1. Resep

Resep Rendang Padang Lezat dan Sederhana Ala Rumahan

Resep rendang Padang lezat ini menjadi salah satu makanan terenak di dunia versi CNN. Rendang yang berasal dari suku Minang ini juga biasa disebut dengan ‘Randang’. Rendang memang sudah ada dari jaman dahulu dan merupakan makanan khas yang biasa disajikan dalam acara adat maupun hidangan sehari-hari. Penasaran bagaimana resep rendang yang lezat? Yuk, simak penjelasan berikut ini mengenai sejarah, resep, dan kandungan gizi pada rendang!

Sejarah Rendang

Awal lahirnya rendang yaitu saat masyarakat Minang mengadakan acara adat dan memasak hidangan ini hingga akhirnya masakan ini berkembang dan meluas ke daerah-daerah lainnya. Karena rendang kering mampu bertahan berbulan-bulan lamanya, akhirnya sekitar abad ke-19, masyarakat Minang menjadikannya bekal untuk merantau atau dalam perjalanan berniaga. Karena alasan itulah rendang terkenal luas hingga ke Sumatra sampai semenanjung Malaya. 

Sampai kini rendang juga masih jadi favorit masyarakat sebagai masakan saat hari raya Idul Adha ataupun menu saat Lebaran tiba. Selain itu, rendang juga memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang. Berawal dari 4 bahan pokok pembuatan rendang yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang. Secara simbolik daging (dagiang) memiliki arti pemimpin suku adat (niniak mamak), kelapa (karambia) memiliki arti kaum intelektual (cadiak pandai), cabai (lado) sebagai makna alim ulama dan bumbu (pemasak) berarti seluruh masyarakat Minang.

Resep Rendang Padang Lezat

Itu tadi mengenai sejarah masakan rendang yang merupakan salah satu makanan terenak di dunia yang bisa kamu temukan di rumah makan Padang berbagai daerah. Selanjutnya, pembahasan kali ini yaitu mengenai bahan dan cara membuat rendang Padang yang lezat. 

Yuk kreasikan resep rendang khas Padang ala Kuliner Kota untuk menyambut hari raya maupun sajian perayaan hari penting lainnya. Pastinya enak, gurih, awet dan tahan lama, jadi cocok banget untuk bekal saat bepergian kemanapun.

resep rendang Padang lezat

Resep Rendang Padang

Course Main Course
Cuisine Indonesian

Ingredients
  

Bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica bubuk/ ketumbar bubuk
  • 1 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 4 butir kemiri
  • 1 buah tomat
  • 65 ml santan kental
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 3 lembar daun jeruk
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Gula merah secukupnya, jangan lupa disisir

Instructions
 

Cara membuatnya:

  • Iris daging sapi yang sudah dicuci bersih dengan tebal ½ cm atau 1 cm.
  • Haluskan semua bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, kemiri, dan tomat. Kamu bisa menambahkan minyak goreng saat menghaluskannya menggunakan blender agar lebih mudah hancur.
  • Kemudian, tumis bumbu yang sudah halus sampai harum. Lalu, tuang bumbu bubuk, seperti merica, pala, dan garam. Aduk rata.
  • Masukan irisan daging sapi dan aduk rata. Jangan lupa tambahkan sedikit air.
  • Tunggu sampai daging empuk bumbu meresap sempurna kurang lebih 60 menit.
  • Selanjutnya tambahkan santan kental dan gula merah yang sudah disisir.
  • Tunggu sampai bumbu dan santan meresap sempurna serta mengental, kurang lebih sekitar 30 menit – 45 menit.
  • Jika sudah matang, angkat dan sajikan bersama nasi hangat.
Keyword Resep Rendang Padang Lezat

Mudah bukan resep rendang Padang lezat di atas? Selain mudah pastinya juga bergizi dan mengenyangkan. Cocok untuk lauk makan siang ataupun makan malam. Jika tertarik membuatnya, kamu perlu menyiapkan waktu sekitar 120 menit dan budget sekitar Rp120.000 jika membeli daging sapi sendiri. 

Kalau saat momen idul adha dan daging menumpuk di kulkas, kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp25.000 saja untuk membeli bumbu-bumbu rendang. Jadi, mau mengkreasikan resep rendang daging saat momen idul adha nanti?

Baca juga: 3 Resep Tom Yam Ala Restoran yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Kandungan Gizi Pada Rendang

kandungan gizi rendang
Sumber: Uprit

Dalam satu porsi rendang daging, kamu akan mendapatkan sekitar 1.950 kkal kalori, 110,7 gram lemak, 44,9 gram karbohidrat, 196,8 gram protein, 1,7 gram serat, 1,31 gram gula, 184 milligram sodium, 373 miligram kalsium. 

Jadi, kalau makan rendang saat diet dijamin bikin diet mulai besok saja. Tapi, tidak usah khawatir meskipun diet kamu gagal, cita rasa rendang yang gurih, lezat berpadu dengan empuknya daging bakal bikin kamu makin berselera untuk menyuap lagi dan lagi. Jadi, masih ragu untuk mencoba resep rendang ala Kuliner Kota diatas?

 

Nah, itu tadi pembahasan mengenai sejarah, resep, dan kandungan gizi pada rendang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa Sobat Kuliner! Sampai jumpa di artikel resep lainnya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Rendang Padang Lezat dan Sederhana Ala Rumahan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Recipe Rating




    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]