1. Kuliner

Jangan Lupa Untuk Mencicipi 11 Makanan Khas Pacitan Ini!

Kabupaten Pacitan, tidak hanya dikenal menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik seperti Pantai Klayar, Goa Gong, Pantai Teleng Ria dan berbagai wisata lainnya. Namun Kabupaten Pacitan juga dikenal sebagai kabupaten kelahiran presiden ke enam yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Dimana pertumbuhan ekonomi semakin cepat berkembang dan membuat Kabupaten Pacitan tampil sebagai salah satu kota tujuan wisata menarik di Jawa Timur.

 Saat anda sedang singgah di kabupaten Pacitan, tidak akan terasa lengkap jika anda belum mencoba berbagai kuliner Pacitan yang khas dan berbeda dari lainnya. Tidak hanya menawarkan kenikmatan yang bikin nagih, tapi kuliner Pacitan juga bakal bikin anda ingin datang kedua kali untuk menikmatinya. Kuliner Kota merekomendasikan 11 makanan khas Pacitan yang wajib anda coba. Mau tau apa saja makanan khas Pacitan yang bakal menggoyangkan lidah anda tersebut? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Rengginang 

Rengginang Pacitan
Rengginang, Foto oleh Gupas Id

Saat berada di kota kelahiran SBY, makanan khas Pacitan satu ini wajib anda coba, Rengginang. Merupakan salah satu kuliner pacitan berbahan dasar nasi atau beras ketan yang dijemur sampai kering lalu digoreng dengan menggunakan minyak panas. Jika biasanya di kota lain Rengginang bercita rasa gurih, maka Rengginang khas Pacitan bercita rasa manis dan gurih. Kuliner satu ini tidak hanya nikmat dan bikin anda nagih, namun juga tahan lama. Jadi, cocok untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

2. Cenil

Cenil Pacitan
Cenil, Foto oleh Pacitanku Com

Cenil, kuliner Pacitan satu ini selalu jadi favorit para wisatawan maupun warga lokal. Makanan khas Pacitan yang terbuat dari pati ketela pohon yang berbentuk bulat-bulat kecil dan memiliki berbagai macam varian warna, serta bertekstur kenyal. Cenil khas Pacitan disajikan dengan taburan gula merah dan kelapa parut diatasnya agar semakin nikmat saat disantap. Perpaduan manisnya gula dan tekstur kenyal dari Cenil bakal membuat makanan ini percah di mulut anda. Tertarik untuk mencicipi bagaimana keunikan rasanya?

3. Kupat Tahu Pacitan

Kupat Tahu Pacitan
Kupat Tahu Pacitan, Foto oleh Pacitan Of Paradise Blogspot Com

Mau mencoba makanan khas Pacitan yang bikin kenyang? Kupat Tahu Pacitan pilihannya. Salah satu kuliner Pacitan yang terdiri dari tahu goreng, kupat (ketupat), tauge dan kol lalu diguyur air bawang putih dan kuah kecap serta ditaburi irisan daun seledri dan kacang goreng diatasnya. Perpaduan cita rasa manis dan gurih yang khas dari Kupat Tahu Pacitan bakal mengenyangkan perut dan menggoyangkan lidah anda. Tidak hanya itu tambahan kerupuk kuning atau rambak bakal makin membuat anda tidak ingin berhenti mengunyah saat menyantap kuliner satu ini.Tertarik untuk mencoba kenikmatannya?

4. Punten

Punten Pacitan
Punten, Foto oleh Phinemo Com

Dari namanya saja kuliner Pacitan satu ini cukup menarik, Punten. Merupakan makanan khas Pacitan yang terbuat dari campuran beras dan santan yang telah ditumbuk halus lalu dimasak sampai matang. Tekstur Punten sekilas mirip dengan lontong dan berbentuk kotak, bedanya Punten memiliki cita rasa gurih dan lebih nikmat saat disantap langsung maupun ditemani dengan sambal pecel maupun kuah kari. Cita rasa yang tak terlupakan dan bikin anda ingin mencobanya kedua kali.

5. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul Pacitan
Nasi Tiwul, Foto oleh Initu Id

Mau makanan sehat dan enak? Nasi Tiwul pilihannya. Salah satu makanan khas Pacitan yang terbuat dari singkong atau cassava yang dikeringkan dahulu sebelum dimasak. Nasi Tiwul memiliki cita rasa yang lebih nikmat daripada nasi pada umumnya dan dipercaya memiliki kandungan lemak, kalsium, zat besi, vitamin A dan C yang pastinya baik untuk tubuh. Kuliner satu ini akan semakin nikmat jika anda menyantapnya ditemani beraneka macam lauk pauk maupun diberi taburan parutan kelapa diatasnya. Bakal bikin kamu kenyang lebih lama dan menyehatkan untuk tubuh jika memilih Nasi Tiwul sebagai pilihan sajian wisata kulineran anda saat di Pacitan.

6. Tahu Tuna

Tahu Tuna Pacitan
Tahu Tuna, Foto oleh Ksm Tour Com

Kabupaten Pacitan memang dikenal dengan beraneka ragam olahan tuna, saat anda sedang berada di kabupaten ini, icip-icip Tahu Tuna harus jadi momen wajib wisata kulineran anda. Tahu Tuna merupakan kuliner khas Pacitan berbahan dasar tahu dengan isian gilingan ikan tuna. Cita rasanya yang khas dan nikmat membuat olahan satu ini cocok menjadi teman makan bermacam menu maupun sebagai teman ngopi sore anda. Karena Tahu Tuna bisa bertahan lama saat masih dalam keadaan mentah, anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh lho! Menarik bukan?

7. Soto Pacitan

Soto Pacitan
Soto Pacitan, Foto oleh Resep Koki Id

Makanan khas Pacitan selanjutnya yang wajib anda cicipi adalah Soto Pacitan. Kuliner Pacitan yang berisikan suwiran daging ayam, telur rebus, kecambah dan seledri lalu ditambahkan kuah bening serta taburan kacang goreng dan bawang goreng diatasnya. Cita rasa gurih dan kriuk-kriuknya kacang goreng, membuat kuliner satu ini bakal pecah di mulut anda. Segarnya kuah dan aroma Soto Pacitan yang khas bakal bikin kamu ingin mencoba untuk kedua kalinya.

Baca Juga : 7 Tempat Makan di Pacitan

8. Otak-Otak Ikan Tuna

Otak-Otak Tuna Pacitan
Otak-Otak Ikan Tuna, Foto oleh Sajian Sedap Grid Id

Tidak hanya Bakso Tuna yang bisa anda cicipi saat berada di Kabupaten Pacitan, Otak-Otak Ikan Tuna juga bisa jadi pilihan. Makanan khas Pacitan satu ini terbuat dari ikan tuna yang telah diolah menjadi otak-otak dengan campuran berbagai bumbu di dalamnya. Otak-Otak Ikan Tuna akan semakin nikmat disantap bersama sambal pedas ditemani cuaca sore yang khas di Kabupaten Pacitan. 

9. Sego Gobyos

Sego Gobyos Pacitan
Sego Gobyos, Foto oleh Gramho Com

Jika anda penggemar masakan pedas, Sego Gobyos wajib anda coba. Makanan khas Pacitan yang berisikan nasi yang ditambah sayur daun keningkir, serta tambahan lauk lain seperti tahu, tempe bacem, kerupuk, hingga opor ayam kemudian disiram dengan kuah khusus dengan cita rasa pedas yang bakal bikin anda berkeringat saat menyantapnya.  Perpaduan pedasnya kuah ditemani beraneka macam lauk bakal bikin anda ketagihan untuk menyantap kembali kuliner satu ini.

10. Sego Godong Jati

Sego Godong Jati Pacitan
Sego Godong Jati, Foto oleh Wisataku Id

Kulineran dengan cita rasa yang khas, seperti Sego Godong Jati bisa jadi pilihan saat anda berada di Pacitan. Merupakan kuliner Pacitan yang berisikan nasi, urap tumis tempe, serundeng, ikan asin dan ditambahkan peyek lalu dibungkus menggunakan daun jati sehingga menghasilkan aroma yang  khas dan menambah kenikmatan saat anda menyantap kuliner satu ini. Cita rasa nikmat yang bakal membuat anda tidak ingin berhenti mengunyah dan ketagihan saat mencobanya.

11. Sayur Kalakan

Sayur Kalakan Pacitan
Sayur Kalakan, Foto oleh Faktual News Co

Jika biasanya anda menemukan sayur mangut ndas manyun di daerah Jawa Tengah, maka saat anda berada di Pacitan maka Sayur Kalakan wajib anda coba. Kuliner khas Pacitan satu ini sekilas mirip dengan dengan mangut ndas manyun di daerah Jawa Tengah, bedanya Sayur Kalakan terbuat dari daging ikan laut yang ditusuk seperti sate. Perpaduaan cita rasa rasa pedas dan gurih dari kuah santan membuat kuliner satu ini bakal nikmat disantap dengan nasi hangat maupun nasi tiwul. Pedas Sayur Kalakan yang khas bakal bikin anda ketagihan untuk mencobanya.

Saat anda sedang berada di kota 1001 Goa, maka mencicipi kuliner khas harus masuk agenda yang tidak boleh terlupakan. Berbagai macam cita rasa kuliner khas Pacitan bakal bikin liburan anda semakin lengkap. Jangan sampai sudah jauh-jauh kesini tapi melupakan icip-icip berbagai macam makanan khasnya yang sobad Kuliner Kota! Puaskan lidah anda dengan berbagai macam kuliner yang semakin membuat anda betah berlama-lama disini.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Jangan Lupa Untuk Mencicipi 11 Makanan Khas Pacitan Ini!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]