1. Kuliner

9 Makanan Tradisional Sulawesi Selatan yang Wajib Dicoba!

Makanan tradisional Sulawesi Selatan punya ciri khas dan cita rasa yang sangat menarik. Tak heran, banyak wisatawan yang tak ingin melewatkan kesempatan untuk menjelajahi kuliner khas Sulawesi Selatan. Dengan cita rasa yang beragam, mulai dari pedas, manis, hingga kaya akan rempah bisa kamu temukan disana. 

Penasaran apa saja makanan tradisional Sulawesi Selatan yang wajib kamu coba? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Daftar Makanan Tradisional Sulawesi Selatan

1. Pisang Epe

pisang epe khas makassar
Sumber: Pinterest

Pisang epe menjadi makanan khas yang dapat kamu temukan di Makassar, tepatnya di kawasan Pantai Losari. Epe merupakan bahasa lokal Makassar yang artinya dipipihkan, jadi pisang epe ini menggunakan pisang raja yang terlebih dahulu dibakar, baru setelah itu dijepit menggunakan alat pres. Biasanya, pisang ini menggunakan gula merah cair sebagai toppingnya, namun ada juga pilihan topping lainnya, seperti coklat, susu, atau keju. Untuk harganya masih cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000 hingga Rp15.000 saja.

2. Coto Makassar

coto makassar
Sumber: Kevindra Soemantri

Makanan khas Sulawesi Selatan yang paling populer di kalangan wisatawan yaitu coto Makassar. Makanan ini terbuat dari campuran daging sapi dengan kuah yang kaya akan rempah dan biasanya dinikmati bersama dengan nasi hangat atau ketupat. Kamu dapat menemukan makanan ini di Makassar dan Maros, yang masing-masing punya cita rasa yang khas dari perpaduan rempah-rempah untuk kuahnya. Untuk harga satu porsi coto Makassar, yaitu mulai dari Rp10.000 sampai Rp25.000.

3. Kapurung

kapurung makanan tradisional sulawesi selatan
Sumber: Shutterstock/Willy Lesmana

Kapurung merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang bisa ditemukan di daerah Luwu Raya. Makanan ini terbuat dari sagu yang dibentuk bulat-bulat dan disajikan dengan kuah ikan berisi campuran sayur seperti bayam, jantung pisang, jagung, hingga kacang tanah. Cita rasa yang khas dengan tambahan asam jawa membuat rasanya semakin nikmat. Jika kamu tertarik untuk membelinya, sudah banyak rumah makan yang menyediakan menu ini dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp12.000 hingga Rp25.000 saja.

Baca juga: 20 Kuliner dan Makanan Khas Toraja Paling Bikin Nagih

4. Sup Konro

sup konro makanan tradisional sulawesi selatan
Sumber: instagram.com/eatineraryid

Sup konro berbeda dengan coto Makassar, walaupun sama-sama terbuat dari daging sapi. Bedanya, sup konro menggunakan bagian iga sapi yang membuatnya sangat khas. Kuahnya yang berwarna coklat kehitaman mempunyai cita rasa yang khas dari campuran rempah-rempah, salah satunya kluwek. Selain sup konro, terdapat juga varian konro bakar dengan bumbu kacang dan kuah sup yang terpisah. Harga untuk satu porsi sup konro dapat bervariasi, rata-rata sekitar Rp40.000.

5. Nasu Palekko

Nasu Palekko
Sumber: Instagram/@buras_mamaaji_

Nasu palekko merupakan makanan yang terbuat dari bebek cincang dengan rasa yang pedas. Cita rasanya sangat kaya akan rempah-rempah, seperti kunyit, jahe, sereh, dan lengkuas yang membuat aromanya sangat menggugah selera. Bagi kamu yang suka makanan pedas, nasu palekko wajib kamu coba. Kamu bisa membelinya di rumah makan dengan harga untuk satu ekor, yaitu sekitar Rp100.000, namun kamu bisa membeli porsi kecil dengan harga mulai dari Rp15.000 saja.

6. Ikan Bakar Parape

ikan bakar parepe
Sumber: Shutterstock/Musfirahsergi99

Jika kamu ingin menikmati seafood, makanan khas yang satu ini bisa kamu coba. Ikan bakar parape menggunakan jenis ikan seperti baronang atau cepa. Makanan yang satu ini punya rasa yang pedas, asam dan manis yang menjadi satu. Bumbu ikan bakar yang digunakan sangat khas dan tentunya kaya akan rempah. Kamu bisa membeli ikan bakar parape di rumah makan seafood dengan harga mulai dari Rp40.000 an per porsinya.

Baca juga: 29 Makanan Khas Makassar yang Terkenal ini Wajib Dicoba!

7. Nasu Likku 

nasu likku
Sumber: Tribun Timur

Nasu likku merupakan makanan yang sekilas mirip seperti rendang ayam. Bedanya, tekstur nasu likku lebih kering. Makanan yang satu ini menggunakan ayam yang sudah dimasak dengan lengkuas sehingga rasanya lebih gurih dan empuk. Kemudian, dibalur dengan bumbu yang kaya akan rempah dan campuran parutan kelapa serta lengkuas. Cita rasa nasu likku sangat gurih karena menggunakan santan. Harga satu porsi hidangan ini masih cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp20.000 saja.

8. Songkolo Bagadang

songkolo bagadang makanan tradisional sulawesi selatan
Sumber: instagram.com/@the.fooddoctor

Hidangan khas Sulawesi Selatan yang satu ini sangat unik, yaitu songkolo bagadang. Makanan ini terbuat dari nasi ketan hitam atau putih dengan taburan parutan kelapa sangrai yang sudah tercampur dengan gula aren pada bagian atasnya. Biasanya, makanan ini disajikan dengan ikan asin, telur, dan sambal kuning. Kamu bisa menemui makanan khas ini saat malam hari, harganya pun juga cukup murah, yaitu sekitar Rp10.000 saja.

9. Mie Titi

mie titi
Sumber: Culinary of Makassar

Siapa yang tidak suka mie? Sulawesi Selatan juga punya makanan khas mie kering yang terkenal dengan sebutan mie titi. Makanan ini disajikan dengan sayuran kental yang mirip seperti capcay pada bagian atas mie. Kamu bisa menikmati makanan khas ini yang tersedia dengan berbagai varian seperti ayam, sapi, hingga seafood. Harga satu porsi mie titi, yaitu sekitar Rp30.000 an saja.

 

Nah, itu tadi 9 rekomendasi makanan tradisional Sulawesi Selatan yang bisa kamu coba jika berkunjung kesana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat mencoba berwisata kuliner, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Makanan Tradisional Sulawesi Selatan yang Wajib Dicoba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending