1. Kuliner

11 Rekomendasi Makanan Khas Serang yang Wajib Kalian Coba!

Serang merupakan salah satu kota yang juga sekaligus menjadi Ibu Kota di Provinsi Banten. Wilayah administratifnya terbagi menjadi Kabupaten Serang dan Kota Serang. Kota ini meninggalkan sejarah masa Kolonial Hindia Belanda yang menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata. Selain peninggalan sejarahnya, Kota Serang punya wisata pantai, air terjun, vihara, dan masjid yang juga sangat menarik untuk dikunjungi.

Saat mengunjungi Kota Serang, tidak hanya tempat wisatanya yang menarik perhatian, Namun, wisata kuliner Kota Serang juga tak kalah menarik. Sobat Kuliner pasti penasaran kan apa saja sih makanan khas Kota Serang, jadi simak artikel berikut ini ya!

Sate Bandeng

Daftar Isi

sate bandeng
Sumber: pesona.travel

Makanan khas Serang yang terkenal yaitu Sate Bandeng. Mungkin dibenak kalian membayangkan kalau makanan ini hanya ikan bandeng yang ditusuk dengan kayu bambu kemudian dibakar. Namun, ternyata berbeda.

Ikan bandeng terlebih dahulu dipisahkan dengan duri dan tulangnya, lalu di haluskan dan campurkan dengan bumbu rempah dan santan, baru kemudian adonan dibentuk menyerupai sate pada tusuk bambu, dan dibakar hingga matang.

Ternyata, makanan ini ada sejak masa Kerajaan pertama Sultan Banten. Menurut sejarah, hidangan ini disukai oleh para Sultan dan petinggi di sana sehingga menjadi makanan wajib dan turun temurun keluarga bangsawan saat itu.

Seiring berjalannya waktu, sate bandeng tidak hanya dinikmati oleh keluarga bangsawan saja, melainkan masyarakat umum juga mulai bisa menikmatinya dan menjadi makanan khas Kota Serang saat ini.

Penjual sate bandeng di Serang sudah berkembang pesat dan banyak dijual di rumah makan atau toko khusus yang menjual makanan ini. Sobat Kuliner bisa membelinya untuk makan langsung atau dibawa pulang. Harga sate bandeng yang dijual dapat berbeda beda yaitu sekitar Rp35,000 – 45,000.

Gerem Asem

gerem asem
Sumber: Shutterstock

Makanan khas Serang selanjutnya yang mungkin menarik untuk dicoba yaitu gerem asem. Bagi Sobat Kuliner yang menyukai makanan berkuah seperti sup, wajib coba ini! Makanan ini berbahan dasar daging ayam atau bisa juga menggunakan bebek yang diolah dengan kuah yang mempunyai cita rasa unik yaitu pedas dan asam, sehingga dijamin bikin ketagihan.

Menurut masyarakat disana, gerem asem ini berawal saat para laki-laki yang menjaga sawah mencoba untuk berkreasi membuat makanan karena lapar. Dengan menggunakan bahan seadanya yang tersedia di sawah, jadilah makanan gerem asem ini. Dulunya, makanan ini dinamakan pindang bening yang artinya makanan dengan kuah yang banyak dan tidak berwarna.

Seiring perkembangan zaman, rasa asam yang digunakan untuk membuat gerem asem ini yaitu menggunakan belimbing wuluh, yang sebelumnya menggunakan buah asem. Di Kota Serang sudah banyak rumah makan yang menyediakan makanan ini sebagai sajian utamanya. Sobat Kuliner dapat mencoba makanan khas gerem asem dengan harga sekitar Rp15,000 – 35,000.

Baca juga: 15 Makanan Khas Bima yang Wajib Dicoba, Unik dan Lezat!

Sambal Buroq

sambal buroq
Sumber: budayaindonesia

Sobat Kuliner pecinta makanan pedas wajib coba sambal buroq khas Serang. Sambal ini punya rasa pedas dan gurih dengan bahan utama pembuatannya yang unik yaitu dari kulit tangkil atau disebut dengan kulit buah melinjo yang berwarna merah. Dengan bahan tambahannya menggunakan cabai merah, cabai hijau, dan bumbu penyedap lainnya.

Sambal buroq sekilas terlihat seperti sayur tanpa kuah karena kulit buah melinjo yang dominan. Makanan ini biasanya dihidangkan bersama dengan opor ayam saat hari raya Idul Fitri oleh masyarakat sekitar. Sobat Kuliner bisa menemukan sambal ini di rumah makan atau warteg dengan harga yang murah.

Nasi Bakar Sumsum

nasi bakar sumsum
Sumber: indonesiakaya

Makanan khas Serang selanjutnya ada nasi bakar sumsum. Sesuai dengan namanya yaitu sumsum, makanan ini berbahan dasar nasi dan sumsum tulang sapi dengan tambahan bumbu rempah yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar.

Rasanya yang pedas dan gurih sangat cocok dimakan selagi hangat. Nasi bakar sumsum dapat dinikmati langsung tanpa lauk tambahan karena rasa dari sumsum tulang dan bumbu yang bercampur sehingga tetap enak dimakan dan praktis.

Sobat Kuliner bisa menemukan kuliner ini di warung makan pinggir jalan sekitar alun-alun yang khusus menyediakan makanan ini. Selain menyediakan nasi bakar sumsum, biasanya juga tersedia sate ayam. Harga yang ditawarkan untuk sebungkus nasi bakar sumsum sekitar Rp16,000 saja.

Rabeg

rabeg khas kota serang
Sumber: djknkememkeu

Rabeg adalah makanan khas Serang yang terbuat dari daging dan jeroan kambing dengan kuah yang gurih, manis, dan pedas dari bumbu rempah-rempah. Makanan ini mempunyai rasa jahe yang kuat sehingga dapat menghangatkan tubuh.

Sobat Kuliner dapat menyantap rabeg dengan nasi hangat ditambah dengan emping melinjo, sungguh menjadi perpaduan yang pas ditambah lagi dengan daging kambing yang empuk. Kalian dapat menikmati kuliner rabeg di salah satu rumah makan legendaris rabeg khas Serang H. Naswi yang buka sejak tahun 1852. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi rabeg dengan nasi yaitu Rp25,000 saja.

Baca juga: 7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Wajib Dicoba!

Pecak Bandeng

pecak bandeng
Sumber: majalahaula

Selain sate bandeng yang terkenal, ternyata ada olahan bandeng yang menjadi makanan khas Serang namanya pecak bandeng. Makanan ini disajikan dalam bentuk ikan bandeng yang di penyet dan ditambahkan sambal pedas diatasnya.

Sebelum disajikan, ikan bandeng terlebih dahulu dihilangkan duri dan tulangnya hingga tak tersisa, lalu diberikan bumbu khusus sebelum akhirnya dibakar. Pecak bandeng sangat nikmat disajikan dengan nasi ditambah dengan sayur asem atau lalapan.

Sobat Kuliner dapat membeli kuliner pecak bandeng di rumah makan atau resto yang menyediakan menu ini. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi pecak bandeng yaitu sekitar Rp20,000.

Nasi Belut

nasi belut
Sumber: budayaindonesia

Makanan khas selanjutnya yaitu nasi belut yang menjadi makanan favorit masyarakat Kota Serang. Belut diolah dengan dibersihkan terlebih dahulu jeroannya, kemudian dipotong kecil-kecil dan dilumuri dengan bumbu rempah, lalu digoreng selama kurang lebih 15 menit hingga kering dan renyah.

Belut yang sudah digoreng akan dipadukan dengan sambal yang pedas dijamin bikin tambah nikmat, apalagi disajikan dengan nasi hangat. Sobat Kuliner wajib coba, nih! Ada banyak rekomendasi rumah makan yang menyediakan kuliner nasi belut, salah satunya kalian bisa coba di Rumah Makan Belut Palima Raya dengan harga Rp30,000 sudah paket lengkap dengan nasi, tahu atau tempe, dan sambal.

Lepet

Lepet
Sumber: keluyuran

Lepet adalah makanan khas Kota Serang yang terbuat dari bahan utama beras ketan berisi kacang tanah yang dibungkus dengan daun kelapa dan ujungnya diikat dengan tali rafia. Makanan ini diolah dengan cara dikukus selama kurang lebih 4 jam.

Rasanya yang lembut dan kenyal sangat cocok untuk cemilan sambil bersantai. Biasanya lepet bisa ditemukan di pasar tradisional yang menjual jajanan pasar. Sobat Kuliner bisa coba nih untuk cemilan menemani perjalanan liburan di Kota Serang.

Baca juga: 10 Makanan Khas Banten Lezat & Wajib Dicicipi Pecinta Kuliner

Ketan Bintul

ketan bintul
Sumber: unimmafm

Cemilan khas Serang yang tidak boleh dilewatkan yaitu ketan bintul. Cemilan ini terbuat dari beras ketan yang ditaburi dengan serundeng. Biasanya jajanan ini banyak muncul saat bulan puasa untuk dijadikan makanan berbuka puasa. Rasanya yang lembut, legit, dan gurih menjadi jajanan favorit masyarakat sekitar. Sobat Kuliner yang ingin mencoba ketan bintul legendaris bisa mengunjungi Ketan Bintul Haji Mamad di Pasar Lama Serang.

Pasung Merah

pasung merah
Sumber: kabarbanten

Jajanan pasar khas Kota Serang selanjutnya yaitu pasung merah. Jajanan ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dibungkus daun pisang dengan bentuk kerucut. Pasung merah mempunyai cita rasa yang manis dan tekstur yang kenyal serta legit. Sobat Kuliner bisa membelinya di penjual jajanan pasar.

Emping Melinjo

emping melinjo
Sumber: tokopedia

Selain makanan berat dan jajanan, Kota Serang juga punya cemilan pendamping makanan yang mirip seperti kerupuk yaitu emping melinjo. Cemilan ini terbuat dari kulit melinjo yang dikeringkan lalu dibentuk bulat tipis dan digoreng.

Emping melinjo mempunyai tekstur yang renyah dengan cita rasa yang asin, gurih, dan sedikit rasa pahit yang berasal dari kulit melinjo. Sobat Kuliner bisa membeli emping melinjo di warung atau toko oleh-oleh dengan harga yang ditawarkan dapat bervariasi sekitar Rp35,000 per kilogram.

Baca juga: 13 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Legendaris & Wajib Dibeli

Nah, itu tadi 11 rekomendasi makanan khas Kota Serang yang bisa kalian coba. Selagi berkunjung atau liburan di Kota Serang, jangan lupa untuk mencoba makanan khasnya ya, Sobat Kuliner! Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkulineran.

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 11 Rekomendasi Makanan Khas Serang yang Wajib Kalian Coba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]