1. Kuliner

12 Makanan Tradisional Banten yang Wajib Kamu Coba!

n yang satBanten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, semuanya memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Dalam artikel ini, akan membahas mengenai 12 makanan tradisional Banten yang wajib kamu coba. Makanan-makanan ini memiliki sejarah dan cita rasa yang unik, sehingga sangat cocok untuk kamu nikmati jika berkunjung kesana. Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Daftar 12 Makanan Tradisional Banten:

1. Sate Bandeng

sate bandeng khas banten
Sumber: Banten News

Makanan khas Banten yang satu ini menjadi kuliner yang paling populer. Sate ini terbuat dari olahan ikan bandeng yang memiliki tekstur halus dan menggunakan campuran berbagai bumbu-bumbu rempah. Mempunyai cita rasa yang gurih dan lezat, serta tekstur yang lembut membuat sate ini menjadi incaran para wisatawan. Sate bandeng dimasak dengan cara dibakar dan dapat disajikan dengan sambal beserta lalapan pelengkap.

2. Ketan Bintul

ketan bintul
Sumber: instagram/lina_dharmaputra

Ketan bintul merupakan camilan tradisional Banten yang terbuat dari beras ketan putih dan taburan serundeng. Beras ketan putih yang dicampur dengan santan terlebih dahulu dikukus hingga matang. Kemudian, untuk taburan serundeng yaitu terbuat dari kelapa yang disangrai dengan bumbu-bumbu. Memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal menciptakan perpaduan yang unik. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup. Kamu bisa beli ketan bintul di pasar tradisional.

3. Rabeg

rabeg khas banten
Sumber: Banten Travel

Rabeg merupakan salah satu makanan tradisional Banten yang cukup populer. Makanan ini sekilas mirip seperti semur atau tengkleng. Rabeg terbuat dari olahan daging sapi atau kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang diberi sedikit kuah. Memiliki cita rasa yang gurih dan pedas membuat makanan yang satu ini disukai oleh masyarakat. Kamu bisa mencoba makanan yang satu ini di restoran atau warung makan kaki lima.

4. Sambal Buroq

Sambel Buroq Khas Banten
Sumber: gudangilmuku

Makanan yang satu ini terkenal dengan cita rasa yang pedas, yaitu sambal buroq. Sambal ini terbilang cukup unik karena terbuat dari campuran kulit melinjo, teri, dan cabe merah. Kamu bisa menikmati sambal buroq dengan hidangan ikan bakar, ayam goreng, atau lauk lainnya. Sambal ini sudah tersedia di beberapa rumah makan sebagai menu pelengkapnya.

5. Kue Pasung

kue pasung khas banten
Sumber: iNews

Kue pasung adalah salah satu jajanan khas Banten yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan. Memiliki bentuk yang unik, jajanan yang satu ini dicetak menggunakan daun pisang dengan bentuk menyerupai corong. Kue ini punya cita rasa yang manis dari gula merah dan tekstur yang lembut. Biasanya, jajanan khas Banten ini disajikan saat acara-acara khusus, seperti pernikahan, khitanan, dan perayaan keagamaan lainnya. Namun, kamu bisa membelinya di pasar tradisional atau penjual kue-kue tradisional.

 

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Khas Serang yang Wajib Kalian Coba!

6. Gerem Asem

gerem asem khas banten
Sumber: pintrest

Gerem asem merupakan makanan yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Banten. Makanan ini terbuat dari daging ayam atau bebek yang dimasak dengan kuah bumbu kuning. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan asam yang menyegarkan. Penyajian gerem asem biasanya menggunakan irisan tomat, bawang merah, dan daun kemangi. Makanan ini cocok kamu nikmati sebagai hidangan utama dan pendamping nasi putih. 

7. Sate Bebek

sate bebek
Sumber: Tribun Jabar

Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging ayam atau kambing, sate khas Banten yang satu ini terbuat dari daging bebek. Memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, membuat sate ini menjadi incaran oleh banyak wisatawan. Meskipun daging bebek terkenal alot, namun sate bebek yang satu ini justru punya tekstur yang lembut dan empuk. Bumbu sate ini juga menggunakan campuran bumbu yang khas sehingga membuat rasanya semakin nikmat.

8. Sayur Besan

Sayur Besan khas banten
Sumber: Grid

Sayur besan terbuat dari campuran bahan, seperti terubuk (bunga tebu), pete, kentang dan bihun. Adapun, bahan tambahan yang biasanya terdapat pada sayur besan yaitu buncis, wortel, labu siam, ebi, dan udang kering. Memiliki cita rasa yang khas dengan kuah kuning yang terbuat dari kunyit membuat rasanya semakin nikmat. Makanan ini cocok kamu nikmati sebagai pendamping nasi. Biasanya, sayur besan dapat kamu temui di daerah Kota Tangerang.

9. Pecak Bandeng

pecak bandeng khas banten
Sumber: cookpad

Pecak Bandeng adalah makanan khas Banten yang terbuat dari ikan bandeng. Penyajian hidangan ini menggunakan  bumbu pecak yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan gula. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan asam yang menyegarkan. Pecak bandeng biasanya menjadi hidangan utama pendamping nasi.

10. Kue Cucur

kue cucur khas serang banten
Sumber: senengpiknik

Kue cucur merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan air. Kue ini memiliki bentuk yang unik, yaitu pipih dan lebar. Penyajian kue cucur biasanya terdapat tambahan taburan gula pasir atau gula merah. Kue ini juga bisa kamu nikmati dengan kuah gula merah atau saus santan. Kue cucur cocok sebagai camilan atau hidangan penutup saat bersantai dan bisa kamu hidangkan saat ada acara-acara kumpul.

 

Baca juga: 34 Makanan Khas Sunda Populer yang Bikin Kamu Ketagihan

11. Kue Jojorong

kue jojorong khas banten
Sumber: KSMTour

Kue jojorang merupakan kue tradisional Banten khususnya dari daerah Pandeglang yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Adonan kue ini menggunakan daun pisang sebagai bungkusannya yang berbentuk seperti mangkuk dan terdapat tambahan gula aren sebagai pelengkap. Rasanya yang manis dan gurih serta teksturnya yang legit menjadi ciri khas kue ini. Kamu bisa membeli kue jojorang di pasar tradisional yang menjual berbagai macam kue-kue. 

12. Opak

kerupuk opak
Sumber: travel okezone

Selain hidangan utama dan jajanan tradisional, Banten juga punya makanan ringan kerupuk yang jadi favorit banyak orang, yaitu kerupuk opak. Terbuat dari tepung beras atau singkong yang ditumbuk hingga adonan halus dan dibentuk menjadi lembaran tipis lalu dijemur dan dipanggang hingga menghasilkan tekstur yang renyah. Opak cocok untuk kamu jadikan cemilan sambil minum teh atau kopi.

 

Nah, itu tadi 12 rekomendasi makanan tradisional Banten yang bisa kamu coba jika berkunjung kesana. Mulai dari hidangan utama hingga jajanan tradisional yang punya sejarah dan ciri khasnya. Semoga artikel ini dapat membantu, yaa! Selamat mencoba kuliner khas Banten, Sobat Kuliner.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Makanan Tradisional Banten yang Wajib Kamu Coba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending