1. Kuliner

9 Makanan Khas Palembang yang Enak dan Wajib Kamu Coba!

Makanan khas Palembang menjadi incaran para wisatawan untuk wisata kuliner. Palembang merupakan kota terbesar kedua setelah Medan di Pulau Sumatra. Kota ini memiliki berbagai tujuan wisata menarik dan beragam kuliner khas yang pastinya kaya akan rempah dengan cita rasa nikmat. 

Pergi ke Kota Palembang, tidak akan lengkap rasanya jika belum mencoba makanan khasnya. Tak hanya pempek saja yang terkenal sebagai makanan khasnya, tapi ada berbagai makanan khas lain yang patut untuk dicoba. Mau tau apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Daftar 9 Makanan khas Palembang

Daftar Isi

1. Pempek

Pempek khas Palembang
Sumber: Vokasi

Makanan khas Palembang yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, yaitu pempek. Salah satu kuliner wajib yang harus kamu cicipi saat berada di Palembang. Makanan ini terbuat dari tepung kanji dan ikan dengan berbagai bentuk, yaitu ada kapal selam, lenjer, lenggang dan lainnya. Penyajian pempek biasanya menggunakan saus cuko berwarna hitam kecoklatan dan memiliki rasa pedas asam yang khas. Untuk mendapatkan makanan khas ini kamu bisa datang ke Pempek Nony 168 yang berada di Jalan Jenderal Sudirman 952. Harga ecerannya mulai dari Rp4.000 hingga Rp40.000, sedangkan untuk harga paket mulai dari Rp120.000 hingga Rp400.000.

2. Tekwan

tekwan khas palembang
Sumber: tribratanews

Tekwan merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan tenggiri dan tepung tapioka dengan bentuk bulatan kecil-kecil. Tekwan disajikan dalam kuah udang yang punya rasa khas dan dilengkapi dengan sohun, irisan bengkoang dan jamur kuping, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Jika kamu ingin membeli tekwan, bisa datang ke Warung Tekwan Mang Dayat yang berlokasi di Jl. Depaten Lama No. 106. Harganya pun masih terjangkau , yaitu mulai dari Rp.8.500 hingga Rp12.500

3. Model

model khas palembang
Sumber: Shutterstock/Hanifah Kurniati

Model merupakan salah satu makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan utama, yaitu ikan tenggiri. Sekilas, model terbuat dari bahan-bahan yang sama dengan tekwan, seperti disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu udang dan dicampur dengan bihun maupun ebi serta timun. Namun, terdapat perbedaan dalam proses pengolahannya. Kalau dilihat secara sekilas, model berisi tahu pada bagian tengahnya. Cita rasanya pun tak kalah enak dan biasanya penjual model juga menjual tekwan. Harga untuk satu porsi model yaitu sekitar Rp10.000 saja.

Baca juga: 7 Makanan Khas Papua Barat yang Unik dan Lezat, Wajib Coba!

4. Pindang Patin

pindang patin makanan khas palembang
Sumber: Instagram/@pdk_wongpalembang

Makanan khas Palembang selanjutnya yaitu pindang patin. Ikan patin merupakan salah satu ikan yang paling banyak digunakan untuk berbagai olahan masakan di Palembang. Ikan ini punya kandungan protein yang tinggi, sehingga menjadi menu makanan yang menyehatkan. Olahan pindang patin di Palembang sangat beragam, ada yang berkuah kuning, berkuah merah, dan ada pindang patin tempoyak. Kamu dapat menikmati makanan khas ini di salah satu rumah makan khas Palembang yang terkenal yaitu RM Pindang Sri Melayu. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp20.000.

5. Laksan

laksan makanan khas palembang
Sumber: detikfood/odilia

Makanan khas Palembang yang satu ini terbuat dari pempek yang tidak digoreng dan disajikan dengan siraman kuah santan pedas dan menggunakan kaldu udang, serta ebi yang membuat rasanya semakin gurih. Kamu bisa menikmati makanan khas ini dengan datang ke Laksan Kaito di Jalan Kapten Anwar Arsyad No.999. Harga untuk satu porsi laksan, yaitu sekitar Rp10.000 saja. 

6. Celimpungan

Celimpungan khas palembang
Sumber: Bawangsoy

Celimpungan terbuat dari pempek yang bentuknya bulat kecil dan disajikan dengan kuah santan yang mirip seperti laksa. Bedanya, kuah celimpungan berwarna lebih kuning yang terbuat dari kunyit dan rempah-rempah lainnya. Kamu bisa menikmati makanan yang satu ini dengan tambahan sambal. Untuk mencicipi makanan ini kamu bisa datang ke Warung Aba yang berlokasi di Jalan Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu. Harga satu porsinya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp13.000 saja.

Baca juga: 9 Makanan Khas Pontianak yang Unik, Wajib dicoba!

7. Sambal Tempoyak

sambal tempoyak
Sumber: detikfood

Bagi kamu yang suka dengan sambal, kamu wajib untuk mencoba sambal tempoyak yang satu ini. Terbuat dari bahan dasar fermentasi daging buah durian, sambal tempoyak akan semakin nikmat jika dimakan bersama nasi yang masih hangat. Sambal ini pastinya tersedia di rumah makan khas Palembang dengan harga mulai dari Rp50.000.

8. Burgos

Burgo
Sumber: Wikipedia

Burgos wajib kamu cicipi karena mirip dengan kwetiau yang terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu berbentuk seperti dadar gulung. Makanan ini disajikan dengan kuah santan yang gurih dan tekstur yang kental dengan racikan bumbu rempah-rempah, seperti kencur, lengkuas, dan kemiri. Penyajian burgos dilengkapi dengan suwiran ikan, telur rebus, dan taburan bawang goreng. Jika ingin mencicipi kuliner yang satu ini bisa datang ke Warung Aba yang berlokasi di Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu. Harga untuk satu porsi burgos yaitu mulai dari Rp10.000.

9. Mie Celor

mie celor
Sumber: Risna Halidi

Bagi pecinta mie, mie celor harus kamu cicipi saat berada di Kota Palembang. Makanan ini berisikan mie dengan ciri khas kuahnya terbuat dari kaldu udang, susu, santan, merica, gula, dan garam. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan telur dan terigu, lalu diaduk sampai mengental. Mie Celor disajikan dengan pelengkap berupa  suwiran daging ayam, potongan udang, telur rebus, dan diberi taburan bawang goreng. Kamu bisa mencicipi mie ini dengan datang ke RM Mie Celor H. M. Syafei. Harga satu porsinya masih cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp22.000 saja.

 

Nah, itu tadi 9 rekomendasi makanan khas Palembang yang bisa kamu coba jika berkunjung kesana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat mencoba berwisata kuliner, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Makanan Khas Palembang yang Enak dan Wajib Kamu Coba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]