Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

17+ Oleh-Oleh Khas Malang, Terkenal Enak dan Murah oleh Wisatawan

6 min read

Taro Strudel

Berlibur ke Kota Malang memang banyak tujuan wisata, maupun kuliner yang bisa kita datangi dan cicipi. Namun tak lengkap rasanya jika ke Kota Malang tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Malang surganya kuliner murah dan enak, pastinya oleh-oleh khas Malang juga tidak kalah nikmat dan akan selalu bikin anda kangen kota ini. 

Kuliner Kota telah merangkum 18 oleh-oleh khas Malang yang wajib anda bawa pulang. Tidak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, oleh-oleh khas Malang ini pastinya juga bakal bikin kamu ingat terus kenangan saat berada di Kota Malang. Berikut daftar 18 oleh-oleh khas Kota Malang:

1. Keripik Tempe

Jika saat berada di Malang anda sudah mencicipi kuliner khas Mendol Tempe, untuk oleh-oleh anda wajib membawa pulang Keripik Tempe. Salah satu buah tangan khas Malang yang berbahan dasar tempe dengan cita rasa gurih dan lezat yang bisa bikin anda ketagihan. Keripik Tempe memiliki bermacam varian rasa seperti original, balado, barbeque, ayam bakar dan bermacam rasa lain. Cocok menjadi camilan untuk keluarga di rumah!

Keripik Tempe khas Malang
Keripik Tempe Malang, Foto oleh Beritagar Id

Jika ingin merasakan pengalaman membeli Keripik Tempe yang berbeda, anda bisa datang ke Kampung Sanan yang terletak di Kecamatan Belimbing. Kampung Sanan dikenal sebagai sentra penghasil Keripik Tempe di Kota Malang. Hampir semua warga di sini memiliki bidang usaha tak jauh dari produksi Keripik Tempe, mulai dari pemasok tempe, pengiris tempe, sampai pembungkus Keripik Tempe. Nikmat, murah, dan pastinya juga awet sampai sekitar satu minggu. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa oleh-oleh khas Malang ini untuk keluarga di rumah ya.

2. Malang Strudel

Jika kota-kota lain memiliki kue kekinian, Malang juga punya oleh-oleh khas yang kekinian, Malang Strudel namanya. Strudel merupakan pastry atau kue berlapis dengan isian aneka buah seperti apel, stroberi, mix fruit dan berbagai pilihan rasa lainnya. Penasaran bagaimana rasanya?

Malang Strudel Oleh-oleh khas Malang
Malang Strudel Malang, Foto oleh Pinteres Com

Untuk menjawab rasa penasaran anda langsung saja datang ke Malang Strudel yang berlokasi di Jalan Ardimulyo No. 14, Singosari atau ke kios-kios Strudel yang dekat dengan penginapan anda. Tak ada alasan untuk tidak membawa pulang oleh-oleh khas Malang ini.

3. Apel Malang

Kota Malang memang selalu identik dengan buah apel. Tak heran jika Apel Malang menjadi Primadona oleh-oleh khas Malang. Letak geografis Kota Malang yang berada di sekitar Gunung Arjuno menjadikan bermacam varietas buah Apel bisa tumbuh subur di Kota ini, khususnya di Bumiaji, Batu.

Apel Malang khas Malang
Apel Malang Malang, Foto oleh Kompas Id

Ada dua jenis apel Malang yang populer yaitu Apel Manalagi dan Apel Ana. Apel Manalagi berbentuk bulat dengan warna hijau dan rasanya manis segar. Berbeda dengan Apel Ana yang berbentuk sedikit lonjong dengan semburat warna merah dan rasanya lebih asam. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Malang ini anda bisa membelinya di kawasan agrowisata, pasar, dan juga pedagang buah pinggir jalan. Jangan lupa menawar ya! Agar bisa mendapat harga yang lebih terjangkau dan bisa membawa lebih banyak Apel Malang.

4. Keripik Buah

Kota Malang juga tidak hanya dikenal dengan oleh-oleh Kripik Tempenya yang gurih dan nikmat. Ada olahan keripik yang tak kalah lezat dari Keripik Tempe, yaitu Keripik Buah. Kota Malang memang memiliki tanah yang subur, tak heran jika banyak orang membudidayakan beragam buah-buahan. Sehingga, saat panen tiba, agar bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama, diolah lah buah tersebut menjadi keripik buah dengan cita rasa yang nikmat dan lebih awet.

Keripik Apel Oleh-oleh khas Malang
Keripik Apel Malang, Foto oleh Out bounddi Malang Com

Anda bisa mendapatkan berbagai varian Keripik Buah pada semua Pusat Oleh-Oleh di Kota Malang. Tertarik untuk mencoba keunikan makan buah dalam bentuk keripik? Rasanya tak kalah nikmat dari buah yang dinikmati secara langsung. Bikin nagih dan nggak mau berhenti ngunyah.

5. Pia Mangkok

Tidak hanya Kota Jogja saja yang punya oleh-oleh khas Pia. Kota Malang juga punya oleh-oleh khas Pia yang tidak kalah nikmatnya, Pia Mangkok namanya. Olahan Pia yang memiliki tekstur kulit lebih kering dan renyah, namun saat anda menggigitnya anda akan menemukan sensasi rasa lembut di dalamnya. Pia Mangkok  memiliki varian isian seperti keju, durian, coklat, tangkwe dan berbagai varian lain yang bisa anda pilih sesuai selera.

Pia Mangkok Malang
Pia Mangkok Malang, Foto oleh Pia Mangkok Com

Pia Mangkok mampu bertahan hingga 2 minggu dari masa produksi. Jadi, sebaiknya saat membeli mintalah Pia Mangkok yang baru diproduksi di hari tersebut. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Malang satu ini di Jalan Semeru No. 25, Kota Malang. Tertarik membawa buah tangan ini untuk keluarga di rumah?

6. Sari Apel

Ada cara lain membawa oleh-oleh apel khas Kota Malang, yaitu dengan membelinya dalam bentuk sari buah. Sari Apel terbuat dari Apel yang terlebih dahulu dicuci dan dibuang bijinya. Lalu, dimasukan ke mesin peras yang akan memisahkan sari buah dari ampasnya. Jenis Apel yang biasa digunakan adalah Apel Rome Beauty dan Apel Manalagi. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Sari Apel di semua pusat oleh-oleh di Kota Malang. Tertarik untuk membawa oleh-oleh Apel dengan cara yang berbeda?

Sari Apel Oleh-oleh Malang
Sari Apel Malang, Foto oleh IG @ Hasil Bumi

7. Keripik Ceker

Malang memang surganya olahan keripik, ada satu lagi olahan keripik yang bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Keripik Ceker, olahan keripik yang terbuat dari ceker renyah dengan cita rasa yang gurih dan nikmat. Keripik Ceker juga dipercaya mengandung banyak kebaikan bagi tubuh seperti asam amino, kolagen, dan kalsium.

Keripik Ceker Oleh-oleh Malang
Keripik Ceker Malang, Foto oleh IG @ Bitty Bites07

Tertarik untuk mencoba oleh-oleh khas Malang yang unik ini? Dijamin anda bakal ketagihan dan ingin datang lagi.

8. Coklat Tempe

Di kota Malang, tempe tidak hanya bisa diolah menjadi panganan khas Mendol Tempe dan Keripik Tempe saja. Ada satu lagi olahan Tempe yang unik dengan cita rasa yang nikmat, Coklat Tempe. Terbuat dari perpaduan manisnya coklat dan gurihnya tempe membuat cita rasa yang unik dan menarik yang bisa bikin anda ketagihan. Ada sekitar lima varian rasa Coklat Tempe yaitu milk, coklat, pedas, apel dan stroberi.

Coklat Tempe Malang
Coklat Tempe Malang, Foto oleh IG @ Bamsari

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Malang yang satu ini datanglah ke Jalan Danau Laut Tawar F1/F19, Sawojajar Kedungkandang, Malang. Jangan hanya membayangkan rasanya saja ya, tapi rasakan juga sensasi unik dan nikmatnya oleh-oleh panganan khas satu ini.

9. Ledre Pisang

Oleh-oleh Kota Malang memang tak jauh-jauh dari berbagai buah. Kali ini ada salah satu oleh-oleh khas Malang yang berasal dari buah pisang. Ledre Pisang terbuat dari buah pisang dengan teksturnya yang renyah dan kering. Aroma pisang yang khas juga membuat oleh-oleh Malang ini sangat menggugah selera. 

Ledre Pisang Malang
Ledre PIsang Malang, Foto oleh Go Travelly Com

Salah satu tempat membeli Ledre Pisang paling terkenal di Kota Malang yaitu Ledre Pisang Bangka di Jalan Bangka No. 20-22, Malang. Tertarik untuk membawa pulang oleh-oleh buah khas Malang selain buah apel? Ledre Pisang ini bisa menjadi pilihannya.

10. Jenang Apel

Kota Malang memang terkenal sebagai surganya buah apel, kali ini ada varian oleh-oleh yang berasal dari buah apel yaitu Jenang Apel. Oleh-oleh khas satu ini diolah dari sari pati apel atau disebut bubur apel. Namun ada juga yang menambahkan ketela atau labu di dalam jenang tersebut agar semakin terasa lezat dan nikmat.

Jenang Apel Malang
Jenang Apel Malang, Foto oleh Jenang Apel Blogspot Com

Jenang Apel ini kaya akan kandungan gizi karena terbuat dari buah apel asli di dalamnya. Oleh-oleh khas Malang ini bisa bertahan selama 3 bulan. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

11. Keripik kentang macan

Keripik Kentang
Keripik Kentang, Foto oleh Shopee Com

Keripik kentang cap macan ini memiliki rasa yang berbeda dengan keripik kentang pada umumnya. Bahan utamanya bukan dari kentang, melainkan dari umbi-umbian bernama gadung. Bagi yang sudah familiar dengan gadung, pasti sudah mengetahui jika sebenarnya gadung ini mengandung racun. Namun, jangan khawatir, karena pembuatan kripik ini melalui proses yang lama dan cukup rumit, sehingga racun dalam umbi bisa hilang.

12. Aneka Olahan Telo

Olahan Telo
Olahan Telo, Foto oleh Nahwatravel Com

Selain ikonik dengan oleh-olehnya berupa buah apel, ternyata Malang memiliki banyak buah dan olahan lainnya. Salah satunya telo atau yang biasa disebut ubi. Selain keripik dan kentang macan, kini kamu bisa mencicipi berbagai olahan telo. Telo yang dijadikan bahan utama disini adalah jenis ubi ungu, kemudian diolah menjadi aneka jajanan seperti es krim, keripik, pizza, bakpao, hingga nugget. Jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan jajanan ini di pusat oleh-oleh kota Malang seperti di Jalan raya Purwodadi No. 1 Lawang.

13. Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu Klanceng, Foto oleh Telusurindonesia Com

Seperti yang diketahui, madu memang memberikan banyak khasiat yang luar biasa. Jika kamu berkunjung ke Malang, jangan lupa membawa oleh-oleh madu klanceng ini. Satu botol madu ini dibandrol mulai Rp130.00 hingga Rp 150.000. Jangan anggap mahal dulu ya, karena harga ini sebanding dengan khasiat yang dihasilkan.

14. Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo
Keramik Dinoyo, Foto oleh Republika Com

Jika kamu penggemar barang unik, kamu bisa membawa kerajinan yang satu ini untuk hiasan ruangan rumah kamu. Keramik ini adalah keramik khas Malang yang bernama keramik Dinoyo. Ada banyak macam bentuk dari keramik ini, mulai dari piring, guci, vas bunga hingga aneka hiasan dinding sebagai pelengkap interior rumah kamu. Kamu bisa menjumpai keramik ini di kawasan Jalan MT Haryono, disana banyak berjejer toko keramik Dinoyo.

15. Bakpao Sayang

Bakpao Sayang
Bakpao Sayang, Foto oleh WordPress Com

Pastinya sobat Kuliner Kota sudah tidak asing lagi dengan jajanan bakpao. Tapi bakpao kali ini berbeda, tekstur kulitnya lembut tidak beremah seperti kulit bakpao pada umumnya. Warna kulitnya putih kekuningan, yang menandakan bakpao ini tidak menggunakan pewarna pemutih. Bakpao ini terdapat bermacam-macam isi, seperti : kacang hijau, kacang merah, kacang hitam, stroberi, blueberry, srikaya, nanas, dan coklat. Kamu dapat menemukan bakpao ini di tempat oleh-oleh khas Malang Bakpao Sayang di Jl. Raya Langsep No. 11 Malang.

Baca Juga: Tempat Makan di Malang

16. Bakso Frozen

Bakso Frozen
Bakso Frozen, Foto oleh Shopee Com

Kuliner bakso di kota Malang memang sangat terkenal. Lalu bagaimana jika ingin mencicipinya saat sudah kembali ke kota asal? Tidak perlu khawatir, pasalnya saat ini sudah ada yang menjual Frozen Bakso. Bakso beku ini dapat bertahan hingga sebulan jika disimpan dalam lemari es. Jika kamu ingin mendapatkan lengkap dengan bumbu kuahnya, datangi saja bakso President. Dengan begitu kamu bisa tetap menikmati Bakso khas Malang dengan keluarga saat dirumah.

17. Queen Apple

Queen Apple
Queen Apple, Foto oleh Youtube Com

Queen Apple juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Malang yang berbahan dasar apel. toko kue Queen Apple ini didirikan oleh Farah Quinn, dimana disini menu yang ditonjolkan adalah bolu dan strudel. Variannya yang dipasarkan juga cukup banyak. Untuk menu bolunya terdiri dari cheese, chocolate, vanilla, mango, durian, cinnamon, nangka, dan juga nanas. Untuk rasanya tidak perlu ditanyakan lagi, sudah pasti memiliki cita rasa yang menggugah selera karena dibuat oleh salah satu chef terkenal. 

18. Carang Mas

Carang Mas
Carang Mas, Foto oleh Dictio Id

Makanan berbahan dasar apel ini awalnya merupakan usaha rumahan yang terletak di Pujon. Carang Mas ini mulai dirintis pada tahun 2011 hingga sekarang. Proses pembuatannya diawali dengan mengupas apel lalu diserut memanjang. Kemudian serutan tersebut dicampur dengan tepung dan gula. Selanjutnya digoreng hingga berwarna keemasan, untuk proses menggorengnya dibutuhkan orang yang sudah ahli agar kematangan Carang Mas sempurna sehingga menciptakan kelezatan yang tiada tara.

Berkunjung ke Kota Malang memang sangat mengasyikan, tetapi jangan sampai lupa keluarga di rumah yang menunggu anda pulang. Bawakan oleh-oleh khas Malang agar orang di rumah juga merasakan nikmatnya berlibur di Kota Malang. Jangan lupa kembali lagi, karena Kota Malang punya berbagai cerita manis yang akan membuatmu ingin terus datang lagi.

Last Updated on September 23, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

One Reply to “17+ Oleh-Oleh Khas Malang, Terkenal Enak dan Murah oleh…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *