1. Oleh-Oleh Khas

7 Oleh Oleh Khas Pati Jawa Tengah yang Wajib Dibawa Pulang

Setiap tahun, Pati hampir tak pernah absen dari kunjungan wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Hal yang paling tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Tengah ini adalah membawa pulang buah tangan khas Pati. Apa saja? Yuk, simak 7 oleh oleh khas Pati Jawa Tengah yang wajib dijadikan buah tangan berikut ini!

1. Getuk Lupis

Getuk Lupis
Getuk Lupis (Sumber: widhiaanugrah)

Perpaduan getuk lupis dengan kelapa merupakan salah satu oleh oleh khas Pati yang sering diburu oleh wisatawan. Sesuai namanya, jajanan satu ini merupakan paduan dari getuk dan lupis yang terbuat dari dua bahan dasar yakni ketan dan singkong. Ketan dan singkong yang sudah diolah tersebut akan dibungkus dengan daun pisang lalu direbus hingga matang.

Biasanya Getuk Lupis diberi topping parutan kelapa dan komponen lain untuk membuat cita rasanya otentik. Rasanya yang manis berasal dari gula merah lumer yang disiram saat penyajiannya. Per bungkus Getuk Lupis ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp4.000 saja. Sayangnya, jajanan ini tak bisa dijadikan oleh oleh jika Sobat Kuliner tinggal jauh dari Pati karena tak tahan lama.

2. Kue Moho

Kue moho
Kue moho (Sumber: masakandapurku)

Kue Moho adalah oleh oleh khas Pati Jawa Tengah yang memiliki rasa manis dengan tekstur agak lembek namun tidak membuat eneg. Bahan dasar kue moho adalah tepung terigu, tape singkong, air, soda kue dan pewarna makanan. Semua bahan yang sudah dicampur tersebut akan dikukus hingga matang. Kisaran harga hanya Rp5.000 per biji. Hmm.. tertarik mencobanya?

3. Sarang Madu

Sarang madu khas pati
Sarang madu khas pati (Sumber: Wikipedia)

Eitss.. yang ini bukan sarang madu yang dimiliki oleh lebah, tetapi ini merupakan oleh oleh khas Pati berupa makanan kering yang bentuknya dibuat menyerupai sarang madu. Lengkap dengan tekstur ala sarang madu asli, kue kering ini berwarna kecoklatan mirip bentuk aslinya.

Bahan dasar kue ini adalah tepung beras dan tepung ketan yang digoreng lalu diolesi gula jawa cair. Oleh karena itu, kur ini memiliki rasa manis kombinasi gurih yang lumer di lidah dalam satu gigitan. Per kemasannya, kue Sarang Madu ini dibanderol mulai dari Rp15.000 hingga Rp25.000 per bungkusnya.

4. Kerupuk Ampo

Kerupuk Ampo
Kerupuk Ampo (Sumber: superadventure)

Oleh oleh khas Pati ini merupakan kerupuk yang dapat dinikmati sebagai camilan. Uniknya, kerupuk satu ini terbuat dari tanah liat kering. Namun jangan salah, kerupuk ini sama sekali tidak terasa seperti tanah, justru rasanya hampir serupa dengan dark chocolate, lho! Ada perpaduan unik antara rasa manis dengan sedikit pahit yang komposisinya pas.

Biasanya Kerupuk Ampo dinikmati bersama dengan sajian teh atau kopi dan berbentuk batangan kecil-kecil seperti stik coklat. Kerupuk Ampo ini bisa Sobat Kuliner beli dalam kiloan. Soal harga, jajanan satu ini dibanderol mulai dari Rp30.000 per kilogram-nya.

5. Kerupuk Daging

Kerupuk Daging Sapi di Kota Pati
Kerupuk Daging Sapi salah satu oleh-oleh di Kota Pati (Sumber: Tokopedia)

Next, masih ada kerupuk oleh oleh khas Pati lagi, nih. Kerupuk Daging khas Pati terbuat dari bahan dasar daging, bisa berupa daging ikan, kambing, atau sapi. Daging tersebut akan dihaluskan hingga lembut, barulah dibentuk persegi panjang atau bentuk lain. Kemudian akan dibumbui dan dilumuri dengan tepung hingga digoreng hingga teksturnya menjadi renyah.

Rasa kerupuk ini gurih tanpa meninggalkan cita rasa daging olahan yang asli. Sayangnya, camilan satu ini mulai sulit ditemukan karena bahan dasarnya yang agak mahal. Kalaupun ada yang menjualnya, harganya berkisar Rp100.000-Rp150.000 per kilogram-nya.

6. Telur Lurik

Telur Lurik khas patih
Telur Lurik khas Patih (Sumber: Bukalapak)

Sudah pernah mendengar Telur Lurik sebelumnya? Telur dengan warna coklat kehitaman ini mendapatkan warnanya dari proses pengasapan pada cangkangnya. Cukup unik, ya? Rasa telur ini dijamin enak terlebih ketika masih hangat. Harganya pun cukup bersahabat di kantong wisatawan, yakni mulai dari Rp3.000 per butirnya.

7. Kacang Khas Pati

Rekomendasi yang terakhir adalah kacang khas Pati. Kacang memang bisa ditemukan di banyak tempat, namun jangan salah, Pati mempunyai jajanan olahan kacang tanah yang khas dan wajib dicoba oleh wisatawan saat berkunjung. Pengolahan kacang dibuat sedemikian rupa dengan tambahan bumbu rempah yang kemudian disangrai atau digoreng hingga matang.

Prosesnya yang masih tradisional membuat kacang oleh oleh khas Pati ini memiliki cita rasa otentik. Kacang ini tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari original yang gurih hingga pedas balado. Soal harga, kacang khas Pati ini bisa dibeli per kilogram-nya mulai dari Rp30.000 saja. Tertarik membawanya pulang?

Toko Oleh Oleh Khas Pati Jawa Tengah Terpopuler

Setelah mengetahui jajanan apa saja yang sebaiknya Sobat Kuliner bawa pulang sebagai buah tangan, kali ini ada rekomendasi pusat oleh oleh khas Pati yang bisa dicoba untuk dikunjungi. Yuk, simak mana saja rekomendasi pusat oleh oleh khas Pati berikut ini!

1. Pasar Pragola

Pasar Pragola menjadi salah satu toko pusat oleh oleh khas Pati yang menjadi rekomendasi untuk berbelanja. Terletak di Jalan Raya Pati-Kudus KM 4, Margorejo, Pati, beragam oleh oleh khas Pati dapat ditemui mulai dari jajanan khas hingga cinderamata yang diproduksi oleh warga Pati. Tak perlu risau, produk yang dijajakan sangatlah variatif dengan harga yang terjangkau.

2. Toko Surya Baru

Toko Surya Baru tidak hanya menyediakan oleh oleh khas Pati saja, tetapi juga menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti sabun, minyak wangi, dan lainnya. Jajanan khas pati yang bisa Sobat Kuliner dapat disini seperti Kerupuk Daging, Kerupuk Ampo, dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Jalan Panglima Sudirman No. 148-150, Pati, dekat dengan alun alun Kota Pati.

3. Toko Mubarok Mart

Mubarok Mart merupakan salah satu pusat oleh oleh khas Pati yang menyediakan berbagai macam makanan jajanan khas Pati termasuk berbagai jenis kerupuk hingga cemilan kering dan basah yang tahan lama. Sobat Kuliner dapat mengunjungi toko ini di Jalan Raya Pati-Kudus KM 3, tepatnya persis di depan Rumah Sakit Keluarga Sehat atau sejajar dengan Komplek Gedung Haji Pati.

Nah, itulah rekomendasi oleh oleh khas Pati yang dapat dijadikan buah tangan hingga rekomendasi pusat oleh oleh khas Pati tempat belanja buah tangan tersebut. Bagaimana menurut Sobat Kuliner, manakah oleh oleh khas Pati di atas yang ingin dibeli untuk dibawa pulang saat usai berlibur nanti?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Oleh Oleh Khas Pati Jawa Tengah yang Wajib Dibawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]