Lisa Novitasari culinary enthusiast

Singgah di Makassar? Ini Dia 17 Oleh-oleh Khas Makassar

5 min read

Coto Makassar Instant

Jalan-jalan Ke Makassar kurang lengkap rasanya kalau belum membawa pulang oleh-olehnya.  Di samping destinasi wisatanya yang populer, kota satu ini juga punya aneka oleh-oleh yang akan membuat suasana liburan kamu makin meriah, mulai dari makanan sampai souvenir dan pernak pernik lokal. Selain sebagai buah tangan bagi keluarga dan teman-teman di rumah, kamu juga mesti berburu oleh-oleh sebagai kenang-kenangan yang tak terlupakan. Lalu apa saja oleh-oleh khas Makassar yang paling laris diburu wisatawan? Berikut Kuliner Kota telah merangkum 17 oleh-oleh khas Makassar terpopuler. 

1. Kopi Toraja 

Kopi Toraja - Oleh-oleh khas Makassar
Kopi TorajaFoto oleh Lion Mag Net

Oleh-oleh khas Makassar pertama yang banyak diburu wisatawan adalah Kopi Toraja. Apabila kamu penggemar kopi, wajib membawa pulang kopi asli Tana Toraja ini. Kopi Toraja punya ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kopi lainnya. Biji Kopi Toraja berwarna coklat tua dengan bentuk yang tidak beraturan sehingga mudah membedakannya dengan biji kopi jenis lain. Selain itu, kopi jenis ini punya rasa yang tidak terlalu pahit. Kopi khas Makassar satu ini punya 2 variasi pilihan, yaitu Kopi Toraja Arabika dan Kopi Toraja Robusta. Kamu bisa mendapatkan Kopi Toraja di banyak pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Makassar.  

2. Dangke 

Dangke - Oleh-oleh khas Makassar
DangkeFoto oleh Anna Yuliantisa Blogspot Com

Oleh-oleh khas Makassar selanjutnya yang terbilang unik adalah Dangke. Dangke merupakan makanan tradisional yang terbuat dari susu kerbau atau susu sapi yang dimasak dengan cara direbus sampai mendidih. Memiliki tekstur mirip seperti tahu, Dangke memiliki rasa hampir seperti keju. Oleh-oleh satu ini dapat langsung disajikan sebagai lauk yang kaya protein bersama nasi hangat dan sambal, atau diolah lagi menjadi makanan lain seperti dangke bakar, dangke tumis, kerupuk dangke dan lain-lain.

3. Sirup Markisa 

Sirup Markisa - Makassar
Sirup MarkisaFoto oleh Wisata Baru Com

Apabila kamu mencari suguhan khas Makassar yang segar-segar, Sirup Markisa bisa jadi rekomendasi oleh-oleh yang harus kamu beli. Terbuat dari buah markisa asli, Sirup Markisa punya cita rasa asam dan manis yang khas. Oleh-oleh khas Makassar ini bisa kamu dapatkan di swalayan atau pusat oleh-oleh di Kota Makassar.

4. Kue Kurma 

Kue Kurma - Makassar
Kue KurmaFoto oleh Bukalapak Com

Makassar juga punya ragam oleh-oleh berupa camilan yang juga patut dicoba. Yap, namanya Kue Kurma. Dinamakan Kue Kurma karena terbuat dari telur, mentega, tepung terigu dan maizena yang kemudian dibalut dengan karamel sehingga membuat kue ini menyerupai kurma. Camilan yang satu ini punya cita rasa manis dan sedikit gurih karena diberi balutan potongan kacang. Oleh-oleh ini cocok dijadikan teman makan selama perjalanan nanti. 

5. Otak-otak Ikan Tenggiri 

Otak-otak Ikan Tenggiri - Oleh-oleh
Otak-otak Ikan TenggiriFoto oleh Pacar Kecilku Com

Oleh-oleh khas Makassar berikutnya yang terkenal di kalangan wisatawan adalah Otak-otak Ikan Tenggiri. Makanan satu ini terbuat dari ikan tenggiri yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dibakar. Teksturnya kenyal, ditambah sensasi rasa gurih dan aroma wangi bakaran daun pisang efektif untuk menggugah nafsu makan. Apabila kamu berniat membawa pulang Otak-otak Ikan Tenggiri dengan jarak tempuh yang cukup jauh, sebaiknya pesanlah otak-otak yang masih fresh agar tahan lama. Biasanya oleh-oleh ini banyak dijual di sepanjang Pantai Losari, tapi di Makassar sendiri ada dua pusat oleh-oleh yang terkenal dengan sajian ini, yaitu otak-otak Ibu Elly yang terletak di Jalan Kijang, dan otak-otak Ibu Sanny yang berlokasi di Jalan Lasinrang. 

6. Kacang Disco Makassar 

Kacang Disko - Oleh-oleh
Kacang Disco MakassarFoto oleh Kacang Tiga Bintang Blogspot Com

Bukan cuma di Bali, Makassar juga punya Kacang Disco yang bisa kamu jadikan buah tangan. Memiliki tekstur gurih dan renyah, camilan satu ini juga menjadi oleh-oleh andalan khas Kota Daeng. Tersedia dalam beberapa variasi, di antaranya rasa original dan rasa rempah, Kacang Disco cocok menjadi teman bersantai kamu di rumah. Apabila kamu berminat untuk membeli oleh-oleh khas Makassar ini, datanglah ke swalayan atau Toko Oleh-Oleh yang ada di Makassar.

7. Baruasa 

Baruasa - Oleh-oleh
BaruasaFoto oleh Shopee Co Id

Cari oleh-oleh yang murah meriah tapi tetap bercita rasa lokal? Cobalah untuk membeli Baruasa. Kue tradisional khas Makassar ini terbuat dari tepung beras, telur dan ditambahkan kelapa parut kering. Bentuknya bulat-bulat kecil, biasa disajikan saat lebaran atau acara pernikahan, tapi banyak juga wisatawan yang mencari kue ini untuk dijadikan buah tangan sebelum pulang ke kampung halaman. 

8. Kue bannang-Bannang

Kue Banang-banang - Khas Makassar
Kue Bannang-bannangFoto oleh Images App Goo Gl

Jika kamu ingin memberikan hadiah keluarga di rumah dengan camilan manis-manis, Kue Bannang-Bannang jawabannya. Kue unik ini berbentuk seperti benang yang dianyam. Warna coklatnya dan rasa manis dari gula aren membuat sajian ini banyak ditemui dalam acara-acara adat Makassar, seperti pernikahan. Namun kini anda bisa membawa kue Bannang-Bannang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

9. Kain Tenun Bugis 

Kain Tenun Bugis - Khas Makassar
Kain Tenun BugisFoto oleh Blog Airpaz Com

Sudah puas memborong oleh-oleh dari makanan sampai minuman? Nah, sekarang waktunya berburu Kain Tenun Bugis. Kain tenun merupakan ikon Kota Makassar. Oleh karena itulah banyak wisatawan yang mencari kain ini sebagai oleh-oleh. Berbahan dasar sutra, Kain Tenun Bugis memiliki tekstur yang lembut dan nyaman saat dipakai. Dengan ragam coraknya yang unik, kain ini bisa dibuat menjadi pakaian, sarung, atau bahkan dijadikan kado pernikahan. Menarik bukan oleh-oleh khas Makassar ini?

10. Abon Raos 

Abon Raos - Makassar
Abon RaosFoto oleh Keluyuran Com

Rekomendasi oleh-oleh berikutnya adalah Abon Raos. Terbuat dari daging sapi yang dibumbui dengan rempah-rempah lokal, makanan ini punya cita rasa pedas yang bikin ketagihan. Abon Raos pas dijadikan lauk santap siang bersama nasi putih hangat. Jangan tanya bagaimana rasanya. Dijamin, nendang!

11. Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi
Kacang Sembunyi, Foto oleh Nyaribisnis Com

Jajanan ini bentuknya mirip dengan molen pisang mini. Kacang sembunyi ini terbuat dari kacang tanah yang dibalur dengan tepung terigu untuk bagian luarnya. Sesuai dengan namanya, kacang nya tersembunyi dalam tepung. Kacang sembunyi ini banyak dijadikan pilihan oleh-oleh khas Makassar. Memiliki cita rasa yang gurih, jajanan ini sangat cocok untuk cemilan sore sambil menemani minum teh

12. Handicraft Toraja

Handicraft Toraja
Handicraft Toraja, Foto oleh Selasar Com

Handicraft khas Toraja ini memiliki banyak pilihan dari ukiran kayu, gantungan kunci boneka, gantungan kunci berbentuk tulisan, lukisan, baju tradisional, sampai yang paling sederhana yaitu tisu. Harga dari handicraft ini juga bervariasi, disesuaikan dengan kualitas bahan yang dipakai. Disini kamu juga bisa mencari pernak-pernik kreatif yang dihasilkan oleh penduduk sekitar yang berjualan di pusat oleh-oleh Makassar

Baca Juga: Tempat Makan di Makassar

13. Kain Sutra Sengkang

Kain Sengkang
Kain Sutra Sengkang, Foto oleh Liputan6 Com

Kain ini merupakan kerajinan tangan asli khas suku Bugis. Kamu bisa mendapatkan kain dan sarung sutra disini dengan kualitas terbaik dari Makassar di pusat oleh-oleh. Harga kain ini memang cukup mahal namun saat di pusat oleh-oleh kamu bisa mendapatkan harga murah dan kualitas yang semi sutra sampai yang kualitasnya asli dengan kisaran harga jutaan. 

14. Kerupuk Jintan

Kerupuk Jintan
Kerupuk Jintan, Foto oleh TopHoneyMoon Com

Kerupuk khas dari Makassar ini merupakan makanan yang terbuat dari sagu. Selain sagu, kerupuk ini menggunakan bahan jintan hitam yang bertekstur keras. Kerupuk jintan ini sangat renyah dan menjadi oleh-oleh khas Makassar yang populer. Jika kamu ingin membeli kerupuk jintan ini, kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh  yang ada di daerah Makassar.

15. Songkok Nibiring Bulaeng

Songkok Nibiring Bulaeng
Songkok Nibiring Bulaeng, Foto oleh Erditayana Blogspot Com

Makassar adalah salah satu kota yang terkenal memproduksi Songkok Nibiring Bulaeng , atau peci dengan bahan benang eas sehingga menghasilkan warna yang berkilau indah. Masyarakat Makasar sendiri meyakini bahwa hanya keturunan bangsawan yang pantas untuk menggunakannya. Jika kamu ingin membeli Songkok ini, kamu bisa membawa pulang Songkok Nibiring Bulaeng saat berkunjung ke Makassar sebagai koleksi di rumah. Songkok Nibiring Bulaeng dibanderol mulai Rp200.000 lho. Tertarik untuk mengoleksinya bukan?

16. Coto Makassar Instan

Coto Makassar Instan
Coto Makassar Instan, Foto oleh Bukalapak Com

Pasti untuk kamu yang suka kuliner sudah pernah mencicipi makanan khas Makassar ini. Tidak bisa lupa dengan citarasa Coto Makassar dan tetap ingin menikmatinya saat di rumah. Tidak perlu khawatir, kamu bisa membeli oleh-oleh berupa Coto Makassar instan yang merupakan inovasi terbaru dari aneka oleh-oleh yang ada di Makassar. Dengan begitu kamu bisa membuat Coto Makassar sendiri di rumah dan membagikannya dengan teman atau keluarga yang belum pernah mencoba makanan ini. Oleh-oleh ini bisa anda dapatkan di pusat oleh-oleh.

17. Mantao Pare

Mantao Pare
Mantao Pare, Foto oleh Bukalapak Com

Jajanan ini sekilas bentuknya memang mirip dengan bakpao. Oleh-oleh khas dari Makassar ini bentuknya bulat berwarna putih diolah dengan cara digoreng atau dikukus. Ada banyak varian rasa dari Mantao Pare yaitu pandan, keju, coklat, dan ada juga yang berisi daging. Mantao Pare ini cocok untuk buah tangan karena memiliki rasa yang enak dan bentuknya yang lucu.

Tidak hanya punya ragam oleh-oleh berupa makanan dan minuman, Makassar juga punya pernak pernik lokal yang tidak kalah mengesankan lho. Agar kamu tidak pulang dengan tangan kosong, tidak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh khas Makassar dulu sebelum kembali ke kampung halaman. Jadi, mau membawa pulang oleh-oleh apa kali ini?

Last Updated on September 22, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Lisa Novitasari
Lisa Novitasari culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *