1. Kuliner

9 Makanan Khas Gorontalo yang Populer, Enak, dan Unik!

Gorontalo merupakan provinsi yang terletak pada bagian utara Pulau Sulawesi yang menyimpan kekayaan kuliner yang beragam. Makanan khas Gorontalo yang lezat dan menggugah selera, sayang untuk kamu lewatkan. Gorontalo terkenal sebagai penghasil ikan, tak heran jika makanan khasnya banyak terdapat dari olahan ikan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa makanan khas Gorontalo yang wajib kamu coba jika berkunjung kesana. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasanya berikut ini.

Daftar Makanan Khas Gorontalo

1. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta
Sumber: Instagram/@cessystone

Binte biluhuta merupakan makanan khas Gorontalo yang cukup populer. Nama binte biluhuta punya arti, yaitu jagung yang disiram. Makanan ini memang terbuat dari jagung putih ketan yang dengan campuran parutan kelapa, udang dan suwiran ikan cakalang. Hidangan berkuah ini terbuat dari bumbu rempah-rempah khas Gorontalo dan terdapat tambahan irisan daun bawang, tomat, kemangi, dan cabe yang membuat rasanya lebih nikmat.

2. Ayam Iloni

Ayam Iloni
Sumber: Sajian Sedap

Ayam iloni khas Gorontalo ini sekilas mirip seperti ayam panggang pada umumnya. Namun, ciri khas dari hidangan ini yaitu terletak pada bumbunya. Ayam ini menggunakan racikan bumbu yang sangat kaya akan rempah-rempah, seperti jahe, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan rempah lainnya. Selain itu, proses memasaknya juga menggunakan santan, sehingga rasanya semakin gurih dan nikmat.

3. Sate Tuna

Sumber: Wikimedia

Sate tuna khas Gorontalo ini jadi incaran kuliner para wisatawan yang sedang berkunjung. Bahan utama sate ini, yaitu menggunakan ikan tuna segar yang kemudian ditusuk menggunakan batang bambu. Memang sekilas mirip seperti sate pada umumnya, namun bedanya sate ini tanpa menggunakan bumbu kacang, melainkan menggunakan sambal dabu-dabu yang pedas.

Baca juga: 7 Makanan Khas Papua Barat yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!

4. Bilenthango

bilenthango khas gorontalo
Sumber: Cookpad

Bilenthango merupakan makanan khas Gorontalo yang terbuat dari bahan utama ikan mujair. Olahan ikan ini dimasak dengan cara yang unik, yaitu setengah digoreng dan dipanggang. Selain itu, saat proses menggorengnya pun juga unik, yaitu dengan menggunakan alas daun pisang agar ikan tidak gosong. Hidangan ikan mujair ini kemudian dilengkapi dengan bumbu yang terbuat dari tomat, cabe, bawang merah, dan kemiri. Campuran rasa yang gurih dan pedas membuat makanan yang satu ini semakin nikmat.

5. Ilabulo

Ilabulo khas gorontalo
Sumber: Indonesia Kaya

Makanan khas yang satu ini terbilang cukup legenda karena sudah ada sejak 15 tahun sebelum masehi. Ilabulo merupakan hidangan yang terbuat dari bahan dasar hati ayam, daging ayam, telur, dan sagu. Olahan makanan ini dimasak dengan bumbu halus, seperti bawang putih, bawang merah, cabe rawit hijau, jeruk nipis, dan merica, lalu menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Proses memasak makanan ini yaitu dengan cara dibakar.

6. Sambal Sagela

sambal sagela
Sumber: Twitter/Pia Saronde

Sambal sagela merupakan sambal yang terbuat dari ikan sagela atau ikan julung julung yang terlebih dahulu diasapi hingga mengering, lalu ditumbuk hingga halus. Sambal ini menggunakan campuran bahan, seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, sereh dan daun jeruk. Namun, sambal ini berbeda dengan sambal pada umumnya karena menggunakan ikan sagela sebagai ciri khasnya, sehingga membuat rasanya tambah nikmat.

Baca juga: 9 Makanan Khas Pontianak yang Unik, Wajib dicoba!

7. Sayur Putungo

sayur patungo khas gorontalo
Sumber: Cookpad/Sri Suharyaningsih

Sayur putungo merupakan hidangan yang populer di Gorontalo. Sayur ini terbuat dari bahan dasar jantung pisang dengan cita rasa yang pedas dan gurih. Makanan ini disajikan dengan kuah yang kaya akan bumbu rempah dan tekstur yang kental. Sayur ini sangat nikmat jika disantap selagi hangat. Apalagi, jantung pisang punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi hipertensi.

8. Lalampa

lalampa khas gorontalo
Sumber: reseppedia

Lalampa merupakan makanan sejenis lemper. Makanan khas Gorontalo ini menggunakan bahan dasar beras ketan yang di dalamnya berisi ikan tongkol. Ciri khas dari hidangan ini yaitu penggunaan minyak sayur yang dioles terlebih dahulu pada daun pisang sebelum lalampa dibakar. Hal tersebut membuat aroma khas pada lalampa yang menyerap hingga ke dalam.

9. Perkedel Nike

Perkedel Nike
Sumber: makanangorontalo

Perkedel khas Gorontalo yang satu ini terbilang cukup unik karena biasanya perkedel terbuat dari kentang dengan campuran telur, daun bawang dan seledri. Namun, perkedel yang satu ini menggunakan bahan dasar ikan nike yang memiliki ukuran sangat kecil menyerupai ikan teri dengan campuran tepung terigu, telur bawang merah, bawang putih, bawang daun, garam, merica, dan, kaldu bubuk. 

 

Nah, itu tadi 9 rekomendasi makanan khas Gorontalo yang wajib kamu coba jika berkunjung kesana. Mulai dari sambal, perkedel, sate, hingga lemper wajib kamu coba. Kapan lagi bisa mencoba makanan khas Gorontalo, kan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat berwisata kuliner, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Makanan Khas Gorontalo yang Populer, Enak, dan Unik!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending