1. Kuliner

7 Makanan Khas Papua Barat yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!

Makanan khas Papua Barat  punya cita rasa dan keunikan tersendiri yang tidak kalah nikmat dari daerah lainnya di Indonesia. Secara umum, makanan khas daerah ini tidak jauh berbeda dengan wilayah lainnya di Papua.

Papua Barat terletak di ujung barat pulau Papua yang mencakup wilayah Semenanjung Bomberai dan Wandamen. Wilayah ini terkenal punya ragam budaya unik serta wisata pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu, Papua Barat punya warisan makanan khas yang unik dan lezat, serta menarik perhatian. 

Jadi, bagi kamu yang berkunjung ke Papua Barat dan ingin menikmati kuliner khasnya, wajib untuk simak pembahasan berikut ini mengenai makanan khas Papua Barat. Penasaran? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Daftar 7 Makanan khas Papua Barat

1. Papeda

papeda dengan ikan kuah kuning
Sumber: instagram/@d__tahitu

Papeda merupakan makanan khas Papua Barat yang terbuat dari olahan sagu yang dibuat menjadi bubur. Makanan ini biasanya menjadi hidangan pada saat upacara adat. Namun, seiring perkembangan zaman, makanan ini sudah banyak tersedia di rumah makan. 

Rasa papeda yang hambar membuat makanan ini cocok dinikmati dengan ikan kuah kuning atau sayur ganemo. Papeda punya tekstur yang lengket, sehingga untuk memakannya harus menggunakan alat khusus yaitu sepasang sumpit kayu. 

Cara memakan papeda memang cukup unik, kamu harus menggulungnya terlebih dahulu menggunakan sumpit, lalu letakkan di piring dan sajikan dengan ikan kuah kuning. Cara memakan papeda yaitu dengan langsung menyeruput dan menelannya.

2. Ikan Bakar Manokwari

Ikan-bakar-manokwari-makanan-khas-papua-barat
Sumber: KSMTour

Papua Barat terkenal sebagai penghasil ikan, tak heran jika makanan khasnya banyak yang terbuat dari olahan ikan, salah satunya yaitu ikan bakar Manokwari. Biasanya, ikan yang digunakan yaitu jenis ikan laut seperti ikan kakap, baronang, dan mujair.

Pengolahan makanan ini dengan cara dibakar menggunakan bara api atau arang, namun sebelumnya ikan akan dibumbui dengan rempah-rempah khas Papua Barat. Sebagai pelengkapnya, ikan bakar Manokwari dapat kamu nikmati dengan nasi putih dan sambal. Rasa dan aromanya tidak perlu diragukan lagi, karena dijamin enak dan bikin kamu ketagihan. Penasaran untuk mencobanya?

3. Ikan Kuah Kuning

ikan-kuah-kuning-khas-papua-barat
Sumber: Indonesia Kaya

Ikan kuah kuning menjadi makanan pelengkap saat menikmati papeda. Makanan ini punya rasa yang kaya akan rempah-rempah karena menggunakan bumbu yang cukup variatif. Biasanya, ikan kuah kuning menggunakan ikan tongkol, namun bisa juga menggunakan ikan kakap, kembung, gabus, maupun ikan kue. Warna kuning kuah ikan ini berasal dari kunyit yang digunakan ke dalam bumbunya sehingga mengeluarkan warna kuning pada kuahnya. Untuk menikmati makanan yang satu ini, jangan lupa pesan papeda juga, ya!

Baca juga: 9 Makanan Khas Pontianak yang Unik, Wajib dicoba!

4. Ikan Bungkus

ikan-bungkus-makanan-khas-papua-barat
Sumber: Facebook/Suara Papua

Salah satu kuliner olahan ikan yang terkenal dari Papua yaitu ikan bungkus. Kalau daerah lain, makanan ini mirip seperti pepes ikan. Bedanya, ikan bungkus dari Papua ini punya aroma yang wangi karena menggunakan bumbu-bumbu khas yang meresap pada ikan. Biasanya, ikan yang digunakan yaitu ikan bandeng dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Uniknya, ikan yang dibungkus menggunakan ikan yang masih utuh, jadi tidak dihancurkan. 

5. Kue Lontar

kue-lontar-khas-papua-barat
Sumber: Instagram/@my.apetite

Selain makanan utama, Papua Barat juga punya makanan manis yang tentunya menarik untuk kamu coba. Apalagi jika kamu pecinta makanan manis, kue lontar wajib kamu coba. Kue ini mirip seperti pie susu khas Bali, namun bedanya kue lontar punya ukuran yang lebih besar. Ukuran kue ini bisa mencapai sekitar 20 sentimeter yang dengan porsi 8 hingga 10 orang. Namun, ada juga kue lontar yang berdiameter kecil untuk sekitar 8 cm yang cocok sebagai oleh-oleh. Rasa kue ini mirip seperti pie susu yang manis dan gurih, serta punya tekstur yang renyah pada bagian luar dan lembut pada bagian dalamnya. 

Baca juga: 8 Makanan Tradisional Kalimantan yang Wajib Kamu Coba!

6. Martabak Sagu

martabak-sagu-makanan-khas-papua-barat
Sumber: Instagram/@icipiniki

Kuliner manis lainnya khas Papua Barat, khususnya dari Kabupaten Fak-Fak yaitu ada martabak sagu. Makanan ini terbuat dari bahan utama sagu yang sudah halus dan menggunakan gula aren sebagai isiannya. Cita rasanya manis dan gurih, tak heran banyak masyarakat sekitar maupun para wisatawan yang menyukai cemilan yang satu ini. Jika kamu ingin mencari camilan manis, martabak sagu bisa jadi pilihan yang pas.

7. Manisan Pala Fak Fak

Manisan Pala Kering
Sumber: Budaya Indonesia

Selain kue lontar dan martabak sagu, manisan pala yang berasal dari Kabupaten Fak-Fak yang satu ini juga tak kalah menariknya. Biasanya, manisan terbuat dari buah mangga atau salak, namun manisan yang satu ini yaitu terbuat dari buah pala yang yang sudah kering dan direndam dengan larutan gula. Manisan pala terdapat 2 jenis, yaitu ada yang kering dengan taburan gula dan ada yang basah. Makanan yang satu ini bisa juga kamu jadikan sebagai oleh-oleh yang unik, loh!

 

Nah, itu tadi 7 makanan khas Papua Barat yang bisa kamu coba jika berkunjung kesana. Mulai dari makanan utama yang terbuat dari olahan ikan hingga makanan manis yang menggugah selera. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat menikmati makanan khas Papua Barat, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Makanan Khas Papua Barat yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]