Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

12 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Unik & Paling Dicari

6 min read

Ladrang

Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki keindahan alam yang eksotis. Berada di ujung timur provinsi Jatim, menjadikan kabupaten ini selalu ramai wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Banyak dari wisatawan menjadikan kabupaten ini sebagai tujuan destinasi yang harus dikunjungi, minimal sekali dalam seumur hidup. Setelah merasa puas menelusuri keindahan Banyuwangi, kurang lengkap rasanya jika kalian tidak memborong oleh-oleh khas Banyuwangi. Oleh sebab itulah, Kuliner Kota merekomendasikan 12 oleh-oleh Banyuwangi ini untuk masuk keranjang belanja anda. Berikut daftar apa saja oleh-oleh yang harus anda bawa pulang.

1. Batik Gajah Oling

Batik menjadi warisan budaya di Indonesia, oleh sebab itulah menemukan batik dengan motif unik di setiap daerah sangat mudah, tidak terkecuali di Banyuwangi. Banyuwangi punya oleh-oleh khas batik dengan motif unik untuk dibawa pulang, Batik Gajah Oling namanya. Keunikan motif batik khas Banyuwangi ini terletak pada bentuknya seperti tanda tanya (?) yang direpresentasikan seperti belalai gajah dan sekaligus bentuk uling (semacam belut) yang akhirnya diberi nama Gajah Oling. 

Batik Gajah Oling
Batik Banyuwangi, Foto oleh Mitra UMKM Com

Selain motifnya yang unik, beragam pilihan warna pada Batik Gajah Oling membuatnya akan terlihat menarik jika dijadikan pakaian dengan beragam model. Jika, anda tertarik membawa oleh-oleh khas Banyuwangi ini sebagai cinderamata untuk keluarga di rumah, datang ke Sanggar Batik Virdes yang berada di Desa Simbar, Kecamatan Cluring, Banyuwangi bisa jadi pilihan. Di pusat oleh-oleh batik satu ini anda juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung lho! Jadi, bisa berbelanja sekaligus berwisata edukasi.

2. Ladrang

Kudapan yang satu ini juga wajib dijadikan buah tangan dari Banyuwangi, Ladrang. Merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi yang terbuat dari ubi kuning atau ubi ungu yang diolah dengan cara digoreng. Oleh-oleh Banyuwangi memiliki bentuk seperti mie pipih dan tidak terlalu panjang dengan tekstur renyah serta tersedia dalam berbagai varian rasa yaitu gurih, manis dan pedas. Selain itu Ladrang juga diyakini bernutrisi bagi tubuh dan cocok dijadikan camilan anda yang sedang melakukan program diet lho! Cukup dengan harga Rp10.000 – Rp20.000 , anda bisa membawa pulang oleh-oleh ini.

Ladra Banyuwangi
Ladra, Foto oleh Buka Lapak Com

Tidak hanya itu, Ladrang juga bisa bertahan hingga 6 – 12 bulan di suhu ruangan lho! Jadi, bagi Sobat Kuliner Kota yang ingin membawanya dalam perjalan jauh tidak perlu takut rasanya akan berubah setelah sampai di rumah.  Jika tertarik membawanya pulang, Ladrang khas Banyuwangi bisa dengan mudah ditemukan pada toko oleh-oleh Banyuwangi, salah satunya di Osing Deles yang berlokasi di Jalan K.H. Agus Salim No. 12A Kabupaten Banyuwangi.

3. Pia Glenmore

Bakpia atau pia yang enak bukan hanya ada di Yogyakarta, tapi Banyuwangi juga punya bakpia yang tidak kalah nikmat, Pia Glenmore namanya. Pia yang diberi nama Glenmore karena pia ini pertama kali dibuat di Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Kudapan yang memiliki berbagai varian rasa mulai rasa keju, coklat, kacang hijau, nanas, durian, pisang keju, telo ungu, pandan dan bahkan ayam ini punya tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Cita rasanya yang khas itulah menjadikan Pia Glenmore selalu dirindukan oleh para wisatawan untuk dijadikan camilan dalam perjalanan maupun di bawa pulang.

Pia Glenmore
Pia Glenmore, Foto oleh Pesona Nusantara Co Id

Jika tertarik membawa pulang, Pia Glenmore sebagai oleh-oleh, Anda bisa membelinya langsung ke Bakpia Glenmore yang berlokasi di Jalan Raya Jember No. 51 Banyuwangi atau depan kantor Telkom Glenmore. Untuk harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau mulai dari Rp20.000/box saja. Jadi, sobat Kuliner Kota mau berapa box kenikmatan Pie Glenmore ini untuk keluarga di rumah? 

4. Kopi Banyuwangi

Kekayaan alam Banyuwangi sangatlah banyak dan sebagian besar terkenal di banyak negara, salah satunya adalah olahan kopi. Kopi Banyuwangi memiliki aroma yang khas serta nikmat dan beda dengan kopi lainnya. Jadi tak heran kalau Kopi Banyuwangi jadi oleh-oleh khas yang wajib di bawa pulang. Ada beberapa Kopi Banyuwangi yang sudah terkenal, Kopi kemiren, Kopi Lanang dan Kopi Sebalang.

Kopi Kemiren atau sering disebut dengan Kopi Jarang Goyang, diolah dengan cara disangrai menggunakan tungku tanah liat untuk menghasilkan aroma dan cita rasa khas yang kuat. Sedangkan Kopi Lanang khas Banyuwangi memiliki keunikan dari bentuk bijinya yang bulat dan berbiji tunggal dengan cita rasa sedikit gurih, tidak terlalu asam, tidak terlalu pahit dan cita rasa yang unik saat di seduh. Kopi Lanang juga dipercaya memiliki khasiat untuk menambah stamina lho sobat Kuliner Kota! Jadi, kapan lagi bisa ngopi dan bikin makin tambah sehat kalau tidak menyeduh Kopi Banyuwangi ini pilihannya.

Kopi Banyuwangi
Kopi Banyuwangi, Foto oleh Sinar Harapan Net

Dan jenis Kopi Banyuwangi yang tidak kalah nikmat serta khas adalah Kopi Seblang. Kopi Seblang terbuat dari biji kopi robusta pilihan dan diproses secara tradisional sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat dan khas. Nah, jika tertarik membawa 3 jenis kopi khas Banyuwangi diatas, Anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh dengan harga mulai Rp25.000 saja. Cukup terjangkau dan pastinya juga tahan lama. Jadi mau bawa kopi jenis apa untuk oleh-oleh setelah pulang dari Banyuwangi? 

5. Kue Bagiak

Bagi Anda yang mencari kue kering sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah,  Kue Bagiak bisa jadi pilihan. Kue Bagiak merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi berbentuk lonjong dan panjang yang terbuat dari tepung sagu, kelapa parut serta aneka bumbu lainnya.  Memiliki tekstur yang sedikit keras namun lumer saat digigit serta perpaduan rasa manis dan gurih yang khas, cocok dijadikan teman minum kopi atau teh di sore hari.

Kue-Bagiak
Kue Bagiak, Foto oleh Media 9 Co Id

Selain itu, Kue Bagiak juga tersedia dengan berbagai pilihan rasa, yakni rasa jahe, kacang, susu, pandan, nangka, keju, vanilla, kayu manis serta durian yang bisa Anda pilih sesuai selera. Tidak hanya itu, pengemasan Kue Bagiak juga beragam, ada yang dibungkus plastik dan ada juga yang dikemas dalam kotak agar terlihat lebih rapi serta lebih praktis. Kue Bagiak mampu bertahan hingga 3 bulan lho sobat Kuliner Kota, jadi tidak perlu khawatir saat ingin membawanya pulang. Jika tertarik membawanya sebagai buah tangan, Anda bisa membeli oleh-oleh Banyuwangi ini di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Banyuwangi dengan harga mulai dari Rp20.000 – Rp25.000. 

6. Klemben

Referensi kue khas Banyuwangi yang cocok dijadikan oleh-oleh orang tersayang di rumah lainnya adalah Klemben. Kudapan berbahan dasar tepung terigu dan telur dengan cita rasa gurih serta manis yang seimbang cocok dijadikan sebagai teman minum teh ataupun suguhan saat hari lebaran tiba. Tekstur kue yang mirip dengan bolu kering serta mampu bertahan hingga satu bulan menjadikan Klemben cocok jadi hampers lebaran atau dibagikan kepada sanak saudara. 

Klemben Banyuwangi
Klemben, Foto oleh Google Com

Selain itu, harganya juga terjangkau lho sobat Kuliner Kota, cukup Rp15.000 saja, maka Anda akan mendapatkan satu kemasan Klemben berisi 40 biji. Untuk itu, jika tertarik membawa Klemben sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, Anda bisa membelinya di salah satu rumah produksi Klemben milik Ibu Sri Wahyuningsih Klemben Gringsing yang berlokasi di kawasan Sumberejo Pakis, Banyuwangi.

7. Savana Cake

Bagi anda yang gemar mencicipi kue kekinian, oleh-oleh khas Banyuwangi Savana Cake ini bakal jadi favorit Anda. Kue kekinian yang berbahan dasar pisang serta memiliki bagai varian toping yang merepresentasikan destinasi wisata kebanggaan Banyuwangi ini bisa Anda pilih sesuai selera. Anda bisa memiliki varian toping mulai dari Savana Red Island (representasi Pantai Pulau Merah), Savana Green Bay (representasi Pantai Teluk Ijo), Savana Blu Fire (representasi Blue Fire Gunung Ijen), Savana Wedi Ireng (representasi Pantai Wedi Ireng) dan Savana Sunrise of Java.

Savana Cake
Savana Cake, Foto oleh Hobimakanbanyuwangi Com

Untuk membawa nikmatnya Savana Cake ini sebagai buah tangan, Anda harus menyiapkan budget sekitar Rp55.000/box, murah bukan? Oleh karena itu, jika sobat Kuliner Kota tertarik membawanya, datang saja ke toko resminya yang berlokasi di Jalan Letjen S Parman No. 26, Kecamatan Sobo, Banyuwangi, 300 meter dari Hotel Santika Banyuwangi. 

8. Sale Pisang Banyuwangi

Sale Pisang Banyuwangi
Sale Pisang Banyuwangi, Foto oleh Sale Goreng WordPress Com

Tidak hanya Pacitan yang punya Sale Pisang sebagai oleh-oleh, Banyuwangi juga punya camilan Sale Pisang yang cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Seperti namanya, oleh-oleh khas Banyuwangi ini berbahan dasar pisang yang dikeringkan serta memiliki cita rasa manis dan aroma khas buah pisang. Sale Pisang Banyuwangi tersedia dalam berbagai jenis yaitu sale pisang gulung, sale pisang goreng dan sale pisang basah dengan masa tahan hingga 6 bulan. Oleh-oleh Banyuwangi ini, juga mudah Anda dapatkan di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di sudut kota Banyuwangi. Untuk harga juga cukup terjangkau mulai dari Rp10.000 – Rp25.000. Jadi, tertarik membawa berapa box untuk keluarga di rumah?

9. Untir-untir

Oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya ini juga cocok dijadikan camilan dalam perjalanan maupun dibagikan kepada sanak saudara, Untir-Untir namanya. Camilan berbahan dasar tepung terigu dengan bentuk menyerupai kepangan rambut atau tambang dengan cita rasa manis serta gurih yang pas. Memiliki tekstur agak keras namun renyah saat dimakan menjadikan oleh-oleh Banyuwangi cocok jadi teman bersantai saat minum teh ataupun kopi. 

Untir-Untir Banyuwangi
Untir-Untir, Foto oleh Shopee Co Id

Selain itu, harga Untir-untir relatif terjangkau, mulai dari Rp25.000 – Rp30.000 per kemasannya. Untuk mendapatkannya Anda bisa datang ke Ardial Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat 115, Kabupaten Banyuwangi. 

10. Kerupuk Rumput Laut Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi merupakan wilayah pesisir timur Pulau Jawa dengan kekayaan alam yang sangat banyak. Terlebih produk lautnya yang begitu melimpah. Masyarakat Banyuwangi sepertinya tidak pernah kehilangan akal untuk berinovasi membuat makanan yang enak. Adapun produk olahan laut yang wajib dijadikan sebagai oleh-oleh, Kerupuk Rumput Laut namanya. Terbuat dari rumput laut jenis Eucheuma cottonii serta aneka bumbu seperti bawang putih, garam, bumbu pedas dan gula serta teksturnya yang renyah dengan cita rasa gurih yang khas, cocok dijadikan sebagai camilan saat perjalanan maupun teman ngobrol bersama teman maupun pasangan.

Kerupuk Rumput Laut Banyuwangi
Kerupuk Rumput Laut Banyuwangi, Foto oleh Cumi Bunting Com

Selain itu, Kerupuk Rumput Laut juga tinggi serat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho! Untuk itu, saat Anda tertarik membawanya pulang sebagai buah tangan, datang saja di Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, maka Anda akan menemukan oleh-oleh khas Banyuwangi ini dikemas dalam toples sampai kemasan plastik juga ada. 

11. Panci dan Dandang Banyuwangi

Panci dan Dandang Banyuwangi
Panci dan Dandang Banyuwangi, Foto oleh Idn Times Com

Oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya ini, bakal jadi favorit Anda yang hobi memasak, Panci dan Dandang Banyuwangi. Perkakas dapur dengan kualitas bagus dan harganya yang cukup terjangkau mulai dari Rp15.000 – Rp40.000 saja, menjadikan Anda tidak perlu takut saat ingin membawanya pulang dalam jumlah banyak untuk dibagikan maupun dijual lagi. Jika tertarik membawanya pulang, Anda bisa datang di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Disana tidak hanya menjual panci dan dandang saja, masih banyak perkakas dapur lainnya seperti oven kue, gelas, cetakan kue, hingga sutil (spatula).

12. Kerajinan Gintangan Banyuwangi

Bagi Anda yang sedang mencari cinderamata khas Banyuwangi, maka Kerjinan Gintang Banyuwangi bisa jadi pilihan. Oleh-oleh khas Banyuwangi ini merupakan kerajinan anyaman bambu yang dibuat menjadi aneka macam bentuk mulai dari, souvenir, kap lampu, hiasan dinding serta berbagai model lainnya. Selain itu, nama Kerajinan Gintangangan ini diambil dari lokasi pembuatan kerajinan anyaman bambu yang terkenal ada di Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi. 

Kerajinan Gintang Banyuwangi
Kerajinan Gintang Banyuwangi, Foto oleh Idn Times Com

Jika, tertarik membawa kerajinan khas Banyuwangi ini sebagai buah tangan, Anda perlu menyiapkan budget mulai dari Rp20.000 hingga jutaan rupiah tergantung jenis serta ukuran kerajinan yang ingin Anda beli. 

Itulah 12 oleh-oleh khas Banyuwangi yang unik serta wajib untuk kamu jadikan buah tangan. Bagaimana, tertarik untuk memborongnya? Tentunya, siapkan budget yang cukup ya. Selamat berlibur dan berbelanja oleh-oleh khas Banyuwangi!

Last Updated on November 20, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *