Resep Soto Ayam Paling Yummy, Sederhana dan Praktis

2 min read

Soto Ayam

Soto ayam menjadi salah satu makanan paling populer di Indonesia yang cocok untuk segala suasana. Oleh sebab itulah, kamu akan menemukan ragam soto ayam di penjuru kota, salah satu yang terkenal adalah soto ayam Lamongan. Bagi kamu penikmat olahan soto ayam dan ingin membuatnya sendiri maka resep soto ala Kuliner Kota ini bisa jadi pilihannya. Pastinya dengan bahan-bahan yang praktis namun menghasilkan cita rasa yang yummy dan juara.

 

Resep Soto Ayam

 

Bahan-Bahan Membuat Soto Ayam

 

  • 1 kg ayam yang sudah di cuci bersih lalu dipotong sesuai selera,
  • Bumbu Halus:
  • 10 Siung Bawang Putih,
  • 15 Merica atau bisa menggunakan merica halus,
  • 1 Ruas Kunyit,
  • 1 Ruas jahe,
  • 4 Kemiri,
  • Bumbu Pelengkap:
  • 4 Lembar daun jeruk,
  • Penyedap rasa secukupnya,
  • Daun seledri secukupnya,
  • Bawang Pre,

 

Resep Soto Ayam
Resep Soto Ayam, Foto oleh Cookpad Com

 

Cara Membuat Soto Ayam Praktis

 

  1. Haluskan aneka macam bumbu halus seperti bawang putih, merica, kunyit, jahe dan kemiri menggunakan blender atau ulekan,
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Jangan lupa tambahkan Bawang pre, masukkan bawang pre, sereh yang sudah digeprek dan 4 lembar daun jeruk,
  3. Selanjutnya, masukkan ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan. Lalu tumis kembali, jangan lupa tambahkan sedikit air serta bumbu penyedap,
  4. Tutup, dan tunggu kurang lebih 10 menit – 15 menit sampai daging ayam empuk,
  5. Selanjutnya tambahkan daun seledri,
  6. Terakhir tambahkan garam dan gula sesuai selera. Lalu tunggu sampai mendidih,
  7. Angkat dan sajikan bersama tambahan bawang goreng, telur rebus dan kentang goreng.

Bagaimana, mudah bukan resep soto ayam ala Kuliner Kota diatas? Selain mudah, pastinya juga nikmat dan segar. Resep diatas cocok dihidangkan sebagai menu makan siang untuk 3 – 4 porsi. Jangan lupa tambahkan nasi hangat biar lebih nikmat  dan bikin kenyang!

Untuk waktu memasak sendiri sekitar 30 menit sampai 40 menit saja. Jadi, cocok banget membuatnya saat pagi hari sebelum berangkat kerja. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp70.000 saja loh sobat Kuliner Kota! Terjangkau bukan?

 

Soto Ayam
Soto Ayam, Foto oleh Kumpulan Resep 07 Blogspot Com

 

Kadungan Gizi Sop Ayam

Dalam satu porsi sop ayam juga mengandung, 19,55g karbohidrat, 24,01 protein, 14,92g lemak serta aneka nutrisi lainnya. Jadi, kamu tidak usah khawatir berat badan akan bertambah jika mengkonsumsi soto ayam.

 

Tips Memasak Resep Sop Ayam

 

Tips, buat lebih cepat memasak resep soto ayam diatas, kamu rebus dulu ayam yang sudah dibersihkan di malam hari. Jadi, pastinya proses membuatnya lebih cepat dan kamu juga tidak perlu khawatir daging ayam masih merah dan kurang matang. Jadi, tertarik untuk mencoba mengkreasikan resep soto ayam diatas sobat Kuliner Kota?

 

 

 

Last Updated on November 19, 2020

Thanryganka Vinsha Pharausia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *