1. Oleh-Oleh Khas

9 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh-oleh khas Blitar berikut ini wajib kamu bawa pulang ke rumah, loh. Bukan hanya tempat wisata yang menjadi daya tarik Kota Blitar, namun berburu oleh-oleh menjadi hal wajib saat kamu sedang mengunjungi kota ini. Penasaran apa saja oleh-oleh khas Blitar? Yuk, simak artikel berikut ini!

Daftar Oleh-Oleh Khas Blitar

1. Coklat

Coklat oleh oleh khas blitar
Sumber: Travel Blog

Kota Blitar memang terkenal memiliki salah satu destinasi wisata populer yaitu kampung Coklat. Kamu bisa membawa oleh-oleh coklat khas Blitar dengan membelinya langsung disana atau di toko oleh-oleh. Bukan hanya dalam bentuk bubuk saja, namun ada berbagai macam olahan berbahan dasar coklat yang tersedia, seperti dodol, mie coklat, brownies, dan bermacam olahan lainnya yang bisa kamu pilih. 

Untuk varian rasanya sangat bervariasi, mulai dari original, jeruk, stroberi dan berbagai macam rasa lainnya. Jika ingin membawa coklat khas Blitar sebagai oleh-oleh, kamu bisa datang ke destinasi wisata Kampung Coklat. Harganya pun masih sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000 hingga Rp53.000 saja tergantung variannya.

2. Sambal Pecel

sambal pecel khas blitar
Sumber: Tokopedia

Jika kamu tidak bisa membawa pecel khas Blitar untuk keluarga di rumah maka sambal pecel yang satu ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk kamu bawa pulang. Sambal pecel punya daya tahan yang lama dan diolah dengan menggunakan campuran berbagai macam bumbu seperti kacang tanah, cabe merah, daun jeruk dan berbagai bumbu lainnya. Aroma dari daun jeruk yang khas, cita rasanya yang gurih, manis dan pedas bakal bikin kamu merasa makan pecel khas Blitar di kotanya langsung. 

Tertarik untuk membawa pulang sambal pecel khas Blitar yang satu ini? Kamu bisa datang ke kios sambal pecel “Ibu Hj. Suyati” Karangsari Kota Blitar. Harga untuk satu kemasannya bervariasi tergantung ukurannya, yaitu mulai dari Rp13.000 hingga Rp.30.000 saja. Tingkat kepedasannya pun juga bervariasi, ada yang tidak pedas hingga ekstra pedas.

3. Sagon

Sagon
Sumber: Bukalapak

Sagon merupakan salah satu oleh-oleh khas Blitar berbahan dasar kelapa parut dan tepung ketan yang bertekstur renyah dengan rasa legit dan gurih. Rasanya yang manis membuat kamu ketagihan untuk menyantapnya berulang kali. Tidak hanya itu, sagon juga awet dan tahan lama jadi cocok sebagai oleh-oleh. 

Camilan ini juga tersedia dalam berbagai varian kemasan, ada yang kemasan plastik kedap udara hingga kemasan box yang lebih aman dari guncangan. Jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh, kamu bisa datang ke pusat oleh-oleh Kota Blitar. Harga satu kemasan cemilan ini tidak mahal, yaitu mulai dari Rp10.000 saja tergantung ukuran kemasan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Dibeli!

4. Wajik Kletik

Wajik kletik
Sumber: Bukalapak

Wajik Kletik terbuat dari beras ketan dan gula kelapa yang menggunakan kulit jagung sebagai pembungkusnya, sehingga tampilannya terlihat unik dan menarik. Cita rasanya yang manis serta tahan lama membuat makanan yang satu ini selalu jadi oleh-oleh favorit. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, karena oleh-oleh ini tersedia di semua toko oleh-oleh Kota Blitar. Wajik Kletik tersedia dalam berbagai ukuran kemasan dan harganya masih cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp15.000.

5. Opak Gambir 

opak gambir
Sumber: yudhiagust

Opak Gambir terbuat dari santan, tepung ketan, kayu manis, telur dan berbagai bahan lainnya. Memiliki perpaduan cita rasa gurih dan manis bakal bikin kamu tidak berhenti ingin mengunyah saat menikmati makanan yang satu ini, apalagi menyantapnya sebagai teman minum teh atau kopi. Untuk mendapatkan oleh-oleh yang satu ini juga cukup mudah karena tersedia di semua pusat oleh-oleh Kota Blitar. Opak gambir tersedia dalam kemasan plastik berbagai ukuran, mulai dari 250 gram hingga 500 gram dengan harga cukup terjangkau, mulai dari Rp17.000.

6. Geti 

Geti khas blitar
Sumber: Salsa Wisata

Geti terbuat dari campuran kacang, gula merah, wijen dan berbagai bahan lainnya. Geti memiliki cita rasa manis, gurih, dan pastinya awet serta tahan lama. Oleh-oleh khas Blitar ini cocok sebagai teman minum kopi maupun teh saat sore hari yang bakal bikin semakin lengkap dan nikmat pastinya. Camilan ini mudah tersedia di berbagai pusat oleh-oleh dengan berbagai varian ukuran kemasan dan harga yang terjangkau, mulai dari Rp10.000 sampai Rp25.000 saja.

7. Teh Hitam

teh hitam khas blitar
Sumber: Shopee

Mau membawa pulang oleh-oleh yang awet dan menyehatkan? ken tea pilihannya. Ken tea merupakan teh hitam yang berasal dari kebun teh Sirah Kencono yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, aroma dan cita rasanya yang khas saat diseduh menjadi daya tarik dari teh yang satu ini. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, karena teh hitam premium ini sudah tersedia di semua pusat oleh-oleh Kota Blitar dalam kemasan box yang terjamin aman dengan harga hanya Rp15.000 per kemasan ukuran 100 gram.

Baca juga: 7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malang yang Terkenal dan Enak

8. Beras Cerdas

beras cerdas khas blitar
Sumber: beritasatu

Beras cerdas merupakan oleh-oleh Blitar berbahan dasar singkong yang dipercaya memiliki kandungan protein, susu, mocraf, vitamin, mineral dan berbagai kandungan lainnya yang setara dengan gizi beras pada umumnya. Beras Cerdas bisa menjadi alternatif pilihan untuk pengganti nasi dengan cita rasa yang pastinya nikmat. Untuk membawanya pulang kamu juga tidak perlu repot karena sudah tersedia dengan ukuran kemasan yang tidak terlalu besar. Kamu bisa datang ke toko oleh-oleh untuk membeli beras yang satu ini dengan harga mulai dari Rp10.000 saja.

9. Dodol Belimbing

dodol belimbing khas blitar
Sumber: blitarkota

Tidak hanya Kota Garut, Jawa Barat yang memiliki olahan dodol dengan cita rasa nikmat, Blitar juga punya oleh-oleh dodol belimbing yang tak kalah lezat. Blitar menjadi daerah penghasil belimbing yang cukup banyak, sehingga masyarakat mengolahnya menjadi makanan, salah satunya dodol belimbing. Memiliki cita rasa manis yang khas serta harganya yang terjangkau, tak heran jika dodol belimbing menjadi incaran oleh-oleh para wisatawan. Kamu dapat membelinya dengan datang langsung ke pusat oleh-oleh Blitar dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp13.000 saja.

 

Berbagai macam oleh-oleh khas Blitar di atas bisa jadi pilihan untuk kamu bawa pulang ke rumah. Tidak hanya melengkapi liburan, berburu berbagai oleh-oleh pastinya menjadi momen seru yang akan jadi kenangan yang tidak terlupakan. Jangan sampai kamu pulang dengan tangan kosong ya Sobat Kuliner! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Wajib Kamu Bawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]