1. Kuliner

9 Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan!

Makanan khas Lombok terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan menggugah selera. Tak hanya keindahan alamnya, kuliner khas Lombok juga menjadi daya tarik para wisatawan saat berkunjung kesana. Apalagi, bumbu-bumbu dalam masakan Lombok juga sangat beragam dan kaya akan rempah, sehingga menghasilkan rasa yang unik dan khas. Jika kamu berkunjung ke Lombok, jangan sampai melewatkan untuk mencoba kuliner khas Lombok, ya Sobat Kuliner!

Daftar Makanan Khas Lombok:

1. Ayam Taliwang

ayam taliwang khas lombok
Sumber: goodnewsfromindonesia

Ayam taliwang merupakan makanan khas Lombok yang sudah terkenal dan sudah banyak yang menjualnya di berbagai daerah. Jenis ayam yang biasanya digunakan yaitu ayam kampung, lalu diolah dengan cara dibakar dengan bumbu rempah-rempah yang pedas. Makanan ini sangat populer dan disukai banyak wisatawan. Biasanya, ayam taliwang disajikan dengan plecing kangkung sebagai pelengkapnya. Cita rasa yang pedas dan gurih membuat makanan yang satu ini bikin kamu ketagihan. Apalagi, bagi kamu yang suka makanan pedas, maka wajib mencoba ayam taliwang yang satu ini.

2. Sayur Ares

sayur ares
Sumber: instagram/masromdon

Makanan khas Lombok yang satu ini terbilang cukup unik karena terbuat dari pelepah pisang yang masih muda. Terkenal dengan sebutan sayur ares, makanan ini dimasak dengan bahan utama pelepah pisang yang masih muda, santan, potongan daging sapi, dan bumbu rempah-rempah. Sayur ini punya cita rasa khas dan unik, yaitu perpaduan manis dan gurih. Biasanya, makanan ini selalu ada saat perayaan besar di Lombok, namun saat ini sudah banyak rumah makan yang menjualnya. 

 

Baca juga: 7 Makanan Khas Papua Barat yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!

3. Sate Rembiga

sate rembiga khas lombok
Sumber: Kompas/Krisda Tiofani

Sate rembiga merupakan sate khas Lombok yang terbuat dari daging sapi dan terkenal dengan cita rasa pedasnya. Bumbu yang digunakan seperti terasi, asam jawa, gula merah, bawang, ketumbar, kemiri, dan cabe. Biasanya, sebelum dibakar, sate terlebih dahulu dimarinasi dengan garam dan lada, namun ada beberapa yang juga menggunakan nanas.  Cita rasa khas yang gurih dan pedas membuat makanan yang satu ini tak boleh terlewatkan. Bagi kamu yang suka dengan makanan pedas, sate rembiga wajib kamu coba. 

4. Nasi Balap Puyung

nasi balap puyung khas lombok
Sumber: shutterstock/adie.foodtography

Nasi puyung atau nasi balap puyung sekilas mirip seperti nasi campur. Bedanya, makanan khas Lombok ini punya cita rasa pedas yang menjadi daya tariknya. Makanan ini terdiri dari nasi dengan campuran sayur kacang panjang dan lauk berupa ayam suwir pedas, serta taburan kentang goreng dan kacang kedelai. Saat ini, sudah banyak tempat makan yang menjual nasi payung. Harganya pun masih cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp10.000 saja.

5. Sate Bulayak

sate bulayak
Sumber: indonesiakaya

Sate bulayak tak jauh berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging ayam, sapi dan jeroan yang sudah terpotong kecil-kecil lalu ditusuk dengan batang bambu. Ciri khas dari sate ini disajikan dengan bulayak, yaitu lontong khas Lombok yang terbuat dari beras ketan dan menggunakan daun aren sebagai pembungkusnya. Selain itu, bumbu kacang pada sate juga berbeda karena rasanya mirip seperti bumbu kari dan ditambah dengan rasa pedas yang menjadi khas makanan Lombok. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa menemukan di berbagai sudut kota Mataram atau di objek tempat wisata.

6. Sate Tanjung

sate tanjung khas lombok
Sumber: instagram/@mataramdelicious

Sate tanjung yang satu ini berbeda karena terbuat dari bahan dasar ikan dengan cita rasa yang pedas dan gurih. penyajian sate ini tanpa menggunakan saus kacang atau saus apapun. Walaupun begitu, rasa sate ini sangat lezat karena ikan terlebih dahulu direndam dengan bumbu rempah-rempah yang sudah halus hingga meresap. Sebelum dibakar, sate pun dilumuri bumbu kembali sehingga bumbunya benar benar terasa. Jika kamu tertarik mencobanya, sudah banyak penjual sate tanjung yang tersebar di sepanjang jalan Desa Tanjung. Dengan harga Rp15.000 hingga Rp25.000 kamu bisa mendapatkan satu porsinya sate tanjung yang lezat ini.

 

Baca juga: 8 Makanan Tradisional Kalimantan yang Wajib Kamu Coba!

7. Plecing Kangkung

plecing kangkung khas lombok
Sumber: cookpad/bundamelvysofia

Bukan hanya Bali, Lombok juga punya makanan khas yaitu plecing kangkung yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bedanya, plecing kangkung khas Lombok wajib menggunakan tauge dan menggunakan parutan kelapa. Adapun juga, kangkung Lombok punya daun dan batang yang lebih besar serta teksturnya yang renyah. Untuk bumbunya tidak jauh berbeda, yang terdiri dari cabe rawit, tomat, terasi, jeruk limau, dan kelapa parut. Biasanya, terdapat tambahan kacang goreng sebagai pelengkapnya. Makanan yang satu ini sudah banyak warung makan yang menjualnya dengan harga yang cukup murah, yaitu mulai dari Rp5.000 – Rp10.000 untuk satu porsinya.

8. Bebalung Lombok

bebalung
Sumber: cookpad/fransiskaarie

Bebalung merupakan sup khas Lombok yang terbuat dari buntut sapi yang mirip seperti gulai. Cita rasa dari sup ini sangat gurih dan kaya akan rempah-rempah. Cara memasak bebalung ini menggunakan presto agar mendapatkan hasil yang empuk. Masyarakat Lombok percaya makanan ini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa menikmati sup yang nikmat ini saat masih dalam keadaan hangat apalagi dengan tambahan nasi putih. Kamu bisa mendapatkan sup lezat ini di rumah makan yang tersedia dengan harga sekitar Rp30.000 saja. 

9. Sambal Beberuk Terong

sambal beberuk terong khas lombok
Sumber: Kemenparekraf

Hidangan khas Lombok yang satu ini cukup unik karena jarang bisa kamu temui di daerah lain. Beberuk terong merupakan sambal yang terbuat dari lalapan terong dan kacang panjang yang dicampur dengan sambal tomat pedas. Cita rasa khas yang gurih dan pedas membuat kamu tak bisa berhenti mencobanya. Apalagi, jika kamu suka dengan lalapan atau sayur mentah, beberuk terong bisa jadi sambal favoritmu. Untuk harganya tidak perlu khawatir, kamu bisa mencoba kelezatan beberuk terong dengan hanya Rp7.000 saja.

 

Nah, itu tadi 9 rekomendasi makanan khas Lombok yang bisa kamu coba jika berkunjung kesana. Apalagi, jika kamu suka makanan pedas, menjelajahi kuliner khas Lombok bisa buat kamu ketagihan, loh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat mencicipi kuliner khas Lombok, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]