1. Berita
  2. Kuliner

30 Makanan Jepang Terlezat yang Wajib Orang Indonesia Coba

Jepang banyak memanfaatkan bahan-bahan di sekitarnya untuk membuat berbagai jenis makanan. Maka tak heran pula jika sebagian besar makanan Jepang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, berbeda dengan masakan Indonesia, kekuatan masakan Jepang tidak terletak pada bumbu yang digunakannya, melainkan pada kesederhanaan rasa dan cara memasaknya.

Pada artikel kali ini, Kuliner Kota akan mengajak kamu mencari tahu makanan Jepang apa saja yang enak dan wajib untuk kamu coba. Penasaran? Yuk, ikuti bahasan selengkapnya di bawah ini!

30 Makanan Jepang Terlezat yang Wajib Dicoba Orang Indonesia

Berikut adalah 30 jenis makanan khas Jepang yang wajib dicoba oleh orang Indonesia karena rasanya yang lezat.

1. Sushi

Sushi Makanan Jepang (sumber Live Japan)
Sushi Makanan Jepang (sumber: Live Japan)

Jika membicarakan tentang makanan Jepang, kamu mungkin akan langsung teringat dengan sushi. Pada dasarnya semua jenis makanan yang terbuat dari beras Jepang yang telah diberi cuka beras dapat disebut sushi. Sebagai tambahannya, sushi biasa dipadukan dengan makanan laut.

Terdapat beberapa jenis sushi, seperti nigiri sushi (sushi berukuran sekali gigit dengan satu irisan ikan mentah atau bahan sejenisnya), nori maki (sushi dengan nasi dan isian yang terbalut oleh nori), inarizushi (nasi yang disajikan di dalam inari atau tofu goreng), dan beberapa jenis sushi lainnya.

2. Udon

Udon (sumber Live Japan)
Udon (sumber: Live Japan)

Udon adalah salah satu varian mie yang terbuat dari tepung terigu dan air garam. Makanan khas Jepang ini memiliki bentuk lebar dan bertekstur kenyal. Terdapat dua cara dalam penyajian udon, yaitu udon yang disajikan selagi hangat dan udon yang disajikan dingin.

Makanan Jepang yang satu ini juga memiliki banyak varian, namun yang paling populer di antara adalah tempura udon (udon yang disajikan dengan tempura) dan kitsune udon (udon yang disajikan dengan aburaage atau tahu kering.

3. Tempura Udang

Tempura (sumber Just One Cook)
Tempura (sumber: Just One Cook)

Tempura udang adalah makanan khas Jepang berupa udang yang digoreng dengan balutan tepung. Tidak hanya rasanya yang lezat, tempura juga sangat renyah dan cocok dimakan sendiri maupun dengan noodle soup. Selain udang, kamu juga bisa menemukan tempura yang terbuat dari sayuran seperti bawang bombay.

4. Takoyaki

Takoyaki (sumber Food in Japan ORG)
Takoyaki (sumber: Food in Japan ORG)

Takoyaki termasuk salah satu makanan yang populer di kuliner Jepang. Makanan Jepang ini terbuat dari tepung terigu yang dibentuk bulat dan diberi isian seperti gurita. Di Jepang sendiri, takoyaki dijual sebagai jajanan pinggir jalan. Dalam penyajiannya, takoyaki biasa disajikan sekaligus enam sampai sepuluh buah dengan tambahan saus takoyaki, mayonaise, rumput laut, dan katsuobushi (hasil pengawetan ikan cakalang).

5. Taiyaki

Taiyaki (sumber: Just One Cook)
Taiyaki (sumber: Just One Cook)

Taiyaki adalah kue yang berbentuk seperti ikan. Makanan Jepang ini dibuat dengan cetakan khusus dan diberi isian seperti selai kacang merah, cokelat, dan keju. Untuk bagian luarnya, kulit taiyaki terbuat dari gabungan tepung terigu, telur, air, baking powder, dan gula. Tak heran jika  kulit taiyaki memiliki rasa yang sedikit mirip dengan pancake dan dorayaki.

6. Ayam Karaage

Ayam Karage (sumber iStockPhoto)
Ayam Karage (sumber: iStockPhoto)

Ayam karaage adalah ayam yang digoreng dalam rendaman minyak panas. Sebelum digoreng, ayam terlebih dahulu dibumbui dengan campuran kecap asin, bawang putih, dan jahe. Makanan Jepang yang satu ini sangat populer dan bahkan memiliki beberapa varian lokal, seperti chicken nanban dari Prefektur Miyazaki yang disajikan dengan saus tartar.

7. Yakitori

Yakitori (sumber Devour Asia)
Yakitori (sumber: Devour Asia)

Yakitori adalah sate khas Jepang. Disebut demikian karena yakitori dan sate sama-sama berupa daging bakar yang ditusuk setelah diberi bumbu. Makanan Jepang ini umumnya menggunakan daging ayam, namun ada juga yakitori yang terbuat dari daging babi atau yakiton. Di Jepang, yakitori sangat mudah ditemui di berbagai izakaya atau tempat minum sejenis bar yang juga menyediakan makanan.

8. Sashimi

Sashimi (sumber Casa Sensei)
Sashimi (sumber: Casa Sensei)

Kuliner Jepang ini menghidangkan kesegaran langsung dari makanan laut tanpa proses dimasak. Makanan laut yang digunakan biasanya berupa potongan ikan segar, seperti potongan salmon dan tuna. Untuk menambah kelezatannya, sashimi juga dihidangkan bersama kecap asin, wasabi, dan asinan jahe.

9. Ramen

Ramen (sumber Taste)
Ramen (sumber: Taste)

Belakangan ini ramen telah menjadi makanan khas Jepang yang begitu populer. Hidangan mie kuah ini bukan hanya lezat, tapi juga murah dan mudah ditemukan. Terdiri dari mie gandum, kuah kaldu (miso, kecap asin, garam, dan tulan ayam/babi/sapi), daging, dan sayuran menjadikan ramen sebagai hidangan yang lengkap dan mengenyangkan.

10. Donburi

Donburi (sumber Serious Eats)
Donburi (sumber: Serious Eats)

Satu lagi makanan Jepang yang lengkap dan mengenyangkan, yaitu donburi. Makanan ini terdiri dari semangkuk nasi dengan lauk bervariasi dan dilengkapi dengan sayur-sayuran. Donburi menghidangkan beberapa variasi lauk, di antaranya katsudon (irisan daging babi goreng yang dilapisi tepung), oyakodon (ayam rebus, telur, dan daun bawang), dan gyudon (irisan daging sapi dan bawang bombay yang direbus dalam kuah kecap asin).

11. Tamago/Telur Gulung

Sukiyaki (sumber Cookpad)
Sukiyaki (sumber Cookpad)

Makanan Jepang berikut ini adalah telur dadar yang dibuat dengan cara menggulung beberapa lapis telur secara berurutan. Tidak seperti telur dadar di Indonesia, tamago bisa disajikan asin ataupun manis. Itu juga yang membuat makanan Jepang ini cocok untuk dimakan kapan saja, baik itu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

12. Sukiyaki

Sukiyaki (sumber Cookpad)
Sukiyaki (sumber: Cookpad)

Sukiyaki adalah makanan Jepang yang disajikan dalam sebuah panci besar dengan isian lengkap. Isian itu terdiri dari irisan daging, tahu, dan berbagai sayuran yang disajikan bersama warishita (kuah dari kecap dan gula). Di beberapa variasi sukiyaki, kuah warishita dicampur juga dengan telur kocok.

13. Sup Miso

Sup Miso (sumber Dellsh)
Sup Miso (sumber: Dellsh)

Sup miso terbuat dari campuran dashi (kaldu khas Jepang) dan miso yang ditambah dengan isian tofu, sayuran, atau makanan laut. Makanan khas Jepang ini biasanya dinikmati bersama nasi untuk sarapan.

14. Okonomiyaki

Okonomiyaki (sumber Jobs in Japan)
Okonomiyaki (sumber: Jobs in Japan)

Okonomiyaki dibuat dengan mencampurkan berbagai macam bahan, seperti daging, telur, sayuran dan disatukan oleh tepung terigu. Makanan Jepang ini dimasak di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Soal rasa, okonomiyaki tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

15. Nasi Kari

Nasi Kari Ala Jepang (sumber Yummy Tummy Aarthy)
Nasi Kari Ala Jepang (sumber: Yummy Tummy Aarthy)

Kari pada makanan khas Jepang ini berbeda dengan kari India. Kari Jepang memiliki tekstur yang lebih kental dan juga rasa yang lebih manis. Untuk bahan campuran kari umumnya terdiri dari sayuran (kentang, bawang, wortel) dan daging. Nasi kari pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh Inggris pada era Meiji (1868-1912).

16. Shabu Shabu

Shabu Shabu (sumber: Mashed)

Shabu shabu adalah makanan khas Jepang yang juga dihidangkan dalam sebuah panci besar, sama seperti sukiyaki. Untuk menikmati makanan Jepang ini, kamu harus beberapa kali mencelupkan irisan daging ke dalam air panas. Saus yang biasa dimakan bersama shabu shabu disebut ponzu (saus dengan kandungan wijen). Selain daging, berbagai sayuran dan tahu juga bisa dimakan dengan cara shabu shabu.

17. Onigiri

Onigiri (sumber Love & Olive Oil)
Onigiri (sumber: Love & Olive Oil)

Onigiri adalah nasi kepal yang begitu populer di dunia kuliner Jepang. Isi dari nasi kepal ini bervariasi, seperti umeboshi (buah plum kering), salmon, atau daging ayam. Pada bagian luarnya, onigiri dibungkus dengan nori dan dibentuk menjadi segitiga atau bulat. Di Jepang sendiri, onigiri biasa dibawa untuk bekal saat bepergian.

18. Gyoza

Gyoza (sumber Cardamom Magazine)
Gyoza (sumber: Cardamom Magazine)

Gyoza merupakan pangsit yang berbentuk seperti bulan dan diberi isian campuran daging cincang, sayuran, serta jamur. Makanan Jepang ini dimasak melalui dua proses, yaitu proses menggoreng untuk salah satu sisinya, dan setelah itu sisi yang lainnya akan melalui proses pengukusan selama beberapa menit.

19. Edamame

Edamame (sumber: Inspired Taste)

Edamame adalah camilan yang terbuat dari kacang kedelai hijau yang dipanen sebelum mengeras dan direbus dengan sedikit garam. Makanan Jepang ini biasa disajikan sebagai makanan pembuka di berbagai tempat minum (sejenis bar) disebut izakaya.

20. Yakisoba

Yakisoba (sumber Future Dish)
Yakisoba (sumber: Future Dish)

Yakisoba adalah hidangan mie yang populer saat musim semi. Makanan khas Jepang ini terbuat dari campuran mie yang digoreng dengan wortel, kol, dan bawang bombay. Meski memiliki nama yakisoba (soba goreng), sebenarnya yakisoba sama sekali tidak menggunakan soba (mie gandum), melainkan menggunakan mie dari bahan tepung terigu.

21. Chawanmushi

Chawan Mushi (sumber CNN Indonesia)
Chawan Mushi (sumber: CNN Indonesia)

Chawanmushi merupakan makanan Jepang yang terbuat dari telur yang dicampur dengan dashi (kaldu khas Jepang). Makanan ini dikukus pada sebuah cangkir dan memiliki tekstur selembut puding. Telur yang dikukus untuk chawanmushi biasanya diisi juga dengan daging dan sayuran.

22. Wagashi

Wagashi (sumber Kyotours Japan)
Wagashi (sumber: Kyotours Japan)

Wagashi adalah berbagai kue yang umumnya dinikmati sebagai makanan penutup pada upacara minum teh. Makanan khas Jepang yang dapat dikategorikan sebagai wagashi umumnya sejenis dengan manju, mochi, dan dango.

23. Dorayaki

Dorayaki (sumber: Cookist)
Dorayaki (sumber: Cookist)

Dorayaki adalah salah satu contoh wagashi yang sangat populer. Makanan Jepang ini dibuat dengan cara menggabungkan dua buat pancake yang diisi dengan selai kacang merah di bagian tengahnya.

24. Tonkatsu

Tonkatsu (sumber: The Spruce Eats)

Tonkatsu adalah makanan Jepang berupa irisan daging babi yang digoreng dengan balutan tepung dan remah roti. Seiring dengan perkembangannya, tonkatsu kini tidak hanya dibuat menggunakan daging babi, namun juga daging ayam dan daging sapi.

25. Yakiniku

Yakiniku (sumber Zomato)
Yakiniku (sumber: Zomato)

Yakiniku terbuat dari daging yang dicelupkan ke dalam saus tare dan kemudian di bakar di atas api. Ada dua varian saus tare, yaitu soto tare (saus yang tidak mengandung wijen) dan niku tare (saus yang mengandung wijen). Bagian daging yang paling digemari untuk yakiniku adalah sirloin atau rōsu (daging sapi bagian perut)

26. Gyudon 

Gyudon (sumber Just One Cook Book
Gyudon (sumber Just One Cook Book)

Gyudon masih termasuk ke dalam makanan jenis donburi. Makanan Jepang ini terdiri dari irisan daging dengan semangkuk nasi putih. Beberapa topping tambahan juga biasa ditambahkan untuk gyudon, seperti benishōga (asinan jahe), telur mentah, atau shichimi (gabungan cabai dan rempah). 

27. Jingisukan

Jingisukan (sumber Live Japan)
Jingisukan (sumber: Live Japan)

Jingisukan merupakan sebuah hidangan daging kambing panggang dari Hokkaido dan Iwata Prefektur. Metode memasak jingisukan juga terbilang unik karena menggunakan sebuah pot atau wajan yang cembung bagian tengahnya. Selain daging, masakan Jepang yang satu ini juga dihidangkan dengan berbagai sayuran. 

28. Ebi Furai

Ebi Furai (sumber Cavy Japan)
Ebi Furai (sumber: Cavy Japan)

Ebi furai terbuat dari udang yang digoreng dalam balutan terigu dan tepung panir. Untuk menghasilkan tekstur renyah pada makanan khas Jepang yang satu ini, proses menggoreng dilakukan dengan minyak yang banyak dan panas. Selain itu, bentuk udang yang terlihat lurus didapatkan dengan cara membuat sayatan di bagian perut lalu menariknya ke arah belakang.

29. Dango

Dango (sumber Asian Inspirations)
Dango (sumber: Asian Inspirations)

Dango adalah kue berbentuk bulat yang memiliki warna khas: merah, putih, dan hijau. Makanan Jepang ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang direbus pada air mendidih. Untuk mendapatkan rasa manisnya, adonan dango biasanya diberi gua. Dango juga bisa dimakan bersama dengan kinako (bubuk kacang kedelai), selai kacang merah, atau mitsumame (sejenis agar-agar).

30. Mochi

Mochi (sumber KCP International)
Mochi (sumber: KCP International)

Mochi mungkin sudah tidak asing lagi di dunia kuliner Jepang. Kue yang terbuat dari beras ketan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lengket. Di Jepang sendiri, mochi biasanya dibuat secara beramai-ramai saat perayaan tradisional mochitsuki atau tahun baru Jepang

Itulah 30 jenis makanan khas Jepang yang menurut Kuliner Kota wajib untuk kamu coba. Semua makanan di atas memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Jadi, makanan mana yang menurutmu paling menarik?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 30 Makanan Jepang Terlezat yang Wajib Orang Indonesia Coba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]