37 Makanan Khas Jawa Barat yang Terkenal Nikmat Bikin Nagih

Mie Kocok
Bertandang ke Jabar akan semakin lengkap jika kamu icip-icip 37 makanan khas Jawa Barat yang terkenal enak dan bikin nagih
Daftar isi

Jawa Barat memang terkenal akan destinasi wisata yang dapat memanjakan mata. Tak hanya itu, beragam makanan khas Jawa Barat juga siap menggoyang lidah kalian. Namun, dari sekian banyak makanan khasnya, Kuliner Kota punya 37 rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang patut dicoba. Kira-kira apa saja? Simak ulasan lengkap dalam artikel berikut ini.

1. Seblak

Seblak
Seblak, Foto Oeh Woke Id

Bagi pecinta makanan pedas, maka makanan khas Jawa Barat satu ini wajib kamu coba, Seblak. Seblak merupakan jajanan berbahan dasar kerupuk mentah yang sudah direndam dalam air panas sehingga teksturnya lunak dan kenyal. Tidak hanya itu, olahan Seblak juga dilengkapi dengan aneka macam toping mulai dari sosis, bakso, ceker, telur dan berbagai pilihan toping lainnya.

Perpaduan cita rasa pedas dan gurih dari Seblak khas Bandung bakal bikin kamu tergoda mencicipinya lagi dan lagi. Selain itu, untuk mendapatkan jajanan ini juga mudah lho sobat Kuliner Kota! Kamu bisa membelinya di pedagang kaki lima maupun berbagai tempat makan. Salah satunya di Seblak Basah Deu’ Tjenghar berlokasi di Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Tempat : Seblak Basah Deu’ Tjenghar
Alamat : Jalan Purnawarman, Babakan Ciamis, Kota Bandung
Harga : Rp9.000-Rp17.000

2. Cimol

Cimol
Cimol, Foto Oleh Tanda Seru Id

Bagi kamu penikmat jajanan pinggir jalan pasti sudah tidak asing dengan Cimol. Cimol merupakan jajanan berbahan dasar dari tepung kanji dan menjadi makanan khas Jawa Barat. Cimol atau dalam bahasa Sunda berarti aci digemoy merupakan jajanan dengan bentuk bulat, memiliki cita rasa gurih dan biasa disajikan dengan berbagai varian bumbu bubuk, mulai dari keju, pedas dan lain-lain. 

Perpaduan rasa gurih serta mudah ditemukan di berbagai tempat makan maupun jajanan pinggir jalan membuat Cimol cocok jadi teman berkeliling Jawa Barat. Jadi, tertarik untuk mencoba cimol khas dari Jawa Barat saat berada di provinsi satu ini?

Artikel Terkait

3. Cireng

Cireng
Cireng, Foto Oleh Akurat Co

Tidak kalah populer dengan cimol, Cireng juga jadi makanan khas Jabar yang wajib kamu coba. Cireng merupakan jajanan yang berasal dari campuran tepung kanji, terigu, bawang putih, bawang merah, merica bubuk dan aneka bumbu lainnya. Tidak hanya itu, Cireng juga memiliki aneka macam isian mulai dari abon, sosis, daging cincang dan berbagai varian rasa lainnya. 

Cita rasanya yang khas dengan tekstur yang kenyal sukses bikin siapa saja ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Selain itu, Cireng juga terkenal dengan harganya yang terjangkau mulai dari Rp20.000/porsinya. Jadi, saat berada di Jawa Barat dan tertarik mencicipi Cireng datang saja ke Warung Cireng Ojay yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Gang Masjid.

Tempat: Warung Cireng Ojay
Alamat: Jalan Ahmad Yani Gang Masjid
Harga: Mulai Rp20.000

4. Peuyeum

Peuyeum, Foto Oleh Buka Lapak Com

Jika berada di sekitaran Jawa Timur kalian mengenal tapai maka saat berada di Jawa Barat akan menemukan Peuyeum. Peuyeum merupakan makanan khas Jawa Barat khususnya Bandung. Terbuat dari singkong yang sudah difermentasi menghasilkan cita rasa manis, legit dan bikin nagih. Tidak hanya cocok dijadikan cemilan saat di Jawa Barat, Peuyem juga cocok dijadikan buah tangan karena awet dan tahan lama. Jadi, tertarik untuk membeli peuyeum sebagai buah tangan saat bertandang ke Jabar?

Tempat : Warung Peuyeum
Alamat : Terminal Bus Cicaheum, Cicaheum, Kiaracondong, Bandung

5. Tapai Ketan

Tape Ketan
Tapai Ketan, Foto Oleh Bukalapak Com

Tapai ketan merupakan makanan khas Jawa Barat yang berbahan dasar beras ketan yang difermentasi. Untuk mengolahnya, beras ketan perlu dicuci dan dikukus terlebih dahulu. Selanjutnya didiamkan hingga dingin lalu dicampurkan dengan ragi. Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 3 hari untuk siap disantap. 

Beras ketan yang digunakan ada 2, yaitu beras ketan hitam dan beras ketan putih. Untuk beras ketan putih, biasanya ditambahkan pewarna alami dari daun katuk sehingga menghasilkan warna hijau yang khas. Makanan khas Jawa Barat ini biasanya dibungkus dengan menggunakan daun jambu maupun daun pisang. Namun, sekarang juga sudah banyak yang menggunakan plastik atau mika sebagai pembungkusnya.

Tempat : Tape Ketan Yumyum
Alamat : Jalan Binong Tengah Nomor 2, Buahbatu, Bandung
Harga : Rp2.500-Rp50.000

6. Surabi

Surabi
Surabi, Foto Oleh Doyan Resep Com

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya ada Surabi. Surabi merupakan makanan khas dari Sunda. Dimana, untuk memasaknya pun terbilang masih tradisional, karena surabi dibakar diatas tungku yang terbuat dari tanah liat. Kudapan ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas yang bakal bikin siapa saja tergoda untuk menyantapnya.

Umumnya, jajanan tradisional khas Jabar ini disantap bersama gula merah cair dan taburan oncom sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa manis dan gurih. Tidak cukup sampai disitu, Serabi juga memiliki aneka topping lain seperti keju, sosis dan mayonaise.

Tempat: Waroeng Setiabudhi
Alamat: Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat.
Harga: Rp5.000 – Rp17.000

7.  Combro

Comro
Comro, Foto Oleh Dapur Kobe Co Id

Mau mencari camilan khas Jabar? Combro bisa jadi pilihannya. Combro merupakan makanan khas Jawa Barat berbahan dasar dari singkong dan memiliki arti Concom di jero (ada oncom di dalamnya). Hal ini dikarenakan, Combro diolah dari singkong yang dihaluskan lalu diberi isian oncom didalamnya.

Cita rasa unik dari Combro dengan sensasi krispi diluar dan lembut di dalam membuat siapa saja tergoda menyantapnya. Apalagi kamu menikmatinya saat sore hari di Kota Bandung? Bikin tidak ingin berhenti ngunyah sebelum habis.

Alamat: Jalan Surya Kencana, tidak jauh dari bank BCA. 

8. Misro

Misro
Misro, Foto Oleh Resep Masakan Mysta Blogspot Com

Hampir mirip seperti comro, Misro atau ‘amis di jero’ yang dalam bahasa Indonesia berarti manis di dalam juga berasal dari olahan singkong. Makanan khas Jawa Barat ini diberi isian gula merah yang akan lumer setelah digoreng. Saat ingin menggorengnya, harus menggunakan minyak yang banyak agar semua bagian Misro terendam.

Hal ini dilakukan agar isian gula merah didalamnya tidak pecah saat digoreng. Perpaduan cita rasa gurih dan manis dari Misro cocok dinikmati sebagai camilan saat minum teh maupun kopi. Jadi, tertarik mencoba ngemil Misro saat di Jabar?

9. Colenak

Colenak
Colenak, Foto Oleh Cirebon Tribunnews Com

Bagi kamu pecinta rondo royal makanan khas Jawa Tengah, maka saat berada di Jabar wajib banget mencoba Colenak. Colenak merupakan jajanan yang berbahan dasar dari tape kemudian dibakar. Makanan khas Jawa Barat ini, biasanya dinikmati bersama gula merah cair sebagai cocolan.

Dari cara memakannya inilah nama Colenak yang berari dicocol enak berasal. Cita rasanya yang nikmat dengan sensasi yang khas membuat jajanan khas Jawa Barat ini sellau dinikamti semua kalangan.

Tempat: U Colenak Murdi

10. Dodol Khas Jawa Barat

Dodol
Dodol, Foto Oleh Hot Liputan6 Com

Dodol menjadi jajanan yang paling banyak diborong oleh para wisatawan saat berada di Jawa Barat. Dibalik cita rasanya sudah populer ke seluruh penjuru Negeri. Dodol merupakan jajanan berbahan dasar gula paris, garam, perasa dan berbagai bahan lainnya. Proses pembuatan yang sederhana namun cita rasanya yang khas bikin siapa saja jatuh hati dengan makanan khas Jawa Barat ini.

Tempat: Pabrik coklat Picnic Dodol Garut

Baca Juga

Baca Juga : Pesona 10 Makanan Khas Tarakan

11. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat
Kerupuk Melarat, Foto Oleh Pantau Com

Kerupuk melarat merupakan camilan khas dari Jawa Barat yang biasanya dikenal sebagai kerupuk upil. Bahan utama kerupuk melarat adalah tepung tapioka, garam dan bawang putih. Cita rasanya yang gurih mejadikan Kerupuk Melarat cocok dijadikan pelengkap berbagai menu makanan.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Cirebon yang Terkenal Enak, Ada Empal Gentong

Selain itu, kita juga bisa menikmati jajanan khas Jawa Barat ini dengan cocolan sambal asam. Perpaduan cita rasa gurih bersama sambal yang khas bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah. Perlu sobat Kuliner Kota tahu, Kerupuk Melarat khas Jawa Barat juga digoreng tanpa menggunakan minyak, jadi pastinya lebih sehat dan aman untuk kalian yang sedang diet.

12. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot
Tahu Gejrot, Foto Oleh Pinterest Com

Sekali kamu mencicipinya, kamu dijamin pasti akan ketagihan dengan sensasi pedas dan segarnya makanan khas Jawa Barat satu ini, Tahu Gejrot. Olahan tahu yang dibuat dengan cara mencampurkan kecap manis, air, gula jawa dan asam jawa. Selanjutnya bumbu tersebut dijadikan cocolan maupun diguyur diatas irisan tahu goreng.

Perpaduan cita rasa manis, segar dan pastinya murah meriah membuat Tahu Gejrot disukai semua kalangan. Kamu bisa menemukan jajanan khas Jawa Barat ini mulai di hotel berbintang maupun pinggir jalan. Jadi, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya makan Tahu Gejrot saat berada di Jawa Barat?

Tempat : Yudi Tahu Gejrot
Alamat : Jalan Tamansari Bawah, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung

13.  Getuk

Getuk
Getuk, Foto Oleh Cookpad Com

Berada di Kota Jawa Barat maka makanan khas satu ini wajib banget kamu coba. Gethuk merupakan jajanan khas Jawa Barat yang memiliki kombinasi warna menarik sehingga bikin siapa saja tergoda menyantapnya. Tidak hanya itu, taburan kelapa parut diatasnya juga makin membuat jajanan ini makin terasa nikmat.

Perlu sobat Kuliner Kota tahu, Gethuk khas Jawa barat ini terbuat dari olahan singkong yang digiling halus dan dicampur gula pasir, kemudian dibentuk memanjang. Cita rasanya yang nikmat berpadu dengan manisnya gula bakal makin terasa nikmat saat disantap bersama secangkir teh. Jadi, tertarik untuk mencobanya langsung?

Tempat : Getuk Lindri Bu Endah
Alamat : Jalan Apel, Kota Bekasi, Jawa Barat
Harga : Rp37.000/12 pcs

14. Rangginang

Rangginang
Rangginang, Foto Oleh Bukalapak Com

Rangginang merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari beras ketan maupun sisa nasi yang dijemur. Jajanan khas Jabar ini memiliki tekstur renyah dalam setiap gigitannya. Tidak hanya itu, Rangginan khas Jabar ini juga cocok dijadikan oleh-oleh maupun teman minum teh dan kopi. Selain itu, cita rasanya yang nikmat dan proses pembuatannya yang mudah membuat jajanan ini selalu jadi favorit semua kalangan. Jadi, tertarik mencoba nikmatnya Rengginang khas Jabar ini?

Tempat : Rengginang Bu Uju
Alamat : Jalan Dago Barat Nomor 49 RT 3 / RW 4, Dago, Coblong, Kota Bandung

15. Bandros

Bandros
Bandros, Foto Oleh Lifestyle Okezone Com

Kue Bandros merupakan kue khas Jawa Barat berbahan dasar dari campuran tepung beras, santan, kelapa parut dan daun suji. Sekilas jajanan khas Jawa Barat ini memiliki bentuk yang mirip dengan kue pukis namun memiliki cita rasa gurih. Selain cita rasanya yang gurih Bandros juga berinovasi memiliki cita rasa manis dengan taburan gula diatasnya.

Tidak cukup cita rasanya yang khas dan nikmat, makanan khas Jawa Barat ini juga murah meriah dan mudah temukan lho sobat Kuliner Kota! Kamu bisa menjumpainya pada pedagang kaki lima maupun di berbagai tempat makan di sekitaran Jawa Barat. Jadi, tertarik untuk mencobanya secara langsung saat berada di Jabar?

Tempat : Bandros Cowboy Cisangkuy
Alamat : Jalan Cisangkuy Nomor 56, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung

16. Opak

Opak
Opak, Foto Oleh Kumparan Com

Bagi kalian yang bingung mencari teman ngemil maupun pendamping menu makanan, maka Opak khas Jawa Barat bisa jadi pilihan. Opak merupakan jajanan khas Jabar berbentuk bulat pipih dan bertekstur renyah. Bahan membuat Opak sendiri terdiri dari campuran beras ketan atau singkong, gula, garam, penyedap dan kelapa parut.

Perpaduan cita rasa gurih yang khas dari Opak membuatnya cocok dijadikan teman makan disegala suasana. Tidak hanya itu, Opak khas Jawa Barat ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan karena tahan lama. Kamu bisa membelinya dalam bentuk mentah diberbagai pusat oleh-oleh Jawa Barat.

Tempat : Rahmia Production Oleh-Oleh Khas Bandung
Alamat : Gg. Cemara IV Nomor 23, RT 01 RW 01, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung

17. Gehu

Gehu
Gehu, Foto Oleh Food Detik Com

Sesuai dengan namanya, Gehu atau ‘tauge tahu’ merupakan tahu goreng tepung yang berisi tauge atau kecambah. Camilan ini juga merupakan makanan khas Jawa Barat lho sobat Kuliner Kota! Gehu khas Jabar memiliki isian tauge yang dicampurkan dengan bihun, wortel dan kol. Cita rasanya yang pedas dan khas membuat kudapan satu ini sering disebut dengan Gehu Jelotot.

Nama Gehu Jelotot diberikan karena kudapan satu ini akan memberikan sensasi seakan mata melotot pada berbagai tingkat kepedasannya. Jika tertarik mencoba bagaimana sensasi pedasnya jajanan ini kamu hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp2.000 – Rp4.000 saja. Cukup terjangkau bukan? Jadi, tertarik untuk mencoba Gehu Jelotot ini?

Tempat : Gehu Pedas
Alamat : Plaza Ibcc, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung
Harga : Rp2.000 – Rp4.000

18. Tahu Kuningan

Tahu Kuningan
Tahu Kuningan, Foto Oleh Ksm Tour Com

Sesuai dengan namanya, Tahu Kuningan merupakan kudapan yang berasal dari kota Kuningan, Jawa Barat. Tahu ini berbeda dengan tahu pada umumnya. Tahu Kuningan cenderung bertekstur lebih padat dan memiliki cita rasa gurih dengan ukuran tidak terlalu besar. Untuk menikmati gorengan khas Jawa Barat ini, akan lebih lengkap jika disandingkan bersama cabai rawit mentah.

Jika tertarik untuk mencicipinya kenikmatan Tahu Kuning cukup mudah, kamu bisa membelinya di seluruh kabupaten Kuningan. Salah satu tempat yang jadi favorit membeli jajanan ini adalah Tahu Kopeci yang berlokasi di Jalan Veteran, Kuningan, Jawa Barat.

Tempat : Tahu Kopeci
Alamat : Jalan Veteran, Kuningan, Jawa Barat
Harga : Rp5.00/biji

19. Chocodot

Chocodot
Chocodot, Foto Oleh Berita Baik Id

Bagi kamu para pecinta coklat tentunya akan sangat tertarik dengan jajanan khas Jawa Barat ini, Chocodot. Merupakan inovasi coklat dodol yang tidak sengaja karena terjatuh kedalam adonan coklat. Kemudian setelah dicicipi ternyata memiliki cita rasa yang nikmat. Jajanan Chocodot memiliki cita rasa unik dan berbentuk bulatan kecil mirip bakpao, namun punya beragam varian rasa.

Baca Juga:  34 Makanan Khas Sunda Populer yang Bikin Kamu Ketagihan

Untuk menarik minat semua kalangan khususnya anak muda, Chocodot dikemas dengan nama yang unik seperti coklat tahan baper, rasa sayang, coklat obat stress dan sebagainya. Beberapa tempat rekomendasi yang bisa kamu kunjungi di Jawa Barat untuk memborong oleh-oleh Chocodot dengan berbagai varian adalah di Gerai Prima Rasa yang berlokasi Ciledug, Kota Kulon, Garut Kota di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tempat : Gerai Prima Rasa
Alamat : Jalan Ciledug, Kota Kulon, Garut

20. Tahu sumedang

Tahu Sumedang
Tahu Sumedang, Foto Oleh Samudranesia Id

Tahu Sumedang selalu identik akan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam. Tekstur tersebut dihasilkan karena proses pembuatan tahu yang unik. Kedelai yang digunakan akan direndam terlebih dahulu selama 4 – 6 jam guna menghasilkan cita rasa yang lezat. Untuk menambah kenikmatannya, kalian bisa menyajikan Tahu Sumedang bersama cabai rawit maupun cocolan saus sambal.

Bagi sobat Kuliner Kota yang ingin mencicipi Tahu Sumedang yang terkenal enak, kamu bisa mengunjungi Pabrik Tahu Bungkeng yang ada di jalan 11 April Sumedang. Pabrik Tahu Bungkeng ini sudah berdiri sejak tahun 1917 lho sobat Kuliner Kota! Jadi sudah pasti enak dan melegenda.

Tempat : Pabrik Tahu Bungkeng
Alamat : Jalan Sebelas April Nomor 53, Kotakaler, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang
Harga : Rp10.000/porsi

21. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
Tahu Susu Sumedang, Foto Oleh Industrial Tourism Com

Jika kamu ingin menikmati tahu dengan sensasi berbeda, kamu perlu mencoba olahan tahu satu ini, Tahu Susu Lembang. Tahu ini diolah dengan campuran susu sehingga memiliki cita rasa lebih gurih, lembut dan pastinya juga bergizi. Tidak hanya itu, pembuatannya pun terbilang masih tradisional dan tentunya tanpa bahan pengawet.

Oleh karena itu, Tahu Susu hanya bisa bertahan selama 7 hari jika disimpan di dalam kulkas. Tahu susu Lembang ini juga menjadi oleh-oleh khas Jawa Barat yang banyak diserbu oleh wisatawan untuk dibawa pulang lho sobat Kuliner Kota! Jadi, tertarik untuk membawanya juga sebagai buah tangan?

Tempat : Tahu Susu Lembang
Alamat : Jalan Raya Lembang – Bandung Nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Harga : Mulai Rp5.500

22. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu
Ubi Cilembu, Foto Oleh Hijaukan Com

Ubi Cilembu ini sebenarnya adalah ubi jalar atau sejenis ketela rambat. Makanan khas Jawa Barat ini biasa dimasak dengan cara dipanggang, di oven atau dibakar hingga mengeluarkan cairan lengket. Cairan lengket itulah yang menjadi daya tarik Ubi Cilembu karena bercita rasa manis. Oleh sebab itulah makanan khas Jawa Barat ini juga biasa dijuluki si manis.

Selain memiliki tekstur lembut dan beraroma seperti madu, mengkonsumsi Ubi Cilembu juga sangat baik bagi tubuh karena kaya akan vitamin A, B dan C. Ubi Cilembu biasanya dijajakan dalam bentuk mentahan maupun sudah diolah menjadi keripik. Untuk mendapatkan berbagai olahan Ubi Cilembu, kamu bisa berkunjung ke Industri Rumahan Bu Utik. Disini kamu bisa membawa pulang aneka olahan Ubi Cilembu sekaligus melihat proses pembuatannya secara langsung.

Tempat : Gerai Ma Utik
Alamat : Desa, RT 03 RW 09, Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang

23. Balabala

Bala Bala
Bala-Bala, Foto Oleh Pinterest Com

Masyarakat di luar Kota Bandung lebih familiar menyebutnya sebagai Bakwan, karena adonan yang digunakan sama. Perbedaannya hanya pada teknik penggorengan nya saja. Sama seperti bakwan, Balabala juga menggunakan isian sayuran seperti wortel, kol, tauge dan daun bawang yang diiris memanjang.

Balabala khas Jawa Barat memiliki bentuk bulat atau bahkan bentuknya tidak beraturan karena digoreng tanpa memakai cetakan seperti bakwan. Balabala biasanya dikonsumsi langsung dengan menggunakan cocolan saus maupun cabai sebagai camilan saat ngeteh maupun ngopi.

Tempat : Warung BBC
Alamat : Dago, Coblong, Kota Bandung

24. Galendo

Galendo
Galendo, Foto Oleh Merdeka Com

Siapa sangka camilan gurih khas Jawa Barat, Galendo ini terbuat dari ampas minyak kelapa. Warnanya yang coklat serta berbentuk kotak memanjang menjadi mirip dengan kue brownies. Galendo juga cocok dinikmati bersama kopi maupun teh. Jajanan khas Ciamis ini banyak dijumpai di pusat oleh oleh di Jalan Raya Cikoneng dan di Toserba Jalan Raya Perintis Kemerdekaan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dengan berbagai macam aneka rasa seperti coklat, stroberi bahkan keju. 

Tempat : Pusat Oleh-Oleh
Alamat : Jalan Raya Cikoneng 

25. Lumpia Basah

Lumpia Basah khas jawa barat
Lumpia Basah, Foto Oleh Apasih Web Id

Camilan khas Jawa Barat yang cukup terkenal di kalangan masyarakat lokal yaitu Lumpia Basah. Lumpia khas Jabar ini berbeda dengan Lumpia khas Semarang meskipun isiannya tak berbeda jauh. Lumpia Basah khas Jawa Barat berbahan dasar kulit lumpia yang diberi isian yang terdiri dari tauge, tumisan telur dan olahan bengkuang. Cita rasa yang khas, dan pastinya bergizi serta murah meriah menjadikan camilan satu ini disukai semua kalangan.

Tempat : Lumpia Basah
Alamat : Jalan Pahlawan Foodlife Nomor 17, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung

Baca Juga : Resep Lumpia Khas Semarang Yang Enak dan Mudah Dibuat

 

26. Batagor 

Batagor khas jawa barat
Batagor, Foto Oleh Toko Pedia Com

Kudapan khas Bandung selanjutnya ada Batagor yang merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Batagor memiliki tekstur renyah yang disajikan bersama saus kacang. Tidak hanya itu, beberapa penjual Batagor menambahkan perasan jeruk limau untuk membuat cita rasanya lebih nikmat. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa berkunjung ke Batagor H. Isan yang berada di Jalan Bojongloa 38, Bandung.

Tempat : Batagor H. Isan
Alamat : Jalan Bojongloa Nomor 38, Bandung
Harga : Mulai Rp2.500 – Rp7.500

27. Karedok

Karedok khas jawa barat
Karedok, Foto Oleh Fimela Com

Karedok menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat dan patut untuk kalian coba. Makanan ini seringkali dianggap sama seperti gado-gado. Hal yang membedakan terletak pada sayuran Karedok yang disajikan dalam keadaan mentah. Cita rasanya yang khas dengan aroma bawang putih dan kecur bakal bikin kamu tergoda untuk menyuap lagi dan lagi. Karedok memiliki aroma bawang putih dan kencur yang khas. Sehingga hidangan ini cocok untuk disantap langsung maupun bersama lauk pauk tambahan sebagai pelengkapnya.

Harga : Mulai Rp10.000 – Rp30.000

28. Lotek

Lotek khas jawa barat
Lotek, Foto Oleh Ulyadays Com

Lotek merupakan makanan khas Jawa Barat dari Sunda yang legendaris. Perpaduan antara aneka sayuran dicampur dengan bumbu kacang yang khas, menghadirkan cita rasa nikmat tersendiri. Sekilas, makanan ini memang hampir sama seperti gado-gado. Makanan khas Sunda ini berisi sayuran seperti kangkung, bayam. tauge, kacang panjang, kol serta labu siam. Sayur tersebut direbus lalu dicampur dengan bumbu halus yang terbuat dari kacang tanah goreng, cabai rawit, kencur, air asam, bawang putih, gula jawa, serta terasi. Lotek disajikan dengan kerupuk serta lontong sebagai pelengkap.

Tempat : Lotek Tjihapit 1970
Alamat : Jalan Cihapit Nomor 6, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung
Harga : Mulai Rp20.000

29. Empal Gentong

Empal Gentong khas jawa barat
Empal Gentong, Foto Oleh Merdeka Com

Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang juga wajib kamu coba. Makanan ini berbahan dasar daging serta jeroan sapi yang direbus dan dimasak kembali bersama kaldu sapi. Kaldu sapi pada Empal Gentong terbuat dari campuran rempah-rempah seperti lengkuas, serai, daun salam, cengkeh, kapulaga, kayu manis, jahe dan kunyit.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Banyuwangi yang Terkenal Enak Wajib Dicoba

Cita rasanya yang khas, dipadukan dengan tekstur daging yang empuk bakal makin terasa nikmat saat disantap bersama nasi hangat. Kamu bisa mencoba kelezatan Empal Gentong khas Cirebon di salah satu tempat makan, yaitu Warung Mang Darma yang berlokasi di Jalan P. Diponegoro 23, Kesenden, Kota Cirebon.

Tempat : Kedai Empal Gentong Mang Darma
Alamat : Jalan P. Diponegoro Nomor 23, Kesenden, Kota Cirebon
Harga : Mulai Rp20.000 – Rp25.000

30. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom khas jawa barat
Nasi Tutug Oncom, Foto Oleh Tokopedia Com

Makanan khas Sunda selanjutnya ini merupakan olahan nasi yang dicampur dengan oncom goreng atau bakar. Kuliner khas Jabar ini biasa disajikan bersama lauk pelengkap seperti seperti ayam goreng, serundeng, tahu goreng, tempe goreng, karedok leunca, selada air, sambal terasi dan kerupuk aci.

Perpaduan cita rasa yang khas dan pastinya mengenyangkan serta murah meriah menjadikan makanan ini jadi favorit semua kalangan. Untuk mencoba kelezatan makanan khas Jawa Barat ini kamu hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp.20.000 – Rp35.000 per porsinya.

Tempat : Warung Talaga
Alamat : Jalan Cihampelas Nomor 160, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung
Harga : Mulai Rp30.000 – Rp42.000

31. Sega Lengko

Sega Lengko khas jawa barat
Sega Lengko, Foto Oleh Sindonews Daerah Com

Sega Lengko atau nasi lengko merupakan makanan khas dari kawasan Cirebon, Tegal, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya. Satu porsi Sega Lengko khas Jawa Barat berisi nasi putih, tempe, tahu, mentimun, tauge dan disiram saus kacang serta bertabur bawang goreng di atasnya. Cita rasanya yang khas dipadukan bakal bikin kamu tergoda untuk menyuap Sego Lengko ini sampai suapan terakhir.

Tempat : Nasi Lengko H M Sadi dan Kue Tapel ‘Mbak Lena’
Alamat : Gang Alas Demang Nomor 1, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon

32. Mie Kocok

Mie Kocok khas jawa barat
Mie Kocok, Foto Oleh Resep Koki Com

Bagi kalian pecinta olahan mie, maka makanan khas Jawa Barat ini wajib masuk daftar menu yang tidak boleh terlewatkan, Mie Kocok. Mie Kocok merupakan kuliner berbahan dasar mie gepeng rebus yang dilengkapi dengan tauge serta disiram kuah yang berisikan kikil dan sumsum. Coya rasanya yang khas berpadu dengan kuah gurih bakal bikin rasa yang sempurna sejak suapan pertama kamu menikmatinya. Jadi, tertarik mencoba kelezatan Mie Kocok saat berada di Jawa Barat?

Tempat : Mie Kocok Mang Nanang Tea
Alamat : Jaan Ternate Nomor 2, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung

33. Cumi Hideung

Cumi Hideung khas jawa barat
Cumi Hideung, Foto Oleh Fyne Com

Bagi kalian pecinta olahan seafood maka, Cumi Hideung wajib kamu coba. Seperti namanya masakan khas Jabar ini berbahan dasar cumi jenis sotong yang ditumis bersama tinta hitam. Dari proses memasak itulah masakan satu ini memiliki warna yang terlihat hitam legam (hideung dalam bahasa Sunda) sehingga di sebut Cmi Hideung.

Cita rasanya yang khas akan semakin nikmat saat dipadukan bersama nasi hangat. Kamu dapat mencicipi masakan khas Jabar ini di berbagai tempat makan yang tersebar di Provinsi Jabar. Nikmat dan pastinya murah meriah, jadi tertarik untuk mencoba kelezatan Cumi Hideung?

Tempat : Klapa Manis Restaurant
Alamat :  Jalan Raya Gronggong, Patapan, Beber, Kota Cirebon

34. Ayam Bakakak

Ayam Bekakak khas jawa barat
Ayam Bekakak, Foto Oleh Masakapahariini Com

Bagi kamu pecinta olahan ayam, maka wajib banget mencoba makanan khas Jawa Barat ini, Ayam Bekakak. Mempunyai nama yang cukup unik, Ayam Bekakak memiliki bentuk seperti orang yang duduk bersila ketika matang. Masakan khas Sunda ini umumnya menggunakan ayam jantan sebagai bahan dasar masakan karena dianggap dapat menolak gangguan dari arwah leluhur.

Ayam Bekakak umumnya disajikan dalam beberapa acara adat Sunda seperti hajatan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kini olahan ayam yang pastinya punya cita rasa khas dan nikmat ini bisa ditemukan di berbagai warung makan sekitaran Jawa Barat. Salah satu tempat makan tersebut adalah Hayam Bakakak Gosrek yang berlokasi di Jalan Taman Sunter Indah No. 7, Sunter, Jakarta. 

Tempat : Bakakak Ayam Bu Ning
Alamat : Cilegong, Jatiluhur, Purwakarta

35. Kupat tahu

Kupat Tahu khas jawa barat
Kupat Tahu, Foto Oleh Fimela Com

Saat pertma kali mendengar namanya, kamu pasti langsung bisa menebak apa bahan dasar makanan ini, yaps Kupat Tahu. Salah satu hidangan khas Jawa Barat berbahan dasar ketupat yang disajikan bersama tahu goreng dan siraman bumbu kacang. Tidak lupa sebagai pelengkap ditambahkan mie kuning, mie bihur dan taburan kacang goreng diatasnya.

Perpaduan cita rasa yang gurih serta teksturnya yang pas bakal bikin rasa yang sempurna sejak suapan pertama kamu menikmatinya. Tidak hanya itu, pastinya Kupat Tahu juga murah meriah dan mengenyangkan. Jadi, tertarik untuk mencicipinya secara langsung?

Tempat : Kupat Tahu Gempol
Alamat : Jalan Gempol Kulon Nomor 53, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung

36. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang khas jawa barat
Sega Jamblang, Foto Oleh Jabar Idn Times Com

Sega Jamblang merupakan salah satu makanan asal Cirebon yang jadi favorit wisatawan lokal maupun macanegara. Dalam satu porsi Sega Jamblang kamu akan menemukan aneka macam lauk mulai dari tahu, sayur, sambal goreng, ikan asin, semur ikan dan udang hideung. Cita rasanya yang nikmat serta aroma yang khas karena dibungkus menggunakan daun jati menjadikannya makin terasa lezat.

Kamu bisa menjumpai Sego Jamblang khas Jabar ini diberbagai tempat makan di Jawa Barat, salah satunya Warung Mang Dul. Cukup dengan budget mulai dari Rp17.000 saja kamu bisa mencoba kelezatan makanan khas Jawa Barat yang pastinya nikmat dan bikin kenyang.

Tempat : Nasi Jamblang Mang Dul
Alamat : Jalan DR. Cipto Mangunkusumo Nomor 8, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon
Harga : Mulai Rp17.000

37. Doclang

Doclang khas jawa barat
Doclang, Foto Oleh Cookpad Com

Doclang merupakan makanan makanan khas Jawa Barat yang ini terlihat mirip seperti kupat tahu. Bedanya Doclang memiliki tekstur bumbu lebih halus. Dalam satu porsi Doclang khas Jawa Barat terdiri dari irisan tahu, kentang dan telur rebus. Tidak lupa juga irisan lontong yang bakal bikin kamu makin kenyang.

Tidak cukup sampai disitu, aneka isian tersebut juga akan disiram dengan bumbu kacang serta taburan kerupuk diatasnya. Cita rasa yang nikmat dipadukan dengan tekstur renyah dan gurih bakal bikin kamu tidak ingin berhenti untuk mengunyah.

Tempat : Doclang 405 (Jembatan Merah)
Alamat : Jalan Kapten Muslihat Nomor 22, RT 01 RW 03, Cibogor, Bogor Tengah, Kota Bogor

Cukup beragam bukan makanan khas Jawa Barat diatas? Masih banyak lagi ragam kuliner Jawa Barat yang pastinya nikmat dan bikin ngiler. Oleh karena itu, siapkan budget khusus untuk berwisata kuliner di Jawa Barat yang pastikan tidak akan mengecewakan. Untuk itu, kapan mau jalan-jalan ke Jawa Barat?

Baca Juga : 8 Resep Siomay Bandung Komplit Terlezat & Cara Membuatnya

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *