1. Kuliner

8 Makanan Khas Kendari yang Terkenal Enak dan Unik

Kendari merupakan salah satu kota yang terletak di Sulawesi Tenggara yang memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera. Makanan khas Kendari ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari makanan khas daerah lain di Indonesia. Penasaran apa saja makanan khasnya? Simak penjelasan berikut ini.

Kapusu Nosu

Kapusu Nosu khas kendari
Sumber: facebook

Kapusu nosu merupakan makanan khas Kendari yang terbuat dari jagung tua dengan campuran santan. Makanan ini melalui proses pengolahan yaitu ditumbuk sampai halus, lalu direbus hingga menjadi bubur. 

Masyarakat Kendari menjadikan makanan ini sebagai pengganti makanan pokok yaitu nasi. Kapusu nosu punya cita rasa yang cenderung tawar dan sedikit gurih dari santan. Kamu bisa menyantap kapusu nosu dengan berbagai macam lauk seperti ikan kering dan sambal terasi. 

Kabuto

Kabuto khas kendari
Sumber: ksmtour

Kabuto adalah makanan khas Sulawesi yang bisa kamu temukan di Kendari. Makanan ini terbuat dari ketela atau singkong dan bisa juga menggunakan ubi. Kabuto menjadi makanan pengganti nasi terutama bagi masyarakat daerah pesisir pantai. 

Penyajian makanan ini yaitu terdapat campuran parutan kelapa dan ikan asin goreng. Pengolahannya dengan cara dikukus, namun singkong terlebih dahulu dikupas dan dikeringkan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Cilegon yang Wajib Kalian Coba!

Sate Pokea

sate pokea khas kendari
Sumber: instagram

Sate pokea atau sate kerang merupakan makanan khas Sulawesi yang populer dan punya cita rasa gurih dan sedap. Penyajian sate ini menggunakan kerang air tawar bagian dagingnya dan menggunakan bumbu kacang pedas manis. 

Untuk menikmati sate pokea biasanya dapat menikmatinya dengan lemper tanpa isi atau nama lainnya yaitu gogos. Sate ini sama seperti sate ayam pada umumnya yang ditusuk dengan tusukan sate dan dibakar.

Kue Bagea Sagu

kue bagea sagu khas kendari
Sumber: tempo

Kue bagea sagu merupakan cemilan khas Kota Kendari yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Kue termasuk kedalam jenis kue kering yang punya daya simpan yang lama, serta punya cita rasa yang manis dan tampilannya yang unik 

Sobat kuliner yang ingin membeli kue bagea sagu bisa mendapatkannya dengan cukup muda pada setiap toko pusat oleh-oleh. Harga jual kue ini pun juga cukup terjangkau, jadi cocok sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

Karasi 

Karasi khas kendari
Sumber: wisata

Jenis kue tradisional Sulawesi lainnya yang merupakan tradisi dari para leluhur yaitu karasi. Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang proses pengolahannya dengan cara digoreng membentuk jaring membentuk segitiga.

Karasi biasanya menjadi cemilan yang cocok untuk teman saat minum kopi atau teh dan bisa juga sebagai oleh-oleh karena kue ini termasuk jenis kue kering yang punya daya simpan yang lama.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Ternate, Wajib Kalian Coba!

Lapa-Lapa

lapa-lapa khas kendari
Sumber: sultralight

Kuliner khas Sulawesi Tenggara yang banyak muncul saat bulan Ramadhan yaitu lapa-lapa. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan yang berbentuk lonjong dengan balutan janur kelapa.

Makanan khas ini punya cita rasa yang gurih karena terdapat campuran santan. Biasanya, masyarakat sekitar menjadikannya sebagai pengganti nasi dan menyantapnya bersama ikan asin.

Ikan Dole

ikan-dole-khas-gorontalo
Sumber: lifestyleokezone

Ikan dole merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Tenggara yang terbuat dari ikan tongkol atau cakalang dengan campuran santan sehingga membuat rasanya lebih gurih. Proses memasaknya dengan cara digoreng hingga menghasilkan tekstur yang renyah.

Penyajian ikan dole yaitu menggunakan bumbu rempah-rempah dengan rasa pedas dan gurih. Ikan ini cocok sebagai makanan utama yang dapat menjadi lauk dengan pendamping nasi.

Sinonggi

Sinonggi khas kendari
Sumber: celebes

Olahan sagu lainnya khas Kendari yaitu ada sinonggi. Makanan khas ini merupakan pengganti nasi yang menjadi makanan pokok masyarakat Sulawesi Tenggara yang punya banyak manfaat. 

Sinonggi merupakan olahan sagu yang memiliki tekstur lem yaitu lengket dan kenyal sehingga makanan ini cocok dengan lauk yang berkuah. Sekilas, sinonggi mirip seperti papeda, namun yang membedakannya yaitu dari segi penyajiannya. Menikmati sinonggi bisa dengan lauk apapun, sedangkan papeda biasanya dengan kuah atau sayur kuning.

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Khas Serang yang Wajib Kalian Coba!

Nah, itu tadi 8 makanan khas Kendari yang wajib kamu coba. Makanan-makanan tersebut memiliki cita rasa yang khas dan unik, sehingga sayang untuk dilewatkan. Jika Sobat Kuliner berkesempatan untuk berkunjung ke Kendari, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas tersebut ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Makanan Khas Kendari yang Terkenal Enak dan Unik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]