1. Oleh-Oleh Khas

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malang yang Terkenal dan Enak

Membeli oleh-oleh khas Malang menjadi pilihan yang tidak boleh terlewatkan jika kamu berkunjung ke Malang. Selain menawarkan berbagai wisata alamnya yang menarik dan sangat indah, kota ini juga menjadi pusat kuliner serta oleh-oleh yang menarik untuk kamu coba.

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa oleh-oleh khas Malang hanya terkenal akan apelnya, namun ternyata banyak sekali pilihan yang tersedia jika berkunjung ke pusat oleh-oleh. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Daftar 7 Oleh-Oleh Khas Malang yang Terkenal dan Enak

1. Bakso Malang Frozen

Bakso Frozen Khas Malang
Sumber: salsa wisata

Bakso Malang memang sudah terkenal dengan cita rasanya yang berbeda dengan bakso lainnya. Tak heran, banyak orang yang menyukai bakso ini dan menjadi kuliner yang terkenal di Malang. Namun, tak perlu khawatir lagi, sekarang kamu bisa membeli bakso Malang dalam bentuk frozen untuk kamu nikmati di rumah.

Kamu bisa membelinya di salah satu warung bakso terkenal yaitu Warung Bakso President yang berlokasi di Jl. Batanghari daerah Klojen. Selain menyediakan bakso frozen, mereka juga menyediakan kemasan bumbu untuk kuah baksonya sehingga lebih praktis. Bakso frozen ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp21.000 untuk kemasan 500 gram.

2. Apel Malang

Apel Malang oleh oleh khas malang
Sumber: salsa wisata

Saking banyaknya perkebunan apel di Malang, menjadikannya salah satu wisata yang paling ramai saat musim liburan tiba. Tak heran jika Malang terkenal dengan julukan sebagai “Kota Apel”.

Jika kamu ingin membeli apel malang, biasanya harganya akan lebih murah jika membelinya langsung di kawasan agrowisata daripada tempat lainnya. Selain itu, kamu bisa memetik langsung apel Malang dari pohonnya dan bisa dibawa pulang atau langsung menikmatinya.

Namun, jika tidak sempat untuk berkunjung ke kawasan perkebunan apel, kamu tetap bisa membelinya di toko-toko buah pinggir jalan. Harga yang ditawarkan untuk per kilo biasanya mencapai Rp33.000.

Terdapat dua jenis apel Malang, yang paling terkenal yaitu apel manalagi dengan bentuknya yang bulat dan berwarna hijau, serta punya rasa yang manis segar. Jenis lainnya yaitu apel ana yang berbentuk sedikit lonjong dan punya warna yang sedikit merah di sekitarnya, serta rasanya sedikit asam.

Baca juga: 32 Makanan Khas Malang yang Terkenal Enak Menggoyang Lidah

3. Malang Strudel

strudel malang oleh oleh khas malang
Sumber: Malang Strudel

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa oleh-oleh khas Malang yang terkenal dan sudah ada sejak tahun 2014 ini ternyata milik seorang artis yaitu Teuku Wisnu. Sebenarnya, strudel merupakan kue khas Jerman dengan isian buah atau sayuran. 

Namun, strudel Malang sudah disesuaikan dengan citarasa lokal yaitu dengan isian buah-buahan seperti ada rasa apel, pisang, nanas, nangka, dan buah lainnya. Strudel juga punya tipe yang berbeda, seperti strudel original, strudel O, toasted strudel, dan strudel premium.

Jika kamu ingin membelinya, sudah banyak cabang strudel Malang yang telah buka di sekitaran Kota Malang. Kamu bisa mencari lokasi yang terdekat dengan mu menggunakan google maps. Harga untuk satu kota strudel mulai dari Rp48.000 hingga Rp75.000 tergantung jenis dan isiannya.

4. Lapis Malang

kue lapis malang
Sumber: okezone

Kue lapis Malang menjadi pelopor kue lapis dari beragam kue lapis yang ada di Indonesia. Namun, masih banyak orang yang tidak bisa membedakan kue lapis khas Malang dengan kue lapis Surabaya atau Solo.

Kalau lapis Malang hanya terdiri dari 2 lapisan saja yaitu kuning dan coklat, tergantung dari rasa dan variannya. Kue ini punya berbagai varian rasa mulai dari original, pandan, keju, choco holic, choco peanut, lapis bakar, dan masih banyak lagi. Harga untuk kue lapis Malang cukup terjangkau mulai dari Rp25.000 per kotak saja.

5. Keripik Buah

keripik buah khas malang
Sumber: Instagram/@kripik_malang

Selain buah segar, Malang juga terkenal akan olahan keripik buahnya yang enak. Hampir setiap buah dapat dibuat menjadi keripik dengan rasa yang berbeda, mulai dari nangka, salak, apel, rambutan, kelengkeng, hingga semangka. Keripik buah bisa bertahan lebih lama daripada buah aslinya, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Untuk membeli keripik buah tidaklah sulit untuk mendapatkannya karena dapat kamu temukan di hampir semua toko oleh-oleh di Malang atau toko buah terdekat. Untuk ukuran satu bungkus keripik buah yang kecil, harganya mulai dari Rp8.000,00 hingga ukuran besar mulai dari Rp25.000

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Bakso Enak di Kota Malang

6. Pia Mangkok Malang

pia mangkok oleh oleh khas malang
Sumber: piamangkok

Selain Jogja, Malang juga punya oleh-oleh bakpia yang terkenal yaitu pia mangkok. Makanan ini dapat bertahan selama dua minggu setelah masa produksi, jadi kamu harus membelinya saat dekat waktu pulang. Beberapa rasa yang tersedia yaitu kacang hijau, keju, durian, coklat, dan masih banyak varian lainnya. Harga pia mangkok mulai dari Rp20.000, tergantung seberapa banyak isinya. Kamu bisa langsung membeli ke tokonya yang berlokasi di Jl. Semeru 25, Klojen, Malang.

7. Olahan Telo

Repoeblik Telo khas malang
Sumber: salsa wisata

Jika kamu ingin membawa oleh-oleh yang unik, olahan telo yang satu ini bisa jadi pilihan untuk kamu bawa pulang. Repoeblik Telo menjual berbagai macam olahan telo atau ubi jalar yang diolah menjadi bakpao, pizza, nugget, kue, keripik, hingga es krim.

Ubi jalar yang digunakan salah satunya yaitu ubi ungu. Selain warnanya yang menarik, ubi ungu juga punya rasa lebih manis daripada ubi biasa. Kamu bisa membeli olahan dari telo dengan harga mulai dari Rp3.000 yang berlokasi di Jl. Raya Purwodadi No.1 Lawang.

Baca juga: 8 Cafe di Batu Malang Dengan Nuansa Alam Indah, Pasti Betah!

 

Nah, itu tadi 7 rekomendasi oleh-oleh khas Malang yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga ataupun teman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat yaa, Sobat Kuliner!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malang yang Terkenal dan Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]