1. Kuliner

12 Makanan Khas Manado yang Terkenal Enak Wajib Dicoba

Kota Manado merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Utara sekaligus merupakan kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar. Bukan cuma terkenal akan keindahan tempat-tempat wisatanya, Manado juga punya segudang makanan khas yang wajib dieksplor.

Kuliner di Manado terkenal dengan cita rasa pedasnya. Terutama buat kamu yang suka dengan makanan pedas, Manado memiliki ragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Nah, apabila kamu sedang berada di Manado dan berencana untuk wisata kuliner, Kuliner Kota telah merangkum secara lengkap 12 makanan khas Manado yang harus dicoba. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Ayam Woku

Makanan khas Manado pertama yang harus kamu coba saat berada di kota ini adalah Ayam Woku. Ayam Woku merupakan ayam yang dimasak dengan cara diungkep dengan bumbu kuning sampai dagingnya lunak. Bumbu kuning itu terbuat dari bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, cabai, garam, dan gula. Lalu ditambahkan daun jeruk, daun salam dan daun kemangi untuk memunculkan wangi masakan. 

Ayam Woku Manado
Ayam Woku Manado, Foto oleh Unilever Food Solutions Co Id

Jika kamu adalah penyuka makanan pedas, Ayam Woku adalah pilihan yang tepat untuk menjadi menu makan kamu. Ayam Woku semakin nikmat disantap bersama dengan nasi putih yang masih hangat. Rasa pedas dari makanan khas Manado yang satu ini dijamin akan membuat kamu ketagihan untuk terus menyuap lagi dan lagi. 

2. Sambal Dabu-Dabu

Terkenal dengan kota yang memiliki banyak jenis makanan bercita rasa pedas, menjadikan Manado juga punya berbagai macam variasi sambal yang unik. Salah satunya adalah Sambal Dabu-Dabu. Sambal Dabu-Dabu punya cita rasa yang pedas, asam dan segar yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat, garam dan ditambahkan perasan jeruk nipis. Tidak seperti sambal pada umumnya yang diulek atau diblender, bahan-bahan pada sambal dabu-dabu cukup diiris kasar dan diaduk sampai rata. Sebagai pelengkap, jangan lupa disiram dengan sedikit minyak! Jadi, sudah siap untuk makan ditemani kesegaran Sambal Dabu-Dabu siang ini?

Sambal Dabu-dabu Manado
Sambal Dabu-dabu Manado, Foto oleh Sajian Sedap Grid Id

3. Sambal Roa

Makanan khas Manado berikutnya yang mesti dicoba saat berkunjung ke Manado adalah Sambal Roa. Mendengar namanya saja sudah unik, bukan? Sambal Roa terbuat dari cabai yang dicampur dengan ikan roa. Ikan roa adalah jenis ikan khas Kota Manado yang memiliki kandungan protein, omega 3 dan karbohidrat yang pastinya baik untuk kesehatan. 

Sambal Roa Manado
Sambal Roa Manado, Foto oleh Masak Apa Hari Ini Com

Uniknya lagi, bawang merah di dalam Sambal Roa terlebih dahulu harus digoreng kering, mirip seperti bawang goreng. Lalu dicampurkan dengan cabai rawit, garam, tomat, dan ikan roa. Wah, sangat menarik untuk dicicipi, ya!

4. Es Manado

Setelah puas menikmati kelezatan makanan khas Manado bercita rasa pedas, sekarang saatnya mencari minuman segar untuk melepas dahaga. Es Manado merupakan salah satu minuman khas Manado yang wajib kamu cicipi. Kamu bisa dengan mudah menemui penjual Es Manado di pinggir jalan dengan harga yang tentunya bersahabat. Ciri khas dari Es Manado ini adalah pada buah sirsaknya yang akan memberikan perpaduan cita rasa manis, asam dan segar. 

Es Manado Manado
Es Manado Manado, Foto oleh Steemit Com

Isian Es Manado juga beraneka ragam. Dalam satu porsi Es Manado, terdiri dari buah sirsak, mutiara, jelly, alpukat, sari kelapa, dan biji selasih. Lalu dilumuri susu dan disiram dengan air es. Perpaduan cita rasa asam dari sirsak, dicampur dengan manis dari susu, serta tekstur unik mutiara, jelly, dan biji selasih menghasilkan sensasi rasa yang lezat. Bagaimana? Makin tidak sabar mencicipi Es Manado? 

Baca Juga : 10 Tempat Makan di Manado Terpopuler

5. Tinutuan

Kalau kamu sedang mencari menu makanan khas Manado untuk sarapan? kuliner satu ini bisa jadi alternatif pilihan, Tinutuan namanya. Tinutuan atau bubur Manado merupakan makanan yang sehat dan komplit. Ini tampak pada komposisinya yang meliputi labu, jagung, singkong, beras, berbagai jenis rempah, sayur kangkung dan sayur bayam. Wah, bisa dibayangkan bukan kandungan nutrisinya yang sangat tinggi?

Tinutuan Manado
Tinutuan Manado, Foto oleh Masak Apa Hari Ini Com

Tinutuan memiliki tekstur yang halus khas bubur, berbahan dasar dari labu. Oleh karena itu warna bubur ini juga didominasi warna kuning. Taburan bawang goreng diatasnya menambah tekstur crunchy dan rasanya makin meriah di mulut. Kalau kamu sedang ingin sarapan dan menyantap makanan yang simpel tapi mengenyangkan dan tetap menyehatkan, bubur khas Manado yang satu ini harus banget masuk dalam daftar makanan yang harus kamu cicipi. 

6. Paniki

Selain kaya akan makanan bercita rasa pedas, Manado juga dikenal karena beberapa jenis makanannya yang bisa dibilang agak ekstrim. Kalau kamu tertarik untuk mencoba jenis makanan yang berbeda dari biasanya, cobalah untuk mencicipi Paniki. Paniki terbuat dari daging kelelawar yang diolah dengan santan dan ditambahkan bumbu rempah-rempah kemudian digoreng. Biasanya, Paniki disajikan pada momen-momen spesial, misalnya saat hari raya Natal. Karena daging kelelawar terbilang sulit dicari, Paniki menjadi kuliner yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, mulai dari  Rp80.000. 

Paniki khas Manado
Paniki Manado, Foto oleh Wikipedia Org

7. Pisang Goroho

Apabila kamu ingin menikmati sensasi makan pisang yang berbeda dari biasanya, kamu mesti mencoba Pisang Goroho. Uniknya, tidak semua jenis pisang bisa diolah menjadi Pisang Goroho, lho! Pisang yang digunakan sebagai bahan baku adalah pisang yang masih muda. Pisang muda ini bisa disantap langsung, bisa juga dikukus atau digoreng terlebih dahulu. 

Pisang Goroho khas Manado
Pisang Goroho Manado, Foto oleh Pesona Travel

Pisang Goroho dihidangkan bersama dengan sambal roa khas Manado. Tekstur Pisang Goroho  yang renyah, gurih, dan sedikit asam dipadukan dengan cocolan sambal roa, menjadi satu kesatuan rasa yang lezat di mulut. Makanan satu ini cocok untuk kamu jadikan kudapan ringan di sore hari. Simpel, tapi tetap enak. Hmm.. menarik bukan untuk dicoba?

8. Lalampa

Satu lagi jenis jajanan khas Manado, Lalampa namanya. Kalau kamu pernah mencicipi kue basah khas Jawa yaitu lemper, nah makanan khas Manado satu ini punya bentuk dan tekstur yang hampir mirip dengan lemper. Lalampa terbuat dari beras ketan yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang. Kemudian diisi dengan suwiran daging ikan cakalang yang sebelumnya telah dimasak dan dibumbui dengan aneka rempah-rempah. Setelah dikukus, Lalampa akan dibakar sehingga pada saat disantap akan terasa juga aroma khas yang membuat kamu ketagihan untuk mencobanya lagi. 

Lalampa khas Manado
Lalampa Manado, Foto oleh Traveling Yuk Com

9. Gohu

Makanan khas Manado berikutnya yang juga jadi favorit adalah Gohu. Gohu punya bentuk yang mirip seperti asinan. Bahan utama makanan ini adalah pepaya muda yang diiris kecil dan agak tipis. Lalu disiram dengan kuah yang terdiri dari air, cuka, gula jawa, dan jahe serta cabai yang telah dihaluskan. Perpaduan cita rasa antara manis dari gula jawa, pedas dari cabai dan asam dari cuka menjadi rasa yang pas saat bercampur di dalam mulut. Nah, buat kamu yang sedang galau mencari asinan di Manado, cobalah mencicipi Gohu pepaya.

Gohu khas Manado
Gohu Manado, Foto oleh Masakan dapurku Com

10. Ayam Tuturuga

Makanan khas Manado berikutnya yang berbahan dasar ayam yaitu Ayam Tuturuga.  Ayam tuturuga ini punya tekstur lembut dengan cita rasa yang gurih dan agak pedas.

Ayam Tuturuga khas Manado
Ayam Tuturuga Manado, Foto oleh Resep Koki Id

Bumbunya hampir mirip seperti opor. Bedanya, Ayam Tuturuga diolah dengan tambahan daun kemangi, jeruk nipis dan daun pandan sehingga memiliki aroma wangi yang khas. Makanan ini diolah dengan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, kemiri, dan jahe. 

11. Nasi Jaha

Ini dia jenis nasi yang khas banget Manado, Nasi Jaha namanya. Kamu bisa dengan mudah menemui Nasi Jaha di beberapa tempat makan di Manado. Nasi Jaha punya tekstur yang mirip seperti Lalampa karena dibuat dari bahan dasar yang sama, yaitu beras ketan. Beras ketan ini diolah dengan bumbu-bumbu khas, kemudian dimasak dengan cara dibakar. Sebelumnya Nasi Jaha dilapisi dengan daun pisang, setelah itu dibakar menggunakan bambu.

Nasi Jaha Manado
Nasi Jaha Manado, Foto oleh Polisi Tidur Com

Daun pisang yang dipakai untuk melapisi adalah daun pisang yang masih muda, agar pada saat dibakar, nasi tidak mudah gosong. Nasi Jaha berbentuk bulat-bulat kecil dengan rasa gurih dan tekstur ketan yang lembut. Harum daun pisang benar-benar efektif untuk menggugah nafsu makan. Kalau kamu sedang di Manado, jangan sampai melewatkan makanan khas satu ini ya!

12. Es Brenebon

Bukan cuma Es Manado, ada juga racikan minuman terkenal lainnya yaitu Es Brenebon. Es brenebon atau es kacang merah khas Manado ini berbahan dasar kacang merah yang sudah direbus sampai matang lalu diberi gula merah cair, gula pasir dan dilumuri larutan coklat bubuk. Makin nikmat jika ditambahkan es serut. Minuman satu ini cocok disantap di tengah teriknya matahari Kota Manado. Sudah siap menikmati kesegaran Es Brenebon? 

Es Brenebon khas manado
Es Brenebon Manado, Foto oleh Resep Ibu Id

Itulah ulasan tentang 12 makanan khas Manado paling sedap yang wajib dicoba. Kurang lengkap rasanya kalau pergi ke Manado tanpa mencicipi makanan khasnya. Apalagi buat kamu yang gemar icip-icip, Manado adalah surganya wisata kuliner. Jadi, dari 12 ulasan Makanan khas Manado diatas sudahkah kamu pikirkan kuliner apa yang akan kamu cicipi pertama kali? Nikmati sensasi kelezatan makanan khas Manado yang bikin kamu tidak berhenti untuk mengunyah. Selamat mencoba!

baca Juga : 21 Pusat Oleh-Oleh Medan Paling Dicari Wisatawan

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Makanan Khas Manado yang Terkenal Enak Wajib Dicoba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending