Alvina Vivian Wardhani culinary enthusiast

Ojo Lali Mampir Rek! Nyicipi Makanan Khas Surabaya

5 min read

Bebek Gorang khas Surabaya

Sugeng rawuh ing kutha Surabaya!

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota yang memiliki julukan “Kota Pahlawan” ini merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Timur. Selain terkenal dengan sejarahnya, Surabaya juga memiliki ragam kuliner yang sudah ada bahkan melegenda sampai saat ini hingga menjadi ciri khas dari Kota Surabaya. Beragam cita rasa mulai dari gurih, pedas, asin, hingga manis yang tersedia membuat lidah para pecinta kuliner bersemangat untuk mencicipi setiap kuliner yang ada di kota Surabaya. Tapi, apa saja sih kuliner khas dari Kota Surabaya?

Kali ini, Kuliner Kota siap menyajikan 10 ulasan lengkap makanan khas dari Kota Surabaya yang wajib untuk kamu datangi. Penasaran? Yuk langsung cek artikel berikut ini! 

1. Lontong Balap

Apakah kamu pernah mengetahui tentang menu makanan khas Surabaya yang satu ini?

Mungkin beberapa orang belum mengenalinya. Seperti namanya, bahan utama dari makanan ini adalah lontong. Mengapa dinamakan Lontong Balap? Konon dahulu para penjual lontong ini berlari cepat dan saling balapan satu sama lain untuk mencapai titik terakhir yaitu Stasiun Wonokromo. Sejak saat itulah orang-orang menyebutnya dengan Lontong Balap.

Lontong Racing Khas Surabaya
Lontong Racing Khas Surabaya, Foto oleh Ksm Tour Com

Sepiring Lontong Balap terdiri dari potongan lontong yang diberi irisan tahu dan lentho. Lentho adalah sebutan untuk gorengan yang dapat menambah cita rasa dari Lontong Balap Surabaya. Gorengan Lentho sendiri terbuat dari singkong yang diberi campuran kacang Tolo dan parutan kelapa. Digoreng hingga kering namun bagian dalamnya tetap lembut. Lontong, tahu, dan lentho disiram dengan kuah gurih lalu diberi toping tauge, bawang goreng, dan daun bawang. Tidak lupa dengan siraman kecap di akhir agar Lontong Balap semakin kaya akan rasa. Sepiring Lontong Balap siap menemani makan siangmu di Surabaya hari ini!

Tempat terbaik untuk menikmati Lontong Balap khas Surabaya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Cita rasa warisan turun-temurun yang masih terjaga membuat semua orang ingin kembali lagi. Satu porsi Lontong Balap Surabaya dibandrol hanya Rp17.000 saja. Jadi, bagaimana jika kita makan Lontong Balap siang ini? 

2. Rujak Cingur Surabaya

Berbeda dengan Rujak Buah yang sering kamu nikmati, Rujak Cingur memiliki tekstur khas dari bahan yang dipakai. Cingur adalah bagian hidung sapi. Tekstur kenyal dan lembutnya menjadi ciri khas Rujak Cingur dari Surabaya. 

Rujak Cingur khas Surabaya
Rujak Cingur khas Surabaya, Foto oleh Pesona Travel Com

Cingur dimasak hingga empuk dan tidak berbau lalu dipotong-potong dan dicampur bersama potongan tahu, tempe, mangga, nanas, timun, bengkuang, kangkung dan mie. Disiram dengan kuah bumbu kacang yang telah diberi petis lalu diulek hingga rasa manis, gurih, dan lezat bercampur menjadi satu. Terakhir, tidak lupa juga diberi tauge yang segar.

Tekstur crunchy dari sayur, buah, dan toping tauge yang dikombinasikan dengan kenyal dan lembutnya cingur memang perpaduan yang sempurna untuk makanan khas Surabaya yang satu ini. 

3. Tahu Campur 

Makanan dengan kuah segar satu ini wajib banget untuk kamu coba saat berwisata di Kota Surabaya. Tahu Campur terdiri dari potongan tahu goreng, lentho, tauge, mie kuning, daging, dan selada, disiram dengan kuah yang rasanya manis dan gurih,angan lupa tambahan kerupuk udang agar semakin lezat rasanya! Kuah yang digunakan telah dicampur dengan petis, bumbu khas Surabaya, sehingga rasa yang dihasilkan pun makin sedap, manis, dan gurih. 

Tahu Campur khas Surabaya
Tahu Campur khas Surabaya, Foto oleh En M Wikipedia Com

Dalam Sepiring Tahu Campur, kamu bisa merasakan kelembutan daging, crunchy-nya lentho, dan segarnya kuah.. Paling nikmat jika menyantap Tahu Campur dengan sate telur puyuh. Satu porsi kenikmatan Tahu Campur bisa kamu dapatkan dengan harga Rp22.000 saja. Tertarik menyantap Tahu Campur Surabaya? Kamu bisa mendatangi kawasan Kalasan. Disana terdapat satu warung Tahu Campur yang cukup terkenal di Instagram, yaitu Tahu Campur Kalasan H. Abd. Acmad. Rasa Tahu Campur yang ditawarkan disini dijamin bikin ketagihan! 

4. Tahu Tek

Masih seputar olahan tahu, kuliner ini memiliki nama yang unik yaitu Tahu Tek. Mengapa dikatakan Tahu Tek? Karena saat memotong tahu penjual menggunakan gunting yang biasa digunakan untuk memotong kain sehingga menimbulkan bunyi “tek tek. Dan ada juga yang mengatakan bahwa makanan ini dinamakan Tahu Tek karena penjual yang berkeliling sambil membunyikan “tek- tek” di piring. Kuliner ini berbeda dengan kuliner Tahu Campur karena disajikan dengan ulekan bumbu kacang yang dicampur dengan petis. Seporsi Tahu Tek terdiri dari irisan lontong, tahu, kentang, dan tauge. Apalagi ditambahkan kriuknya krupuk udang kecil yang makin nyes dan bikin nagih.

Tahu Tek khas Surabaya
Tahu Tek khas Surabaya, Foto oleh Moch Akbar Ilham It Student Pens Ac Id

Harga seporsi Tahu Tek berkisar antara Rp7.000 hingga Rp12.000. So, tidak perlu  khawatir kantongmu akan terkuras ya! Selain itu, Tahu Tek ini juga sudah tersedia di berbagai wilayah Surabaya. Tetapi, Tahu Tek dan Tahu Telor Pak Jayen merupakan salah satu penyedia olahan Tahu Tek paling terkenal di Kota Surabaya. Gimana,penasaran? Daripada penasaran, langsung saja coba sensasi kenikmatan kuliner Tahu Tek ini ya!

5. Sate Klopo

Sate Klopo Khas Surabaya
Sate Klopo Khas Surabaya, Foto oleh Grab Com

Siapa yang tak kenal dengan Sate? Makanan yang olahannya terbuat dari potongan daging sapi, ayam, maupun kambing. Tapi olahan sate yang satu ini berbeda dari sate pada umumnya. Penasaran? Apa sih yang membuat berbeda dari sate biasanya? Sate Klopo khas Kota Surabaya ini disajikan dengan kepalan kelapa parut yang melapisi isi sate dan sudah dibumbui sebelumnya. Sate Klopo ini sangat populer di Kota Surabaya, jadi tak heran jika banyak yang mencarinya. Salah satu penyedia olahan Sate Klopo yang paling terkenal di Surabaya ialah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Racikan Sate Klopo Bu Asih ini dijamin bikin ketagihan para pembelinya. Racikan kecap manis dan bumbu kacang serta  tambahan serundengnya dijamin bikin kamu bersemangat untuk menambah porsinya lagi dan lagi.

6. Semanggi Suroboyo

Pecel Semanggi khas Surabaya
Pecel Semanggi khas Surabaya, Foto oleh East Java Traveller Com

Kuliner Semanggi merupakan makanan tradisional dan legendaris di Kota Surabaya. Semanggi Suroboyo terbuat dari olahan tanaman paku air yang sudah direbus dan disiram dengan bumbu kacang. Makin nikmat disajikan dengan kangkung, tauge, dan tambahan kerupuk puli yang terbuat dari beras. Cita rasanya yang nikmat mampu membuat kamu jadi ketagihan! Selain itu, harga makanan ini cukup terjangkau, hanya Rp10.000 saja per porsinya. Mengenyangkan dan murah bukan? Jadi, tidak ada alasan untuk kamu tidak mencobanya saat berada di Kota Surabaya ya!

7. Kupang Lontong

Kupang Lontong khas Surabaya
Kupang Lontong khas Surabaya, Foto oleh Food Nesia Com

Sebagian besar orang belum mengetahui makanan yang satu ini. Tidak heran, karena kuliner yang satu ini hanya dapat ditemukan di Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan. Kupang Lontong merupakan makanan yang berasal dari Kupang atau hewan laut sejenis kerang putih yang memiliki ukuran kecil. Kuliner yang satu ini disajikan dengan petis, irisan lontong, dan remukan lentho diatasnya. Tambahan bawang putih dan perasan jeruk nipis diatasnya membuat racikan kuah Kupang Lontong semakin pekat dan gurih. Tidak  afdol rasanya jika makanan ini tidak dilengkapi dengan Sate Kerang dan minuman Es Degan Kelapa Hijau. Harga yang ditawarkan untuk Kupang Lontong ini pun cukup terjangkau, anda cukup menyediakan Rp10.000 hingga Rp15.000 saja untuk bisa menikmati satu porsi Kupang Lontong khas Surabaya ini.

8. Sate Karak

Sate Karak khas Surabaya
Sate Karak khas Surabaya, Foto oleh Jatim Now Com

Sate Karak merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang terdapat di kawasan Religi Sunan Ampel. Kuliner ini sebenarnya hampir sama dengan sate pada umumnya. Lalu apa bedanya? Sate Karak ini berasal dari usus sapi dan disajikan menggunakan ketan hitam yang ditaburi dengan kelapa parut diatasnya dan lumuran bubuk kedelai pedas yang dikombinasikan dengan bumbu kacang. Makanan ini dibanderol dengan harga Rp12.000 setiap 5 tusuk satenya, murah bukan?

9. Nasi Sambal

Mendengar namanya saja tentunya membuat kamu membayangkan apa sih yang istimewa dari makanan ini? Sego Sambel merupakan makanan favorit di daerah Jawa Timur terutama di Kota Surabaya. Apalagi sensasi tingkat kepedasannya yang tentunya menggoda selera para pecinta kuliner pedas. Jangan khawatir, jika kamu tidak begitu suka dengan makanan pedas, kamu juga dapat mengatur tingkat kepedasannya

Nasi Sambal  khas Surabaya
Nasi Sambal khas Surabaya, Foto oleh Travel Today Indonesia Com

Nah, buat kamu yang kebingungan, salah satu Sego Sambel yang recommended untuk kamu coba yaitu Sego Sambel Mbak Yeye. Jika kalian penasaran untuk menikmati sensasinya, langsung datangi saja tempatnya. Let’s Go!

10. Bebek Goreng

Bebek Gorang khas Surabaya
Bebek Gorang khas Surabaya, Foto oleh Buka Lapak Com

Bebek Goreng pastinya tidak terdengar asing bagi kamu. Di seluruh kota tentunya mempunyai menu Bebek Goreng dengan beragam cita rasa yang berbeda. Bagi pecinta kuliner bebek, kamu wajib mencicipi sensasi kuliner yang satu ini. Sajian rasa gurih pada Bebek Goreng ditambahkan dengan lalapan dan sambal tentunya menggoda selera. Ciri khas dari Bebek Goreng Surabaya adalah bumbu rempah-rempah dan perpaduan serundengnya yang gurih dan renyah, membuat sajian satu ini sangat nikmat saat disantap. Harga yang ditawarkan pun tidak bakal bikin kantongmu bolong loh, mulai dari Rp20.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan sepiring Bebek Goreng yang lezat. Cukup murah bukan? Murah, nikmat, dan mengenyangkan pastinya, jadi tidak ada alasan untuk kamu menolak mencicipinya.

Ulasan 10 makanan khas tadi bisa kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Surabaya, beragam kuliner khas dengan cita rasa nikmat, ramah di kantong, dan pastinya bikin kamu ketagihan. Jadi, saat berada di Kota Surabaya makanan apa yang ingin kamu cicipi terlebih dahulu? Jangan sampai nyesel ya, jika hanya singgah di Kota Surabaya tapi tidak mencoba kuliner khasnya!

Last Updated on March 5, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Alvina Vivian Wardhani
Alvina Vivian Wardhani culinary enthusiast

One Reply to “Ojo Lali Mampir Rek! Nyicipi Makanan Khas Surabaya”

  1. Wah aku yang orang Surabaya aja belum sempet nyobain semua. Next harus nyobain yg ada di list artikel ini sih. Terima kasih!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *