12 Makanan Khas Banjarmasin Ini Lezatnya Menggugah Selera

Lontong Orari Banjarmasin
Yuk, lengkapi momen liburan kamu dengan icip-icip makanan khas Banjarmasin ini!
Daftar isi

Indonesia memang dikenal dengan keanekaragaman suku, bahasa dan budayanya begitu pula dengan ragam kuliner dengan cita rasa nikmat dan patut untuk dicoba. Saat anda sedang berada di Kota Banjarmasin, makanan khas Banjarmasin juga wajib anda coba. Tidak hanya terkenal dengan soto banjarnya saja yang nikmat tapi kota seribu sungai ini juga punya kuliner lain dengan cita rasa menggoda dan wajib untuk dicoba. Kuliner Kota punya rekomendasi 12 kuliner Banjarmasin yang akan memanjakan lidah kamu saat berwisata kuliner disini. Berikut kuliner khas Banjarmasin tersebut, yang wajib anda coba.

1. Soto Banjar

Belum sah dikatakan ke Banjarmasin kalau belum coba Soto Banjarnya. Merupakan makanan khas Banjarmasin yang sudah terkenal hampir di seluruh Indonesia, Satu porsi soto banjar berisikan suwiran ayam, telor rebus,  lontong yang disiram dengan kuah bumbu seperti bawang, merica dan kayu manis. Warnanya yang bening serta tambahan bawang goreng dan perasan jeruk nipis diatasnya, membuat Soto Banjar tidak hanya enak dan mengenyangkan tetapi juga menyegarkan. 

Soto Banjar Banjarmasin
Soto BanjarFoto oleh Wikipedia Org

Apalagi anda menyantap Soto Banjar saat siang hari? Bakal bikin anda tidak ingin berhenti mengunyah saat menyantap kuliner Banjarmasin ini. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, karena Soto Banjar dijual pada berbagai restoran dan rumah makan di seluruh Kota Banjarmasin, salah satunya di Depot Soto Bang Amat di Jalan Banua Anyar Nomor 6, Benua Anyar, Banjarmasin Timur. Tertarik untuk kulineran Soto Banjar asli dari mana ia berasal?

2. Ketupat Kandangan

Ketupat memang jadi salah satu kuliner favorit yang disuguhkan saat lebaran di berbagai kota di Indonesia. Namun, untuk menikmati olahan ketupat ini anda tidak perlu menunggu saat lebaran, Ketupat Kandangan namanya. Merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang berisi ketupat dengan potongan ikan haruan atau lebih dikenal dengan ikan gabus asap yang sudah dimasak bersama santan dan berbagai bumbu lainnya seperti pala, cengkeh, kapulaga dan berbagai macam bumbu.

Baca Juga:  27 Makanan Khas Kalimantan yang Patut Dicoba!
Ketupat Kandangan Banjarmasin
Ketupat KandanganFoto oleh 7 Terbaik Com

Perpaduan cita rasa gurih dan nikmat membuat makanan khas Banjarmasin ini bakal menggoyangkan lidah anda saat menyantapnya. Apalagi menyantapnya dalam keadaan masih hangat? Pastinya bikin tidak ingin berhenti menyuapnya berulang kali. Ada salah satu rekomendasi tempat makan Ketupat Kandangan yang nikmat, yaitu Ketupat Kandangan Hj. Mursinah di Jalan Cendrawasih Nomor 7, Bajarmasin Barat.

Artikel Terkait

3. Mandai

Mandai Banjarmasin
MandaiFoto oleh Kumparan Com

Mendengar nama kuliner Banjarmasin satu ini pasti bikin kalian bertanya-tanya seperti apa olahan makanan khas Banjarmasin ini, Mandai. Merupakan kuliner khas Banjarmasin yang terbuat dari kulit buah cempedak yang sudah difermentasi. Teksturnya yang lembut dan berserat membuat perpaduan rasa gurih dan asam yang nikmat. Tidak hanya itu anda juga bisa menikmati Mandai dengan cita rasa pedas lho! Jadi, cocok untuk dijadikan lauk santap siang maupun menu sarapan pagi anda bersama nasi hangat. Bikin nagih dan tidak ingin berhenti mengunyah saat menikmati kuliner satu ini. Jika tertarik mencoba Mandai, anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Banjarmasin.

4. Nasi Kuning Banjarmasin

Bagi pecinta nasi kuning, maka makanan khas Banjarmasin ini pasti langsung jadi favorit anda, Nasi Kuning Banjarmasin. Jika biasanya nasi kuning di kota-kota lain terbuat beras pulen maka Nasi Banjarmasin terbuat dari beras pera, sehingga cita rasanya lebih nikmat dan lezat. Diolah menggunakan campuran daun pandan dan kunyit membuat aromanya juga lebih khas dan menggugah selera anda.

Nasi Kuning Banjarmasin
Nasi Kuning BanjarmasinFoto oleh Marga Apsari Com

Apalagi menyantapnya bersama serundeng dan berbagai macam lauk? Bikin anda kenyang dan tidak ingin berhenti mengunyah. Ada tempat makan Nasi Kuning Banjarmasin yang jadi favorit, yaitu Rumah Makan Nasi Kuning Cempaka di Jalan Niaga Timur Nomor 6, Kota Banjarmasin.

5. Lontong Orari

Lontong Orari Banjarmasin
Lontong Orari, Foto oleh Rizky Ashya Com

Merupakan salah satu kuliner khas Banjarmasin yang berisikan lontong, Lontong Orari memiliki keunikan dan kelezatan berbeda dari yang lain. Kuliner ini merupakan lontong yang berbentuk lebar dan pipih lalu disajikan bersama irisan labu, buncis, ikan gabus serta telur yang dimasak dengan bumbu kemerahan serta disiram dengan kuah santan gurih. Perpaduan cita rasa gurih yang khas bakal bikin kamu ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Apalagi ditambah dengan sambal? Pastinya bikin perpaduan rasa yang semakin pecah di mulut anda.

Baca Juga:  17 Minuman dan Makanan Khas Mojokerto Enak Banget

6. Sop Mutiara

Sop Mutiara Makanan khas Banjarmasin
Sop Mutiara, Foto oleh Food Nesia Net

Mungkin anda akan bertanya-tanya apa sebenarnya isi dari makanan Banjarmasin satu ini, Sop Mutiara. Merupakan kuliner Banjarmasin yang berisi daging ayam yang sudah digiling dan dibuat berbentuk bulat layaknya sebuah bakso, lalu disajikan bersama kuah sop yang terbuat dari susu, pala, bawang merah dan bawang putih. Cita rasanya yang gurih dan nikmat apa lagi saat disantap bersama nasi hangat bakal bikin anda kenyang dan ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Tertarik mencicipi kenikmatan dan keunikan sop khas Banjarmasin ini?

7. Sate Tulang

Sate Tulang Makanan khas Banjarmasin
Sate TulangFoto oleh Pergi Kuliner Com

Bagi anda penggemar kuliner sate, maka Sate Tulang wajib anda cicipi. Merupakan salah satu kuliner Banjarmasin, Sate Tulang terbuat dari leher ayam, kulit dan lemak yang digiling bersama bumbu-bumbu habang lalu dibakar seperti sate pada umumnya. Cita rasa pedas manis yang khas pada Sate Tulang membuat kuliner satu ini tidak hanya jadi favorit wisatawan lokal tapi juga mancanegara. Tertarik mencoba nikmatnya makanan khas Banjarmasin ini?

8. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut Makanan khas Banjarmasin
Nasi Itik GambutFoto oleh Ksm Tour Com

Kuliner khas Banjarmasin ini cocok sebagai pilihan untuk makan siang maupun makan malam anda, Nasi Itik Gambut. Merupakan olahan nasi dan itik yang dimasak dengan berbagai bumbu khas lalu dibungkus dengan daun pisang. Cita rasa pedas manis dan aroma daun pisang yang khas bakal bikin selera makan anda meningkat, jika mencicipi makanan khas Banjarmasin satu ini. Nikmat dan mengenyangkan, jadi tidak ada alasan untuk tidak icip-icip bagaimana cita rasa dan sedapnya menyantap kuliner ini di berbagai tempat makan di Banjarmasin.

Baca Juga:  13 Makanan khas Palembang Selain Pempek ini Wajib Dicoba

9. Iwak Karing Sapat

Iwak Karing Sapat Makanan khas Banjarmasin
Iwak Karing SapatFoto oleh Visit Kalsel Com

Bagi anda pecinta ikan, maka Iwak Karing Sapat wajib anda coba. Merupakan kuliner Banjarmasin yang terbuat dari olahan ikan sapat yang digoreng dengan berbagai macam bumbu-bumbu khas sehingga memiliki cita rasa gurih dan nikmat. Apalagi ikan sapat juga tidak mengandung lemak lho! Jadi cocok untuk pilihan ngemil bagi anda yang sedang diet.

10. Gangan Paliat

Gangan Paliat Makanan khas Banjarmasin
Gangan PaliatFoto oleh Klik Kalsel Com

Kuliner Banjarmasin memang tidak jauh-jauh dengan ikan, salah satunya adalah Gangan Paliat. Merupakan makanan khasnya orang Banjar yang terbuat dari ikan baung, ikan patin atau udang yang disiram dengan kuah santan kental berwarna kuning yang terbuat dari campuran kunyit. Cita rasa gurih dan lezat semakin terasa nikmat saat disantap dengan nasi hangat. Tertarik untuk menikmati kuliner Gangan Paliat ini?

11. Sayur Kabang Tigarun

Sayuri Kabang Tigarun Makanan khas Banjarmasin
Sayur Kaban Tigarun, Foto oleh Hasan Zainuddin WordPress Com

Mau mencoba lalapannya orang banjar, maka anda harus mencoba Sayur Kabang Tigarun. Merupakan salah satu kuliner yang terbuat dari batang, daun dan bunga dari tumbuhan tiguran, lalu diolah dengan berbagai macam bumbu khusus khas Banjarmasin. Cita rasa yang mirip dengan daun pepaya dan aroma seperti asinan yang khas membuat kuliner ini unik, nikmat dan lezat. Apalagi anda menyatapnya di tengah cuaca mendung di sore hari, bakal bikin tidak ingin berhenti ngunyah.

12. Cacapan Asam

Cacapan Asam Bengkulu Makanan khas Banjarmasin
Cacapan AsamFoto oleh Oomph Co Id

Merupakan salah satu kuliner khas Banjarmasin, Cacapan Asam terbuat dari cabe rawit, asam jawa, garam dan berbagai macam buah-buahan yang dicincang kecil. Cita rasanya manis, asam, pedas dan gurih yang khas bakal bikin kamu ketagihan untuk mencoba kuliner satu ini berulang kali. Apalagi menyantapnya sebagai pendamping berbagai makanan khas Banjarmasin, bakal semakin nikmat dan bikin ketagihan. 

Berbagai macam kuliner Banjarmasin bakal memanjakan lidah anda. Tidak hanya cita rasanya yang nikmat dan khas pastinya juga bikin anda ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Jangan sampai anda melewatkan untuk mencicipi berbagai kuliner khas Banjarmasin rekomendasi dari Kuliner Kota ya sobat! Karena pastinya semua nikmat, lezat dan bikin kenyang.

Baca Juga : 8 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Jadi Favorit Wisatawan

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *