1. Oleh-Oleh Khas

18 Oleh-Oleh Khas Bandung Tidak Boleh Terlewat Untuk Dicoba

Jalan-jalan ke Kota Bandung tak lengkap jika hanya menikmati keindahan dan pesona alamnya saja. Wisata kuliner menjadi hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke kota yang mendapat julukan Kota Kembang ini dengan membeli oleh-oleh khas Bandung .

Kuliner Bandung memiliki cita rasa yang beragam mulai dari manis, gurih maupun asam. Tak Lengkap rasanya jika anda sudah mengunjungi kota Bandung tanpa membawa pulang oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga di rumah.

Oleh-oleh khas Bandung tidak hanya unik, tapi juga bisa bikin kamu ingat terus momen saat kamu berkunjung ke kota ini. Berikut 18 oleh-oleh khas Bandung yang wajib anda bawa pulang untuk keluarga.

1. Oncom

Oleh-oleh khas Bandung lainnya yang tidak boleh lupa anda bawa pulang adalah Oncom. Oncom merupakan satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Kota Bandung yang terbuat dari kacang yang difermentasi dan menjadi salah satu bahan untuk membuat makanan lezat lainnya seperti Oncom Goreng. Banyak toko oleh-oleh yang menyediakan makanan khas Bandung ini, salah satu yang paling terkenal adalah Oncom Raos yang sudah berdiri lebih dari 40 tahun, lokasinya berada di Jalan Cihampelas 91 B, Bandung.

Oncom
Oncom Bandung, Foto oleh Bukalapak Com

Tempat : Oncom Raos
Alamat : Jalan Cihampelas 91 B, Bandung
Harga : Mulai Rp10.000/bungkus

2. Bandung Makuta

Oleh-oleh khas Bandung ini sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia. Kue kekinian yang paling banyak dicari wisatawan jika berkunjung ke kota Kembang. Bandung Makuta, snow cake dengan rasa andalan coklat, keju, lemon, karamel serta blueberry sebagai cita rasa andalannya.

Bandung Makuta
Bandung Makuta, Foto oleh @Bandung Makuta

Bisa terbayangkan lembutnya oleh-oleh khas Bandung yang satu ini? Manis dan legitnya kue akan membuat anda kangen suasana Kota Bandung yang penuh dengan kenangan. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini harga yang dibanderol mulai dari Rp55.000/box, cukup mahal memang, namun rasanya bakal bikin kamu ketagihan!

3. Rujak Cireng

Rujak Cireng
Rujak Cireng Bandung, Foto oleh Pinterest

Bandung terkenal dengan panganan khas rujak cukanya, karena tidak bisa membawa rujak cuka untuk oleh-oleh, ada pilihan rujak yang bisa anda bawa ke rumah, Rujak Cireng! Olahan ini terbuat dari tepung kanji dan dihidangkan dengan bumbu rujak. Sudah terbayang belum bagaimana sensasi rasanya?

Oleh-oleh khas Bandung ini bisa anda beli dalam keadaan mentah, jadi sebelum anda nikmati jangan lupa di goreng dulu ya! Rasa gurih yang sangat crunchy dipadukan dengan bumbu rujak pastinya nikmat dan menggugah selera bukan? Apalagi dinikmati saat cuaca hujan? Kamu juga bisa memilih cireng salju atau kerupuk cireng untuk dibawa pulang, sesuaikan saja dengan yang paling kamu suka 🙂

4. Peuyeum Bandung

Peuyeum
Peuyeum Bandung, Foto oleh Nyero Id

Kalian pernah merasakan nikmatnya tape? Oleh-oleh khas Bandung satu ini mirip sekali dengan tape. Bedanya peuyeum khas Bandung memiliki tekstur lebih kering daripada tape. Olahan Peuyeum Bandung berasal dari singkong yang dibersihkan, dikukus, dan diberi ragi dua kali lipat lebih banyak dari tape. Bisa terbayang kan bagaimana nikmatnya olahan Peuyeum Bandung dan berapa lama anda bisa menyimpannya?

Harga : Rp15.000

5. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
Tahu Susu Lembang Bandung, Foto oleh Lakey Banget Com

Mau bawa oleh-oleh untuk ibu, bapak, tante di rumah? Tahu Susu Lembang bisa menjadi salah satu pilihannya. Olahan tahu susu ini terbuat dari campuran kedelai dan susu sehingga lebih gurih, lembut dan isiannya padat. Anda bisa membawa pulang tahu susu lembang ini dalam keadaan mentah maupun sudah digoreng. Perlu diingat Tahu Susu Lembang hanya bisa bertahan 2 hari saja karena tidak menggunakan bahan pengawet!

Alamat : Jalan Raya Lembang No 177
Harga : Rp15.000/kotak

6. Keripik Maicih

Mendengar namanya saja sudah unik bukan? Rasanya pun tidak kalah unik dan menggugah selera loh! Keripik Maicih merupakan oleh-oleh khas Bandung yang memiliki cita rasa pedas. Terbuat dari singkong pedas, seblak, gurilem, dan bakso goreng yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Keunikan dari Keripik Maicih adalah anda bisa menentukan sendiri level pedasnya, tersedia mulai dari level 1 sampai dengan level 10.

Kripik Maichi
Kripik Maichi, Foto oleh Kripik Maichi Asli Com

Berani mencoba level 10? Siapkan tisu dan air minum yang banyak ya saat anda ingin mencobanya! Harga yang dibandrol untuk satu bungkus Keripik Maicih cukup terjangkau, mulai dari Rp14.000 saja anda sudah bisa membawa pulang satu bungkus Keripik Maicih! Renyah, murah, dan pastinya awet untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Harga : Mulai Rp14.000

7. Pisang Bolen

Pisang Bolen
Pisang Bolen Bandung, Foto oleh Kartika Sari Com

Oleh-oleh khas Bandung selanjutnya yang juga tidak boleh anda lewatkan ialah Pisang Bolen. Eits, jangan salah sangka ya, Pisang Bolen sangat berbeda dengan Pisang Molen loh! Pisang Bolen terbuat dari bahan yang mirip dengan olahan nastar dengan bermacam isian yang unik dan menggugah selera.
Anda bisa memilih isian pisang, peuyeum, durian, maupun bermacam pilihan lainnya yang sesuai dengan selera anda. Untuk membeli oleh-oleh Pisang Bolen ini anda bisa datang ke Toko kartikasari. Toko ini sudah populer sejak tahun 1970 an. Jadi, tunggu apa lagi?

Tempat : Toko Kartikasari
Alamat : Jalan H. Akbar No 4, Kebon Kawung
Harga : Rp25.000/kotak

8. Kopi Aroma

Kopi Aroma
Kopi Aroma, Foto oleh Bukalapak Com

Kamu dan keluarga hobi menikmati kopi sebelum beraktivitas? Bagi kamu penikmat kopi, kamu wajib mencoba Kopi Aroma oleh-oleh khas Bandung yang bakal bikin anda makin cinta dengan nikmatnya kopi. Biji kopi ini terlebih dahulu disimpan dalam waktu 5-8 tahun, dan proses pembakarannya menggunakan kayu karet dengan mesin pembakaran yang dibuat tahun 1930. Terbayangkan nikmatnya aroma khas Kopi Aroma? Pastinya bakal bikin kalian ketagihan untuk terus mencicipinya.

Alamat : Jalan Banceuy Nomor 51, Bandung
Harga : Rp27.000/250 gram

9. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
Gepuk Nyonya Ong Bandung, Foto oleh Shopee Co Id

Jika kamu sudah menikmati gepuk ini saat kulineran di kota Bandung tidak ada salahnya jika anda membawakannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah. Olahan ini dibuat dari daging sapi rebus yang di gepuk sampai melebar dan ditusuk dengan menggunakan lidi lalu direbus lagi menggunakan santan bercampur bumbu dan rempah-rempah.

Terbayang bukan jika anda menikmatinya bersama keluarga? Sebelum anda menyantap kelezatan gepuk ini, jangan lupa di goreng dulu ya! Anda bisa mendapatkan gepuk dengan rasa pedas dan manis ini di Gepuk Nyonya Ong yang berada di Jalan Pasundan No 15, Bandung.

Tempat : Gepuk Nyonya Ong
Alamat : Jalan Pasundan No 15
Harga : Mulai Rp9.000/potong

10. Picnic Roll

Manisnya kenangan saat di Kota Bandung bisa anda bawa pulang bersama kenikmatan oleh-oleh khas Bandung yang satu ini. Picnic Roll adalah oleh-oleh khas Bandung yang terbuat dari olahan daging cincang yang diberi bumbu dan dimasukan ke dalam kulit pastry bersama telur rebus, dan kemudian dipanggang sampai berwarna kecoklatan. Anda bisa memilih untuk isiannya, ada daging ayam atau daging sapi.

Picnic Roll
Picnic Roll Bandung, Foto oleh Goela Semoet Com

Terbayang bukan nikmatnya Picnic Roll saat disantap bersama keluarga di rumah? Untuk isian berupa ayam dan daging cincang, Picnic Roll dibanderol mulai dari harga Rp77.000/kotak loh! Perlu diingat, kuliner satu ini tidak bisa bertahan lama, jadi perhatikan jeda waktu pembelian dengan waktu menjelang pulang ya!

11. Kafetaria Pia 170

Pia 170
Pia 170, Foto oleh Tesyasblog Com

Kudapan bulat, manis nan legit yang biasanya banyak ditemukan di Jogja ini ternyata ada juga di Kota Bandung lho. Oleh-oleh khas Bandung Pia 170 ini menjadi ikon camilan dari Kafetaria 170 yang berdiri sejak 2011 lalu. Kafetaria 170 sendiri merupakan cafe shop yang unik banget dengan desain eksterior/interior ala era 80an. Rasa pia yang paling favorit disini yakni varian butterscotchnya. Cobain sendiri deh, dijamin akan membuat sobat Kuliner Kota ketagihan. 

Alamat : Jalan HOS Cokroaminoto (Pasirkaliki) Nomor 170, Bandung
Harga : Rp30.000/pak

12. Keripik Moring

Keripik Moring
Keripik Moring, Foto oleh Dirunapoint Com

Lebih suka cemilan yang renyah dan gurih? Oleh-oleh khas Bandung keripik moring ini pas banget untuk menemani waktu santai kamu. Cemilan khas Bandung memang nggak bisa jauh-jauh dari aci/ kanji. Sesuai dengan namanya, moring sendiri adalah singkatan dari cimol kering. Cimol kering ini dipadu dengan varian rasa pedas atau asin. Pilih saja sesuai selera kamu ya. Keripik moring biasanya dikonsumsi dengan makanan berkuah untuk menambahkan sensasi renyah saat dinikmati. Keripik unik ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 15.000/bungkus di beberapa toko oleh-oleh khas Bandung.

13. Tempe Gila

Tempe Gila
Tempe Gila, Foto oleh Shopee Com

Ini dia cemilan oleh-oleh khas Bandung yang juga wajib kamu beli. Bukan hanya keripik tempe biasa, namun keripik tempe ini memiliki beberapa level kepedasan. Camilan ini juga cocok banget loh jika dimakan dengan nasi hangat. Untuk mendapatkan keripik ini cukup mudah sekali karena banyak dijual di toko oleh-oleh khas Bandung seperti yang ada di daerah Terminal Leuwi. 

Harga : Mulai Rp15.500

14. Jagonya Basreng

oleh oleh khas bandung Jagonya Basreng
Jagonya Basreng, Foto oleh Bukalapak Com

Bakso goreng dari Jagonya Basreng siap menggoyang lidah kamu. Bahan baku basreng disini dibuat dengan bakso ikan pilihan. Varian basreng yang gurih dan nikmat terdiri dari Hot Cabe Merah, Original, Keju dan Rumput Laut. Jagonya basreng kini juga semakin berinovasi dengan menghadirkan seblak instan yang komplit dengan topping siomay. Jagonya Basreng ada 4 varian rasa yaitu Pedas, Kari Pedas, Soto dan Rendang. Semua varian rasa sangat menggoda bukan? 

Alamat : Jalan AH.Nasution Nomor 7B Kota Bandung
Harga : Rp13.000

15. Pevo cake

oleh oleh khas bandung Pevo Cake
Pevo Cake, Foto oleh Bukalapak Com

Mumpung lagi di Bandung, jangan lewatkan kesempatan buat cobain cake dari artis cantik Pevita Pearce ini ya. Pevo cake namanya, kue dengan tekstur lembut dan terdiri dari beberapa lapis pasti akan membuatmu ketagihan. Lapisan paling atasnya ada roti dengan krim kemudian disusul dengan cream cheese yang lembut. Ada lima rasa yang tersedia di Pevo Cake yaitu Double Chococheese, Mint Velvet, red Velvet, Banana Choco dan Banana Cheese.

Alamat : Jalan Veteran Nomor 40, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Harga : Rp50.000 sampai Rp100.000/pak

16. Bandung Kunafe

oleh oleh khas bandung Bandung Kunafe
Bandung Kunafe, Foto oleh Dyahprameswarie Com

Kota Bandung memang banyak menjadi pilihan banyak artis untuk membuka bisnis makanan. Bandung Kunafe menjadi salah satunya. Kata kunafe awalnya dari kata ganti kunaon dalam Bahasa Sunda yang artinya kenapa. Kata kunafe sendiri dimaksudkan untuk menghilangkan stereotip yang melekat bahwa orang Sunda tidak bisa berbicara huruf F. Menarik ya? Kue Bandung Kunafe ini merupakan Japanese Cheese cake dengan varian filling pilihan seperti Kunafe Cheese, Kunafe Greentea, Kunafe Chocolate, Kunafe Tiramisu, Kunafe Nutella, dan Kunafe Durian. Namun, kunafe cheese lah yang menjadi favorit pelanggannya karena kejunya sangat melimpah.

Alamat : Jalan Banda Nomor 23, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga : Mulai Rp50.000 – Rp100.000

17. Madinah cake dari Angel Lelga

oleh oleh khas bandung Madinah Cake
Madinah Cake, Foto oleh Evasrirahayu Com

Kue Madinah dari Angel Lelga ini berbeda dengan kue artis lain karena bahan-bahan pembuatannya yang premium. Perpaduan lapisan swiss sponge, flavor filling baked cheesecake, premium butter, cream dan cake crumb menciptakan cita rasa kue yang spesial. Rasa keju menjadi isian utama pada setiap menu, terciptalah 5 varian rasa yaitu banana cheese, blueberry cheese, mango cheese, chocolate cheese, dan lemon cheese.

Alamat : Jalan Banda Nomor 21, Bandung
Harga :
Rp65.000/pak

18. Bandung Princess cake dari Syahrini

oleh oleh khas bandung Princess Cake
Princess Cake, Foto oleh Shopee Com

Jika sobat Kuliner Kota sangat mengagumi artis ngetop Princess Syahrini, kue ini wajib banget kamu coba. Kue yang cocok untuk menjadi oleh-oleh khas Bandung ini juga diusung oleh artis ngetop Indonesia yaitu princes Syahrini. Tidak hanya slogannya yang maju mundur cantik namun kue ala Syahrini juga sangat cantik tampilannya. Katanya, cheese cake Princess Syahrini nggak kalah nikmatnya dengan kue Makuta yang sudah lama terkenal di kota Bandung lho. Jadi penasaran nggak tuh?

Alamat : Jalan Cihampelas Nomor 120, Cihampelas, Bandung 
Harga : Rp72.000

Simpel, murah, legit, enak, dan tidak memakan banyak tempat jika kamu membawa pulang berbagai oleh-oleh khas Kota Bandung diatas untuk keluarga di rumah.

Oleh-oleh khas Bandung yang kamu bawa pulang bakal bikin kamu teringat momen manis selama kamu di Bandung dan pastinya bikin keluarga di rumah turut merasakan juga manis kisahnya melalui oleh-oleh yang kamu bawakan! Jadi, kapan liburan ke Bandung?

Baca Juga : 45 Makanan Khas Bandung Paling Hits dan Bikin Kangen

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 18 Oleh-Oleh Khas Bandung Tidak Boleh Terlewat Untuk Dicoba
  • 18 Februari 2020

    Enak2 dan patut di coba nih, infonya sangat bermanfaat mantapp

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Trending

Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]