1. Kuliner

9 Makanan Khas Pontianak yang Unik, Wajib dicoba!

Terdapat Makanan khas Pontianak menjadi daya tarik kuliner yang wajib kamu coba, karena makanan khasnya sangatlah unik. Dari hidangan-hidangan khas yang meriah dengan rempah-rempah hingga jajanan tradisional yang menggoda selera, sehingga menjadikan makanan khas Pontianak sebagai petualangan kuliner yang tak boleh terlewatkan. Penasaran apa saja? Yuk simak artikel berikut ini.

Daftar 9 Makanan Khas Pontianak

1. Chai Kue

Chai-Kue-Makanan-khas-Pontianak
Sumber: IDNTimes

Makanan khas Pontianak yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dibentuk menjadi kulit yang sangat tipis, kemudian berisi dengan ragam tumisan sayur berbumbu ebi, seperti bengkuang, rebung, talas, kacang hijau, atau kucai. Sayur tersebut diserut atau diparut hingga halus, sehingga akan terasa lembut saat digigit.

Ciri khas chai kue yaitu menggunakan nampan yang disusun dalam baki dengan isian 15 hingga 50 potong kue. Makanan ini umumnya disajikan bersama dengan bawang putih goreng cincang dan saus asam manis yang membuat rasanya gurih dan nikmat.

Makanan ini mirip seperti pastel, namun bedanya pastel digoreng sedangkan chai kue dikukus sehingga menghasilkan tekstur kenyal dan lembut. Harga kue ini sangat murah, yaitu mulai dari Rp1.000 hingga Rp2.000 per kuenya.

2. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong Khas Pontianak
Sumber: gudangilmuku

Sotong pangkong terbuat dari bahan dasar cumi-cumi yang telah dikeringkan dengan cara menjemurnya, lalu dipanggang. Cumi-cumi yang telah matang dipipihkan menggunakan palu agar tidak alot saat menikmatinya.

Untuk menyantap makanan ini, biasanya menggunakan kuah sambal kacang atau sambal pedas manis sebagai cocolannya. Harga sotong pangkong bisa bervariasi tergantung lebar ukurannya, yaitu sekitar Rp15.000 hingga Rp70.000.

Baca juga: 10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik dan Lezat

3. Pengkang

Pengkang khas Pontianak
Sumber: tukang jalan jalan

Pengkang adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan atau beras pulut. Makanan ini sekilas memang mirip seperti lemper daerah Jawa, bedanya pengkang menggunakan isian udang kering atau ebi yang membuat cita rasanya unik dan gurih.

Pengolahan makanan ini dengan cara dipanggang sebelum menyajikannya. Untuk menikmati pengkang, kamu bisa menggunakan sambel pekah yang terbuat dari kerang yang hidup di mangrove. Paduan gurihnya pengkang dengan pedas manisnya sambal menjadi perpaduan yang sangat lezat. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan harga yang murah, yaitu mulai dari Rp8.000 per bungkusnya.

4. Lek Tau Suan

lek-tau-suan-khas-pontianak
Sumber: ksmtour

Lek tau suan merupakan makanan yang terbuat dari kacang hijau yang kulitnya sudah terkelupas dan dimasak dengan kuah kental bening yang terbuat dari tepung tapioka. Selain itu, kuahnya juga terdapat tambahan gula dan pandan sehingga menghasilkan aroma yang wangi. Untuk menikmati lek tau suan, biasanya bersama dengan potongan ca kwee goreng.

Makanan ini biasanya sangat nikmat disajikan saat masih hangat, apalagi saat cuaca dingin atau sedang hujan. Camilan yang satu ini kamu bisa dapatkan dengan harga murah, yaitu sekitar Rp8.000 per porsinya. Bagi kamu yang ingin mencoba makanan ini, bisa langsung datang ke kawasan Gajahmada Pontianak saat sore hingga malam hari.

5. Es Krim Angi

es-krim-petrus-khas-pontianak
Sumber: Siti Mustiani

Es krim Angi atau lebih dikenal dengan dengan nama es krim petrus merupakan desert yang disajikan sangat unik dengan menggunakan batok kelapa muda yang sudah terbelah dua. Terdapat 6 varian rasa, yaitu coklat, stroberi, cempedak, nangka, durian dan vanila.

Es krim ini juga punya isian yang terdapat pada bagian bawahnya yang terdiri dari kacang merah, rumput laut dan cincau. Pembuatan es krim ini yaitu manual atau homemade dengan menggunakan santan yang segar. Rasanya pun sangat segar dan nikmat, apalagi menikmatinya saat cuaca sedang panas. Kamu bisa membeli es krim ini dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp8.000 hingga Rp15.00 per porsinya tergantung besar porsinya.

6. Kiam ko Kwe

Kiam Ko Kwe makanan khas pontianak
Sumber: Instagram/@g_angelka

Kiam ko kwe adalah makanan khas Pontianak yang terbuat dari adonan tepung beras dan tepung kanji yang berbentuk kotak dengan isian taburan ayam cincang atau ebi pada bagian atasnya. Kamu bisa mendapatkan kue ini dengan pergi ke toko kue tradisional atau pedagang kaki lima. Rasanya yang unik dan teksturnya yang nikmat menjadikannya camilan yang satu ini banyak yang menyukainya. 

Baca juga: 5 Makanan Khas Singkawang yang Unik dan Wajib Dicoba!

7. Kue Kantong Semar

Kue Kantong Semar khas pontianak
Sumber: Pinterest

Kue kantong semar merupakan kue khas Pontianak yang terbuat dari adonan beras ketan dan kacang merah. Kue ini bernama kue kantong semar karena menggunakan tanaman kantong semar sebagai pembungkusnya. Proses pembuatan kue ini yaitu dengan cara mengukusnya. Kue ini punya tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Kamu bisa membeli kue ini dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp3.000 hingga Rp5.000 per buah nya.

8. Pisang Goreng Srikaya

Pisang Goreng Srikaya khas pontianak
Sumber: Cecilia Barutu

Pontianak punya makanan legendaris yaitu pisang goreng srikaya Warung Suka Hati yang telah berdiri sejak tahun 1972. Warung ini terkenal akan selai srikaya yang lembut dan juga nikmat, tak heran warung ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

Selain pisang goreng srikaya, kamu juga bisa memesan menu lain seperti keladi goreng, kopi panas, es kopi susu, dan juga menjual selai srikaya dalam bentuk cup. Harga satu pisang goreng srikaya bisa kamu dapatkan dengan hanya Rp7.000 saja.

9. Kue Bingke

kue bingke khas pontianak
Sumber: Leo Prima

Kue bingke merupakan makanan manis khas Pontianak yang terbuat dari bahan tepung beras, santan kelapa, telur, dan gula pasir. Pembuatan kue ini yaitu melalui 2 proses pemanggangan yaitu menggunakan kompor biasa dan oven.

Kue ini punya cita rasa khas yang manis dan memiliki bentuk seperti kelopak bunga. Kue bingke punya varian rasa yaitu bingke biasa dan bingke berendam. Bedanya, pengolahan bingke biasa dengan cara dipanggang, sedangkan bingke berendam dengan cara dikukus. Kue ini juga punya tambahan rasa lainnya, seperti coklat, keju, susu, kacang, dan durian.

 

Nah, itu tadi Sobat Kuliner, daftar 9 makanan khas Pontianak yang unik, lezat, dan pastinya wajib kamu coba jika berkunjung ke Pontianak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat mencoba makanan khas Pontianak!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Makanan Khas Pontianak yang Unik, Wajib dicoba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]