Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

13 Makanan khas Palembang, Pelengkap Liburan Awak

4 min read

Tekwan Palembang

Palembang merupakan kota terbesar kedua setelah Medan di Pulau Sumatra. Memiliki berbagai tujuan wisata menarik dan beragam kuliner khas yang pastinya kaya akan rempah dengan cita rasa nikmat. Pergi ke Kota Palembang, tidak akan lengkap rasanya jika anda belum mencoba makanan khas Palembang. Tak hanya Pempek Palembang saja yang terkenal akan nikmatnya tapi ada berbagai makanan khas lain yang patut itu dicoba. Mau tau apa saja oleh-olehnya? Yuk, cek artikel dari Kuliner Kota berikut ini!

1. Pempek

Makanan khas Palembang satu ini pasti sudah tidak asing bagi anda, Pempek. Salah satu kuliner wajib yang harus anda cicipi saat berada di Palembang. Terbuat dari sagu dan ikan yang sudah dihaluskan serta telur, bawang putih dan garam. Pempek akan makin nikmat disantap dengan cuko. Cuko merupakan sebutan saus yang berwarna hitam kecoklatan dan memiliki rasa pedas asam yang khas. Untuk mendapatkan makanan khas satu ini anda bisa datang ke Pempek Nonny yang berada di Jalan R. Sukamto Nomor 30 ab atau di PTC lantai basement. 

Pempek Palembang
Pempek Palembang, Foto oleh Vokasi Co Id

2. Model

Mendengar namanya saja pasti anda akan penasaran? Model merupakan salah satu makanan khas Palembang. Makanan satu ini terbuat dari adonan yang berbahan dasar seperti Pempek tetapi memiliki isian tahu dan digoreng. Model disajikan dengan  kuah yang terbuat dari kaldu udang dan dicampur dengan bihun maupun ebi serta timun. Perpaduan cita rasa nikmat dan lezat bakal bikin anda ketagihan untuk mencoba kedua kalinya.

Model Palembang
Model Palembang, Foto oleh Wong Pempek Blogspot Com

3. Tekwan

Mau mencoba bakso saat berada di Palembang? Anda bisa mencicipi makanan khas satu ini, Tekwan. Tekwan merupakan sebutan untuk kuliner bakso di Palembang. Tekwan disajikan dengan bakso ikan, mie putih, kuah bening dengan rasa yang khas karena terbuat dari sari kelapa udang serta daun bawang. Nikmat dan cocok untuk menghilangkan rasa lapar setelah lelah berkeliling di Kota Palembang. Ada salah satu tempat mencicipi Tekwan yang paling nikmat yaitu Pempek Lince di Jalan  Tugumulyo No.2398, 20 Ilir D II, Ilir Timur I, Palembang.

Tekwan Palembang
Tekwan Palembang, Foto oleh Tekwan Model Blogspot Com

4. Pindang Patin

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah Pindang Patin. Olahan satu ini bisa dibuat dari segala jenis ikan tetapi kebanyakan di Palembang memakai ikan gabus  dengan cita rasa manis, asam dan pedas serta memiliki aroma harum yang pastinya bikin anda tergoda untuk mencicipinya. Pindang Patin akan makin nikmat jika disantap menggunakan nasi putih hangat. Ada salah satu tempat makan yang bisa anda kunjungi untuk menikmati sensasi makanan khas Palembang satu ini, yaitu di RM Pindang Sri Melayu yang berada Jalan Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Ilir Bar. I, Kota Palembang.

Pindang Patin Palembang
Pindang Patin Palembang, Foto oleh Travelingyuk Com

5. Mie Celor

Bagi Anda pecinta mie, Mie Celor harus anda cicipi saat berada di Kota Palembang. Makanan khas Palembang yang berisikan mie dengan ciri khas kuahnya yang dibuat dari kaldu udang dimasak bersama susu, santan, merica, gula, dan garam. Bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan telur dan terigu, lalu diaduk sampai mengental. Mie Celor disajikan dengan pelengkap berupa  suwiran daging ayam, potongan udang, telur rebus, dan diberi taburan bawang goreng. Anda bisa mencicipi Mie Celor di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 2, 26 Ilir, Palembang.

Mie Celor Palembang
Mie Celor Palembang, Foto oleh Good Indonesian Food Com

6. Lenggang

Bagi anda penyuka Pempek Palembang, kuliner satu ini juga harus anda cicipi. Lenggang, kuliner yang mirip dengan Pempek karena sama-sama terbuat dari tepung terigu dan daging ikan. Bedanya Lengang akan ditambahkan dengan bumbu penyedap lalu dipanggang menggunakan daun pisang dan berbentuk kotak. Aroma sedap dan cita rasa yang khas dari daun pisang bakal bikin kamu tergoda untuk mencicipinya. Apalagi di tambahkan dengan saus cuko ebi saat menyantapnya? Bakal bikin kamu tidak ingin berhenti ngunyah makanan khas Palembang satu ini.

Lenggang Palembang
Lenggang Palembang, Foto oleh Kaskus Co Id

7. Burgos

Bagi anda pecinta Kwetiau, Burgos harus anda cicipi saat berada di Kota Palemang. Salah satu makanan khas Palembang yang mirip dengan kwetiau, dibuat menggunakan adonan dari tepung beras dan tepung sagu. Lalu dimasak seperti dadar tipis kemudian digulung dan diiris kasar. Disajikan dengan kuah gurih kental dan suwiran ikan halus untuk menambah rasa gurih saat disantap. Jika anda ingin mencicipi kuliner satu ini Chacha Burgo di Jalan Tanjungan, Palembang bisa jadi salah satu pilihannya. Sensasi unik yang nikmat bakal bikin anda ingin mencoba untuk kedua kalinya.

Burgos Palembang
Burgo Palembang, Foto oleh Wikipedia Org

8. Laksan

Cari menu sarapan saat berada di Palembang? Laksan bisa jadi pilihan. Makanan khas Palembang yang memiliki tampilan mirip dengan lontong sayur disajikan dengan siraman kuah  yang berwarna orange. Laksan terbuat dari tepung sagu dan ikan yang dipotong persegi panjang tanpa digoreng serta direndam dalam kuah santan berbumbu rempah. Untuk menikmati makanan khas Palembang satu ini anda bisa datang ke Laksan Kaito di Jalan Kapten Anwar Arsyad No.999.

Laksa Palembang
Laksa Palembang, Foto oleh Klikhotel Com

9. Celimpungan

Ada salah satu makanan khas Palembang yang memiliki nama unik, Celimpungan. Makanan ini mirip dengan Laksan, terbuat dari tepung sagu ikan tetapi berbentuk bulat atau oval yang disajikan bersama kuah berwarna kuning cerah berasal dari kunyit, kemiri, ketumbar, dan laos. Untuk mencicipi makanan khas satu ini kamu bisa datang ke salah satu tempat makan yang ada di Jalan Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Palembang.

Celimpungan Palembang
Celimpungan Palembang, Foto oleh Bawangsoy Com

10. Kue Maksuba

Bagi anda pecinta kue Lapis, Kue Maksuba wajib anda cicipi. Kue Maksuba berasal dari 25 butir telur bebek, dengan tekstur lembut dan pastinya bercita rasa manis yang pas. Nikmat dan nggak bakal bikin anda eneg tapi bikin ketagihan. Jika penasaran bagaimana cita rasa makanan khas Palembang ini, anda bisa datang ke Lorong Roda Jalan Merdeka, Kelurahan 26 Ilir, Palembang. Eits, jangan sampai menyesal ya kalau melewatkan makanan satu ini!

Kue Maksuba Palembang
Kue Maksuba Palembang, Foto Bukalapak Com

11. Sambal Tempoyak

Bagi anda penyuka sambal, Sambal Tempoyak wajib anda coba. Sambal Tempoyak merupakan salah satu kuliner khas Palembang berbahan dasar fermentasi daging buah durian. Sambal Tempoyak akan makin nikmat jika dimakan bersama nasi yang masih hangat. Memiliki aroma serta rasa asam yang khas bikin anda tertarik untuk mencobanya.

Sambal Tempoyak Palembang
Sambal Tempoyak Palembang, Foto Food Detik Com

12. Gulo Puan

Bagi anda yang berada di Kota Palembang Gulo Puan wajib masuk daftar wisata kuliner yang wajib anda cicipi. Gulo Puan berbahan dasar susu kerbau yang dicampur dengan gula merah sehingga menghasilkan tekstur lembut, berpasir, dengan warna kecoklatan. Rasanya yang manis dan gurih cocok untuk digunakan sebagai teman minum teh atau kopi. Untuk mencicipi kenikmatan makanan satu ini anda bisa datang ke Jalan. Seduduk Putih, 8 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang.

Gulo Puan Palembang
Gulo Puan Palembang, Foto oleh Indonesia Go Id

13. Martabak Palembang(HAR)

Bagi anda pecinta martabak, saat berada di Palembang Martabak Palembang wajib anda cicipi. Jika biasanya anda mencicipi martabak secara langsung maka Martabak Palembang di sajikan bersama kuah kari kental sehingga terasa gurih saat dimakan. Untuk menikmati kelezatan dan keunik makan martabak saat berada di Palembang, anda bisa datang ke Martabak HAR yang ada di Jalan Jendral Sudirman, Palembang.

Martabak Palembang
Martabak Palembang, Foto Traveling Yuk Com

Wisata kulineran memang sangat nikmat dan pastinya bakal bikin lidah anda terpuaskan. 13 makan khas rekomendasi dari Kuliner Kota diatas bisa anda jadikan referensi saat berada di Kota Palembang. Jangan sampai anda menyesal saat pulang karena tidak merasakan kuliner khas Palembang yang pastinya enak dan bikin anda ketagihan.

Last Updated on November 19, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *