1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya yang Wajib Dibawa Pulang

Kota Palangkaraya merupakan Ibukota provinsi Kalimantan Tengah yang menyimpan keindahan potensi wisata sehingga menjadi daya tarik para wisatawan datang ke kota ini. Sebagian daerah yang didominasi kawasan hutang lindung menjadikan kota ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Tidak hanya itu berbagai oleh-oleh khas Palangkaraya mulai dari bercita rasa manis, gurih dan asin juga bakal memanjakan lidah anda saat berkunjung ke kota ini.

Puas menikmati ragam wisata dan kuliner khas Palangkaraya, oleh-oleh khasnya juga tidak kalah unik dan menarik. Ada berbagai makanan, souvenir sampai pernak-pernik khas Palangkaraya yang bisa jadi buah tangan untuk keluarga di rumah. Dari sekian banyak ragam oleh-oleh khas Palangkaraya, ada 10 oleh-oleh ini yang wajib anda pulang. Pastikan 10 oleh-oleh Palangkaraya ini sudah masuk daftar wisata belanja anda. Berikut apa saja daftar oleh-olehnya:

1. Keripik Kelakai

Tidak hanya cocok teman berbagai menu makanan, Keripik Kelakai juga bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Palangkaraya, Keripik Kelakai terbuat dari daun Kelakai muda yang dilumuri tepung serta bumbu dan digoreng sehingga menghasilkan cita rasa gurih dengan tekstur yang renyah. 

Keripik Kelakai Palangkaraya
Keripik Kelakai, Foto oleh Dedew Kripik Spky WordPress Com

Selain bercita rasa nikmat Keripik Kelakai juga memiliki banyak khasiat lho! Seperti menyembuhkan diara, menambah darah sampai menjaga kulit agar awet muda. Dikemas dengan wadah yang kedap udara dengan berbagai macam ukuran akan memudahkan anda membawa oleh-oleh satu ini. Jika tertarik membawanya pulang, ada bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Palangkaraya.

2. Batik Benang Bintik

Kain batik memang selalu jadi souvenir favorit di berbagai macam kota di Indonesia, tidak terkecuali saat anda berada di Palangkaraya. Batik Benang Bintik dengan motif khas suku Dayak bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Palangkaraya anda saat singgah di kota ini. Memiliki berbagai varian motif dengan beragam filosofi menjadikan kain batik khas Palangkaraya terlihat unik dan menarik.

Batik Benang Bintik Palangkaraya
Batik Benang BintikFoto oleh Good News From Indonesia

Anda juga bisa membawa pulang beragam motif batik disini, dalam bentuk kain ataupun sudah menjadi berbagai model pakaian lho! Untuk mendapatkannya juga mudah, anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh Palangkaraya, salah satunya Butik Benang Bintik Lestari Indah yang ada di Jalan Rajawali No. 46, Bukit Tunggal, Jekan Raya, Palangkaraya. Tertarik membawa oleh-oleh kain batik khas Palangkaraya ini untuk keluarga di rumah?

3. Kue Gagatas

Kue Gagatas Palangkaraya
Kue Gagatas, Foto oleh Cookpad Com

Merupakan salah satu makanan khas Palangkaraya, kue satu ini juga cocok anda jadikan sebagai buah tangan, Kue Gagatas. Terbuat dari campuran beras ketan dan parutan kelapa yang dibalur menggunakan tepung serta gula merah, sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa manis dan gurih yang khas. Tidak hanya rasanya yang nikmat, Kue Gagatas juga mudah ditemukan lho! Karena dijual di berbagai pasar tradisional di Palangkaraya. Tertarik membawa oleh-oleh khas Palangkaraya ini sebagai buah tangan? Jangan lupa, pastikan jarak tempuh perjalanan anda pulang kampung terlebih dulu, agar Kue Gagatas tetap nikmat saat sampai di rumah.

4. Tahu Bakso Ijo Palangkaraya

Bagi anda pecinta tahu bakso, maka oleh-oleh khas Palangkaraya ini tidak boleh anda lewatkan, Tahu Bakso Ijo Palangkaraya. Merupakan oleh-oleh Palangkaraya yang selalu jadi favorit para wisatawan. Memiliki nama Tahu Bakso Ijo, makanan satu ini sama sekali tidak berwarna hijau, namun seperti tahu bakso pada umumnya, kata Ijo sendiri diambil dari nama sebuah warung di Palangkaraya yang selalu jadi favorit para wisatawan, oleh sebab itu lah tahu bakso khas Palangkaraya diberi nama Tahu Bakso Ijo. 

Tahu Bakso Ijo Palangkaraya
Tahu Bakso Ijo Palangkaraya, Foto oleh Wisato Id

Selain itu, Tahu Bakso Ijo khas Palangkaraya memiliki dua varian rasa yaitu, rasa daging sapi dan daging ayam yang bisa anda pilih sesuai selera. Harganya yang terjangkau serta mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh Palangkaraya, membuat oleh-oleh satu ini harus masuk daftar buah tangan anda untuk dibawa pulang. Jadi, tertarik membawa berapa kotak untuk keluarga di rumah?

5. Kue Wadai Apem

Oleh-Oleh satu ini juga merupakan kue tradisional khas Palangkaraya yang cocok jadi buah tangan untuk keluarga di rumah, Kue Wadai Apem. Merupakan oleh-oleh khas Palangkaraya yang terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, kelapa parut, gula, santan, ragi dan berbagai bahan lainnya yang diolah dengan cara dikukus sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa gurih dan manis.

Kue Wadai Apem Palangkaraya
Kue Wadai Apem, Foto oleh Food Nesia Net

Dikemas dalam wadah dengan berbagai macam ukuran, memudahkan anda untuk membawa Kue Wadai sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Untuk mendapatkannya juga mudah, karena dijual di berbagai toko oleh-oleh di Palangkaraya. Tertarik membawanya sebagai buah tangan?

6. Wadi Ikan Palangkaraya

Ingin membawa olahan ikan sebagai buah tangan saat berada di Palangkaraya? Wadi Ikan Palangkaraya bisa jadi salah satu pilihannya. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Palangkaraya, Wadi Ikan terbuat dari ikan patin ataupun ikan nila yang difermentasi menggunakan beras serta garam yang sudah disangrai dan berbagai bahan lainnya, lalu disimpan sekitar satu minggu sehingga menghasilkan cita rasa asam, asin dan gurih saat digoreng kembali sebelum menikmatinya. Apalagi anda menyantap Wadi Ikan ini bersama nasi hangat? Bikin perpaduan yang pecah di mulut.

Wadi Ikan Palangkaraya
Wadi Ikan PalangkarayaFoto oleh Buka Lapak Com

Jika anda ingin membawa Wadi Ikan Palangkaraya sebagai buah tangan, tidak perlu khawatir repot karena sudah dikemas dalam wadah yang praktis dengan berbagai ukuran. Pastinya Wadi Ikan ini juga awet lho! Jadi, anda tidak perlu khawatir jika ingin membawanya pulang dalam jarak tempuh yang jauh.

7. Kerajinan Tangan Kulit Kayu

Kerajinan Tangan Kulit Kayu Palangkaraya
Kerajinan Tangan Kulit KayuFoto oleh Wisato Id

Tidak hanya batik yang bisa jadi souvenir untuk anda bawa pulang, Kerajinan Tangan Kulit Kayu juga bisa jadi alternatif pilihannya. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Palangkaraya, Kerajinan Tangan Kulit Kayu terbuat dari kulit kayu nyamung yang dijadikan berbagai model pernak-pernik seperti topi, tas dan berbagai barang lainnya dengan warna coklat yang khas serta menarik. Tidak hanya menarik, pastinya Kerajinan Tangan Kulit Kayu juga awet dan tahan lama lho! Tertarik membawanya oleh-oleh khas Palangkaraya ini untuk keluarga di rumah?

8. Rabuk Patin Kandas Sarai

Jika anda lebih mengenalnya dengan sebutan abon, maka Rabuk Patin Kandas Sarai ini merupakan abonnya orang Palangkaraya. Seperti namanya oleh-oleh khas Palangkaraya satu ini terbuat dari ikan patin yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan sambal kandas sarai khas Palangkaraya sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa gurih, pedas serta aroma serai yang khas.

Rabuk Patin Kandas Sarai
Rabuk Patin Kandas Sarai, Foto oleh Toko Pedia Com

Tidak hanya itu, Rabuk Patin Kandas Sarai juga memilih varian rasa pedas yang bisa anda pilih sesuai selera. Dikemas dalam wadah kedap udara dengan berbagai macam ukuran akan memudahkan anda membawa pulang oleh-oleh khas satu ini. Selain itu, untuk mendapatkannya juga mudah, karena dijual di berbagai toko oleh-oleh di Palangkaraya. Tertarik membawa nikmatnya abon khas Palangkaraya ini sebagai buah tangan?

9. Pernak-Pernik Khas Dayak

Pernak-Pernik Khas Dayak Palangkaraya
Pernak-Pernik Khas DayakFoto oleh Windriani Web Id

Kota Palangkaraya memang terkenal akan suku Dayak, oleh sebab itu saat berada disini Pernak-Pernik Khas Dayak wajib anda jadikan souvenir untuk dibawa pulang. Memiliki rangkaian pola unik yang terbuat dari manik-manik khas Dayak, oleh-oleh khas Palangkaraya satu ini memiliki berbagai macam bentuk seperti gantungan kunci, dompet, kalung dan berbagai pilihan lainnya yang pastinya bakal mengingatkan kunjungan anda di kota ini. 

10. Olahan Ikan Seluang

Olahan Ikan Seluang Palangkaraya
Olahan Ikan Seluang, Foto oleh Ensiklopedi Dapur Rakyat Id

Ikan Seluang merupakan salah satu ikan kecil yang hidup di daerah Kalimantan, oleh karena itu Olahan Ikan Seluang banyak dijajakan sebagai pilihan buah tangan untuk keluarga di rumah. Memiliki ukuran yang kecil dengan daging yang tebal membuat ikan seluang akan terasa nikmat jika hanya digoreng saja ataupun diolah menjadi keripik dengan campuran tepung tapioka, garam dan minyak sayur. Tekstur yang renyah dengan cita rasa yang gurih menjadikan Olahan Ikan Seluang cocok disantap sebagai teman berbagai menu makanan. Tertarik membawanya sebagai buah tangan?

Ragam pilihan oleh-oleh khas Palangkaraya bisa jadi buah tangan anda untuk keluarga di rumah. Jangan sampai anda pulang ke kampung halaman dengan tangan kosong tanpa membawa berbagai oleh-oleh tersebut yang sobat Kuliner Kota! Pastikan keluarga anda di rumah ikut merasakan momen manis mengunjungi salah satu kota terluas di Indonesia dengan membawakan buah tangan untuk mereka.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya yang Wajib Dibawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending