaitu menggunakan air fryer atau mengganti minyaknya menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa yang lebih rendah kalori untuk menyajikan tahu dan tempe.

Baca juga: 2 Resep Cireng Anti Gagal dan Bikinnya Mudah ala Rumahan

Gado-gado menjadi hidangan yang lezat dan bergizi serta mudah untuk membuatnya. Dengan berbagai macam sumber karbohidrat dan protein terdapat pada makanan ini. Sobat Kuliner dapat menyesuaikan sayuran dan bumbu saus kacang yang kalian suka. Sekian pembahasan mengenai salah satu makanan khas Indonesia ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Gado-Gado yang Enak dan Sehat. Ini Saladnya Indonesia!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Recipe Rating




    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]