1. Kuliner

15 Makanan Khas Tangerang yang Terkenal Enak dan Lezat

Saat anda berada di area Jabodetabek tidak hanya Bandung dan Jakarta saja yang punya kuliner enak dan wajib anda cicipi. Anda bisa bergeser ke arah Barat Kota Jakarta untuk mencoba makanan khas Tangerang yang punya cita rasa nikmat dan bakal bikin anda ketagihan. Kuliner Tangerang memiliki nama yang unik, cita rasa yang nikmat dan pastinya sayang untuk dilewatkan. Perpaduan rempah-rempah yang khas pada kuliner Tangerang akan memanjakan lidah anda saat memilih tempat ini sebagai kota tujuan untuk berwisata kuliner. Mau tau apa saja kuliner khas Tangerang tersebut? Kuliner Kota punya 13 rekomendasi makanan tersebut. Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Kue Apem

Kue Apem Tangerang
Kue Apem, Foto oleh Resep Kue Renyah Com

Mau cari kudapan dengan cita rasa manis? Makanan khas Tangerang ini bisa jadi pilihan, Kue Apem. Kue Apem merupakan olahan yang terbuat dari campuran tepung beras dan tape ketan. Kuliner khas Tangerang satu ini semakin nikmat disajikan dengan campuran gula merah maupun sirup agar rasa manisnya makin terasa dan nikmat saat di santap. Kue Apem bisa menjadi pilihan untuk melengkapi minum kopi maupun teh anda saat sore hari. Tertarik untuk mencoba nikmatnya kudapan satu ini? Kamu bisa membelinya di berbagai toko kue ataupun membuatnya sendiri di rumah.

2. Asinan Sayur

Asinan Sayur Tangerang
Asinan Sayur, Foto oleh Bambang Priantono WordPress Com

Mau icip-icip asinan dengan cita rasa segar dan menyehatkan? Asinan Sayur bisa jadi pilihan. Asinan Sayur merupakan salah satu makanan khas Tangerangan yang berisi tauge, kol, lobak, mentimun, sayur asin dan wortel lalu disiram dengan saus cuka dan ditaburi kacang tanah serta tahu kuning. Cita rasa asam bercampur segar pada Asinan Sayur semakin nikmat jika anda menyantapnya saat siang hari. Jika tertarik mencoba kenikmatan makanan khas satu ini, anda bisa datang ke kawasan pasar Lama di daerah Tangerang.

3. Nasi Ulam

Nasi Ulam
Nasi Ulam, Foto oleh Kelana Rasa Blogspot Com

Mau makanan khas Chinese, Betawi dan portugis dalam satu piring? Nasi Ulam bisa jadi pilihan. Kuliner Tangerang ini merupakan salah satu kuliner yang menyajikan olahan campuran antara Chinese, Betawi dan portugis dalam satu piring. Kuliner satu ini juga dilengkapi dengan serundeng, semur kentang dan juga dengan bihun goreng. Tidak lupa tambahan lalapan berupa mentimun dan telur rebus agar semakin nikmat saat disantap. Sudah terbayang bukan nikmat dan enaknya makan sajian makanan satu ini?

4. Pindang Bandeng

Mau menikmati olahan Bandeng saat berada di Jabodetabek? Makanan khas Tangerang ini bisa jadi pilihan, Pindang Bandeng. Pindang Bandeng merupakan makanan berkuah, yang dibuat dari ikan bandeng dengan campuran rempah-rempah mulai dari bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, daun salam dan beberapa bumbu lainnya yang pastinya juga menyehatkan. Agar semakin nikmat maka ditambah dengan kecap manis serta asam jawa untuk menghasilkan perpaduan rasa manis dan asam yang makin menggugah selera anda.

Pindang Bandeng Tangerang
Pindang Bandeng, Foto oleh Google Com

Makanan khas Tangerang satu ini, akan semakin nikmat jika anda menyantapnya menggunakan nasi hangat. Nikmat dan mengenyangkan, pastinya sayang untuk dilewatkan. Anda bisa mencoba nikmatnya Pindang Bandeng di seluruh tempat makan Tangerang yg tersebar di sudut kota.

5. Ketupat Sayur

Ketupat Sayur Tangerang
Ketupat Sayur, Foto oleh Nurul Noe Com

Tidak hanya di Kota Jakarta ataupun saat momen lebaran saja, Anda bisa menikmati Ketupat Sayur, saat berada di Kota Tangerang makanan satu ini juga tidak boleh terlewatkan. Ketupat Sayur merupakan salah satu kuliner di Tangerang yang berisikan sayur labu siam lalu disiram dengan kuah santan yang gurih. Agar makin nikmat Ketupat Sayur juga dilengkapi dengan ayam, telur rebus dan juga tahu. Nikmat dan pastinya akan membuat anda kenyang lebih lama jika mencicipi makanan satu ini.

6. Sate Bandeng

Jika biasanya anda menikmati sate daging atau kambing, saat berada di Tangerang Sate Bandeng harus menjadi kuliner yang wajib anda coba. Makanan khas Tangerang ini terbuat dari ikan bandeng yang sudah dipisahkan dari durinya serta diberikan berbagai macam bumbu khas lalu di bakar. Empuknya daging bandeng tanpa duri bercampur dengan nikmatnya bumbu bakal terasa pecah jika bercampur di mulut Anda.

Sate Bandeng khas Tangerang
Sate Bandeng, Foto oleh Pesona Travel

Pastinya Sate Bandeng ini juga aman di konsumsi oleh anak-anak lho! Karena bertekstur empuk dan tanpa duri yang bisa membuat anak-anak tersedak. Pastinya harganya juga terjangkau cukup mulai dari Rp25.000 – Rp30.000 saja Anda bisa mendapatkan kuliner nikmat dan menyehatkan ini di tempat makan Tangerang.

7. Laksa Tangerang

Berwisata kuliner di Kota Tangerang tak akan pernah lengkap tanpa mencicipi makanan khas satu ini, Laksa Tangerang. Makanan khas Tangerang ini terbuat dari mie berwarna putih yang berasal dari beras dan ukurannya sebesar spaghetti dengan tekstur cenderung kasar serta tidak lentur layaknya mie kuning. Laksa Tangerang berisikan mie dengan siraman kuah santan gurih lalu ditambahkan campuran kacang hijau dan taburan daun kucai, potongan daging ayam atau telur ayam. 

Laksa khas tangerang
Laksa Tangerang, Foto oleh Kelompok Tiga Icj Blogspot Com

Daging ayam yang digunakan terlebih dahulu dibakar agar memberikan rasa dan aroma khas pada Laksa Tangerang. Uniknya makanan khas Tangerang satu ini juga dilengkapi dengan taburan kelapa parut diatasnya. Pastinya makin nikmat dan membuat anda tidak ingin berhenti mengunyah saat menikmati kuliner Tangerang ini. Selain itu, harganya yang terjangkau dan juga mudah di temukan pada warung-warung pinggir jalan membuat Laksa Tangerang jadi favorit semua kalangan.

8. Sate Bebek Tangerang

Jika biasanya anda menikmati olahan bebek goreng ditemani dengan sambal, maka saat berada di area Jabodetabek, Sate Bebek Tangerang bisa anda coba. Makanan khas Tangerang ini berbeda dengan sate pada umumnya karena terbuat dari daging bebek yang dibumbui dengan berbagai macam bumbu khas lalu dibakar. Perpaduan empuknya daging dan bermacam bumbu yang sudah meresap di Sate Bebek Tangerang bakal bikin anda ketagihan untuk mencoba kedua kalinya.

Sate Bebek khas tangerang
Sate Bebek Tangerang, Foto oleh Bang Febrian Miady Com

Untuk menikmati satu porsi Sate Bebek, Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp50.000 saja per porsinya. Terjangkau bukan untuk makanan dengan cita rasa yang nagih dan bikin pecah di mulut Anda ini?

Baca Juga : Kuliner Pasar Lama Tangerang

9. Sayur Besan

Sayur Besan khas tangerang
Sayur Besan, Foto oleh Images App Google

Jika anda berwisata kuliner di Kota Tangerang, Sayur Besan wajib anda cicipi. Makanan khas Tangerang satu ini dulunya hanya dihidangkan untuk orang tua mempelai laki-laki yang datang ke rumah mempelai wanita. Namun kini anda bisa menikmati kuliner Tangerang ini di berbagai warung makan yang ada di Tangerang. Sayur Besan merupakan salah satu makanan yang berisikan kentang, bihun, pete lalu ditambahkan dengan berbagai macam bumbu khas untuk menambah cita rasa nikmat saat anda menyantapnya. Uniknya Sayur Besan juga dilengkapi dengan tambahan bunga tebu atau yang biasa disebut dengan tubruk. Menarik dan menggugah selera bukan untuk anda coba? 

10. Kue Jojorong

Kue Jojorong khas tangerang
Kue Jojorong , Foto oleh Wikipedia Org

Mencari makanan penutup saat kulineran di Kota Tangerang? Kue Jojorong bisa jadi pilihannya. Salah satu makanan khas di Tangerang berbahan dasar campuran tepung beras, tepung kanji dan gula merah lalu dimasukan ke dalam cetakan kecil yang terbuat dari daun pisang dan dikukus beberapa menit. Cita rasa manis dan tekstur yang kenyal membuat Kue Jojorong cocok dijadikan sebagai hidangan penutup wisata kulineran anda. Tertarik untuk mencobanya secara langsung?

11. Ketan Bintul

Ketan Bintul khas tangerang
Ketan Bintul, Foto oleh Kelana Pesona Travel

Ketan Bintul merupakan salah satu makanan khas Tangerang yang tidak boleh anda lewatkan saat berwisata kuliner di tempat ini. Olahan yang terbuat dari ketan yang disajikan dengan siraman kuah daging maupun tambahan abon diatasnya. Perpaduan cita rasa gurih dan nikmat pada Ketan Bintul akan nikmat jika anda menyantap kuliner Tangerang ini pada pagi hari. Lezat dan mengenyangkan, cocok sebagai menu pilihan untuk mengawali hari anda.

12. Pecak Gabus

Pecak Gabus khas tangerang
Pecak Gabus , Foto oleh Wisataku Id

Tidak hanya olahan ikan bandeng saja yang bisa anda cicipi saat di Kota Tangerang, Pecak Gabus juga wajib masuk daftar kuliner yang harus anda coba. Pecak Gabus merupakan kuliner khas Tangerang berbahan dasar ikan gabus, yang diolah dengan berbagai macam bumbu mulai dari daun lengkuas, asam jawa, salam, kunyit, jeruk, jahe, lengkuas, bawang dan cabai yang dibakar. Empuknya daging ikan gabus bercampur dengan segar dan perdanya bumbu khas Kota Tangerang bakal bikin anda tidak ingin berhenti untuk mengunyah saat menikmati kuliner satu ini. 

13. Nasi Sumsum

Nasi sum-sum khas tangerang
Nasi Sum-Sum, Foto oleh Keluyuran Com

Saat anda berada di Kota Tangerang, Nasi Sumsum juga tidak boleh anda lewatkan. Makanan khas Tangerang satu ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan berbagai macam bumbu serta sumsum dari kerbau atau sapi, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Cita rasa gurih dan aroma yang khas pada Nasi Sumsum bakal bikin anda ketagihan untuk mencoba kedua kalinya.

 

Berbagai kuliner Tangerang di atas bisa jadi pilihan anda untuk berwisata kuliner saat di area Jabodetabek. Perpaduan cita rasa pedas, manis, gurih yang khas pada berbagai kuliner Tangerang bakal bikin anda ketagihan untuk mencoba kedua kalinya. Puaskan lidah dan pastinya lupakan program diet anda, karena kuliner Tangerang sayang untuk dilewatkan semua kenikmatannya.

Baca Juga : 5 Resep Nasi Pecel Super Lezat, Info Kalori, & Cara Membuat

Tidak ada komentar
Komentar untuk: 15 Makanan Khas Tangerang yang Terkenal Enak dan Lezat

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Trending