1. Tempat Makan

10 Rekomendasi Tempat Makan di Purwakarta Favorit Wisatawan

Berkunjung ke Purwakarta, wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan wisata alam yang memukau, namun juga destinasi kuliner dengan kudapan lezat yang tersebar di penjuru kota. Nah, bagi Sobat Kuliner yang sedang berwisata ke Purwakarta, jangan sampai melewatkan  kuliner khas dari kota tersebut. 

Spot kuliner di sini kabarnya tak hanya menawarkan citarasa tersendiri namun juga tempat yang menarik, lho. Penasaran seperti apa? Yuk, simak 10 rekomendasi tempat makan di Purwakarta yang menawarkan berbagai menu yang mampu memanjakan lidah Sobat Kuliner sekalian!

1. Resto Batu Apung Alam Hijau

Resto Batu Apung Alam Hijau (sumber: @jawa_repost_ on Instagram)
Resto Batu Apung Alam Hijau (Sumber: @jawa_repost_ on Instagram)

Rekomendasi tempat makan pertama adalah resto Batu Apung Alam Hijau terletak di suatu kawasan wisata, tepatnya di Wanasari, Kec. Wanayasa, Purwakarta. Nggak hanya dapat merasakan berbagai sajian lezat yang ada di restoran ini, wisatawan juga dapat puas bermain air dan mengunjungi berbagai wahana yang ada, lho.

Tempat makan di Purwakarta ini menawarkan hidangan masakan sunda seperti, nasi pecel, nasi timbel, sate maranggi, pempek, cuanki, siomay, roti bakar, dan masih banyak lagi. Harga yang terjangkau dari sajian tersebut juga membuat nilai lebih untuk restoran ini, yakni mulai dari Rp5.000 – Rp110.000 saja per menunya. 

2. Rumah Makan Ibu Haji Ciganea (IHC)

Rumah Makan IHC (Sumber: @aina_nuraidah on Instagram)

Rumah Makan Ibu Haji Ciganea atau IHC merupakan salah satu tempat makanan khas Sunda yang sangat terkenal. Tempat makan di Purwakarta ini memiliki banyak menu istimewa dan memiliki daya tarik bagi siapapun yang berkunjung kemari.

Keramahan pegawai dan cita rasa masakan khas tanah Pasundan seperti pepes, ikan bakar, karedok, pencok leunca, gepuk dan lainnya. Terlebih, harga yang dipatok di RM ini relatif terjangkau, yakni mulai dari Rp2.000-Rp26.000 saja per menunya. Lokasinya berada di Jl. Veteran No.138, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

3. Lesehan Kampung Empang

Lesehan Kampung Empang (sumber: @kampungempangpwk on Instagram)
Lesehan Kampung Empang (Sumber: @kampungempangpwk on Instagram)

Kampung Empang merupakan salah satu tempat makan di Purwakarta yang berdiri di atas tanah berlatar belakang areal persawahan ini sering dikunjungi oleh ‘pemburu’ kuliner. Meskipun jaraknya tidak jauh dari pusat kota, rumah makan ini mempertahankan nuansa hijau ala pedesaan. Kampung Empang menyediakan berbagai makanan mulai dari hidangan lokal tradisional, nasional, internasional, hingga aneka jajanan kekinian. 

Selain itu, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola juga lengkap, seperti cafe dengan live music, meeting room, ruang gathering terbuka, arena bermain anak, saung untuk lesehan, hingga ruang resepsi. Sobat Kuliner bisa langsung mengunjungi tempat makan di Purwakarta ini di Jl. Pramuka No.19, Bunder, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

4. Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD)

Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD) (sumber: @januaresa on Instagram)
Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD) (Sumber: @januaresa on Instagram)

Next, ada tempat makan di Purwakarta yang juga menawarkan makanan khas Sunda yang tak kalah menarik dengan resto lainnya. Sambel Hejo Sambel Dadak menawarkan ragam makanan Sunda yang dikemas dengan konsep a la carte dan siap saji. 

Di tempat makan di Purwakarta yang bagus ini, pengunjung disuguhkan dengan suasana sunda tradisional. Harga yang ditawarkan SHSD ini terbilang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp6.000-Rp150.000 saja per menunya. Lokasinya beralamat di Jl. Pemuda No.32, RT.20/RW.6, Mekargalih, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

5. Sate Maranggi Hj. Yetty

Sate Maranggi Hj. Yetty (sumber: @bu.pungkis on Instagram)
Sate Maranggi Hj. Yetty (Sumber: @bu.pungkis on Instagram)

Mampir ke Purwakarta nggak bakal lengkap kalau belum mencicipi sate maranggi. Hidangan satu ini merupakan kuliner asli Purwakarta yang sangat terkenal, bahkan namanya menjadi salah satu jajanan kaki lima favorit dunia menurut World Street Food Congress pada tahun 2016. Diantara banyak tempat makan di Purwakarta yang menjual sate maranggi, ada satu tempat makan yang terkenal, yaitu warung Sate Maranggi Hj. Yetty. Menu sate maranggi di sini dibagi menjadi tiga jenis daging, yakni daging sapi, ayam, dan kambing. 

Selain sate maranggi, tempat ini menyediakan menu lain yang nggak kalah lezat, lho. Seperti, olahan ikan, olahan ayam, sop sapi atau kambing, gule sapi atau kambing, pepes, sayur asem, gado-gado, nasi tutug oncom, hingga cobek nila. Pengunjung juga dapat menikmati segarnya es kelapa di tempat ini. Harga yang ditawarkan rumah makan ini masih bisa dibilang terjangkau, yaitu mulai dari Rp2.000-Rp120.000 saja per menunya. Lokasinya berada di Jl. Raya Cibungur Purwakarta, Cibungur, Kec. Bungursari, Kab. Purwakarta.

6. Rumah Makan Saung Situ

RM Saung Situ (sumber: @sulisgrs on Instagram)
RM Saung Situ (sumber: @sulisgrs on Instagram)

Masih tentang sate maranggi, masih ada satu lagi tempat makan di Purwakarta yang wajib untuk Sobat Kuliner kunjungi selain di Cibungur, yakni di jalan Wanayasa dan lebih terkenal dengan nama Rumah Makan Saung Situ. Per tusuk satenya dibanderol dengan harga Rp10.000. 

Selain sate, di sini pengunjung juga bisa memesan aneka menu lainnya seperti ayam bakar, karedok hingga sop kambing. Spot kuliner satu ini pun cukup populer loh dan menjadi incaran para pecinta kuliner di seluruh Nusantara, lho. Lokasinya berada di Jln.Wanayasa-Bojong Sawit, Purwakarta.

7. Istora Resto

Istora Resto (sumber: @eltonsonny on Instagram)
Istora Resto (Sumber: @eltonsonny on Instagram)

Rekomendasi tempat makan di Purwakarta selanjutnya ialah resto yang terletak berada di dalam area Wisata Jatiluhur. Selain menu hidangan yang bervariasi, resto tersebut juga menyuguhkan pemandangan yang indah dari waduk Jatiluhur dan Gunung Parang serta Bangkok. Hmm.. Terbayang bagaimana cantiknya pemandangan sunset  di sini ketika sore hari.

Nggak hanya pemandangan sunset-nya yang menawan, penataan taman di sekeliling danau juga mempercantik pemandangan di restoran ini, lho. Selain menyuguhkan pemandangan yang cantik, hidangan khas Nusantaranya juga lezat. Lokasinya berada di Jl. Jatiluhur, Jatimekar, Kabupaten Purwakarta,

8. Rumah Makan Sajolna

Rumah Makan Sajolna (sumber: @linggogeni on Instagram)
Rumah Makan Sajolna (Sumber: @linggogeni on Instagram)

Ayam goreng memang sudah menjadi menu andalan di setiap tempat makan yang ada di Indonesia. Akan tetapi, terdapat tempat makan di Purwakarta yang menyajikan menu ayam goreng kampung yang sangat lezat dengan rasa rempah-rempah yang memikat. Ayam ini dilengkapi dengan sambal dadakan khas Sunda yang sangat lezat.

Rumah Makan Sajolna, menjadi tempat makan di Purwakarta favorit bagi masyarakat setempat maupun pelancong yang singgah. Jika Sobat Kuliner tertarik, bisa lansung mengunjunginya di Jl. Basuki Rahmat No.54, Sindangkasih, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

9. Soto Sadang Asli

Soto Sadang Asli (Sumber: @sotosadangasli_pwk on Instagram)

Tempat makan di Purwakarta ini menawarkan beberapa menu yang mengenyangkan. Yang menjadi menu unggulannya adalah soto dengan kuah bening ataupun dengan kuah santan. Soto bening ini merupakan kuliner dengan kuah kaldu yang berasal dari daging yang direbus dengan api kecil dalam waktu yang lama.

Selain itu, pada soto santan masih ada irisan lauk, berkuah santan berwarna kuning pucat dengan rasa gurihnya yang kuat. Tempat makan di Purwakarta yang recommended ini semakin ramai pengunjungnya karena memiliki jam buka hingga 24 jam. Lokasinya beralamat di Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

10. Rumah Makan Hj. Ibu Ani

Rumah Makan Hj. Ibu Ani (sumber: @ekayulyani on Instagram)
Rumah Makan Hj. Ibu Ani (Sumber: @ekayulyani on Instagram)

Bagi Sobat Kuliner pecinta ikan, wajib mampir ke RM Hj. Ibu Ani karena tempat makan di Purwakarta yang murah ini menyediakan berbagai pepes ikan yang lezat. Sejak awal berdiri sekitar tahun 1985-an, rasa pepesnya sudah langsung disukai oleh pemburu kuliner. Tidak heran jika tempat makan di Purwakarta yang recommended ini selalu padat pada jam jam tertentu.

Setidaknya ada 49 pepes yang bisa Sobat Kuliner pilih di tempat makan ini. Nggak hanya aneka pepes, di sini juga tersedia ayam bakar. Harga hidangannya juga cukup ramah kantong, yakni mulai dari Rp2.000-Rp10.000 per menunya. Lokasinya berada di Jl. Ir. H. Juanda, Cilegong, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat makan di Purwakarta yang bagus dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, kolega atau teman. Semoga rekomendasi tempat makan di Purwakarta ini membantu Sobat Kuliner ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Rekomendasi Tempat Makan di Purwakarta Favorit Wisatawan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]