1. Ramadhan

20 Takjil Buka Puasa Sederhana yang Spesial dan Enak

Bulan ramadhan menjadi momen yang dinanti seluruh umat muslim di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Orang Indonesia memiliki cara tersendiri seperti berburu takjil untuk buka puasa saat menjelang bedug magrib tiba. Mereka akan berhamburan keluar rumah untuk berburu jajan sebagai menu pembuka untuk berbuka puasa. Namun dalam keadaan pandemi seperti saat ini kita tidak bisa melakukan rutinitas setiap ramadhan tiba yaitu berburu takjil buka puasa.

Tapi tenang, meskipun tidak bisa keluar rumah dan berburu menu takjil untuk berbuka, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah ataupun memanfaatkan aplikasi ojek online untuk membelikannya. Dan bagi kamu yang sedang bingung ingin makan takjil apa hari ini, Kuliner Kota punya 20 rekomendasi takjil berbuka puasa sederhana yang bisa kamu coba. Pastinya rasanya enak dan kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho! Berikut apa saja daftar menu takjilnya.

1. Es Campur

Es Campur
Es Campur, Foto oleh Idn Times Com

Setelah seharian berpuasa, tentu akan terasa nikmat jika kita berbuka puasa dengan kuliner yang manis dan segar. Kamu bisa membuat sendiri di rumah atau order dengan menggunakan ojek online, Es Campur sebagai pilihan takjil buka puasa. Perpaduan isian buah dan manisnya sirup bakal membantu menghilangkan rasa kering ditenggorokan. Tidak hanya itu, berbagai isian buah segar cocok jadi santapan menu pembuka berbuka puasa agar perut tidak merasa kaget dan kekenyangan. Tertarik untuk mencicipinya sebagai takjil untuk berbuka puasa?

2. Pastel

Pastel
Pastel, Foto oleh Resep Koki Id

Meskipun jajanan yang sederhana, kamu bisa menjadikan Pastel sebagai takjil buka puasa lho, Sobat Kuliner Kota! Perpaduan gurihnya kulit pastel dipadukan dengan isian daging, bihun, telur rebus maupun sayuran bikin perpaduan yang pecah di mulut. Saking simpel dan sederhananya takjil berbuka satu ini, kamu bisa membuatnya di rumah sendiri lho! Rasanya nikmat, cocok juga jadi cemilan saat berbuka puasa nanti.

3. Lumpia

Lumpia
Lumpia, Foto oleh Google Com

Tidak hanya pastel yang cocok dijadikan takjil buka puasa, kamu juga bisa mencoba Lumpia sebagai alternatif pilihannya. Perpaduan kulit Lumpia yang gurih dengan isian rebung ataupun daging cincang, bakal jadi perpaduan yang pecah di mulut. Apalagi menikmatinya bersama dengan saus sambal? Bakal tidak cukup kalau kamu hanya menikmati satu biji saja saat berbuka puasa.

4. Kue Lumpur

Kue Lumpur
Kue Lumpur, Foto oleh Resep Hari Ini Com

Ingin takjil buka puasa yang manis-manis? Kamu bisa mencoba Kue Lumpur sebagai alternatif pilihannya. Salah  satu kue tradisional yang memiliki tekstur lembut serta manis dan legit yang bakal pecah di mulut setiap gigitannya. Untuk membuat Kue Lumpur tidak membutuhkan bahan-bahan yang ribet lho! Hanya seperti tepung, gula, kentang dan berbagai bahan lainnya. Tertarik mencoba membuat kreasi Kue Lumpur untuk takjil berbuka puasa?

5. Kue Cubit

Kue Cubit
Kue Cubit, Foto oleh Satu Resep Com

Jajanan tradisional selanjutnya yang bisa jadi pilihan takjil buka puasa adalah Kue Cubit. Terbuat dari bahan-bahan sederhana, Kue Cubit memiliki ukuran yang pas dalam satu kali gigitan serta cita rasa manis yang menggoda. Apalagi menyantapnya dalam keadaan masih hangat? Bakal tidak cukup kalau hanya menikmatinya satu atau dua biji saja. Mau membuat takjil Kue Cubit sebagai pilihan menu pembuka berbuka puasa sore nanti?

6. Es Oyen

Es Oyen
Es Oyen, Foto oleh Umroh Com

Tidak hanya cocok menjadi minuman pembuka saat berbuka puasa, Es Oyen juga bisa menghilangkan rasa haus setelah seharian berpuasa. Perpaduan segarnya es dan isian seperti alpukat, kelapa muda dan mutiara bikin pecah di mulut saat kamu mulai menyantapnya. Manisnya sirup dengan perpaduan berbagai isian bakal pas untuk mengganjal perut sebelum menikmati makanan berat. Kamu juga mengkombinasikan Es Oyen dengan buah-buahan sesuai selera lho! Seperti durian maupun nanas. Tertarik mengkreasikan Es Oyen ala kamu di rumah?

7. Kroket Kentang

Kroket Kentang
Kroket Kentang, Foto oleh Resep Koki Id

Takjil buka puasa selanjutnya yang bisa kamu coba kreasikan di rumah adalah Kroket Kentang. Berbahan dasar kentang sebagai bahan utamanya, lalu dipadukan dengan telur dan berbagai bahan lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan lezat. Tidak hanya itu Kroket Kentang juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh lho! Jadi cocok dikonsumsi saat berbuka puasa nantinya. Jangan lupa padukan dengan saus tomat ataupun sambal saat menyantapnya, agar makin legit dan bikin kamu ketagihan.

Baca Juga : Makanan Buka Puasa

8. Puding Susu

Puding Susu
Puding Susu, Foto oleh Sajian Sedap Grid Id

Bagi kamu pecinta jelly, maka tidak ada salahnya jika mencoba takjil buka puasa, Puding Susu. Lezatnya puding dengan tambahan susu, bakal bikin perpaduan yang legit saat kamu menyantapnya. Selain itu Puding Susu juga kaya serat lho! Jadi sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Apalagi di bulan puasa seperti saat ini? Untuk membuatnya pun cukup mudah siapkan agar-agar, gula, susu UHT dan berbagai bahan lainnya. Selanjutnya kamu bisa mengkreasikan sendiri dengan tambahan buah juga lho! Jangan lupa sebelum menikmatinya, masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu, agar lebih legit dan menggigit saat di santap.

9. Smoothie Bowl

Smoothie Bowl
Smoothie Bowl, Foto oleh Graved Com

Menjadi salah satu takjil buka puasa favorit semua kalangan, kamu bisa membuat Smoothie Bowl di rumah lho! Cukup menyiapkan bahan-bahan seperti buah naga, yogurt, apel, air kelapa dan berbagai bahan lainnya, maka kamu akan menikmati Smoothie Bowl yang legit dan menggugah selera. Apalagi disantap dalam keadaan dingin setelah seharian berpuasa? Bikin perpaduan yang pecah di setiap suapannya.

10. Setup Pisang

Setup Pisang
Setup Pisang, Foto oleh Resep Koki Id

Jika kamu bukan pecinta olahan santan, maka cobalah Setup Pisang ini sebagai takjil buka puasa saat bedug tiba. Merupakan salah satu menu pembuka bercita rasa manis dengan aroma yang khas, bakal meningkatkan selera makan kamu. Tidak hanya itu, proses pembuatannya yang mudah juga bakal bisa kamu coba sendiri di rumah lho! Cukup menyiapkan madu, pisang, kayu manis dan berbagai bahan lainnya. Maka kamu bisa menghadirkan Setup Pisang lezat di meja makan sore nanti.

11. Tahu Brontak

Tahu Brontak
Tahu Brontak, Foto oleh Flickr Com

Bagi kamu pecinta olahan tahu, maka cobalah membuat Tahu Brontak sebagai takjil untuk berbuka puasa. Dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti tahu, daging ayam cincang, tepung dan berbagai macam bumbu, maka kamu bisa menghadirkan lezatnya Tahu Brontak untuk anggota keluarga. Pastinya juga bakal jadi camilan yang bakal menemani obrolan santai yang pas menemani buka puasa kamu sore nanti.

12. Kolak Pisang Ubi

Kolak Ubi Pisang
Kolak Pisang Ubi, Foto oleh Idn Times Com

Kolak Pisang Ubi memang jadi primadona saat bulan ramadhan tiba. Cita rasanya yang manis dipadukan dengan gurihnya santan cocok untuk menu pembuka saat berbuka puasa. Tidak hanya itu proses pembuatannya yang mudah serta menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti ubi, pisang, santan, gula merah dan aneka bahan lainnya, membuat Kolak Pisang Ubi bisa kamu hadirkan di rumah kapanpun. Tertarik untuk membuat Kolak Pisang Ubi sebagai takjil untuk berbuka puasa?

13. Es Pisang Ijo

es pisang ijo
Es Pisang Ijo, Foto Oleh Mecium Com

Beragam sajian es sebagai takjil sudah menjadi hal yang wajar, termasuk Es Pisang Ijo yang segar dan mengenyangkan. Tak hanya menjelang puasa, pada hari biasa pun penjual Es Pisang Ijo tetap ramai pelanggan. Takjil ini berasal dari Makassar dan berwarna khas pink hijau.

Terbuat dari pisang raja yang dikukus, kemudian dibalut bersama adonan dadar berwarna hijau dan dilumuri bubur sum-sum. Tak lupa tambahan es serut dengan siraman sirup merah dan susu kental manis. Menikmati Es Pisang Ijo dapat langsung membuat badan kembali bugar, ditambah memakannya saat bulan puasa bisa menambah tenaga setelah seharian menahan nafsu makan.

14. Bubur Sagu Mutiara

bubur sagu mutiara
Bubur Sagu Mutiara, Foto Oleh Blog Sayurbox Com

Siapa yang belum mengenal menu takjil satu ini? Bubur Sagu Mutiara mudah ditemukan bahkan hampir ada di setiap daerah. Bahan dasarnya tak jauh dari buah pisang, namun yang utama adalah pada bahan mutiaranya. Bubur Sagu Mutiara disajikan bersama es untuk menambah kesegaran, apalagi jika disantap setelah puasa seharian.

Warna cantik dari bubur ini memang tiada duanya, dipadukan dengan putihnya santan semakin menambah kesegaran. Bahan-bahan yang diperlukan juga terbilang mudah ditemukan. Jadi, jangan sampai melewatkan membuat takjil buka puasa dengan lezatnya Bubur Sagu Mutiara.

15. Sop Buah

es buah
Sop Buah, Foto Oleh Resepistimewa Com

Jika kamu penggemar beragam olahan buah, maka akan lebih afdol kalau menambah menu takjil Sop Buah di atas meja makan. Seperti namanya, bahan dasar hidangan ini terdiri dari bermacam buah seperti buah naga, kiwi, anggur, melon dan masih banyak lagi. Sop Buah menjadi salah satu menu takjil lezat dan tak boleh terlewatkan.

Kamu bisa membuat hidangan ini di rumah dan membagikannya untuk takjil di masjid dan rumah-rumah tetangga. Kalau sudah berbelanja buah, saatnya membuat menu takjil yang segar seperti Sop Buah.

16. Es Kopyor

es kopyor
Es Kopyor, Foto Oleh Kaskus Com

Cari takjil sederhana dan segar? Coba saja menu takjil Es Kopyor yang segarnya tiada banding. Biasanya, kamu kerap menjumpai para penjual takjil di pinggir jalan yang menyediakan minuman segar ini, kini kamu bisa membuat menu takjil ini di rumah.

Dengan perpaduan agar-agar, kelapa muda dan sirup pandan kelapa membuat minuman ini semakin diminati. Tak hanya untuk penghilang dahaga saat puasa, Es Kopyor pun menjadi minuman yang digemari masyarakat Indonesia kala cuaca terik di hari biasa.

17. Kolak Biji Salak

kolak biji salak
Kolak Biji Salak, Foto Oleh Suara Com

Seperti namanya, hidangan takjil ini merupakan jenis kolak yang cukup menarik perhatian. Menjadi menu buka puasa mengenyangkan, kamu dapat menemukan kolak ini dimanapun termasuk ketika memasuki bulan Ramadhan. Tidak hanya itu campuran bahan-bahan seperti ubi kuning, kanji, gula merah, santan kara, maizena dan masih banyak lagi menjadi bahan dasar pembuatannya. Karena bahannya cukup mudah ditemukan, di masa pandemi ini kamu bisa membuatnya sendiri agar lebih aman.

18. Salad Buah

salad buah
Salad Buah, Foto Oleh Galamedia Pikiran-rakyat Com

Takjil tak pernah jauh dari bahan dasar buah-buahan, Salad Buah merupakan salah satunya. Hidangan ini cocok sebagai menu takjil buka puasa yang tak kalah segar dibandingkan sop buah atau minuman lainnya. Salad Buah selain menyehatkan juga memiliki berbagai manfaat ketika dikonsumsi saat puasa. 

Jika membuat Salad Buah, pastikan buah yang dipakai masih segar ya sobat Kuliner Kota. Rasa manis, gurih dan asam berpadu menjadi semangkuk Salad Buah yang lezat bakal cocok jadi menu pembuka ketika lelah seharian berpuasa.

19. Es Goyobod

es goyobod
Es Goyobod, Foto Oleh Theboxsceneproject Org

Di Jawa Barat, nama Es Goyobod sudah lama tersohor, apalagi ketika bulan Ramadhan. Es Goyobod merupakan sajian berbahan dasar santan, berisi potongan puding terbuat dari tepung beras dicampur dengan roti tawar, tape singkong dan pacar cina. Menjelang waktu buka puasa, masyarakat Jawa Barat akan lebih banyak menyajikan atau menjajakan sebagai hidangan takjil. Kamu juga bisa request terhadap penjualnya jika tidak terlalu suka santan.

20. Cappucino Cincau

cappucino cincau
Cappucino Cincau, Foto Oleh Idn Times Com

Cappucino Cincau menjadi minuman yang kerap kali dihidangkan di atas meja makan, khususnya sebagai menu takjil. Selain rasanya lezat dan termasuk sajian sederhana, Cappucino Cincau termasuk ke dalam minuman paling digemari masyarakat Indonesia. 

Rasanya tentu saja manis dengan cincaunya yang lembut seketika membuatmu tak bisa berhenti nyeruput terus. 

Bahkan sebelum memasuki bulan puasa atau lebih tepatnya seminggu sebelum Ramadhan, ada beberapa daerah yang menjual Cappucino Cincau dengan porsi lebih banyak dibanding hari biasa.

Berbagai pilihan takjil untuk buka puasa di atas bisa jadi alternatif pilihan kamu untuk menu pembuka saat berbuka puasa. Cita rasanya yang nikmat serta terbuat dari bahan-bahan sederhana memudahkan kamu, jika ingin membuatnya di rumah. Selamat berpuasa dan selamat mengkreasikan takjil untuk berbuka puasa ala kamu sendiri di rumah ya sobat Kuliner Kota.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Takjil Buka Puasa Sederhana yang Spesial dan Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]