Lisa Novitasari culinary enthusiast

29 Makanan Khas Makassar yang Terkenal Menggugah Selera

13 min read

Es Pisang Ijo

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran saat mendengar kata Makassar? Pantai Losari? Hhmm… Bagaimana dengan kuliner Makassar? Selain tempat-tempat yang indah, makanan khas Makassar juga jadi primadona yang menarik untuk dicari tahu.

Kali ini Kuliner Kota akan mengajak kamu untuk mengulik 29 makanan khas Makassar yang dijamin tidak akan mengecewakan dan pastinya enak abis! Yuk, langsung saja cek artikel berikut ini!

1. Coto Makassar

Coto Makassar
Coto Makassar, Foto oleh Resep Koki Id

Makanan khas Makassar pertama yang sudah terkenal dan dijamin enak adalah Coto Makassar. Belum lengkap rasanya ke Makassar kalau tidak mencoba kelezatan kuliner Makassar yang satu ini. 

Coto Makassar terbuat dari daging dan jeroan sapi yang direbus dalam waktu lama untuk menghasilkan tekstur daging yang empuk. Setelah itu, tidak lupa disiram dengan racikan kuah rempah-rempah yang khas.

Coto Makassar biasa dinikmati dengan buras. Buras merupakan makanan khas Makassar sejenis dengan ketupat. Agar makin nikmat, Coto Makassar disajikan bersama bahan pelengkap lainnya seperti kacang tanah, irisan daun bawang, bawang goreng, serta perasan jeruk nipis.

Salah satu tempat makan di Makassar yang menyediakan cita rasa Coto Makassar yang nendang adalah Coto Nusantara yang berlokasi di Jalan Nusantara Baru No.142, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan atau dekat dengan Pantai Losari. Rumah makan ini, buka mulai pukul 06.30 WITA sampai 18.00 WITA. Untuk harganya mulai dari Rp15.000 per porsi. Murah bukan?

2. Es Pisang Ijo 

Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo, Foto oleh Panca Rona Ilmu Blogspot Com

Siapa sangka, ternyata sajian populer satu ini asalnya dari Makassar, lho! Es Pisang Ijo atau biasa disebut Es Palu Butung. Seperti namanya, Es Pisang Ijo terbuat dari pisang yang dilapisi dengan adonan tepung berwarna hijau. Lalu ditambahkan bubur sumsum, susu kental manis, sirup dan es serut sebagai sajian pelengkapnya.

Tekstur bubur sumsum dan pisang yang lembut, dipadu dengan manisnya sirup menghasilkan perpaduan rasa yang nikmat dan pecah di mulut. Es Pisang Ijo cocok disantap di siang hari untuk melepas dahaga setelah puas berkeliling Kota Makassar. Terbayangkan, bagaimana kesegarannya?

Untuk menikmati kelezatan Es Pisang Ijo khas Makassar ini, kamu bisa datang ke RM Bravo di Jalan Sultan Alauddin Nomor 27, Mangasa, Tamalate, Mangasa, Tamalate, Kota Makassar. Buka mulai mulai pukul 09.00 WITA sampai 21.00 WITA. Untuk harganya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp10.000 sampai Rp15.000 saja per porsinya.

3. Kapurung 

Kapurung
Kapurung, Foto oleh Adira Co Id

Pernah dengar makanan khas Maluku, Papeda? Nah, makanan khas Makassar ini mirip dengan Papeda, Kapurung namanya. Kapurung merupakan salah satu kuliner tradisional Makassar yang terbuat dari tepung sagu yang dilarutkan dengan air panas sampai mengental, kemudian dicetak bulat-bulat seukuran bakso.

Kapurung disajikan dengan kuah bumbu kacang, dicampur dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, jagung manis, terong, bayam dan jantung pisang serta daging ikan. Perpaduan cita rasa asam dari kuah Kapurung yang berasal dari buah patikala membuat makanan satu ini nikmat dan menyegarkan.

Saat ingin menyantap kelezatan kuliner khas Makassar ini, kamu bisa datang ke Rumah Makan Kapurung Aroma di BTP Bumi Tamalanrea Permai, Jalan Tamalanrea Raya Blok C12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar. Buka mulai pukul 10.00 WITA sampai 22.00 WITA. Dengan harga per porsinya sekitar Rp15.000 saja, murah bukan?

4. Buras 

Buras
Buras, Foto oleh Tripzilla Id

Makanan khas Makassar yang ini punya tekstur mirip seperti lontong tapi bentuknya lebih pipih. Bahan dasar pembuatan Buras adalah beras yang dibungkus dengan daun pisang muda.

Dibandingkan dengan lontong, Buras memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih gurih karena dicampur dengan santan saat proses pengolahannya. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan taburan bumbu kelapa kering, gula, garam, serta cabai atau dijadikan sebagai pengganti nasi untuk teman makan sop konro. Nikmat dan mengenyangkan bukan? 

Untuk mendapatkan kenikmatan kuliner Makassar Buras ini juga cukup mudah, karena di jual di tempat kue maupun tempat makan di Makassar. Salah satunya adalah di Bakso 33 Makassar yang berlokasi di Jl. Bete-Bete No.35, Barana, Kec. Makassar, Kota Makassar Serta buka mulai pukul 07.30 WITA sampai 20.00 WITA. Untuk harganya, cukup mulai dari Rp5.000 saja.

5. Sop Konro 

Sop Konro
Sop Konro, Foto oleh Indonesia Go Id

Satu lagi sajian makanan khas Makassar yang menawarkan kesegarannya yaitu Sop Konro. Ciri khas hidangan ini terletak pada bahan utama isiannya yaitu iga sapi yang sudah dimasak agar teksturnya empuk. Selain itu, Sop Konro juga memiliki kuah berwarna coklat kehitaman yang berasal dari bumbu rempah-rempah berupa kluwek, ketumbar, pala, kunyit, kencur, kayu manis, asem, cengkeh, daun lemon dan daun salambagi.

Sop Konro cocok disantap dalam keadaan panas, ditemani dengan ketupat atau Buras. Sudah siap menikmati kelezatan makanan khas Makassar satu ini? Untuk mencicipi lezatnya Sop Konro, kamu bisa datang ke salah satu rumah makan di Makassar yaitu Konro Karebosi yang berlokasi di alan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, serta buka mulai mulai pukul 10.00 WITA hingga 22.00 WITA. Untuk harganya mulai dari Rp30.000 per porsinya.

6. Barongko 

Barongko
Barongko, Foto oleh Ksmtour Com

Makassar juga punya jajanan tradisional dengan citra rasa yang nikmat, Barongko. Terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan telur, santan, gula pasir dan garam. Selanjutnya, adonan ini dibentuk segitiga, dibungkus daun pisang kemudian dikukus.

Setelah matang, kue ini akan semakin nikmat jika dimasukan ke dalam lemari pendingin sebelum disantap. kuliner khas Makassar satu ini punya cita rasa yang didominasi oleh rasa manis dengan tekstur lembut. Kalau cuma makan satu, pasti nggak cukup deh…

Tempat terbaik untuk menikmati Barongko adalah toko kue tradisional yaitu, Mama Toko Kue dan Es Krim yang berlokasi di Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar. Tempat ini buka mulai pukul 08.20 WITA sampai 30.00 WITA dengan harga Rp3.500 per satu bijinya

7. Pisang Epe 

Pisang Epe
Pisang Epe, Foto oleh Adira Co Id

Tidak cuma kue Barongko, jajanan khas Makassar berikutnya yang juga tidak kalah nikmat adalah Pisang Epe. Kalau kamu adalah penggemar makanan yang manis-manis, maka kuliner Makassar satu ini wajib dicoba. Pisang Epe berbahan dasar pisang kepok atau pisang raja yang dipipihkan, kemudian dibakar dengan menggunakan penjepit dan diolesi lelehan gula aren.

Makin nikmat dengan tambahan berbagai varian topping mulai dari keju, kacang atau coklat sesuai selera kamu. Rasa manis dan legit pada sajian satu ini cocok untuk dijadikan teman jalan-jalan kamu sore ini.  Tempat paling pas menikmati Pisang Epe adalah di Jalanan Pantai Losari sambil menikmati semilir angin serta deburan ombak.

Lokasi tepatnya yaitu di Jalan Penghibur, Losari, Maloku, Ujung Pandang, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar. Kamu bisa mencoba kelezatan Pisang Epe mulai dari pukul 16.00 WITA sampai 24.00 WITA. Untuk harganya cukup Rp10.000 – Rp12.000 saja, maka kelezatan Pisang Epe bisa kamu nikmati.

8. Pallubasa 

Pallubasa
Pallubasa, Foto oleh Akbarpost Com

Makanan khas Makassar berikutnya yang juga recommended untuk kamu cicipi adalah Pallubasa. Pallubasa merupakan makanan berkuah berisi irisan daging dan jeroan sapi yang telah direbus dan disajikan dalam mangkuk. Kuliner Makassar satu ini mirip seperti Coto Makassar memiliki kuah berwarna hitam.

Bedanya, kuah Pallubasa lebih kental dan gurih karena ditambahkan kelapa parut yang sudah disangrai. Selain itu, ditambahkan pula telur ayam yang dimasak setengah matang. Semakin nikmat jika kamu menyantap kuliner Makassar satu ini bersama nasi putih yang masih hangat.

Ada Tempat makan di Makassar yang terkenal akan kelezatan Pallubasanya yaitu Pallubasa Srigala di Jalan Serigala, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar. Dengan harga mulai dari Rp13.000 saja per porsinya maka kelezatan Pallubasa bisa kamu nikmati. Tempat ini buka mulai pukul 09.00 WITA sampai 20.00 WITA.

9. Konro Bakar

Konro Bakar
Konro Bakar, Foto oleh Indonesia Go Id

Nah, kalau kuliner yang satu ini adalah variasi dari olahan iga sapi khas Makassar. Konro Bakar adalah iga sapi yang dibakar di atas bara api kemudian dilumuri saus kacang dan kaldu gurih. Nasi putih hangat menjadi teman makan yang pas untuk menyantap Konro Bakar, ditambah dengan aroma khas bakaran dijamin akan makin menggugah selera makan kamu pastinya!

Kalau kamu tidak sabar mencicipi nikmatnya Konro Bakar ini, datang saja langsung ke Konro Karebosi ya sobat Kuliner Kota! Lokasinya di Jalan Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar. Buka mulai pukul 11.00 WITA sampai 23.00 WITA. Untuk harga satu porsi Konro Bakar di tempat ini dibandrol mulai dari Rp40.000 saja. Tertarik mencicipi bagaimana kelezatannya?

10. Sarabba

Sarabba
Sarabba, Foto oleh Beritagar Id

Sudah puas menyantap kuliner yang berat-berat? Nah sekarang saatnya menyegarkan badan dengan mencicipi minuman khas Makassar, Sarabba namanya. Sarabba terbuat dari jahe, kuning telur, gula aren, santan dan sedikit merica bubuk.

Rasanya yang manis dan sedikit pedas akan memberikan efek hangat di tenggorokan sesaat setelah menyeruputnya. Minuman ini mudah ditemui di sepanjang jalan Kota Makassar dengan harga yang terjangkau pula. Selain berkhasiat untuk menghangatkan badan, Sarabba juga dipercaya dapat mencegah masuk angin dan menambah stamina tubuh, lho!

Ada salah satu warung yang sudah melegenda menyajikan minuman Sarabba yaitu, Sarabba Daeng Hasna yang berlokasi di Jalan Bulu Saraung, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar dan buka mulai pukul 07.30 WITA sampai 22.00 WITA. Untuk harga Sarabba disini cukup terjangkau mulai dari Rp7.500 saja maka Sarabba yang nikmat dan berkhasiat bisa kamu nikmati.

11. Nasu Palekko 

Nasu Palekko
Nasu Palekko, Foto oleh IG Com

Baca Juga : Kuliner Malam Makassar

Sedang di Makassar dan galau cari makanan pedas? Jangan khawatir, Nasu Palekko bisa jadi pilihan. Nasu Palekko merupakan salah satu makanan khas Makassar yang berbahan dasar daging bebek cincang yang dipotong kecil-kecil kemudian dimasak dengan bumbu pedas.

Sebelumnya daging bebek akan diberi cuka dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Setelah itu diolah dengan bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, daun serai dan campuran rempah-rempah lainnya. Meski terkenal dengan kepedasannya, tapi saat kamu mulai menyuapnya, pasti akan ketagihan untuk menyuap lagi dan lagi. Berani mencobanya?

12. Palumara 

Palumara
Palumara, Foto oleh Masak Apa Hari Ini Com

Sudah puas makan daging-dagingan, nah sekarang saatnya beralih ke kuliner laut dan berkuah segar, Palumara. Palumara adalah makanan khas Makassar yang dibuat dari kepala ikan kakap merah berukuran besar yang dimasak dengan kuah kaldu.

Tekstur ikan yang lembut, dipadukan dengan rasa asam, segar dan gurih dari tomat, asam jawa serta kemiri efektif untuk menyegarkan badan. Sajian satu ini cocok disantap di siang hari, apalagi di tengah teriknya matahari di Makassar. Nikmat dan pastinya bikin anda ketagihan.

Saat anda bingung untuk mencari tempat makan di Makassar yang menyediakan Palumara, pergi ke Rumah Makan Ulu Juku yang berlokasi di Jalan Prof.Dr. Abdurrahman Basalamah No.99A, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar bisa jadi salah satu solusinya.

Cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp30.000 saja, maka kelezatan Palumara bisa kamu nikmati. Buka mulai pukul 09.00 WITA sampai 22.00 WITA, menjadikan kamu bisa datang waktu makan siang ataupun makan malam saat berada di Makassar.

13. Gogos

Gogos
Gogos, Foto oleh Jejak Kuliner Indo WordPress Com

Makanan khas Makassar selanjutnya yang juga mesti kamu cicipi adalah Gogos. Gogos merupakan kue khas Makassar yang terbuat dari ketan hitam. Bentuknya mirip dengan lemper tetapi diberi isian daging ikan tongkol, dicampur dengan kelapa sangrai, kemudian dibumbui dengan bumbu khas Makassar.

Bagian lain yang membedakan Gogos dengan lemper adalah pada teknik memasaknya. Gogos dimasak dengan cara dibakar agar bumbunya makin meresap. Rasa gurih dari Gogos akan membuat kamu ketagihan untuk mencobanya kedua kali. Jika tertarik mencoba nikmatnya Gogos saat di Makassar, kamu bisa membelinya di Mama Toko Kue dan Es Krim yang berlokasi di Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk dua Gogos dan satu telur asin kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp10.00 saja. Mama Toko Kue dan Es Krim buka mulai pukul 08.00 WITA sampai 20.00 WITA. Jadi, tertarik untuk mampir dan mencoba Gogos sebagai makanan khas Makassar dari tempat ini?

14. Sop Saudara

Sop Saudara
Sop Saudara, Foto oleh Id taste Made Com

Ingin menikmati sop saat berada di Makassar? Sop Saudara bisa jadi pilihannya. Kuliner Makassar satu ini, pada mulanya berasal dari daerah Pangkep yang berjarak sekitar 60 km dari kota Makassar dan diartikan sebagai Saya Orang Pangkep Saudara. Satu porsi Sop Saudara berisi, daging sapi , bihun, perkedel kentang, telur itik rebus dan tidak lupa siraman kuahnya yang khas.

Sop Saudara biasa disajikan dengan nasi putih hangat serta ikan bandeng. Cita rasa rempah yang khas bakal bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya. Jika tertarik mencoba Sop Saudara, datang saja ke Warung Pangkep Makassar. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau, Rp25.000 per porsinya. 

15. Mie Titi

Mie Titi
Mie Titi, Foto oleh Makassar Terkini id

Saat berada di Makassar, Mie Titi wajib jadi kuliner yang tidak boleh terlewatkan. Mie Titi merupakan mie kering yang disajikan bersama lauk pelengkap seperti jamur, udang, bakso, ayam, sayuran serta berbagai menu pelengkap lainnya. Tidak lupa pastinya siraman kuah kental yang khas dan menggoda selera. Mie Titi, pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Tionghoa bernama Ang Kho Tjao pada tahun 1960 dan diturunkan pada anaknya bernama Titi.

Untuk menikmati satu porsi Mie Titi yang sudah melegenda ini, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp50.000 per porsinya. Cukup mahal memang, tapi harga yang ditawarkan akan sebanding dengan kelezatan yang bakal kamu terima. Bikin nagih dan nggak mau berhenti ngunyah. 

16. Juku Pallu Ce’la

Juku Pallu Ce'la
Juku Pallu Ce’la, Foto oleh Id Taste Made Com

Kota Makassar selalu menghadirkan kuliner khas yang susah untuk dilupakan , bahkan beberapa makanan khas Makassar menjadi masakan andalan yang dapat dihidangkan untuk keluarga nusantara. Salah satu makanan yang wajib kamu rasakan yaitu Juku Pallu Ce’la. Pallu Ce’la adalah kuliner khas asal Bugis Makassar yang memiliki arti Palu adalah Masak dan Cella adalah Garam.

Jadi dapat diartikan Pallu Ce’la adalah makanan yang berasal dari tempat yang asin yaitu ikan dengan cita rasa yang gurih asin dengan sentuhan aroma kunyit yang khas. Bahan dasar dari Pallu Ce’la yaitu menggunakan aneka jenis ikan seperti, ikan cakalang, ikan layang, ikan bandeng atau ikan Sibula.

Untuk memasak Pallu Ce’la sendiri, kamu hanya membutuhkan garam dan kunyit saja. Cukup mudah dan sederhana bukan? Meskipun proses memasaknya yang mudah, jangan salah Pallu Ce’la punya cita rasa nikmat yang bakal bikin nagih.

17. Putu Cangkir

Putu Cangkir
Putu Cangkir, Foto oleh Cookpad Com

Kamu pasti sangat mengenal berbagai jenis jajanan kue khas Pangkep, bukan? Jajanan yang satu ini merupakan jajanan yang selalu dicari oleh warga Makassar maupun wisatawan menjelang malam dan pagi, Putu Cangkiri Namanya.

Terbuat dari ketan yang dibentuk seperti cangkir terbalik, kue ini terkenal mengenyangkan dan cocok untuk pengganjal perut. Selain sehat dan rasanya gurih dan nikmat, Putu Cangkir juga memiliki harga yang ramah di kantong serta sangat mudah dijumpai di berbagai sudut Kota Makassar. Jadi, tertarik untuk mengganti menu sarapan kamu dengan Putu Cangkir ini saat berada di kota Daeng?

18. Baje

Baje
Baje, Foto oleh Akbar Post Com

Kue khas Makassar memang selalu identik dengan cita rasanya yang manis, salah satunya Baje. Baje merupakan kue khas Makassar yang terbuat dari ketan, santan gula merah. Adonan Baje kemudian di cetak menjadi persegi panjang dan dibungkus daun pisang kering kemudian dikukus.

Tidak hanya itu Baje juga memiliki banyak variasi mulai dari Baje Canggoreng, Baje bandong dan Baje batan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Nikmat dan pastinya juga terjangkau, jadi mau icip-icip kue Baje saat berada di Makassar?

19. Kue Dange

Kue Dange
Kue Dange, Foto oleh Republika Co Id

Bagi kamu pecinta kue pukis maka saat berada di Makassar wajib banget coba Kue Dange. Kue Dange sekilas mirip dengan kue pukis Jakarta, bedanya Kue Dange terbuat dari tepung ketan hitam, kelapa parut, gula merah dan garam. Bahan-bahan kue dange kemudian dikukus lalu di dibakar.

Aromanya yang khas serta tekstur kue yang legit  dan perpaduan rasa manis gurih bikin kamu tidak berhenti ngunyah. Jika tertarik mencicipi Kue Dange dengan cita rasa unik nan lezat ini, kamu bisa menemukannya di sekitaran jalan menuju bandara. Jadi, sebelum pulang tidak ada salahnya untuk icip-icip kue ini ya sobat Kuliner Kota!

20. Doko-Doko Cangkuning

Doko-Doko Cangkuning
Doko-Doko Cangkuning, Foto oleh Wap Mi Baca Co Id

Doko-Doko Cangkuning atau sering disebut dengan Roko-Roko Cangkuning merupakan kue yang populer di Makassar saat bulan puasa. Memiliki cita rasa dan aroma yang khas, makanan khas Makassar ini terbuat dari tepung ketan, daun pandan kemudian dibungkus daun pisang dan dibentuk kerucut.

Memiliki isian campuran parutan kelapa dan gula merah carik membuat Doko-Doko Cangkuning punya perpaduan yang khas dan bakal sempurna sejak dari gigitan pertama. Tidak hanya sempurna saat jadi kudapan di bulan puasa, kuliner Makassar ini juga murah dan mudah ditemukan. Jadi, saat berada di Kota Daeng dan bulan ramadhan, wajib banget icip-icip Doko-Doko Cangkuning ini. 

21. Kue Baruasa

Kue Buarasa
Kue Buruasa, Foto oleh Cookpad Com

Kue khas Makassar memang tidak pernah ada habisnya, masih ada salah satu kue yang tidak kalah nikmat, Kue Baruasa namanya. Kue Baruasa merupakan kue berbahan dasar tepung terigu yang digoreng bersama kelapa. Memiliki dua varian rasa yaitu campuran gula aren dan gula pasir, membuat kamu bisa memilih sesuai dengan selera.

Uniknya lagi, para ibu-ibu di Makassar,  memasak Kue Baruasa dengan terampul dan terlatih ini akan menyusun dan mengadakan lomba bermain domino. Tidak hanya itu, Kue Baruasa juga mampu bertahan hingga satu bulan tanpa bahan pengawet lho. Jadi, cocok juga dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. 

22. Cucuru Bayao

Cucuru Bayao
Cucuru Bayao, Foto oleh Rina Resep Com

Jika ada kuliner Makassar, sop saudara dan kue dange yang berasal dari Pangkep, cucuru juga merupakan salah satu makanan khas dari Pangkep. Cucuru Bayao merupakan kue yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut serta biasanya disajikan dalam acara pernikahan di daerah Makassar.

Kue Cucuru berarti kue dan bayao adalah telur jika diartikan kedalam bahasa Makassar menjadi kue dengan bahan dasar telur. Tapi tidak hanya telur, Cucuru Bayao juga menggunakan campuran gula pasir dan kenari. 

Memiliki bentuk bulat pipih serta warna kuning tua, membuat kuliner Makassar ini terlihat makin menarik dan menggugah selera. Uniknya lagi, Cucuru Bayao juga diartikan sebagai simbol kemegahan, kemuliaan dan keagungan oleh orang Makassar. Menarik bukan? Jadi, penasaran akan cita rasa kue Cucuru Bayao sebenarnya? 

23. Sokko/Songkolo

Songkolo
Sokko/Songkolo, Foto oleh Blog Mister Aladin Com

Belum puas dengan kuliner Makassar yang unik-unik? Masih ada lagi Sokko atau Songkolo yang wajib kamu coba. Sokko/Songkolo Bagadang merupakan panganan berbahan ketan hitam maupun putih yang diberi taburan serundeng. Cita rasanya yang gurih dan nikmat akan semakin lezat jika disantap bersama dengan ikan teri, telur serta sambal kuning khas Makassar.

Makanan khas Makassar ini biasanya disajikan dalam acara besar adat Sulawesi maupun acara Maulid Nabi SAW. Para warga asli Kota Daeng seringkali berlomba untuk membuat Songkolo dan dihias seunik mungkin. Tapi, tenang tidak perlu menunggu hari besar, kamu bisa menikmati Songkolo, karena adalah salah satu tempat makan yang menyediakan kuliner ini setiap saat. Warung Songkolo Pannara Antang miliki Hj.Hania tempatnya. Jadi, tertarik icip-icip kuliner yang punya perpaduan rasa gurih nan nikmat ini saat di Makassar?

24. Burongcong

Buroncong
Buroncong, Foto oleh Massar Kuliner Com

Masih seputar kue-kuean khas Makassar, Burongcong juga jadi salah satu kue yang wajib kamu coba. Kue buroncong atau sering disebut dengan kue ganco sepintas mirip dengan kue pancong di pulau Jawa. Terbuat dari campuran tepung terigu, santan, parutan kelapa muda, gula pasir, garam dan diberi soda kue.

Buroncong memiliki tampilan mirip seperti busur tapi berukuran besar, tebal dan panjang, jadi kamu bakal lebih puas menyantapnya. Perpaduan rasa manis dan aroma yang khas karena dimasak dengan cara dibakar diatas tungku membuat kamu makin berselera untuk segera menyantapnya.

Kini, Buroncong juga memiliki aneka toping mulai dari susu, keju dan aneka toping lain yang makin membuatnya lezat. Jika tertarik mencoba kue Burongcong, kamu bisa menemukannya di berbagai penjual pinggir jalan sampai toko kue juga ada. 

25. Jalangkote

Jalangkote
Jalangkote, Foto oleh Tribun News Com

Jika kamu pecinta pastel, maka Jalangkote juga bakal jadi kue favorit kamu. Jalangkote merupakan kue yang memiliki bentuk mirip dengan pastel. Bedanya, Jalangkote memiliki kulit lebih tipis dengan isian daging sapi sampai daging kuda bukan sayuran.

Selain itu, Jalangkote juga memiliki bentuk puff atau sedikit bergelembung daripada pastel. Hal ini dikarenakan Jalangkote terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampurkan dengan minyak panas untuk memberikan kesan gelembung pada kulitnya. Cita rasanya yang gurih diluar serta lembut di bagian dalam, bakal bikin perpaduan rasa yang pecah di mulut sejak pertama kali kamu menggigitnya.

26. Pallu Kacci

Pallu kacci
Pallu Kacci, Foto oleh Makassar Kuliner Com

Pallumara Makassar memiliki dua jenis, yaitu pallumara dan Pallu Kacci. Jika pallumara dihidangkan dengan menggunakan asam jawa, maka Pallu kaci dihidangkan bersama irisan mangga untuk memberikan rasa asam yang segar dan menggugah selera.

Selain itu, Pallu Kacci dimasak dengan campuran bumbu asam jawa, sereh,kunyit, bawang merah, bawang putih dan tidak lupa ikan pallu kaci yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sampai bumbunya meresap. Rasanya yang khas dan segar membuat Pallu Kacci cocok jadi teman menikmati suasana Kota Makassar. Jika tertarik mencicipi olahan satu ini, kamu bisa mendapatkan pada berbagai restoran seafood di Kota Makassar.

27. Nasi Kuning Riburane

Nasi Kuning Riburane
Nasi Kuning Riburane, Foto oleh The Jakarta Post Com

Bagi pecinta nasi kuning, maka mencoba Nasi Kuning Riburane wajib jadi agenda kamu saat di Makassar. Nasi Kuning Riburane merupakan makanan kreasi yang dilakukan masyarakat Sulawesi, dimana nasi kuning sudah dicocokan dengan lidah orang Makassar yang identik dengan masakan pedas.

Dimana kamu bisa memilih lauk mulai dari telur pindang rebus, sayur manisah (labu siam), semur daging, sayur nangka, abon, kentang kering dan aneka pilihan lauk lainnya. Pastinya juga nikmat dan bikin kamu kenyang, jadi cocok digunakan sebagai menu sarapan sebelum mengexplore keindahan Kota Daeng ini. 

28. Ikan Bakar Makassar

Ikan Bakar Makassar
Ikan Bakar Makassar, Foto oleh Life Style Oke Zone Com

Ikan bakar memang sudah menjadi salah satu makanan favorit yang mudah ditemui di daerah Indonesia, tidak terkecuali di Makassar. Kota Daeng ini, punya makanan khas berupa Ikan bakar dengan cita rasa lezat dan tentunya punya nilai gizi tinggi dan cocok jadi teman makan di segala waktu maupun suasan.

Ikan Bakar khas Makassar disajikan bersama dengan lalapan sayur, sambal kecap, timun dan tidak lupa tomat segar. Perpaduan antara gurihnya ikan serta segarnya lalapan bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut. Apalagi, kamu menyantapnya bersama dengan sepiring nasi hangat serta tambahan sayur kangkung dan tauge, bakal makin terasa pecah di mulut saat bercampur menjadi satu. 

29. Sop Ubi

Sop Ubi
Sop Ubi, Foto oleh Fimela Com

Jika biasanya, kamu menikmati sop ayam ataupun sop iga sapi maka saat di Makassar ada olahan sop yang tidak kalah lezat, Sop Ubi namanya. Sop Ubi merupakan makanan khas Makassar berbahan dasar ubi, daging dan aneka sayuran yang pastinya lebih bergizi serta lezat. Kuah kaldu yang khas dan tidak lupa tambahan bihun serta perasan jeruk nipis makin membuat Sop Ubi punya cita rasa yang sempurna.

Dipadukan dengan nasi hangat serta es teh makin bikin kamu tidak berhenti ingin menyuap lagi dan lagi. Tidak cukup sampai disitu, untuk menikmati kelezatan Sop Ubi, kamu hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp20.000 per porsinya. Terjangkau bukan? Sudah terjangkau, enak dan pastinya mengenyangkan. Jadi, cocok banget jadi menu makan siang kamu di Makassar. 

Ragam makanan khas Makassar memang tidak pernah ada habisnya, mulai dari kuliner yang unik, pedas sampai kue-kue manis juga ada. Jadi, jangan lupa siapkan budget dan waktu khusus untuk mencoba semua kuliner Makassar yang pastinya lezat dan siap menggoyangkan lidah kamu. Selamat berwisata kuliner dan mengexplore keindahan Kota Daeng.

Last Updated on August 18, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Lisa Novitasari
Lisa Novitasari culinary enthusiast

2 Replies to “29 Makanan Khas Makassar yang Terkenal Menggugah Selera”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *