22 Makanan Khas Gorontalo Unik dan Menggoyang Lidah

ilabulo
Tidak hanya menawarkan cita rasa nikmat, ragam makanan khas Gorontalo tentunya juga nikmat dan bikin ingin ngunyah terus
Daftar isi

Sebagai salah satu kota terbesar dengan penduduk terpadat di wilayah Teluk Tomini, Kota Gorontalo digadangkan sebagai pusatnya ekonomi, pendidikan, jasa dan perdagangan. Tak hanya itu, julukan Kota Serambi Madinah ini menyimpan beragam kuliner khas yang siap menjamu setiap lidah. Lezat dan uniknya makanan dan minuman khas Gorontalo menjadikannya populer hingga ke mancanegara. Lalu apa saja kuliner Gorontalo yang recommended untuk dicicipi? Berikut rekomendasi 22 makanan khas Gorontalo ala Kuliner Kota yang wajib kamu coba.

1. Binte Biluhuta

binte biluhunta
Binte Biluhuta, Foto Oleh Cookpad Com

Bagi sebagian wisatawan mungkin akan asing dengan makanan khas Gorontalo Binte Biluhuta. Kuliner ini memiliki nama lain Sup Jagung dan Milu Siram. Dalam Bahasa Indonesia Binta berarti jagung, sedangkan Biluhuta berarti disiram. Terbuat dari campuran ikan, udang, jagung dan tambahan bumbu khas tentunya membuat Binte Biluhuta mempunyai cita rasa manis, pedas dan asin. 

Selain itu, teksturnya yang mirip dengan sup menjadikan hidangan satu ini terkesan segar dan gurih. Tentunya juga akan terasa nikmat ketika kamu menyantapnya dengan nasi hangat dan bersama keluarga. Jadi, makin tidak sabar untuk menikmati kelezatan kuliner Gorontalo ini bukan?

Harga: Mulai Rp5.000 – Rp10.000

2. Ayam Iloni

ayam iloni
Ayam Iloni, Foto Oleh Tribunnewswiki Com

Kuliner Gorontalo satu ini berbahan ayam yang dimasak dengan bumbu khas, Ayam Iloni namanya. Jika dilihat sekilas, makanan dari Gorontalo ini sama seperti ayam bakar biasa, namun bedanya cara mengolah dan racikan rempahnya lebih beraroma khas Kota Serambi Madinah. Selain itu, biasanya Ayam Iloni juga disajikan bersama nasi, sagu dan semangkuk sup. Tentunya bikin perpaduan rasa sempurna yang bikin siapa saja ingin menyantapnya lagi dan lagi.

Tempat: Rafira Resto
Harga: Sekitar Rp15.000

3. Kue Sabongi

kue sabongi
Kue Sabongi, Foto Oleh Cookpad Com

Kota Gorontalo mengantongi beragam kue khas unik dan lezat, salah satunya Kue Sabongi. Hidangan ini merupakan salah satu warisan kuliner nenek moyang suku Gorontalo. Kue Sabongi mirip dengan kue combro yakni menggunakan bahan ketela, hanya saja kue khas Gorontalo ini memiliki isian pisang raja yang dipotong-potong. Rasanya sudah pasti nikmat, gurih dan manis. Tekstur kuenya pun renyah dan empuk, jadi dijamin terasa nikmat sejak dalam suapan pertama. Itulah sebabnya, ketika berada di Gorontalo, kue ini wajib banget dicoba.

Artikel Terkait

4. Ilabulo

ilabulo
Ilabulo, Foto Oleh Minews Id

Olahan ayam kerap kali menjadi favorit setiap lidah. Seperti Ilabulo yang mirip dengan pepes, makanan khas Gorontalo ini berbahan ati, ampela dan lemak ayam. Bahan utama tersebut kemudian dicampur dengan pisang sepatu, bawang putih, bawang merah, garam halus, lada putih, tepung sagu, minyak sayur, air dan santan. 

Selanjutnya, semua bahan yang sudah tercampur dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar sampai matang. Perlu sobat Kuliner Kota tahu, Ilabulo sudah ada sejak periode 15 SM, hidangan ini dulu dikenal sebagai pemersatu raja-raja di Gorontalo Kontemporer. Jadi, tertarik mencicipi kuliner legendaris satu ini?

Alamat: Sekitaran Jl. Pangeran Diponegoro, Gorontalo
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp7.000

5. Tili Aya

tili aya
Tili Aya, Foto Oleh Cookpad Com

Tili Aya adalah kuliner Kota Gorontalo yang biasanya ramai ditemui menjelang bulan Ramadhan. Makanan khas Gorontalo ini menjadi hidangan malam pertama sahur masyarakat tempo dulu. Kue khas Gorontalo ini terbuat dari campuran gula merah, santan dan telur. Kemudian, gula merah dicampur santan dan telur lalu dikukus dengan loyang dan didiamkan beberapa saat hingga jadilah Tili Aya yang siap disantap. Hidangan ini, paling nikmat disantap bersama segelas kopi. Jadi, makin tergoda ingin menyantap nikmatnya Tili Aya bukan?

Baca Juga:  34 Makanan Khas Medan Enak dan Populer, Bercita Rasa Tinggi

6. Sashimi Tuna

sashimi tuna
Sashimi Tuna, Foto Oleh Wildlittlefish Com

Ingin mencoba kuliner baru saat bertandang ke Gorontalo? Coba Sashimi Tuna saja. Gorontalo memiliki hidangan yang mirip dengan sashimi Jepang, hanya saja bercita rasa lidah Indonesia. Seperti namanya, Sashimi Tuna menggunakan daging ikan tuna dan sambal dabu-dabu sehingga menimbulkan rasa pedas khas. Masyarakat Gorontalo memilih ikan tuna sebagai bahan utama dikarenakan ikan tersebut paling banyak diproduksi dibandingkan bahan laut lainnya. Jadi, tentunya bagi kalian pecinta tuna hidangan ini bakal jadi menu favorit kamu.

7. Bilenthango

bilenthango
Bilenthango, Foto Oleh Ksmtour Com

Seperti Binte Biluhuta, Bilenthango khas Gorontalo ini mungkin masih belum familiar di telinga wisatawan. Bilenthango berbahan dasar ikan kerapu. Proses pembuatannya pun cukup mudah. Ikan dibelah menjadi dua bagian, digoreng bersama daun pkamun. Yang unik dari Bilenthango adalah cara menggorengnya, dimana ikan olahan Bilenthango tidak dibalik agar bagian bawahnya lebih renyah sedangkan bagian atas terasa lembut. Cukup menggiurkan bukan mencicipi hidangan khas Gorontalo satu ini?

8. Es Brenebon

es brenebon
Es Brenebon, Foto Oleh Idntimes Com

Selain makanan khasnya, Gorontalo juga menyediakan penghilang dahaga menyegarkan bernama Es Brenebon. Brenebon adalah sebutan untuk kacang merah, maka dari itu es ini lebih dikenal dengan Es Kacang Merah. Berbahan dasar kacang merah, gula merah, daun pkamun, gula pasir, air, susu kental manis, air rebusan kacang merah serta es serut tentunya cita rasanya manis dan menyegarkan. 

Minuman khas Gorontalo ini biasanya menjadi menu penghilang dahaga yang dihidangkan saat bulan Ramadhan. Selain cita rasanya manis, Es Brenebon juga memiliki beragam khasiat. Jadi, sudah menyegarkan dan berkhasiat lagi, membuat kamu wajib banget untuk mencobanya.

Harga: Sekitar Rp10.000

9. Kue Karawo

kue karawo
Kue Karawo, Foto Oleh Kumparan Com

Cemilan khas Gorontalo jenis kue ini cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kue Karawo atau familiar disebut Kue Karawang biasanya disajikan saat terdapat hari-hari besar seperti acara ulang tahun, hari natal, hari raya idul fitri dan lainnya. Kudapan ini merupakan kue kering yang hanya bisa ditemukan di Gorontalo. Memiliki tampilan unik, cantik serta menarik karena terdapat topping yang dibuat sendiri di atas kuenya. Semakin mantap menikmati Kue Karawo bersama keluarga ataupun dijadikan buah tangan ketika berkunjung dari Gorontalo.

Tempat: Karawo Li Maya
Alamat: Jalan Banteng, Siendeng, Gorontalo

10. Sate Tuna Gorontalo

sate tuna gorontalo
Sate Tuna Gorontalo, Foto Oleh Kompasiana Com

Gorontalo populer dengan hasil lautnya sebab berada di wilayah lautan. Berbagai sajian laut seperti Sate Tuna Gorontalo wajib untuk dijajal. Sate Tuna menjadi salah satu menu favorit wisatawan sejak sate ini hadir. Dilihat dari penampakannya, sate khas Gorontalo ini terlihat seperti sate kambing atau ayam karena ukuran potongan dagingnya. Namun seperti julukannya, Sate Tuna menggunakan daging ikan Tuna lembut dan kaya manfaat. Selain itu, bumbu yang menjadi ciri khas sate ini pun memakai bumbu khusus sehingga aroma unik makin semerbak dan meningkatkan selera makan. Jadi, mau mencoba nikmatnya Sate Tuna saat di Gorontalo?

Tempat: Rumah Makan Ratu
Alamat: Pohe, Kec. Hulonthalangi, Gorontalo
Harga: Sekitar Rp15.000

11. Duduli

duduli
Duduli, Foto Oleh Tokopedia Com

Satu lagi hidangan Gorontalo yang cocok dijadikan buah tangan, yakni Duduli. Duduli merupakan kuliner serupa dengan dodol. Terbuat dari gula merah dan dicampur ketan juga santan, membuat hidangan ini punya rasa manis, legit serta tekstur lengket yang khas. Bagi masyarakat Gorontalo, Duduli juga dikaitkan sebagai lambang penyambutan dan perpisahan orang yang berkunjung ke sana. Selain itu, kudapan khas Gorontalo ini juga dihidangkan saat lebaran ketupat sebagai lambang persaudaraan. Tentunya, dijamin harimu bakal lebih menyenangkan ketika menemukan Duduli khas Gorontalo.

Harga: Sekitar Rp10.000

12. Sayur Putungo

sayur putungo
Sayur Putungo, Foto Oleh Ksmtour Com

Sudah menemukan lauk yang tepat untuk makan siang? Jika kamu berada di Gorontalo, sebaiknya cicipi Sayur Putungo. Kuliner khas Gorontalo ini terbuat dari jantung pisang, ikan, cabai dan kelapa. Kuah yang dipakai terbuat dari campuran milu atau jagung rebus, bisa dikatakan makanan ini mirip dengan sayur lodeh. Sayur Putungo menjadi menu sederhana sekaligus ikon kuliner Gorontalo dengan cita rasa pedasnya khas. Tentunya rasa nikmat dari Sayur Putungo bisa kamu temukan di berbagai tempat makan di Gorontalo.

Baca Juga:  40 Makanan Khas Bali yang Wajib di Coba Saat Berlibur

13. Lalampa

lalampa
Lalampa, Foto Oleh Tribunnewswiki Com

Lemper tak hanya dapat kamu temukan di daerah Jawa loh, Gorontalo menyediakan lemper khasnya bernama Lalampa. Yang membedakan kudapan ini dengan Lemper di daerah Jawa adalah isiannya yang memakai ikan tongkol. Seperti halnya lumpia, Lalampa berbahan dasar beras ketan, daun pandan, santan dan garam. Kue khas Gorontalo ini diselimuti daun pisang dan dikukus sampai matang. Nikmat dan tentunya aroma harum Lalampa bikin kamu tergoda menikmatinya lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp1.000

14. Keripik Kasubi

Keripik kasubi Makanan Khas Gorontalo
Keripik Kasubi, Foto Oleh Ceroboh Com

Berbagai pilihan camilan khas Gorontalo membuat setiap wisatawan merasa puas setelah pulang dari Kota Serambi Madinah ini, tak terkecuali Keripik Kasubi. Berbahan dasar singkong dan gula merah tentunya membuat Keripik Kasubi terasa manis. Selain itu, teksturnya renyah dan cocok untuk cemilan santai. Tentunya rasa nikmat dan mampu bertahan lama menjadikan Keripik Kasubi selalu jadi favorit oleh-oleh khas dari Gorontalo.

15. Perkedel Nike

perkedel nike Makanan Khas Gorontalo
Perkedel Nike, Foto Oleh Lifestyle Sindonews Com

Jika biasanya perkedel dibuat dari bahan kentang, berbeda dengan Perkedel Nike. Makanan khas Gorontalo ini berbahan ikan nike berukuran kecil menyerupai teri. Dimana, Ikan Nike merupakan ikan endemik dari danau Tondano yang hanya ada di Sulawesi Utara. Bahan lain yang digunakan sama dengan perkedel pada umumnya, yakni irisan daun bawang dan seledri. Cita rasanya gurih dengan ikan Nike yang terasa empuk membuatnya cocok dijadikan lauk pelengkap beragam suasana.

Harga: Sekitar Rp2.500

16. Kue Pia Saronde

kue pia saronde Makanan Khas Gorontalo
Kue Pia Saronde, Foto Oleh Fakta Co Id

Kue Pia Saronde memiliki cita rasa gurih dan renyah seperti pia pada umumnya. Julukan Pia Saronde diambil dari nama sebuah pulau yang terletak di Gorontalo, pulau tersebut merupakan salah satu tempat favorit wisatawan sehingga dijuluki the hidden paradise. Buah tangan ini adalah salah satu kue buatan rumahan yang tidak menggunakan pengawet dan pemanis buatan, bahan bakunya pun berkualitas. Tentunya kamu tidak perlu ragu, rasa nikmat bakal bikin siapa saja tergoda menyantapnya lagi dan lagi.

Tempat: Pia Saronde
Alamat: Depan Gorontalo Mall
Harga: Sekitar Rp25.000 – Rp40.000

17. Bubur Sagela

Makanan Khas Gorontalo bubur sagela
Bubur Sagela, Foto Oleh Gotravelly Com

Olahan ikan terus merebak luas di wilayah Gorontalo, termasuk kuliner khas Gorontalo Bubur Sagela. Seperti namanya, bubur ini berbahan ikan sagela. Ikan sagela ditumbuk halus lalu dicampur dengan cabai, bawang dan tomat kemudian diolah menjadi sambal. Bahan lainnya tidak jauh berbeda dengan pembuatan bubur biasa, tetapi di dalam Bubur Sagela terdapat ikan sagela yang dipotong kecil sampai larut dalam bubur. Tentu saja campuran ikan tersebut makin membuat bubur ini beraroma dan terasa sempurna. Kuliner Gorotalo Bubur Sagela akan terasa nikmat ketika disantap di segala macam suasana.

Alamat: Lapangan Taruna Remaja, Gorontalo
Harga: Sekitar Rp10.000

18. Saraba

Makanan Khas Gorontalo saraba
Saraba, Foto Oleh Id Tastemade Com

Di samping dingin dan segarnya Es Brenebon, terdapat pula minuman hangat Saraba yang cocok dijadikan penghangat tubuh. Sekilas, minuman ini tampak seperti kopi atau bajigur khas Jakarta, tapi setelah dicicipi kamu akan menemukan rasa khas Saraba yang unik dan berbeda. Saraba memiliki rasa manis karena terbuat dari perpaduan jahe serta gula aren yang kental dan beraroma kuat.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Kudus Terkenal Kaya Rasa dan Murah

Tentunya, penghilang dahaga khas Gorontalo ini biasa dinikmati saat malam hari. Selain itu, berbagai macam pilihan isian Saraba juga bisa kamu pilih sesuai selera, mulai dari campuran telur ayam kampung sampai telur puyuh. Jadi, kembalikan energi setelah berkeliling Gorontalo dengan meneguk nikmatnya segelas Saraba.

Tempat: Taman Remaja
Alamat: Jalan Wolter Monginsidi No.47, Kota Gorontalo
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp15.000

19. Kue Popolulu

Makanan Khas Gorontalo kue popolulu
Kue Popolulu, Foto Oleh Kompasiana Com

Kue khas Gorontalo selanjutnya adalah Popolulu. Kue Popolulu berbahan dasar ubi merah atau popolulu dalam bahasa Gorontalo. Cara memasaknya pun cukup mudah. Ubi merah yang sudah dikukus kemudian dicampur gula merah lalu dibentuk seperti bola dan dicampur lagi dengan tepung pisang. Adonan tersebut kemudian digoreng sampai matang dan jadilah Kue Popolulu khas masyarakat Gorontalo. Rasanya yang nikmat serta teksturnya khas membuat kamu wajib banget mencoba kue nikmat ini saat berada di Gorontalo.

20. Kue Cara Isi

Makanan Khas Gorontalo kue cara isi
Kue Cara Isi, Foto Oleh Wisatapro Com

Kue tradisional khas Gorontalo yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah, Kue Cara Isi. Kue Cara Isi adalah hidangan berbahan dasar terigu, gula pasir, telur dan santan. Sedangkan isinya berupa bawang merah, merica, bawang putih, garam dan margarin. Meski rasanya condong manis, namun terdapat topping irisan cabe dan daun seledri yang nantinya akan menambah sensasi pedas. Dijamin perpaduan rasa yang sempurna makin membuat kamu berselera untuk segera menyantapnya.

Harga: Sekitar Rp2.000

21. Kue Tobu’u

Makanan Khas Gorontalo kue tobu'u
Kue Tobu’u, Foto Oleh Wisatapro Com

Makanan khas Gorontalo berikutnya yakni Kue Tobu’u. Berbahan dasar tepung beras, beras pulo, gula pasir, irisan buah nangka, santan kelapa, pasta pkamun, susu cair dan vanili. Semua bahan tersebut kemudian diaduk lalu dituang dalam cetakan yang terbuat dari daun pkamun, dikukus beberapa saat dan dituangkan lagi adonan kedua di atas adonan pertama. Rasa Kue Tobu’u sudah pasti manis, ditambah lagi dengan irisan buah nangkanya yang segar membuat kudapan Kota Gorontalo ini semakin terasa sempurna sejak dari gigitan pertama. Jadi, ketika bertandang ke Gorontalo belum sah ketika tidak mencoba kenikmatan kue satu ini.

22. Kue Apang Colo

Makanan Khas Gorontalo kue apang colo
Kue Apang Colo, Foto Oleh Cookpad Com

Satu lagi kue khas Gorontalo yakni Kue Apang Colo yang manis dan menggiurkan. Kue ini melalui proses pembuatan sedikit rumit, yakni mencampur terigu, gula, garam dan ragi, selanjutnya santan sambil terus diaduk. Kemudian diamkan adonan dengan ditutupi kain basah selama beberapa saat. Lalu, tuang adonan ke dalam cetakan apang colo, setelah matang biasanya kue tradisional Gorontalo ini akan disajikan bersama kuah yang dibuat dari rebusan gula merah dan daun pkamun. Tentu rasa nikmat dan aroma khas bikin kamu ketagihan mencobanya lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp5.000

Kota Gorontalo memang tak sebatas menyajikan destinasi wisata menarik, melainkan beragam kuliner khas yang patut untuk dicoba. Jadi, ketika bertandang ke kota ini siapkan budget dan tentunya masukkan daftar beragam kuliner Gorontalo diatas sebagai tujuan untuk berwisata kuliner. Untuk itu, mau mencoba makanan khas Gorontalo mana terlebih dulu?

Baca Juga : 21 Pusat Oleh-Oleh Medan Paling Dicari Wisatawan

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *