1. Tempat Makan

6 Daftar Tempat Sarapan di Surabaya

rawon setan surabaya
Rawon Setan Surabaya. Foto: phinemo.com.

Setiap daerah, tentu memiliki tempat sarapannya masing-masing. Seperti, pada artikel ini, akan membahas mengenai tempat sarapan di Surabaya. Bagi kamu warga Surabaya atau luar yang penasaran. Berikut, 6 daftar tempat sarapan di Surabaya!

1 . Pecel Bu Kus

Pecel Bu Kus adalah  menyajikan hidangan t pecel madiun. Pecel madiun adalah salad dari sayuran kukus dengan saus kacang pedas. Sayuran dalam pecel madiun biasanya termasuk kacang panjang, buncis, bayam, kol, dan labu siam. Saus kacangnya terbuat dari kacang tanah, cabai, bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah lainnya. 

Biasanya disajikan dengan nasi dan tempe atau tahu goreng. Oh, iya Pecel Bu Kus telah beroperasi dari tahun 1993. Harga satu porsinya Rp20.000. Warung pecel ini sudah buka mulai dari jam 6 pagi.

Alamat: Jl. Barata Jaya XX No.110, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur .

2. Bubur Ayam Spensix “Bang Salim”

Salah satu bubur ayam yang populer di Surabaya, yakni Bubur Ayam Spensix “Bang Salim” ini. Bubur ini berisikan topping, seperti ayam suwir, cakwe, dan seledri. Pastinya, tersedia aneka sate yang menjadi pendamping, antara lain ati ampela, usus, dan telor asin.

Seporsi bubur Bang Salim, harganya mulai dari Rp15.000. Gerai bubur Spensix, tidak membuka cabang dimanapun. Sudah buka pada pukul 06.15 hingga 11.00 siang.

Alamat: Jl. Jawa No.33, Gubeng, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur

Baca juga: Pedasnya Sego Sambel Mak Yeye, Penyetan Legendaris Surabaya

3. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Termasuk salah satu soto legendaris di Surabaya, lantaran sudah berjalan dari tahun 1992. Soto Ayam Lamongan Cak Har terkenal karena kuah kaldu ayamnya yang kaya rasa. Kuah kaldu tersebut terbuat dari rebusan ayam yang dipadu dengan rempah-rempah pilihan, seperti kunir, serai, dan bawang putih. 

Tersedia, aneka topping, diantaranya berbagai tempe goreng dan sate telur puyuh. Sudah buka dari pukul 6 pagi.

Alamat: Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.220, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

4. Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin

Selain pecel Madiun, ada juga pecel Ponorogo, terus bedanya apa? Perbedaannya, untuk sayurannya, seperti petai cina, tauge, timun, dan daun kemangi disajikan dengan mentah, seperti lalapan.

Untuk menu  lauk pauk yang bisa kamu pesan sebagai pendamping, diantaranya  empal goreng, ayam goreng, paru goreng, telur asin, otak telur, peyek, hingga aneka sate. Harganya sangat murah yakni, Rp15.000 saja. 

Alamat:  Jl. Ketabang Kali, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

5. Rawon Setan Embong Malang

Di Surabaya, rawon termasuk dalam menu sarapan. Nah, kalau ingin sarapan dengan rawon di kota asalnya. Kamu bisa kunjungi Rawon Setan Embong Malang, yang merupakan gerai rawon terkenal di Surabaya. Harga satu porsi rawon sekitar Rp50.000. 

Rawon tersebut disajikan bersama tauge dan sambal secara terpisah dari mangkok. Restoran rawon ini mulai melayani pelanggan dari pukul 8 pagi.

Alamat: Jl. Embong Malang No. 78 I, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 

Baca juga: 11 Tempat Makan di Surabaya Melegenda, Enak & Murah

6.  Nasi Kuning Avon

Nasi kuning yang disajikan merupakan nasi uduk dengan citarasa khas Ambon. Oleh karena itu, teksturnya sangat lembut, karena menggunakan jenis beras pulen. Tak hanya itu, lauknya juga berbeda, salah satu yang favorit, ikan tongkol. Rasanya cenderung pedas.

Warung ini merupakan usaha keluarga dan pemiliknya asli Ambon sejak tahun 1972. Tapi, karena kerusuhan Ambon, akhirnya memutuskan untuk pindah dan berjualan di Surabaya sampai saat ini.

Alamat: Jl. Lusi No.1-7, Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 

Demikianlah 6 tempat sarapan di Surabaya yang memang sudah menjadi andalan warga setempat. Kira-kira dari keenam tempat sarapan tersebut, manakah yang menjadi favorit kamu?

Baca juga: 10 Makanan Khas Surabaya Paling Populer, Ada Rujak Cingur!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 6 Daftar Tempat Sarapan di Surabaya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending