Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

30 Makanan Khas Jawa Tengah Yang Terkenal Otentik

12 min read

Garang Asem

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang terkenal dalam sektor pariwisata dan ragam kuliner khasnya . Selain itu, makanan khas Jawa Tengah juga menawarkan cita rasa otentik manis yang bikin siapa saja rindu untuk datang kedua kalinya. Kamu bisa menjumpai berbagai kuliner khas daerah Jawa Tengah mulai dari Solo, Semarang, Klaten dan berbagai daerah lainnya.

Untuk itu bagi kamu yang ingin mengunjungi provinsi Jawa Tengah, 30 kuliner ini wajib kamu cicipi. Rasanya yang otentik dipadukan dengan suasana berbagai kota Jateng yang khas bakal bikin momen liburan kamu lebih semarak. Jadi, mau tau daftar apa saja 30 makanan khas tersebut? Yuk cek penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Gudeg

Gudeg
Gudeg, Foto Oleh Kissparry Com

Siapa yang tak mengenal kudapan satu ini? Gudeg. Merupakan makanan khas Jawa Tengah yang populer dikalangan wisatawan lokal dan macanegara. Tidak hanya saat berada di Jogja, kamu juga bisa menjumpai Gudeg Solo dengan cita rasa gurih dan manis. Gudeg khas Jateng terbuat dari dari nangka muda, santan dan aneka macam bumbu lainnya sehingga cita rasanya khas dan bikin menggugah selera.

Perlu sobat Kuliner Kota tahu, Gudeg khas Jateng memiliki 3 varian, yaitu gudeg kering, gudeg basah dan gudeg manggar. Gudeg basah biasanya diberi kuah santan agar bertekstur basah atau nyemek. Gudeg jenis ini memiliki cita rasa gurih namun tidak dapat disimpan lama karena mudah basi.

Untuk gudeg kering sendiri memiliki warna kecoklatan dan dimasak lebih lama hingga kuah santan menjadi kering. Sedangkan untuk gudeg manggar dimasak menggunakan bunga kelapa sehingga cita rasanya lebih khas.

Saking populernya makanan khas Jawa tengah satu ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai sudut kota. Dan salah satu tempat makan Gudeg yang terkenal adalah Gudeg Yu Djum. Tempat makan ini berpusat di daerah Jogja namun kamu bisa dengan mudah menemukannya di kota-kota lainnya.

Tempat : Gudeg Yu Djum
Alamat : Jalan A. Yani Nomor 119, Dusun III, Kartasura, Sukoharjo
Harga : Mulai Rp20.000

2. Sate Klathak

sate klatak
Sate Klatak, Foto Oleh Burpple Com

Selain gudeg, saat berburu kuliner kalian juga harus mencicipi sate khas Jawa Tengah satu ini. Sate Klathak merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari daging kambing muda rendah lemak. Jadi, kalian tidak perlu khawatir akan kolesterol dan bau yang menyengat jika hendak menyantap kuliner khas Jateng ini.

Selain cita rasanya yang khas, pengolahan Sate klathak pun berbeda dari sate pada umumnya. Jika biasanya sate dibakar menggunakan kecap dan dihidangkan bersama bumbu kacang, lain halnya dengan Sate Klathak. Kuliner sate khas Jateng ini dibakar hanya dengan menggunakan garam seperti sate ayam taichan dan disajikan tanpa bumbu pelengkap. Namun tenang saja, meski tanpa bumbu kacang cita rasa Sate Klathak bakal bikin kamu tidak ingin berhenti menggunyah.

Tempat : Sate Klathak Pak Pong
Alamat : Jalan Sultan Agung Nomor 18, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Bantul
Harga : Rp7.000 – Rp15.000

3. Nasi Bogana

Nasi Bogana
Nasi Bogana, Foto Oleh Unileversolutions Co Id

Jarang didengar, nasi Bogana juga merupakan makanan khas Jawa Tengah yang Indonesia banget. Disajikan bersama sayuran, aneka macam lauk serta beralaskan daun pisang menjadikan cita rasa dan aroma yang khas. Meskipun sekilas, Nasi Bogana mirip dengan Nasi Campur khas Jawa Timur namun lauk hingga sayuran yang disajikan lebih lengkap.

Spesialnya lagi Nasi Bogana disajikan bersama taburan serundeng sehingga cita rasanya lebih gurih, nikmat dan pastinya bikin kenyang. Untuk itu bagi sobat Kuliner Kota yang berada di Jawa Tengah, Nasi Bogana bisa jadi alternatif untuk hidangan sarapan maupun makan siang.

Tempat : Nasi Bogana Martoloyo “Diah Hidayat”
Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan, Panggung, Tegal
Harga : Mulai Rp20.000

4. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang
Lumpia Semarang, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Tidak lengkap rasanya jika berada di Jawa Tengah khususnya di Semarang tapi tidak mencicipi atau merasakan Lumpia. Lumpia Semarang menjadi salah satu kuliner khas Jawa Tengah hasil akulturasi budaya Indonesia dan Tionghoa. Lumpia Semarang memiliki aneka macam isian mulai dari udang, telur, daging ayam, dan berbagai isian lainnya.

Cita rasanya yang khas dipadukan dengan pelengkap daun bawang dan cabe rawit bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah saat mencicipinya. Tidak hanya itu, Lumpia Semarang juga murah meriah lho sobat Kuliner Kota, cukup mulai Ro12.000/porsinya kamu bisa menikmati gurih dan lezatnya kuliner khas Jawa Tengah ini.

Tempat : Lumpia Mataram Semarang
Alamat : Jalan Pandanaran No.29A, Randusari, Semarang
Harga : Rp14.000

5. Tahu Petis

Tahu Petis
Tahu Petis, Foto Oleh Tribunjatengwiki Tribunnews Com

Tahu Petis juga merupakan salah satu makanan yang terkenal di berbagai kota di Indonesia. Namun siapa sangka Tahu Petis merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah. Kudapan ini merupakan perpaduan antara tahu pong goreng dan dihidngkan bersama sambal petis. Cita rasanya yang lezat serta proses pembuatannya yang mudah menjadikan Tahu Petis cocok dijadikan camilan di segala macam suasana. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau lho sobat Kuliner Kota! Mulai dari Rp4.000 saja. Jadi, tertarik mencicipinya sebagai camilan sore ini?

Tempat : Tahu Petis Yudhistira – Semarang
Alamat : Jl. Yudistira No.21, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga : Rp4.000 per biji

6. Telur Asin

Telur Asin
Telur Asin, Foto Oleh Lifestyle Okezone Com

Telur Asin juga merupakan lauk yang familiar di Indonesia. Tapi apakah sobat Kuliner Kota tahu bawa Telur Asin merupakan makanan yang berasal dari Brebes, Jawa Tengah. Brebes merupakan tempat pusat penghasil telur asin terbesar yang berada di kawasan Jawa Tengah. Seperti namanya makanan khas Jawa Tengah ini memiliki cita rasa asin.

Telur Asin khas Jawa Tengah sendiri terbuat dari telur bebek dan diproses secara klinis dengan direndam air larutan garam selama berjam-jam hingga menghasilkan cita rasa asin. Harganya yang murah meriah, mudah ditemukan serta cita rasanya yang khas membuat Telur Asin cocok disantap sebagai pelengkap saat menikmati rawon.

Tempat : Warung Sate Matang Yakin Rasa
Alamat : Jl. Sunan Gunung Jati No.Kel, Limbangan Wetan, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes
Harga : Rp3.000 – Rp50.000

7. Mendoan

Tempe Mendoan
Mendoan, Foto Oleh Blog Elevenia Co Id

Mendoan merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang legendaris. Tidak disangka gorengan ini menjadi camilan favorit dan menjadi salah satu camilan yang sangat terkenal di Indonesia. Awalnya, gorengan ini ditemukan di sekitar area Banyumas dan Purwokerto, Jawa Tengah. Namun, di daerah setempat gorengan yang berbahan dasar tempe ini biasa dibilang dengan nama Tempe Kemul.

Sama halnya seperti telur asin dan tahu petis, tempe mendoan juga dapat dinikmati di berbagai penjuru indonesia. Namun, jika kamu berkunjung ke daerah Banyumas maupun Purwokerto, maka tidak hanya dapat menjumpainya dalam bentuk sudah digoreng tapi juga masih dalam bentuk tempat untuk buah tangan.

Tempat : Warung Nasi Sie Itek Bang Nasir
Alamat : Jalan Mayjend Sutoyo Nomor 21, Sawangan, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Barat, Banyumas.
Harga : Mulai Rp10.000 per potong

8. Enting-enting Gepuk

Enting-Enting Gepuk
Enting-Enting Gepuk, Foto Oleh Kulineria Id

Enting-Enting Gepuk adalah makanan khas Jawa Tengah yang berbahan dasar dari kacang tanah, air, gula pasir dan vanili. Camilan ini memiliki bentuk prisma segitiga sama kaki serta perpaduan cita rasa manis, gurih dan renyah. Untuk nama Enting-Enting Gepuk diberikan berdasarkan cara pembuatannya yang dipukul atau digepuk hingga semua bahan tercampur secara rata.

Uniknya lagi, camilan ini bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya meskipun tanpa bahan pewarna maupun pengawet, jadi cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Jateng. Kamu bisa menjumpai Enting-Enting Gepuk berbahan dasar gula merah dan gula putih serta aneka macam rasa. Mulai dari rasa jeruk, coklat, durian dan jahe.

Tempat : Di berbagai pusat oleh-oleh Jawa Tengah
Harga : Mulai Rp15.000

9. Nasi Gandul

Nasi Gandul
Nasi Gandul, Foto Oleh Id Tastemade Com

Nasi Gandul merupakan makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari kota Pati. Santapan ini disajikan dengan lauk daging sapi dan kuah segar. Nasi Gandul memiliki rasa yang mirip dengan nasi uduk. Namun, cita rasa nasi gandul lebih wangi dan gurih serta bertekstur kental pada tiap bulir nasi ketika disantap.

Saat ingin memakan makanan khas Jawa Tengah ini, kalian bisa menambahkan berbagai macam lauk. Perpaduan cita rasa gurih dan pedas dari setiap suap Nasi Gandul bakal bikin kamu tergoda untuk tidak ingin berhenti mengunyah.

Tempat : Di berbagai warung Nasi Gandul Pati
Harga : Mulai Rp12.000

10. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Nasi Liwet, Foto Oleh Review Bukalapak Com

Ketika berada di Jawa Tengah, jangan sampai melewatkan makanan khas yang satu ini, Nasi liwet. Nasi Liwet merupakan ikon Kulinernya Provinsi Jawa Tengah. Dimana memiliki perpaduan cita rasa gurih dan aromanya yang khas. Nasi Liwet khas Jawa Tengah, khususnya Solo terbuat dari nasi yang dimasak bersama santan dan daun pandan.

Aroma pandan dan cita rasanya yang gurih bakal makin terasa nikmat jika disantap bersama aneka macam lauk pelengkap. Mulai dari daging ayam, ikan dan pastinya sambal terasi. Jadi tertarik mencoba kelezatan makanan khas Jawa Tengah satu ini?

Tempat : Berbagai rumah makan di Jawa Tengah
Harga : Mulai Rp19.000

11. Rondo Royal

Rondo Royal
Rondo Royal, Foto Oleh Modern Id

Kuliner khas Jawa Tengah satu ini berasal dari Jepara, Rondo Royal. Rondo Royal merupakan jajanan berbahan dasar dari tape dan digoreng. Saat dimakan, makanan khas Jawa Tengah ini akan menghasilkan perpaduan cita rasa gurih dan asin setiap gigitannya. Selain cita rasanya yang khas jajanan tradisional Jateng ini memiliki nama yang cukup unik.

Jajanan Rondo Royal memiliki arti ganda, dimana Rondo Royal berarti Janda baik hati, namun tentu saja sebenarnya arti dari Rondo royal sendiri adalah sedikit mewah. Tapi, perlu sobat Kuliner Kota tahu kuliner khas Jateng ini juga sering disebut Manyos atau tape goreng di Jepara.

Manyos atau Rondo Royal merupakan jajanan bahan dasar santan, tape, telur, gula merah dan tepung sagu. Bahan-bahan tersebut dicampur dan dibentuk bulat-bulat pipih kemudian digoreng. Cita rasanya yang khas dan nikmat serta proses pembuatannya yang mudah menjadikan jajanan ini disukai semua kalangan. Apalagi menyantapnya bersama parutan keju dan susu kental manis. Bikin tidak ingin berhenti ngunyah lagi dan lagi.

Tempat : Pedagang kaki lima
Harga : Mulai Rp500 – Rp1000

12. Soto Kudus

Soto Kudus
Soto Kudus, Foto Oleh Masakapahariini Com

Bagi para pecinta soto, kalian tidak boleh melewatkan kuliner khas Jateng satu ini, Soto Kudus. Berbeda dari soto didaerah lainnya, Soto Kudus memiliki kuah bening dan disajikan menggunakan mangkuk kecil. Tidak hanya itu, Soto Kudus juga memiliki dua varian daging yang bisa kamu pilih sesuai selera, mulai dari daging sapi ataupun daging kerbau.

Cita rasanya yang khas, dipadukan dengan empuknya daging serta kuah segar khas Soto Kudus bakal bikin kamu tergoda untuk menyuap lagi dan lagi. Tidak hanya cita rasanya saja yang nikmat pastinya soto khas Jateng ini juga murah meriah. Jadi, tertarik untuk mencoba soto yang satu ini?

Harga : Rp21.000 – Rp50.000

13. Gethuk

Gethuk
Gethuk, Foto Oleh Indozone Com

Jika mendengar nama Gethuk pasti sudah sangat familiar di telinga semua orang. Gethuk merupakan makanan khas Jawa Tengah berbahan dasar singkong. Awalnya, Gethuk hanya memiliki warna putih saja, namun seiring dengan perkembangan zaman, Gethuk memiliki aneka pilihan warna yang menarik. Cita rasanya yang manis, dipadukan dengan parutan kelapa bakal bikin berpadu sempurna sejak dari gigitan pertama kamu menikmatinya. Jadi, tertarik untuk mencoba kenikmatan Gethuk khas Jateng ini?

Harga : Rp5.000

14. Wajik

Wajik
Wajik, Foto Oleh Setara Net

Tergolong merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah, Wajik harus jadi kudapan yang tidak boleh terlewatkan. Wajik sendiri merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan, kemudian dimasak bersama gula jawa. Perpaduan cita rasa manis serta warna coklat yang menarik bakal bikin selera makan kamu naik.

Tidak hanya itu, harganya yang murah meriah serta mudah ditemukan di area Jawa Tengah membuat Wajik harus jadi jajanan yang wajib di coba. Jadi, mau mencoba kelezatan Wajik saat berada di Jateng?

Harga: Mulai Rp5.000

15. Dawet Ireng

Dawet Ireng
Dawet Ireng, Foto Oleh Idntimes Com

Bosan dengan es dawet biasa? Kalian dapat mencoba Dawet Ireng khas Purworejo. Seperti namanya Dawet Ireng merupakan minuman khas Jateng berupa dawet berwarna ireng (hitam). Warna hitam dari dawet sendiri berasal dari abu jerami, dimana cita rasanya lebih khas serta aromanya menggugah selera.

Dawet Ireng akan disajikan bersama kuah santan dan gula merah cair serta es. Perpaduan cita segar dan manis minuman khas Jateng ini cocok dinikmati saat cuaca panas Jawa Tengah. Jadi, tertarik melepaskan dahaga dengan minuman khas Jawa Tengah ini?

Harga: Mulai Rp5.000 – Rp20.000

16. Mangut Beong

Mangut Beong
Mangut Beong, Foto Oleh Inibaru Id

Berada di Jawa Tengah, Mangut Lele juga wajib jadi kuliner yang tidak boleh terlewatkan. Mangut Lele merupakan makanan khas Jawa Tengah berbahan dasar ikan beong yang diolah dengan aneka macam bumbu sehingga cita rasanya nikmat. Tidak hanya itu, Mangut Lele khas Jateng juga memiliki tekstur daging yang lembut, serta cita rasanya khas.

Kuliner khas satu ini, akan makin terasa nikmat saat disantap bersama nasi hangat. Jadi, tertarik untuk menikmati kuliner khas satu ini saat berada di Jateng?

Tempat : Mangut Beong Borobudur
Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No.444, Kanggaan, Wringinputih, Kec. Borobudur, Magelang
Harga : Rp30.000 – Rp60.000

17. Nasi Penggel

Nasi Penggel
Nasi Penggel, Foto Oleh Kebumenhow Com

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya adalah Nasi Penggel. Kuliner ini terbuat dari nasi yang dibentuk bulat-bulat dan disajikan bersama sayuran serta lauk pauk di atasnya. Biasanya Nasi Penggel dihidangkan menggunakan daun pisang serta sayur nangka, daun singkong, sayur gori, jeroan, kulit, tempe, tahu dan melinjo.

Perpaduan cita rasa khas serta harganya yang murah meriah membuat kuliner ini selalu jadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk satu porsi Nasi Penggel sendiri biasanya berisi 8 – 10 kepalan nasi. Jadi, bisa dipastikan akan terasa makin nikmat jika disantap rame-rame bersama teman maupun keluarga.

Harga: Mulai Rp15.000

18. Sego Kucing

Sego Kucing
Sego Kucing, Foto Oleh Cookpad Com

Bagi kalian yang sedang traveling ke daerah Jawa Tengah secara backpacker maka Sego Kucing bisa jadi ‘alternatif pilihan untuk makan siang, sarapan maupun makan malam. Sego Kucing merupakan makanan khas Jawa Tengah yang biasanya ditemukan di warteg maupun angkringan. Dalam satu porsi Sego Kucing kamu akan mendapatkan nasi yang dilengkapi dengan ikan teri, tempe kering, sambal serta dibungkus daun pisang.

Cita rasanya yang nikmat serta harganya yang murah meriah membuat Sego Kucing cocok jadi pilihan menu disegala macam suasana. Jadi, tertarik untuk mencoba nikmatnya Sego Kucing saat berada di Jateng?

Tempat : Berbagai warteg dan angkringan di Jawa Tengah
Harga : Rp1.000 – Rp2500

19. Garang Asem

Garang Asem
Garang Asem, Foto Oleh Habismanis Com

Jika kamu sedang berkunjung ke Jawa Tengah khususnya ke Kota Pati, Demak, Pekalongan atau Semarang, maka jangan sampai melewatkan untuk mencoba Garang Asem. Garang Asem merupakan makanan berbahan dasar dari ayam yang dimasak bersama santan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang.  Sesuai namanya cita rasa kuliner khas Jateng ini memiliki perpaduan rasa pedas, asam yang bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah.

Tidak cukup sampai disitu, Garang Asem juga akan lebih nikmat saat disantap bersama nasi hangat, sate-satean serta telur dadar. Perpaduan rasa segar, nikmat dan pastinya mengenyangkan menjadikannya cocok disantap sebagai menu makan siang. Jadi, tertarik untuk mencicipi kuliner Jateng satu ini?

Harga: Mulai Rp13.000 – Rp20.000

20. Pindang Serani

Pindang Serani
Pindang Serani, Foto Oleh Berita-Islami Me

Pindang Serani merupakan makanan khas Jawa Tengah berbahan dasar ikan laut. Biasanya ikan yang digunakan untuk Pindang Serani adalah ikan pindang laut. Kuliner khas Jateng satu ini memiliki cita rasa asam, manis dan sedikit pedas serta segar yang berasal dari belimbing wuluh. Perlu sobat Kuliner Kota tahu, kuliner ini berasal dari Kota Jepara.

Tekstur daging yang lembut dipadukan dengan aneka macam bumbu seperti, tomat, daun bawang dan daun kemangi sukses bikin rasa yang sempurna apabila disantap bersama nasi hangat. Tidak cukup sampai disitu, kuliner khas Jateng ini juga mudah meriah dan mudah ditemukan di berbagai tempat makan di area Jawa Tengah.

Tempat : Rumah Makan Cipto Roso
Harga : Rp25.000 – Rp60.000

21. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang
Nasi Grombyang, Foto Oleh Tokomesin Com

Ketika berburu kuliner di Jawa Tengah, maka kalian perlu mencicipi nasi grombyang. Satu porsi Nasi Grombyang terdiri dari nasi, daging kerbau serta dilengkapi kuah bercita rasa pedas yang khas dan bikin nikmat. Tidak cukup cita rasanya yang nikmat, Nasi Grombyang juga murah meriah.

Selain itu, sajian khas Jateng ini diberi nama Nasi Grombayang karena saat dibawa menuju meja makan, kuah dan mangkuk akan bergoyang (grombyang). Jika, tertarik mencoba bagaimana cita rasa kuliner khas Jateng ini, kamu bisa mendapatkannya di berbagai tempat makan di sekitaran Pemalang.

Harga: Mulai dari Rp15.000 – Rp20.000

22. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah, Foto Oleh Nwgwow Blogspot Com

Meskipun bernama Tengkleng Gajah namun makanan ini tidak menggunakan daging gajah sebagai bahan dasar utamanya. Diberi nama Tengkleng Gajah karena memiliki porsi yang cukup besar dan berbahan dasar daging kambing. Kuliner khas Jawa tengah ini mulanya berasal dari Kota Sleman. Dalam proses memasaknya kuliner khas Jateng ini dimasak dengan dua cara, yaitu menggunakan kuah dan goreng,

Meskipun proses memasaknya berbeda, makanan khas Jawa Tengah ini memiliki cita rasa nikmat dan tekstur daging yang empuk. Tengkleng Gajah akan makin terasa nikmat saat disantap bersama nasi hangat. Kamu bisa mencicipi olahan khas Jawa tengah ini cukup mulai dari Rp30.000 saja. Jadi tertarik mencoba bagaimna nikmatnya kuliner satu ini?

Harga: Mulai Rp30.000

23. Sate Ambal

Sate Ambal
Soto Ambal, Foto Oleh Youtube Com

Sate Ambal merupakan makanan khas Jawa Tengah tepatnya berasal dari daerah Ambal, Kebumen. Sate ini merupakan sate ayam yang dibakar bersama bumbu kuning sehingga cita rasanya lebih khas dan nikmat. Bumbu kuning dari Sate Ambal berasal dari campuran tempe rebus yang sudah ditumbuk dan aneka macam bumbu lainnya.

Perpaduan rasa gurih dan tekstur daging yang empuk bakal makin terasa nikmat saat kamu menyantapnya bersama nasi hangat maupun lontong. Selain cita rasanya yang nikmat Sate Ambal juga murah meriah. Cukup mulai dari Rp26.000 saja maka kamu akan mendapatkan satu porsi Sate Ambal berisi 20 tusuk.

Harga: Mulai RP.26.000

24. Buntil

Buntil
Buntil, Foto Oleh Luckycaesar Com

Buntil merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari olahan ikan teri. Selanjutnya, olahan tersebut dicampurkan bersama parutan kelapa dan beberapa bumbu khas lainnya kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pepaya. Ketika sudah dicampur dan dibungkus rapi, buntil akan dimasukkan pada rebusan air santan sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang khas.

Selain menggunakan daun pepaya, Buntil khas Jawa Tengah juga dapat dibungkus menggunakan daun singkong. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana , cita rasa nikmat dan khas dari Buntil akan makin terasa nikmat saat disantap bersama nasi hangat.

Harga : Rp5.000

25. Oseng-Oseng Mercon

Oseng-Oseng Mercon
Oseng-Oseng Mercon, Foto Oleh Tokopedia Com

Bagi kamu pecinta kuliner pedas, wajib banget mencoba Oseng-Oseng Mercon. Oseng-Oseng Mercon merupakan hidangan yang terdiri dari lemak, kikil, kulit, dan tulang muda sapi yang dimasak secara bersama aneka macam bumbu. Perpaduan cita rasa pedas dan tekstur empuknya daging bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah. Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik mencoba nikmat dan pedasanya Oseng Mecon, jangan lupa siapkan budget mulai dari Rp27.000 saja.

Tempat : Oseng Mercon Bu Narti
Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta
Harga : Rp27.000

26. Brekecek

Brekecek
Brekecek, Foto Oleh Destinasiku Com

Sekilas, Brekecek mungkin terlihat seperti masakan rica-rica yang mengandung kuah berwarna kuning kemerahan serta bertekstur kental. Namun saat kamu merrasakan, Brekecek memiliki cita rasa yang berbeda dengan rica-rica. Tidak hanya cita rasanya yang berbeda dengan rica-rica, Brekecek juga terbuat dari ikan laut.

Kata brekecek sendiri berasal dari 2 kata, yaitu brek dan kecek. Brek yang berarti dijatuhkan dan kecek berarti dicampurkan. Dinamakan brekecek karena pada proses pembuatannya, ikan laut yang telah disiapkan akan dicampurkan bersama olahan bumbu-bumbu dapur kemudian diberi air.

Biasanya Brekecek terbuat dari ikan jenis jahan. Perpaduan tekstur ikan yang empuk bersama aneka macam bumbu yang khas bakal bikin kamu tidak ingin berhenti untuk mengunyah. Jadi, tertarik untuk mencoba nikmatnya kuliner khas Jateng satu ini?

Tempat : Rumah Makan Brekecek Pathak Jahan Bu Widi
Alamat : Jalan Slamet Nomor 5, Cilacap, Sidanegara, Cilacap Tengah, Cilacap
Harga : Rp22.000

27. Gethuk Goreng

Getuk Goreng
Getuk Goreng, Foto Oleh Travel Tribunnews Com

Gethuk yang merupakan makanan khas Jawa Tengah yang memang sangat populer dan melegenda. Berbeda dari penyajikan gethuk pada umumnya, gethuk khas Banyumas ini akan digoreng telebih dahulu sebelum dihidangkan. Tidak hanya itu, sebelum digoreng Gethuk juga diberi isian gula. Oleh karena itulah, saat kamu mencicipi kuliner khas Jateng ini akan menemukan perpaduan cita rasa gurih, manis, crispy dan meleleh dimulut. Jadi, tertarik mencoba kelezatan Gethuk Goreng saat berada di Jateng?

Tempat : Getuk Goreng ASLI Haji Tohirin
Alamat : Jl. Jend. Soedirman No.151, Dusun II, Sokaraja Tengah, Kec. Sokaraja, Kabupaten Banyumas
Harga : Mulai dari Rp15.000

28. Mie Ongklok

Mie Ongklok
Mie Ongklok, Foto Oleh Irvaniputrisite WordPress Com

Tidak hanya nasi dan jajanan saja, ternyata di Jawa Tengah juga memiliki kuliner khas yang terbuat dari mie. Oleh karena itu, jika berkunjung ke Wonosobo, kamu wajib mencicipi Mie Ongklok. Mie khas Jateng ini memiliki kesan unik karena ditambahkan daun kucai, campuran kol serta kuah kental yang terbuat dari campuran tepung kanji.

Perpaduan tekstur kenyal dari mie serta citarasa yang khas bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah. Selain itu, nama Ongklok sendiri diberikan karena proses memasaknya diletakkan dalam ongklok atau keranjang kecil yang terbuat dari bambu.

Tempat: Longkrang
Harga: Mulai dari Rp15.000

29. Carang Gesing

Caran Gesing
Carang Gesing, Foto Oleh Thenyaman Com

Bagi kalian para pecinta makanan manis, maka harus mencicipi olahan Carang Gesing ini. Carang Gesing merupakan makanan khas Jawa Tengah berbahan dasar pisang seperti hanya nogosari. Namun biasanya orang-orang mengira makanan ini terbuat dari bahan seafood.

Selain menggunakan olahan pisang, Carang Gesing juga menggunakan bahan lain seperti gula pasir, telur dan santan. Perpaduan cita rasa manis serta gurihnya santan bakal makin terasa nikmat saat kamu menyantapnya bersama secangkir teh di sore hari.

Harga : Rp5.500 

30. Sosis Solo

Sosis Solo
Sosis Solo, Foto Oleh Tokopedia Com

Bagi para mahasiswa tentunya sudah tak asing lagi dengan makanan ini. Pasalnya, jajanan ini sering ditemukan di sekitaran kampus. Sosis solo sepertinya namanya, jajanan ini merupakan makanan khas Solo. Dimana kamu akan menemukan kulit lumpia atau dadar gulung, kemudian diisi dengan irisan daging ayam maupun daging sapi.

Perpaduan cita rasa renyah dan gurih membuat Sosis Solo akan cocok dinikmati sebagai temen ngeteh maupun ngopi. Tapi bagi sobat Kuliner Kota yang ingin membawanya sebagai oleh-oleh dari Jateng maka bisa membawanya dalam keadaan masih dikukus. Jadi, tertarik untuk mencoa kenikmatan Sosis Solo?

Harga : Mulai Rp2.000

Bagaimana sudah menentukan pilihan untuk mencicipi makanan khas Jawa Tengah mana terlebih dahulu? Jangan sampai kamu menyesal ya sobat Kuliner Kota! Melewatkan icip-icip ragam makanan khas diatas. Siapkan budget khusus dan semarakan liburan kamu dengan mencoba berbagai kuliner diatas.

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *