1. Oleh-Oleh Khas

9 Oleh-Oleh Khas Gorontalo yang Menarik Untuk Dicoba

Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian utara Sulawesi yang kaya akan budaya dan tradisi. Gorontalo terkenal sebagai destinasi dengan keindahan alam yang memukau, provinsi ini juga tidak kalah menariknya dalam hal kuliner khas yang unik dan menggoda, serta memiliki beragam oleh-oleh khas yang menarik untuk dicoba. 

Oleh-oleh khas Gorontalo ini tidak hanya lezat, namun juga mencerminkan kekayaan budayanya. Penasaran apa saja oleh oleh khasnya? Simak penjelasan berikut ini.

Keripik Kasubi Pahangga

Daftar Isi

Keripik-Kasubi-Pahangga-oleh-oleh-khas-gorontalo
Sumber: facebook

Keripik kasubi pahangga khas Gorontalo ini terbuat dari bahan utama yaitu singkong yang melalui proses penumbukan hingga halus, lalu dijemur hingga kering. Keripik ini mirip seperti sadaria yang terdapat di Jawa, mulai dari bentuk hingga teksturnya. Pada bagian atas keripik terdapat topping gula merah atau gula aren. 

Pengolahan keripik ini dengan cara digoreng hingga mekar dan punya tekstur yang renyah. Keripik ini punya cita rasa yang gurih dan manis yang berasal dari gula aren. Camilan ini cocok sebagai teman sambil minum kopi atau teh. Keripik kasubi pahangga juga cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh karena daya simpannya yang lama. Kamu dapat membelinya di toko pusat oleh-oleh.

Kopi Pinogu

kopi-pinogu-khas-gorontalo
Sumber: omarniode

Masyarakat Gorontalo terkenal dengan budaya minum kopi yang masih kental. Tak heran, terdapat kopi legendaris yaitu kopi pinogu yang sudah ada sejak tahun 1677 dan juga banyak masyarakat yang suka.

Awalnya, pada tahun 1677, biji kopi pertama kali diperkenalkan dan dibawa langsung  oleh para pedagang yang berasal dari Belanda. Persebaran kopi pun semakin meluas dan berkembang di kalangan masyarakat.

Pada tahun 1879, kopi Pinogu menjadi minuman favorit Ratu Wilhelmina di Belanda. Hingga pada akhirnya, kopi ini semakin berkembang dan menjadi ikon kopi dari Gorontalo.

Kopi Pinogu punya karakteristik rasa yang cenderung fruity dan condong ke buah nangka. Tingkat asam dari kopi ini masih dalam skala sedang dan rasa kopinya tidak terlalu pahit.

Baca juga: Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Kupang yang Wajib Dicoba!

Pia Saronde Khas Gorontalo

pia saronde
Sumber: genpi

Gorontalo punya pia yang terkenal yaitu pia saronde yang punya beragam rasa seperti coklat, keju, durian, kacang tanah, kacang ijo, dan krim susu. Kue ini termasuk jenis kue kering sehingga punya daya simpan yang tahan lama.

Pia saronde berbeda dengan pia pada umumnya yaitu punya tekstur yang renyah. Kue ini sangat cocok kamu jadikan oleh-oleh karena selain rasanya yang nikmat, juga menjadi ciri khas tersendiri.

Sobat Kuliner dapat membeli pia saronde khas Gorontalo ini di pusat oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau dengan berbagai pilihan rasa.

Duduli

dodol-khas-gorontalo
Sumber: senangrekreasi

Duduli merupakan dodol khas Gorontalo yang termasuk dalam makanan tradisional karena pembuatannya pun masih menggunakan cara tradisional. Duduli terbuat dari bahan dasar ketan dengan campuran santan dan gula merah. 

Perbedaan dodol khas Gorontalo dengan dodol pada umumnya. Letak perbedaannya yaitu dodol khas Gorontalo menggunakan daun woka sebagai bungkusannya.

Dodol khas Gorontalo punya 2 pilihan rasa yaitu yang original dan durian. Makanan khas ini dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh yang bisa kamu beli di toko pusat oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

Kue Karawo

kue-karawo-khas-gorontalo
Sumber: instagram

Karawo merupakan kue khas Gorontalo yang sangat populer karena penyajiannya yang unik. Kue ini mempunyai motif yang cantik yang terinspirasi dari motif kain karawo. Motif tersebut terbuat dari gula icing dengan berbagai macam warna.

Kue ini termasuk ke dalam jenis kue kering yang biasanya banyak terdapat saat lebaran. Namun, kue karawo juga bisa untuk oleh-oleh yang unik dan menarik, serta cocok untuk teman minum kopi atau teh. Cemilan ini tersedia dengan dua macam bentuk yaitu bulat dan bentuk hati. 

Jika Sobat Kuliner ingin membeli kue ini, bisa langsung membelinya di toko pusat oleh-oleh dengan harga yang terbilang cukup tinggi karena pembuatannya yang rumit.

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Khas Serang yang Wajib Kalian Coba!

Ilabulo

Ilabulo-oleh-oleh-khas-gorontalo
Sumber: backpackerjakarta

Ilabulo merupakan makanan legendaris yang sudah ada sejak abad ke 15 yang saat itu merupakan makanan favorit raja-raja. Makanan ini memiliki arti yaitu bersatu padu. Penyajian makanan ini sangat wajib saat ada upacara adat.

Makanan khas ini terbuat dari campuran sagu dan jeroan yaitu hati dan ampela serta kulit ayam. Terkadang juga terdapat campuran lemak sapi dan telur puyuh. Adonan yang terbuat dari campuran tadi dimasak dengan bumbu pedas dan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, lalu dibakar atau dikukus..

Aroma dari makanan khas ini yaitu gurih. Tak jarang orang mengira bahwa makanan ini adalah pepes. Namun, ilabulo berbeda dengan pepes karena teksturnya yang kenyal yang berasal dari sagu.

Kue Popaco

kue-popaco-khas-gorontalo
Sumber: kompasiana

Kue khas Gorontalo selanjutnya yaitu ada popaco yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, daun pandan, santan, gula merah, telur dan vanili yang kemudian dimasukan kedalam loyang dan melalui proses pengukusan.

Dulu, kue popaco banyak tersedia saat ada acara pernikahan atau penyambutan. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, kue ini mulai terkenal dan banyak yang menjualnya di pasar tradisional dengan harga yang murah. 

Kue popaco termasuk ke dalam jenis kue basah yang tidak punya daya simpan terlalu lama. Sehingga, perlu kamu pertimbangkan jika menempuh perjalanan jauh untuk membeli oleh-oleh kue popaco.

Lalampa

lalampa-khas-gorontalo
Sumber: instagram

Lalampa merupakan lemper khas Gorontalo dengan isian ikan tongkol dengan bumbu merah pada bagian dalamnya. Pengolahannya pun mirip seperti lemper pada umumnya yaitu dengan cara dibakar. 

Lalampa juga terbuat dari beras ketan dan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Ciri khas dari lalampa pada umumnya yaitu olesan minyak sayur sebelum proses pembakaran agar aromanya lebih meresap. 

Kamu bisa membeli lalampa sebagai oleh-oleh dengan harga yang terjangkau. Biasanya, makanan ini dapat kamu beli di pasar tradisional. Namun, perlu kamu pastikan kalau makanan ini tidak terlalu tahan lama karena sudah tercampur dengan lauk.

Baca juga: 10 Daftar Makanan dan Jajanan Khas Kupang yang Wajib Dicoba!

Kue Kolombengi

Kue Kolombengi khas gorontalo
Sumber: liputan6

Kue kolombengi merupakan kue khas yang mendominasi isi tolangga (wadah kue) pada setiap perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gorontalo. Namun, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas Gorontalo yang enak dan punya daya simpan yang tahan lama.

Kue khas ini terbuat dari bahan utama yaitu tepung terigu dan telur. Rasanya gurih, manis, dan cocok untuk teman minum kopi atau teh dengan mencelupkannya. Kamu bisa dapatkan kue ini di toko pusat oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

 

Nah, itu tadi rekomendasi 9 oleh-oleh khas Gorontalo yang bisa kamu bawa pulang. Oleh-oleh khas Gorontalo ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi. Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Gorontalo, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas tersebut untuk keluarga dan teman-teman.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Oleh-Oleh Khas Gorontalo yang Menarik Untuk Dicoba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]

    Trending