1. Oleh-Oleh Khas

10 Kuliner Oleh-Oleh Khas Papua Ini Wajib Dibawa Pulang!

Papua merupakan pulau yang terletak di ujung timur Indonesia. Pulau satu ini menyimpan banyak sekali keunikan yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik yang memikat banyak wisatawan untuk berkunjung yaitu wisata alamnya yang masih sangat alami dan berbagai macam buah tangannya yang unik. Yuk, simak 10 rekomendasi oleh-oleh khas Papua Jayapura yang wajib dibawa pulang berikut ini!

10 Oleh-oleh Khas Papua yang Wajib untuk Dibawa Pulang

1. Abon Gulung

Abon Gulung (Sumber: @abongulungpapua on Instagram)

Sobat Kuliner sudah pasti tahu abon, dong? Makanan satu ini sudah cukup akrab dengan masyarakat di Indonesia. Namun, pernahkah kamu mencoba abon gulung khas Papua? Tepatnya di Manokwari, terdapat olahan abon yang disajikan dalam bentuk gulungan, sehingga jika dilihat akan tampak menyerupai roti. 

Pada bagian luar abon ini ditaburi daun bawang, wijen, dan potongan daging berukuran kecil yang menjadikan tampilannya semakin menarik. Tekstur dari abon gulung ini empuk, rasanya gurih, dan beraroma yang khas. Harga setiap kemasan abon gulung ini dibanderol mulai dari Rp70.000 an per box-nya. Pastikan Sobat Kuliner membeli oleh-oleh khas Papua satu ini, ya!

2. Kue Bagea

Kue Bagea (Sumber: @hadi_haudi on Instagram)

Papua memang cukup terkenal dengan olahan sagunya. Kue bagea juga termasuk dalam deretan oleh-oleh khas Papua yang berbahan dasar tepung sagu. Tekstur kue ini cukup keras karena bahan yang digunakan untuk membuat kue bagea adalah campuran antara tepung kenari dengan tepung sagu. Pengemasan kue ini biasanya menggunakan daun yang sudah kering. Kue bagea ini juga cocok jadi teman minum teh atau kopi, lho.

3. Sagu Lempeng Ambon

Sagu Lempeng Ambon
Sagu Lempeng Ambon (Sumber: @malymaruanaya on Instagram)

Oleh-oleh khas Papua selanjutnya adalah sagu lempeng Ambon terbuat dari tepung sagu yang dipadatkan melalui proses pembakaran dengan api yang cukup panas. Kemudian, sagu yang sudah dipadatkan tersebut disajikan dengan taburan topping berupa larutan kelapa atau gula merah, sehingga menciptakan rasa yang gurih dan manis. Sagu lempeng ambon ini juga cocok banget sebagai teman ngopi atau ngeteh.

4. Keripik Keladi

Keripik Keladi (Sumber: @keripikkeladi on Instagram)
Keripik keladi (Sumber: @keripikkeladi on Instagram)

Keripik menjadi salah satu cemilan yang digemari oleh banyak orang dari bermacam kalangan. Sobat Kuliner bisa mencicipi keripik khas Papua, yakni keripik keladi yang berbahan dasar ubi jalar atau talas. Bahan tersebut dicampur dengan berbagai macam bumbu, seperti garam, cabai rawit, dan bawang putih. Sensasi rasanya merupakan kombinasi manis pad pedas yang merupakan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. 

5. Sarang Semut

Sarang Semut (Sumber: @sarang.semut.papua25 on Instagram)
Sarang Semut (Sumber: @sarang.semut.papua25 on Instagram)

Salah satu wilayah di Papua, yaitu Wamena populer sebagai daerah penghasil tanaman obat yang dikenal dengan nama sarang semut. Siapa sangka, tanaman obat tersebut dapat Sobat Kuliner bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Papua, lho. Olahan sarang semut ini dapat berupa minuman hangat. Menurut penelitian, Sarang semut ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga dikenal ampuh mengobati banyak penyakit.

6. Kue Lontar

Kue Lontar (Sumber: @kue.lontar on Instagram)
Kue Lontar (Sumber: @kue.lontar on Instagram)

Kue satu ini bukan pie susu, ya, Sobat Kuliner. Walaupun menyerupai pie susu, kue satu ini merupakan kue lontar yang dikenal menggunakan lontar sebagai wadahnya. Namun, seiring perkembangan zaman, kini pembuatan kue lontar ada pula yang menggunakan piring cekung yang bentuknya seperti cetakan pie. Bahan utama kue satu ini yaitu gula dan susu sapi sehingga rasanya legit dan manis.

7. Martabak Sagu

Martabak Sagu (Sumber: bosmeal)
Martabak Sagu (Sumber: bosmeal)

Next, masih ada oleh-oleh khas Papua yang merupakan olahan sagu, nih. Martabak sagu merupakan makanan yang berbahan dasar sagu yang dihaluskan, kemudian diisi dengan gula merah. Cara memasaknya adalah dengan cara digoreng. Jika Sobat Kuliner tertarik mencobanya, martabak sagu ini dapat ditemukan di sekitar Kabupaten Fakfak dan dijual mulai dari harga Rp25.000 saja.

8. Dendeng Rusa

Dendeng Rusa
Dendeng Rusa (Sumber: @dapur_mama_yun on Instagram)

Kalau dendeng sapi sudah biasa, bagaimana jika menyantap dendeng rusa? Yap, oleh-oleh khas Papua satu ini berbahan dasar daging rusa dan aman dimakan dimakan, kok. Namun jangan salah, makanan satu ini mengandung nutrisi tinggi, seperti sumber vitamin B6 dan B12 yang dapat mencegah anemia, meningkatkan kekuatan otot, hingga mencegah infeksi atau peradangan. 

9. Cokelat Papua

Cokelat Papua
Cokelat Papua (Sumber: @pipiltincocoa on Instagram)

Siapa sangka, di Indonesia Timur juga terdapat berbagai jenis cokelat hitam yang lezat. Cokelat dalam bentuk batangan ini sering dijadikan oleh-oleh khas Papua Jayapura dengan harga yang ramah kantong. Untuk setiap kemasannya dijual mulai dari Rp25.000 saja untuk ukuran kecil. Biasanya, cokelat ini dikemas dalam aluminium foil dengan berbagai rasa buah asli! Hmm.. tertarik mencobanya?

10. Ikan Asar

Ikan Asar (Sumber: @jajanannhits on Instagram)
Ikan asar (Sumber: @jajanannhits on Instagram)

Ikan Asar adalah oleh-oleh khas Papua dengan bahan utama ikan asap dengan bumbu rempah yang khas. Cara masaknya juga terbilang sangat unik, yakni menggunakan kayu yang ditusuk ke dalam tubuh ikan. Hal ini tak lain supaya posisi ikan dapat mudah untuk diatur selama proses pengasapan. Untuk harga dari ikan asar ini berkisar dari Rp74.000 untuk ukuran sedang.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Papua Barat hingga oleh-oleh khas Papua Timika yang bisa dijadikan pilihan ketika sedang berlibur ke Papua atau Jayapura. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Kuliner Oleh-Oleh Khas Papua Ini Wajib Dibawa Pulang!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending