1. Kuliner

10 Daftar Makanan dan Jajanan Khas Kupang yang Wajib Dicoba!

Kupang menjadi salah satu kota bagian timur Indonesia yang tertua. Kota ini mempunyai keindahan alam dan budaya yang menakjubkan, serta warisan budaya peninggalan sejarah pada masa penjajahan Belanda kala itu yang masih terjaga dengan baik terlihat dari arsitektur bangunan-bangunan khas Belanda. Har tersebut, membuat Kupang menjadi pilihan destinasi wisata dan kuliner yang terkenal. 

Makanan khas Kupang sangat mencerminkan kekayaan budaya dan kearifan lokalnya yang kaya akan rempah-rempah sehingga menyajikan hidangan makanan yang mempunyai cita rasa khas. Jadi, artikel kali ini akan membahas mengenai makanan khas Kupang yang bisa Sobat Kuliner coba jika berkunjung. Penasaran apa saja? Simak artikel berikut ini.

Ikan Bakar Woku

Daftar Isi

ikan-bakar-woku
Sumber: sajiansedap

Makanan utama khas Kupang yang pertama ada ikan bakar woku. Makanan ini cukup populer di Kupang yang menghidangkan ikan laut segar dengan bumbu khas woku yang punya cita rasa kaya akan rempah-rempah. 

Bahan utamanya menggnakan jenis ikan laut seperti kakap, tenggiri, atau baronang yang mempunyai daging dengan tekstur yang lembut. Ikan yang sudah terolesi dengan bumbu woku, kemudian dibakar hingga matang.

Cita rasa dari ikan bakar woku ini memberikan rasa yang pedas, gurih, dan segar. Untuk menikmati ikan bakar woku biasanya bersama dengan nasi putih hangat dan sambal tomat atau terasi yang pastinya menambah kenikmatannya.

Untuk menikmati ikan bakar woku, biasanya makanan ini tersedia di restoran pinggir pesisir pantai atau warung makan tradisional. 

Manuk Ido

Manuk-Ido-khas-kupang
Sumber: kupangtribunnews

Manuk ido menjadi makanan khas Kupang yang populer di kalangan masyarakat. Hidangan ini merupakan olahan dari daging ayam dengan campuran bumbu rempah khas Kupang. Manuk ido biasanya menggunakan  ayam kampung atau ayam lokal biasa.

Bumbu khas Manuk Ido menggunakan bahan rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, kemiri, bawang putih, dan bawang merah. Proses pembuatannya dengan cara dimasak hingga bumbu meresap dan daging ayamnya lembut.

Cita rasa dari hidangan ini yaitu pedas dan gurih. Manik Ido cocok dengan nasi hangat dan lalapan seperti mentimun, daun kemangi, dan seledri. Sobat Kuliner bisa mencicipi hidangan ini di warung makan lokal maupun restoran tradisional.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Bakso Enak di Kota Malang

Kolo

kolo makanan khas kupang
Sumber: sportourism

Kolo adalah makanan khas Kupang dari olahan beras yang pengolahannya menggunakan batang bambu. Kolo atau sebutan lainnya yaitu nasi bambu atau nasi bakar dapat disajikan dengan sayur dan lauk pauk seperti ayam atau daging babi. 

Sesuai dengan sebutannya yaitu nasi bakar, nasi yang dimasukan ke dalam bambu akan dibakar di atas bara api selama setengah jam. Setelah matang, kolo dikeluarkan dari lalu dan digulung menggunakan daun. Biasanya, kolo dinikmati saat ada acara adat masyarakat Kupang.

Ubi Nuabosi

ubi-nuabosi
Sumber: Seindotravel

Ubi nuabosi atau singkong menjadi makanan pengganti nasi yang mempunyai tekstur empuk. Masyarakat Kupang menikmati ubi nuabosi biasanya dengan ikan asin dan sambal goreng. 

Ubi ini terkenal dengan cita rasa dan aroma yang khas, berbeda dengan jenis singkong pada umumnya. Sobat kuliner yang ingin membeli ubi nuabosi dapat membeli langsung di pasar tradisional.

Manggulu

Kue-Manggulu
Sumber: tripsumba

Manggulu merupakan kue khas Kupang yang bentuknya menyerupai dodol. Kue ini menggunakan bahan dasar kacang tanah, gula merah, dan pisang yang melalui proses pembuatan cukup lama. 

Penyajian kue manggulu menggunakan daun pisang kering atau daun lontar. Kue ini punya cita rasa yang manis dan asam. Sobat Kuliner yang ingin mencoba makanan ini dapat membelinya di pasar tradisional atau penjual jajanan pasar.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Ternate, Wajib Kalian Coba!

Se’i Sapi

Sei-Sapi-khas-kupang
Sumber: finnafood

Pasti kalian sudah tau makanan yang sempat viral ini yaitu se’i. Ternyata makanan yang viral. ini berasal dari Kupang, NTT. Se’i merupakan olahan daging sapi dengan campuran bumbu yang kaya akan rempah dan saus tiram.

Proses pengolahannya dengan cara pengasapan. Biasanya, sei menggunakan daging daging sapi atau babi. Cita rasa dari hidangan ini yaitu gurih, manis, dan rasa khas dari asap. Menikmati hidangan ini biasanya dengan nasi dan sambal yang pedas. 

Jagung Bose

jagung-bose-khas-kupang
Sumber: pariwisataindonesia

Jagung bose merupakan makanan khas Kupang dari olahan jagung, kacang merah dan labu manis serta santan kelapa. Membuat hidangan ini biasanya menggunakan jagung kuning atau jagung manis. Makanan ini mirip seperti bubur dan cocok menikmatinya dalam keadaan hangat apalagi saat cuaca dingin. 

Biasanya, jagung bose dapat menjadi pengganti nasi dan dapat menikmatinya dengan lauk seperti ikan, sei, dan lauk lainnya. Kalian dapat membeli jagung bose di rumah makan tradisional yang menyediakan makanan khas Kupang.

Rumpu Rampe

Rumpu Rampe khas kupang
Sumber: nttmediaexpress

Rumpu rampe merupakan makanan sayuran khas NTT yang terbuat dari bahan-bahan seperti bunga pepaya, daun kelor, buah pepaya muda, daun singkong, jantung pisang, dan juga daun pepaya. Sayuran ini dimasak dengan menumis menggunakan bumbu dasar dan penyedap. 

Seiring dengan perkembangan waktu, sayuran ini menggunakan campuran teri, udang, dan sayur kangkung. Penyajiannya menggunakan sambal laut sebagai pelengkapnya agar tidak terasa pahit. Rumpu rampe biasanya tersedia di warung makan tradisional.

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Khas Serang yang Wajib Kalian Coba!

Jagung Titi

jagung-titi-khas-kupang
Sumber: kupangtribunnews

Jagung titi menjadi cemilan populer masyarakat Kupang. Cemilan ini terbuat dari jagung yang ditumbuk hingga pipih dan tambahan bumbu penyedap agar terasa gurih. Sekilas jagung titi ini mirip seperti emping. 

Cemilan ini cocok untuk oleh-oleh khas Kupang yang daya simpannya tahan lama. Sobat kuliner bisa membeli camilan jagung titi di toko oleh-oleh khas Kupang. 

Kue Jawada

kue-jawada-khas-kupang
Sumber: Tribunnews

Cemilan khas selanjutnya yaitu ada kue jawada. Kue ini mempunyai rasa yang manis dari gula merah. Kue jawada menggunakan bahan dari tepung beras, santan, dan gula aren yang membentuk segitiga dan sekilas terlihat seperti bihun.

Cemilan khas ini cocok untuk oleh-oleh karena daya simpannya yang lama. Jika Sobat Kuliner ingin mencoba kue manis ini, kalian bisa mencarinya di toko oleh-oleh atau pasar tradisional. 

Baca juga: Oleh-Oleh Makanan dan Minuman Khas Probolinggo yang Populer

Itu tadi daftar makanan dan jajanan khas dari Kupang, NTT yang lezat dan wajib kalian coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk yang membaca dan selamat mencoba kuliner khas Kupang!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Daftar Makanan dan Jajanan Khas Kupang yang Wajib Dicoba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending