1. Oleh-Oleh Khas

8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Yogyakarta yang Terkenal

Oleh-oleh khas Yogyakarta sangat beraneka ragam, mulai dari makanan ringan hingga jajanan pasar. Beberapa di antaranya bahkan telah menjadi ikon kota ini, seperti bakpia dan gudeg. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai rekomendasi oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa kamu bawa pulang. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Daftar Oleh-Oleh Khas Yogyakarta:

1. Bakpia Pathok

bakpia pathok
Sumber: Badan Otoritas Borobudur

Oleh-oleh khas Yogyakarta yang paling populer yaitu bakpia pathok 25. Bakpia merupakan sejenis kue kering berbentuk bulat kecil dan terdapat isian kacang hijau pada bagian dalamnya. Selain kacang hijau, ada berbagai varian rasa lainnya, seperti keju, durian dan coklat. Rasanya yang lezat membuat kue yang satu ini menjadi incaran para wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja. Gerai bakpia pathok 25 sudah banyak tersebar di Jogja, salah satunya di sepanjang jalan Malioboro. Untuk harganya dapat bervariasi tergantung jumlah isinya, yaitu mulai dari Rp35.000 per kotak isi 15 biji.

2. Bakpia Kukus

bakpia kukus khas jogja
Sumber: Agrinesia

Selain bakpia pathok, ada juga inovasi yang tidak kalah menariknya yaitu bakpia kukus. Salah satu yang terkenal di Jogja yaitu Bakpia Kukus Tugu Jogja. Dengan bentuknya yang bundar, tekstur yang lembut, dan dengan berbagai varian isian, membuat bakpia ini banyak disukai oleh para wisatawan. Saat ini Bakpia Kukus Tugu Jogja sudah tersedia di marketplace atau bisa langsung datang ke tokonya. Harga bakpia kukus masing cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp24.000 hingga Rp45.000 saja tergantung isinya.

3. Tasuba

tahu susu bakso jogja
Sumber: Tokopedia

Tahu yang satu ini punya sajian yang unik, loh. Pada bagian dalam tahu berisi adonan bakso yang super lembut dan padat. Apalagi, dipadukan dengan penggunaan tahu susu yang membuat cita rasanya semakin lezat. Tasuba tersedia dalam bentuk frozen yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh atau beli yang sudah matang untuk teman perjalanan. Oleh-oleh khas ini punya masa penyimpanan hingga 3 minggu dalam freezer. 

Kamu bisa membeli oleh-oleh yang satu ini di salah satu toko tasuba terkenal di Jogja yaitu “Tahu Susu Bakso Aneka Rasa” yang berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto Km 7, Janti, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jogja. Harga satu paket tasuba isi 10 biji bisa kamu dapatkan dengan harga hanya Rp26.000 saja.

Baca juga: 9 Oleh-Oleh Khas Blitar yang Wajib Kamu Bawa Pulang

4. Peyek Tumpuk

peyek tumpuk khas jogja
Sumber: JogjaKita

Salah satu peyek tumpuk terkenal di Jogja, yaitu dari “Peyek Tumpuk Mbok Tumpuk”. Berbeda dengan peyek pada umumnya, peyek yang satu ini lebih tebal dengan rasa yang gurih. Walaupun lebih tebal daripada peyek pada umumnya, ditambah dengan taburan kacang tanah, tidak membuat peyek ini keras. Teksturnya yang tetap renyah, membuat makanan yang satu ini digemari banyak wisatawan. Kamu bisa membeli oleh-oleh ini yang berlokasi di Jl. Kh Wahid Hasyim, Taskombang, Ringinharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga untuk ukuran 500 gram bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp30.000 saja.

5. Coklat Monggo

coklat monggo khas jogja
Sumber: JogjaKita

Oleh-oleh khas Jogja yang gak kalah enak dan terkenal, yaitu ada coklat monggo. Coklat premium asli Indonesia dengan sentuhan cita rasa Belgia ini terbuat dari kakao lokal yang sudah ada sejak 2005 dan dibuat oleh orang asli dari Belgia. Coklat monggo punya berbagai varian dan pilihan rasa yang bisa kamu beli untuk dijadikan oleh-oleh. Kamu bisa membeli coklat ini dengan datang ke museum dan pabriknya yang berlokasi di Jl. Tugu Gentong RT. 03 Sribitan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul Yogyakarta. Kamu juga bisa membelinya di tokonya yang tersebar luas di Jogja. Harga coklat ini sangat bervariasi, yaitu mulai dari Rp25.000 hingga Rp250.000.

6. Yangko

yangko khas jogja
Sumber: Sibakul Pemprov DIY

Jogja juga punya oleh-oleh khas yang terkenal dan sekilas mirip seperti kue mochi, yaitu kue yangko. Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung gula yang menjadikan kue ini punya tekstur kenyal dan rasa yang manis. Kalau mochi biasanya berbentuk bulat, berbeda dengan kue yangko yang berbentuk kotak dan terdapat isian kacang pada bagian dalamnya. 

Saat ini sudah banyak penjual yangko yang tersebar di Jogja, salah satu yang terkenal yaitu Toko oleh-oleh Yangko Pak Prapto yang sudah berdiri sejak 1912 dan menyediakan berbagai pilihan rasa. Harga satu kotak yangko isi 20 buah bisa kamu dapatkan dengan harga hanya Rp19.000 saja. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa datang ke lokasi Jalan Pramuka Nomor 82, Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Dibeli!

7. Kopi Merapi

kopi merapi khas jogja
Sumber: Salsawisata

Selain makanan, oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa kamu bawa pulang yaitu kopi merapi. Kopi ini berasal dari biji kopi lokal dari kebun warga. Tersedia dengan 2 pilihan kopi yaitu ada kopi robusta dan kopi arabika. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa datang ke Warung Kopi Merapi yang sudah cukup populer di Yogyakarta. Lokasinya berada di kawasan lereng Gunung Merapi, jadi kamu bisa menikmati kopi sambil menikmati suasana alam dengan latar belakang Gunung Merapi. Kisaran harga kopinya yaitu mulai dari Rp15.000 hingga Rp25.000.

8. Gudeg Kaleng

gudeg kaleng khas jogja
Sumber: instagram.com/gudegbagong

Gudeg tak hanya bisa kamu nikmati di Jogja saja, namun kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Gudeg kaleng sangat praktis dan punya daya simpan selama satu tahun jika tidak dibuka. Sudah banyak penjual gudeg kaleng yang tersebar di Jogja, salah satu gudeg legendaris yaitu Gudeg Yu Djum. Terdapat 8 pilihan rasa yang tersedia dengan harga per kalengnya mulai dari Rp35.000 hingga Rp40.000.

 

Nah, itu tadi 8 rekomendasi oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa kamu bawa pulang. Mulai dari makanan manis, kopi, hingga gudeg. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat berburu oleh-oleh, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Yogyakarta yang Terkenal

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending