1. Kuliner

Pesona 10 Makanan Khas Tarakan yang Bikin Ngiler!

Kota Tarakan, merupakan sebuah kota terbesar di Kalimantan Utara yang sekaligus menjadi perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Terletak di ujung Utara Kalimantan Indonesia, kota ini menyimpan potensi wisata alam dengan keindahan yang luar biasa. Plesiran di Bumi Paguntaka anda juga akan disuguhkan dengan makanan khas Tarakan bercita rasa nikmat dan menggoda.

Ada aneka makanan khas Tarakan yang bisa jadi pilihan untuk mengusir lapar sekaligus menggoyangkan lidah anda. Namun dari sekian banyak pilihan makanan khas Tarakan ada 10 kuliner wajib ini yang tidak boleh anda lewatkan. Perpaduan cita rasa yang khas dan nikmat bakal bikin anda ngiler untuk segera menikmatinya. Penasaran apa saja daftar nama kuliner tersebut? Yuk, cek artikel Kuliner khas tarakan Berikut ini!

1. Kue Ciput

Kue Ciput Tarakan
Kue Ciput, Foto oleh Resep Koki Id

Ingin menikmati yang manis-manis saat di Kota Tarakan? Anda bisa mencicipi Kue Ciput. Merupakan salah satu makanan khas Tarakan, kue ini memiliki bentuk mirip cone es cream dengan isian vla serta topping kismis di atasnya. Perpaduan gurihnya lapisan kue serta manisnya vla bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut. Apalagi anda menyatapnya saat sore hari bersama teh ataupun kopi? Bikin anda tidak puas kalau hanya menikmatinya satu biji saja.

2. Daun Singkong Tumbuk

Daun Singkong Tumbuk Tarakan
Daun Singkong Tumbuk, Foto oleh Resep Koki Id

Bagi anda pecinta olahan daun singkong, maka cobalah Daun Singkong Tumbuk khas Tarakan ini. Merupakan salah satu makanan khas Tarakan, kuliner ini terbuat dari campuran daun singkong tumbuk, ikan teri, kecombrang, santan dan berbagai bumbu lainnya sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang khas dan nikmat. Apalagi anda menyantapnya bersama nasi hangat? Bikin perpaduan yang pecah di mulut saat anda mulai menyuapnya. Jangan lupa tambahkan sambal bagi anda pecinta pendas! Agar semakin lebih lezat lagi.

3. Olahan Kepiting Soka

Bagi anda pecinta olahan seafood maka saat berada di Tarakan cobalah Olahan Kepiting Soka. Merupakan salah satu jenis kepiting dengan cangkang lunak, Kepiting Soka cocok diolah menjadi berbagai menu makanan bercita rasa lezat. Salah satunya adalah olahan kepiting krispi, kepiting asam manis sampai kepiting saus padang.

Olahan Kepiting Soka Tarakan
Olahan Kepiting Soka Foto oleh Indra Citrap Blogspot Com

Perpaduan lezat kepiting bersama berbagai olahan bumbu yang khas bakal bikin anda tergoda untuk segera menikmatinya. Apalagi menyantapnya ditemani tumis kangkung dan nasi hangat. Sukses bikin perpaduan yang pecah di mulut. Jangan lupa saat menikmatinya menggunakan tangan! Agar lebih puas merasakan kelezatan makanan khas Tarakan satu ini. Tertarik mencoba bagaimana nikmatnya?

4. Sambel Goreng Tundai

Sambel Goreng Tundai Tarakan
Sambel Goreng Tundai, Foto oleh Masak Apa Hari Ini Com

Bagi anda pecinta sambal, maka makanan khas Tarakan ini wajib anda cicipi. Sambel Goreng Tundai, terbuat dari campuran aneka rempah, cabai, kerang darah dan berbagai bumbu lainnya sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa pedas serta gurih yang khas. Apalagi anda menyantapnya ditemani dengan tempe serta nasi hangat? Bikin perpaduan cita rasa yang pecah di mulut sejak suapan pertama anda. Tertarik mencoba bagaimana nikmatnya Sambal Goreng Tundai ini?

5. Tumis Kapah

Kapa atau Kapah merupakan kerang yang mudah ditemukan di sekitaran pantai daerah Tarakan, oleh sebab itu makanan khas Tarakan berbahan dasar kapah banyak ditawarkan di kota ini, salah satunya Tumis kapah. Terbuat dari campuran kapah, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis dan berbagai bahan lainnya yang ditumis sampai matang sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa asam, gurih dan tekstur kenyal kapah yang bikin nagih. 

Tumis Kapah Tarakan
Tumis Kapah, Foto oleh Dori Pos Com

Tidak hanya itu, kapah juga memiliki kandungan protein yang bagi tubuh lho! Jadi pastinya menyehatkan badan dan menggoyangkan lidah anda saat memilih Tumis Kapah sebagai pilihan menu kulineran anda. Tertarik mencoba kenikmatannya?

6. Sate Temberungun

Sate Temberungun Tarakan
Sate Temberungun, Foto oleh Borneo Channel Com

Bagi anda pecinta olahan seafood? Maka cobalah Sate Temberungun ini. Merupakan salah satu makanan khas Tarakan, temberungun merupakan sejenis biota laut seperti kerang yang diolah dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah yang khas sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa gurih, lezat dan aroma yang khas saat dipanggang. Apalagi menyantapnya ditemani saus kacang? Bikin perpaduan yang pecah di mulut anda. Tertarik mencoba bagaimana nikmatnya?

7. Ikan Asin Pepija

Ikan Asin Pepija Tarakan
Ikan Asin Pepija, Foto oleh Shopee Co Id

Salah satu makanan khas Tarakan, Ikan Asin Pepija merupakan kuliner yang terbuat dari ikan pepija yang hidup di perairan Kota Tarakan. Memiliki cita rasa asin dan gurih yang khas saat digoreng membuat Ikan Asin Pepija cocok disantap bersama saus sambal dan nasi hangat. Menu sajian yang sederhana namun bercita rasa nikmat dan juara, ya Ikan Asin Pepija ini pilihan menu makanannya. Tertarik untuk mencoba?

8. Lawa Tarakan

Lawa Tarakan
Lawa Tarakan, Foto oleh Bambang Priantono WordPress Com

Merupakan salah satu menu pembuka saat berada di Kalimantan, Lawa Tarakan adalah kuliner yang terbuat dari campuran mentimun, rumput laut, udang ataupun kerang serta berbagai bumbu lainnya sehingga menghasilkan cita rasa nikmat dan khas. Menyantapnya sebagai teman berbagai menu khas Tarakan lainnya juga bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut. Tertarik mencoba bagaimana nikmatnya?

9. Lempok Cempedak

Lempok Cempedak Tarakan
Lempok Cempedak, Foto oleh Topi Jelajah Com

Jika biasanya anda menikmati lempok durian di kota-kota lain, maka saat berada di Tarakan, Lempok Cempedak harus masuk kuliner yang wajib anda coba. Terbuat dari buah cempedak yang diolah menjadi seperti dodol khas garut namun memiliki tekstur lengket dengan cita rasa manis yang khas cocok jadi teman ngemil saat nonton tv ataupun minum kopi di sore hari. Tidak hanya itu. Lempok Cempedak juga dikemas dalam wadah praktis sehingga tahan lama lho! Jadi cocok juga untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tertarik untuk mencoba bagaimana nikmatnya?

10. Ikan Asin Richa

Ikan Asin Richa Tarakan
Ikan Asin Richa, Foto oleh Reservasiku Com

Jika biasanya anda akan menikmati ikan asin goreng, maka saat berada di Tarakan cobalah Ikan Asin Richa ini. Merupakan makanan khas Tarakan ikan asin disini diolah dengan menggunakan bumbu richa sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa pedas, gurih dan asin dari daging ikan yang khas. Cita rasanya yang nikmat bakal makin lengkap saat anda menyantapnya bersama sepiring nasi hangat, bikin perpaduan yang pecah di mulut sejak dari suapan pertama anda menyantapnya. Terbayang bukan nikmatnya?

Berbagai pilihan menu kuliner khas Tarakan tidak hanya bercita rasa unik dan menarik namun juga pastinya lezat dan bakal menggoyangkan lidah anda saat menyatapnya. Jadi, lengkapi liburan anda dengan berburu ragam kuliner di Kota Tarakan ini. Pastikan anda mencoba 10 makanan khas Tarakan rekomendasi Kuliner Kota diatas ya sobat! Agar liburan anda makin meriah dan semarak dengan mencoba kenikmatan kuliner kota Tarakan yang berbeda dari kota lainnya sehingga bikin ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: Pesona 10 Makanan Khas Tarakan yang Bikin Ngiler!
  • 9 Juni 2020

    Makanan khas Tarakan emang nikmatanya juara

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Trending

Martabak manis adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak manis biasanya menggunakan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, kacang, dan meses. Jika kamu ingin membuat martabak manis ala rumah, tidak perlu khawatir karena pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan teflon saja. Berikut ini […]
Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keragaman budaya tersebut juga tercermin dalam kuliner khas Singkawang yang beragam. Singkawang merupakan kota yang kaya akan kuliner khas. Kota ini memiliki beragam makanan khas yang turun temurun oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Berikut ini  5 makanan […]