1. Kuliner

30 Makanan Khas Papua Unik dan Enak Bikin Kamu Penasaran

Kuliner khas dari berbagai pelosok Nusantara memang sangat mudah membuat para penikmatnya langsung jatuh cinta. Salah satu yang wajib masuk ke dalam daftar wisata kuliner kamu adalah makanan khas Papua yang tidak banyak dimiliki oleh berbagai wilayah di Indonesia. Berbicara mengenai makanan khas Bumi Cendrawasih ini, pasti langsung akan terbayang dengan berbagai jenis makanan khasnya yang unik.

Namun, sekali dalam seumur hidup kamu patut mencoba makanan khas dari pulau di bagian Timur Indonesia ini. Untuk itu bagi kamu yang penasaran keunikan dari kuliner khas Papua, simak ulasan lengkap 30 rekomendasi kuliner Papua paling unik, versi Kuliner Kota berikut ini.

1. Papeda

Papeda
Papeda, Foto Oleh Merdeka Com

Sebagai makanan ikonik khas Papua dan Maluku, nama papeda pasti sudah tidak asing lagi untuk didengar bukan? Makanan pokok yang bertekstur kental seperti lem ini tawar rasanya, sehingga sangat cocok dipadukan dengan lauk pendamping seperti olahan ikan tongkol ataupun ikan mubara. Selain kenikmatannya yang sudah tersohor hingga pelosok negeri, cara memakan papeda ini juga cukup unik dengan cara diserutup langsung dari piring, selain itu papeda ini juga cukup bergizi. Jika penasaran dan belum pernah mencoba, tempat makan asik yang bisa kamu rujuk untuk menikmati papeda dan ikan kuah kuning salah satunya adalah Resto Dua Ikan di Jalan Wolter Monginsidi, Lateri, Baguala, Kota Ambon. Kamu bisa merasakan sensasi makan makanan khas papua tersebut dengan menghadap langsung ke Teluk Ambon lho. 

Tempat : Kitong Papua
Alamat : Jalan A. Yani Klademak I No. 12, Sorong, Papua
Harga : Rp12.000

2. Papeda Telur Ayam

Papeda Telur Ayam
Papeda Telur Ayam, Foto Oleh GenPi Co

Jajanan ini memang selalu mengundang penasaran bagi orang yang belum mencicipinya. Tidak dimakan bersama lauk pauk layaknya papeda biasanya, makanan khas Papua yang satu ini biasa disantap sebagai camilan. Mula-mula adonan papeda diratakan diatas wajan, kemudian dicampur dengan ceplokan telur diatasnya. Cabai kering dan serundeng juga ditambahkan agar membuat makanan khas Papua ini lebih nikmat. Setelah setengah matang, kemudian lembaran papeda digulung menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu. 

Namun, jangan kuatir, bagi kalian yang belum sempat berkunjung ke Papua, jajanan sederhana ini ternyata sudah banyak dijumpai di sekolah-sekolah lho. Yang pastinya harganya sangat murah karena menyesuaikan dengan kantong pelajar.

Harga : Rp2.000/tusuk

3. Papeda Kuah Soru

Papeda Kuah Soru
Papeda Kuah Soru, Foto Oleh Cookpad Com

Rasa papeda yang hambar membuat makanan khas Papua ini sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam olahan, dengan kuah soru misalnya. Bumbu kuah soru sangat sederhana, hanya campuran air dengan tomat dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Kemudian ikan tore yang sudah digoreng dan diiris dimasukkan kedalam kuah. Jangan lupa tambahkan bawang goreng untuk menambah nikmatnya menikmati makanan khas Papua ini.

4. Ikan Bungkus

Ikan Bungkus
Ikan Bungkus, Foto Oleh Merahputih Com

Kreasi makanan khas Papua berbahan dasar ikan memang tidak akan pernah ada matinya. Nama ikan bungkus sesuai dengan cara mengolahnya yang dibungkus dengan menggunakan daun talas. Tambahan daun salam dalam sajian inilah yang membuat campuran bumbu lebih wangi hingga meresap kedalam daging ikan. Jenis ikan yang digunakan umumnya menggunakan ikan bandeng karena ikan bandeng memiliki tekstur daging yang padat. Mencicipi olahan ikan dengan cita rasa rempah khas Papua ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Harga : Rp20.000

5. Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari
Ikan Bakar Manokwari, Foto Oleh Kopi17an Com

Menu ikan bakar yang memiliki cita rasa yang unik dan pedas ini adalah makanan khas Papua berbahan dasar ikan tongkol atau semacamnya. Berbeda dengan ikan bakar biasanya, ikan yang dibakar hanya dengan lumuran jeruk nipis ini disajikan bersama rempah khas Papua yang digiling kasar. Cabai yang digunakan juga spesial dengan cabai khas Kota Injil yang menghasilkan cita rasa yang khas.

Tempat : Rumah Makan Pangkep
Alamat : Jalan Trikora Wosi, Wosi, Manokwari Barat., Kabupaten Manokwari, Papua Barat

6. Ikan Bakar Colo

Ikan Bakar Colo
Ikan Bakar Colo, Foto Oleh Merahputih Com

Kembali mengulas makanan khas Papua dengan olahan ikan yang menjadi favorit suku Kamoro. Seperti namanya, ikan bakar ini disajikan dengan sambal colo diatasnya. Ikan yang digunakan beragam mulai dari bawal, tongkol, hingga kue. Hidangan ikan bakar colo dipadukan dari sensasi pedas cabe rawit dengan campuran tomat muda, bawang merah serta siraman jeruk nipis yang segar akan membuat hidangan ini menjadi lebih berselera. Tidak perlu bingung untuk mencari tempat makan yang menjualnya karena ikan bakar colo sudah banyak menjadi hidangan andalan di berbagai tempat makan di Papua.

Alamat : Jalan Yos Sudarso, Kampung baru, Sorong, Papua Barat 
Harga : Mulai dari Rp 20.000/porsi

7. Bandeng Kuah Kuning

Bandeng Kuah Kuning khas papua
Ikan Bandeng Kuah Kuning, Foto Oleh Cookpad Com

Ada satu lagi makanan khas Papua dengan bahan dasar ikan yang jangan sampai kamu lewatkan, bandeng kuah kuning namanya. Hidangan ini memang terdengar sangat sederhana, namun kamu dijamin akan terhipnotis dengan kelezatan hidangan yang kaya akan rempah ini. Ikan bandeng segar yang sudah dibersihkan dimasak dalam rendaman kuah kuning dari racikan kunyit dan bumbu, bawang merah, cabai merah dan bahan lainnya. Campuran tomat yang diiris tebal semakin membuat hidangan khas Papua ini semakin segar dan kaya rasa. 

8. Sate Ulat Sagu

Ulat Sagu khas papua
Sate Ulat Sagu, Foto Oleh Tribunnews Com

Mendengar namanya saja sudah berhasil membuat kamu merinding bukan? Hewan melata yang dianggap sebagian besar orang menggelikan ini justru dijadikan santapan yang lazim bagi masyarakat Papua. Meskipun tidak biasa, makanan ini ternyata kaya akan sumber protein, asam glutamat, tirosin dan lainnya sehingga dapat meningkatkan semangat kerja. Masyarakat Papua biasa mengolah ulat sagu dengan cara dibakar maupun dimakan langsung dari pohonya. Bagaimana? Merasa tertantang untuk mencicipi kuliner extrem satu ini? Di Pasar Youtea Abepura Jayapura banyak sekali warga yang menjual ulat sagu hasil tangkapannya. Untuk harganya pun juga terjangkau. Tertarik mencicipi?

Harga : Rp25.000/porsi

9. Cacing Laut

Cacing Laut khas papua
Cacing Laut, Foto Oleh Phinemo Com

Selain keindahan objek wisatanya, Raja Ampat juga memiliki salah satu makanan khas tidak biasa. Bukan tanpa alasan masyarakat setempat mengkonsumsi bahkan menjadikan cacing laut ini camilan, namun karena cacing laut memang memiliki kandungan protein yang dapat meningkatkan stamina. Cacing laut didapatkan dengan cara berburu kemudian diolah dengan cara diasar atau di asap untuk menghilangkan kandungan air didalamnya. Cacing laut yang sudah diasar kemudian diolah dengan bumbu sesuai selera, rica rica pedas misalnya. Makanan khas Papua ini memiliki tekstur mirip gurita yaitu kenyal dan agak alot. Jangan khawatir akan kesulitan untuk menemukan makanan unik ini, karena banyak tempat makan yang memang sengaja menjualnya dengan kisaran harga Rp10.000 hingga Rp20.000.

10. Cacing Tambelo

 Cacing Tambelo khas papua
Cacing Tambelo, Foto Oleh Travelingyuk Com

Ada satu lagi makanan khas Papua yang akan membuat kamu bergidik saat melihatnya. Jenis cacing satu ini berbentuk tebal memanjang, berwarna putih, punya taring, lembek dan berlendir. Cacing yang hidup dibatang pohon yang sudah busuk ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk tubuh lho. Cacing tambelo sudah menjadi camilan dari Suku Kamoro di kawasan Timika, kabupaten Mimika atau Suku Agats yang terletak di bagian agak selatan dari Pulau Papua. Masyarakat dari suku-suku tersebut juga tidak akan sungkan-sungkan untuk menghidangkan makanan tersebut kepada turis yang datang lho. Menarik bukan? 

Harga : Rp20.000

11. Udang Selingkuh

 Udang Selingkuh
Udang Selingkuh, Foto Oleh Phinemo Com

Kamu para wanita jangan trauma dulu mendengar kata ‘selingkuh’ pada nama makanan khas Papua ini. Istilah “selingkuh” digunakan karena udang ini berasal dari hasil persilangan dengan kepiting atau lobster air tawar. Dibalik namanya yang menyedihkan, sajian khas Papua ini banyak diolah menjadi berbagai macam bumbu yang lezat seperti saus tiram, saus mentega, saus padang ataupun saus asam manis. Yang membedakan udang ini dengan udang biasanya adalah, uang selingkuh teksturnya sangat lembut dan sedikit manis rasanya. Jika berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk mencoba makanan khas andalan Papua yang banyak dihidangkan di restoran terkenal di Wamena ini.

Tempat : Rumah Makan dan Restoran yang Berada di Sepanjang Jalan Protokol
Harga : Rp100.000 –  Rp300.000.

Baca Juga : Cara Membuat Udang Asam Manis

12. Colo-colo

Colo-Colo
Colo Colo, Foto Oleh Grid Id

Bagi pecinta kuliner pedas, mencicipi sambal yang satu ini tentunya menjadi suatu kewajiban. Sensasi pedas dari perpaduan cabe rawit merah dan hijau dicampur dengan tomat muda, bawang merah serta siraman jeruk nipis yang segar akan membuat hidangan menjadi lebih berselera. Makanan khas Papua ini terdiri dari irisan kenari mentah, kecap dan daun kemangi untuk menambah kenikmatannya. Semua bahan hanya diiris tanpa diulek sama sekali, sangat praktis bukan? Saking praktisnya, sambal colo-colo dijadikan pilihan oleh nelayan sebagai teman makannya. Sambal khas Papua ini biasa disandingkan sebagai pelengkap hidangan ikan bakar. 

Tempat : Duta Cafe Lesehan Atas Laut 
Alamat : Ruko Dok II Bawah, Jayapura

13. Sambal Dabu-Dabu Papua

Sambal Dabu Dabu
Sambal Dabu-Dabu Papua, Foto Oleh Pegipegi Com

Hidangan dengan cita rasa yang pedas memang selalu berhasil menggugah selera makan kamu bukan? Selain sambal colo-colo, sambal dabu-dabu juga merupakan makanan khas Papua yang selalu menjadi andalan. Masyarakat Manado pasti sudah familiar dengan sambal dabu-dabu dan bahan-bahan digunakan juga yang hampir serupa. Namun, sambal dabu-dabu di Papua dimasak menggunakan kemangi. Sambal dabu-dabu memang paling cocok dipadukan maupun diolah dengan bahan dasar ikan. Sudah dipastikan tidak akan ada yang bisa mengalahkan rasa gurih dan aroma sedap sambal dabu-dabu khas Papua.

Tempat : Restoran Sendok Garpu Jayapura
Alamat : Jalan Raya Abepura, Jayapura

Harga : Mulai Rp75.000 – Rp80.000

14. Ayam Rica Papua

Ayam Rica Papua
Ayam Rica Papua, Foto Oleh Nurahmanafandi WordPress Com

Makanan khas Papua ini memang sudah dikenal secara turun-temurun oleh masyarakat Indonesia khususnya. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar daging ayam yang dimasak dengan sejumlah rempah pilihan seperti bawang merah, cabai, daun bawang, serai, kunyit dan banyak lagi. Hidangan dengan cita rasa yang pedas dan nikmat ini dijamin akan membuat makan kamu semakin lahap.

Tempat : Solo Cafe, Papua Trade Center
Harga : Mulai Rp35.000

15. Telur Balado Pedas Sorong Papua

Telur Balado Pedas
Telur Balado Pedas Sorong Papua, Foto Oleh Budaya Indonesia Com

Telur balado memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Rempah-rempah yang digunakan sebenarnya cukup sederhana hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, dan takaran cabe rawit yang lebih dominan. Rasa pedas balado yang kuat dan nikmat menjadi ciri khas makanan berbahan dasar telur dan jagung ini. Menikmati telur balado pedas akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi panas bukan? Jika sedang berada di wilayah Sorong, menu telur balado akan dapat dengan mudah kamu temukan di sejumlah restoran disana. 

16. Petatas

Petatas
Petatas, Foto Oleh Idntimes Com

Tidak hanya papeda, petatas atau ubi jalar juga dikonsumsi masyarakat Papua sebagai makanan pokok khususnya warga pegunungan di wilayah adat Lapago dan Meepago. Ubi petatas memiliki ukuran yang besar-besar karena tanaman petatas dapat tumbuh subur di provinsi tersebut. Jika ingin menjadikan petatas sebagai oleh-oleh, panganan ini banyak dijual di pasar tradisional maupun di pinggir jalan

Harga : Mulai Rp40.000 – Rp50.000/onggok

17. Abon Gulung

Roti Abon Gulung
Roti Abon Gulung, Foto Oleh Lifestyle Okezone Com

Jajanan yang populer khas Kota Minyak ini akan cocok untuk seluruh lidah masyarakat Indonesia. Jika roti gulung pada umumnya menggunakan krim atau selai sehingga cita rasanya manis, roti abon gulung khas Papua ini menggunakan isian abon yang melimpah sehingga rasanya sangat gurih. Roti yang bulat lonjong kecoklatan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat kamu berkunjung ke wilayah Papua. Tapi setelah kamu sampai dirumah, jangan lupa langsung masukkan kue ke dalam kulkas, karena kue abon gulung tidak dapat bertahan begitu lama.

Tempat : Hawai Bakery
Alamat : Jalan Jendral Sudirman No 100 Manokwari
Harga : Rp125.000

18. Martabak Sagu

Martabak Sagu
Martabak Sagu, Foto Oleh Nurahmanafandi Com

Masyarakat Papua berhasil membuat martabak yang berasal dari Malaysia ini menjadi makanan khasnya. Tidak semudah itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat martabak ini asli dari bahan pokok khas Papua yaitu Sagu. Dengan bahan tambahan gula merah atau gula aren, membuat makanan khas Kabupaten Fak-Fak terasa manis dan juga gurih.  Camilan yang dibuat dengan proses yang sederhana ini biasa disuguhkan untuk menjamu para tamu.

Tempat : Kabupaten Fak Fak
Harga : Rp25.000/porsi

19. Sagu Lempeng

Sagu Lempeng
Sagu Lempeng, Foto Oleh Genpi Co

Berpelesir ke Papua, tidaklah afdol jika tidak membawa buah tangan khas Papua bukan? Sagu lempeng bisa menjadi salah satu jajanan yang wajib kamu bawa pulang. Camilan khas Papua satu ini dibuat dari olahan tepung sagu yang kemudian dicetak dari forna atau cetakan yang terbuat dari batu atau tanah liat. Camilan sederhana namun gurih ini sangat cocok untuk menjadi teman minum kopi maupun teh di momen bersantai kamu. Tapi hati-hati saat menggigitnya, karena sagu lempeng bertekstur cukup keras.

Tempat : Sumber Kasih Abepura
Alamat : Jalan Gerilyawan No. 94, Kamkey (Sebelum Pegadaian Kamkey) Abepura, Jayapura
Harga : Rp50.000

20. Sagu Sep

Sagu sep, inilah salah satu makan khas Papua yang lagi-lagi terbuat dari sagu. Sagu sep dihidangkan dengan campuran kelapa, ikan/daging bahkan pisang. Cara mengolahnya juga cukup unik yaitu dengan diletakkan diatas bara batu kemudian ditutup dengan dedaunan dan kulit kayu bus, fungsinya adalah agar uap dapat tertahan di bawah daun sehingga sagu sep menjadi cepat matang. 

Tempat : Pasar Pharaa Sentani
Alamat : Hinekombe, Sentani, Jayapura, Papua
Harga : Mulai Rp250.000 – Rp300.000/karung

21. Bubur Sagu

Bubur Sagu khas papua
Bubur Sagu, Foto Oleh Anekawisataseru Net

Sagu lempeng ternyata tidak hanya dapat dijadikan camilan, namun dapat diolah menjadi hidangan lain yang tentunya akan membuat terpikat siapa saja yang mencobanya. Sebelum diolah, sagu kering direndam dengan air selama 30 menit hingga hancur. Kemudian dengan tambahan sedikit gula merah, gula pasir dan garam, bubur sagu dimasak dan diaduk-aduk hingga matang. Tidak lupa untuk menuangkan santan diatas sagu yang hendak disajikan untuk menambah cita rasa gurih pada sajian ini. Sangat sederhana bukan?

Harga : Rp10.000

22. Kue Lontar

Bentuknya mirip seperti pie susu khas Pulau Dewata, namun memiliki ukuran yang lebih besar. Nama dari kue lontar sendiri sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda yaitu ‘rontart’ yang kemudian disesuaikan dengan pelafalan rakyat Papua. Camilan khas Papua berbahan dasar telur dan susu ini biasanya dibuat untuk memeriahkan hari besar Natal maupun lebaran. Bagian luar kue yang garing dan lembutnya susu didalamnya dijamin akan membuat kamu ketagihan. Maka dari itu, kue ini juga patut masuk ke dalam daftar oleh-oleh yang wajib kamu borong saat berkunjung ke Papua.

Tempat : Prima Garden Jayapura
Alamat : Jalan Ahmad Yani No. 28, Gurabesi, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua

23. Kue Bagea

Kue Bagea khas papua
Kue Bagea, Foto Oleh Resepkoki Com

Kue dengan tekstur renyah dan garing di mulut ini juga menjadi jajanan khas dari Manado. Berbahan dasar tepung sagu dan gula merah, adonan kue yang dibungkus daun lontar atau daun enau ini dibakar menggunakan cetakan khusus. Untuk menambah kenikmatan kue khas Papua ini, biasanya beberapa varian bahan ditambahkan seperti vanili, kenari dan kacang. Bersama kue lontar, kue bagea juga menjadi makanan yang wajib ada saat natal dan lebaran. Namun, tidak jarang juga masyarakat setempat menikmati camilan ini saat bersantai ditemani kopi dan teh. Kalau kamu tengah berkunjung ke Papua, kue Bagea juga tak boleh terlewatkan untuk diburu.

Tempat : Aneka Kue Sagu
Alamat : Jalan Ifar Gunung No. 55, Sentani, Mandala, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua
Harga : Rp20.000

24. Aunu Senebre

makanan khas papua Aunu Senebre
Aunu Senebre, Foto Oleh Lifestyle Okezone Com

Istilah makanan khas Papua ini memang terdengar sulit untuk dihafalkan. Namun hidangan ini sebenarnya adalah makanan berbahan dasar ikan cakalang yang diolah dengan resep khas Papua sendiri. Ikan cakalang hanya dibumbui dengan garam dan asam jawa setelah itu dibungkus menggunakan daun talas. Bungkusan ikan cakalang kemudian dikukus lalu siap disajikan. Meskipun cara mengolahnya sangat sederhana, namun hidangan ini dijamin lezat dan bisa memanjakan lidah kamu. 

Harga : Mulai dari Rp25.000

25. Aunuve Habre

makanan khas papua Aunuve Habre
Aunuve Habre, Foto Oleh Merahputih Com

Aunuve habre juga merupakan satu dari banyak masakan khas Papua yang wajib dicoba. Kuliner tradisional ini sebenarnya adalah makanan dengan bahan dasar yang susah dicari bagi masyarakat Papua. Aunuve habre berbahan dasar ikan cakalang yang diolah dengan resep sederhana hanya dengan baluran asam jawa dan garam lho, namun rasanya tidak perlu diragukan lagi. Teknik memasaknya juga cukup unik, ikan dibungkus menggunakan daun talas yang sudah direbus terlebih dahulu. Setelah itu, bungkusan ikan dikukus hingga matang lalu aunuve habre siap disajikan.  

Tempat : Pasar Tradisional dan Rumah Makan
Harga : Mulai Rp20.000

26. Keripik Keladi

makanan khas papua keripik Keladi
Keripik Keladi, Foto Oleh Makanajib Com

Renyah dan gurih pasti sudah langsung terbayangkan ketika mendengar nama keripik keladi. Si renyah dari bahan baku buah keladi ini ini pastinya diolah sudah dengan cara yang modern. Buah keladi yang sudah diiris tipis seperti keripik ini kemudian digoreng dan dilumuri dengan bumbu khas yang nikmat. Selain itu, terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi dan serat yang dapat memperlancar pencernaan lho. Jika singgah di kota Sorong jangan sampai lupa akan cemilan unik ini karena keripik keladi sangat mudah untuk didapatkan di pusat oleh-oleh khas Papua.

Tempat : Keripik Keladi Sayo
Alamat : Jalan Bangau II No. 42, Sorong Timur, Kota Sorong, Papua Barat
Harga : Mulai Rp15.000 – Rp25.000

27. Sarang Semut

Bukan rumah dari semut asli, melainkan inilah makanan khas dari Papua yang kaya akan manfaat khususnya bagi kesehatan. Sarang semut mengandung zat flavonoid sebagai antioksidan dan tanin sebagai antibakteri yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan yaitu mengatasi rematik, mengobati kanker, mengobati benjolan pada payudara, mengatasi ambeien, migrain dan masih banyak lagi lho. Untuk dapat merasakan manfaatnya kamu hanya cukup dengan mengkonsumsi air rebusannya. Tertarik untuk mencoba khasiat dari sarang semut?

Harga : Rp30.000/100 gram

28. Es Kelapa Muda Asam Manis

makanan khas papua Es Kelapa Muda Asam Manis
Es Kelapa Muda Asam Manis, Foto Oleh Craftlog Com

Memang bukan termasuk makanan, tapi minuman es kelapa muda dengan sensasi yang tidak biasa ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Papua. Es kelapa muda diracik seperti biasanya, namun tambahan selasih dan jeruk nipis ditambahkan untuk lebih memperkaya rasanya. Memang sangat sederhana, namun sensasi segar es kelapa muda asam manis dari dijamin akan dengan mudah menggelontorkan dahaga saat cuaca sedang panas. 

29. Es Buah Matoa

makanan khas papua Es Buah Matoa
Es Buah Matoa, Foto Oleh Resep Masakan Bunda Com

Matoa sendiri sebenarnya adalah buah khas dari Tanah Cendrawasih yang tumbuh di wilayah dataran rendah. Pantas saja, buah yang memiliki tekstur seperti kelengkeng ini tidaklah sulit didapatkan di wilayah Papua, bahkan di seluruh Nusantara. Ada dua jenis buah matoa yang dimiliki oleh Papua, matoa kelapa dan matoa papeda. Ketika buah matoa dicampurkan dengan jelly, kolang-kaling dan rempah khas Papua maka akan terciptalah es buat matoa yang sangat spesial. Rasa yang dihasilkan sangat unik, ada asam, segar bercampur manis dari buah matoa.   

Tempat : Kafe atau Kedai pinggir jalan
Harga : Mulai Rp10.000

30. Minuman Sunset Papua

makanan khas papua Minuman Sunset
Minuman Sunset Papua, Foto Oleh Bisniswisata Co Id

Mungkin pencetus nama minuman ini terinspirasi oleh eloknya warna langit Papua saat matahari hampir terbenam, karena memang sunset di tanah Papua terkenal sangat indah bukan? Warna jingga nan indah dari minuman ini dihasilkan oleh kombinasi susunan jus jeruk dibagian bawah dan wortel diatasnya. Tidak lupa dengan tambahan es batu dan selasih untuk menambah kenikmatannya. Menikmati sunset di wilayah bagian Timur Indonesia semakin lengkap jika disandingkan dengan minuman ini bukan?

Tempat : Kafe atau Kedai
Harga : Mulai Rp10.000

Itulah 30 makanan khas Papua yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner kamu jika pergi ke surga kecil tanah Papua. Nyatanya, tidak hanya didominasi oleh kuliner ekstrim, namun Papua juga memiliki berbagai macam pilihan hidangan yang lezat bahkan baik untuk kesehatan. Bagaimana? Kira-kira sudah tau makanan apa yang akan kamu coba terlebih dahulu ketika sampai di Papua?

Baca Juga : Belanja Oleh-Oleh? 5 Toko Oleh-Oleh Ambon Ini Tempatnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 30 Makanan Khas Papua Unik dan Enak Bikin Kamu Penasaran

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending