1. Oleh-Oleh Khas

17 Oleh Oleh Khas Garut Terpopuler, Wajib Jadi Buah Tangan!

Oleh oleh khas garut

Garut terkenal sebagai salah satu Kota di Jawa Barat yang diminati para wisatawan. Itu karena kota yang dijuluki sebagai kota dodol ini memiliki banyak tempat wisata, mulai dari tempat wisata pertanian, wisata air, hingga wisata sejarah.

Selain itu, di kota ini tersebar banyak pusat oleh-oleh khas Garut yang menyuguhkan berbagai produk oleh-oleh menarik bagi para wisatawan. Penasaran apa saja oleh-oleh tersebut? Simak pembahasan dari Kuliner Kota berikut ini.

17 Oleh Oleh Khas Garut Terbaik yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Wisata ke Garut tidak akan sempurna tanpa pulang membawa oleh-oleh. Berikut adalah 17 oleh-oleh khas Garut terbaik yang sayang untuk kamu dilewatkan.

1. Dodol

Oleh oleh khas garut dodol
Dodol garut (sumber: Wikipedia)

Dodol adalah oleh-oleh khas Garut yang sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. Ada begitu banyak merk dodol yang terkenal di Garut, salah satunya adalah Dodol Picnic. Bukan hanya terkenal di dalam negeri saja, produk oleh-oleh khas Garut yang satu ini juga ternyata telah mendunia dan berhasil diekspor ke berbagai negara. Untuk bisa mendapatkan Dodol Picnic, kamu bisa pergi ke Jl. Pasundan No. 102 yang terletak di Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota.

Merk dodol lainnya yang juga menjadi kebanggaan oleh-oleh khas Garut adalah Dodol Garut Bestory Special, Dodol Murni 33, dan Dodol Serut Barokah. Kamu juga bisa berkunjung langsung ke pusat oleh-oleh seperti Primasa Sentra Oleh-oleh Khasna Priangan.

2. Batik Garut

Oleh oleh khas garut batik
Batik Garut (sumber: Jabar News)

Batik Garut juga merupakan oleh-oleh khas Garut selain dodol yang wajib kamu bawa pulang. Terkenal akan keunikan dan keindahannya, batik yang biasa disebut Garutan ini ternyata memiliki berbagai motif yang terinspirasi dari unsur alam. Salah satunya adalah batik Garut dengan motif lereng kangkung yang terinspirasi dari keindahan jajaran tanaman kangkung yang biasa tumbuh di daerah perbukitan.

Jika kamu tertarik dengan oleh-oleh Garut ini, maka kamu bisa langsung mengunjungi toko-toko batik yang tersebar di seluruh penjuru Garut, di antaranya Toko Batik Tulis Garutan RM, Toko Batik Jummlah, Galeri Batik Goatama, dan Namira Batik Garutan.

3. Baso Aci

Baso Aci dengan Kuah Pedas dan Lezat (sumber: Okezone)

Baso aci merupakan jajanan yang sudah lama populer di daerah Jawa Barat. Jajanan ini berbentuk seperti bakso pada umumnya, namun terbuat dari tepung kanji atau aci. Meski tidak menggunakan daging, baso aci tetap digemari oleh banyak orang karena teksturnya yang lebih kenyal dan rasanya yang gurih. 

Jajanan yang satu ini juga sangat terkenal di Garut dan bahkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Garut yang harus kamu coba. Ada beberapa kedai baso aci legendaris di Garut yang bisa kamu kunjungi, seperti Kedai Baso Aci Ceu Imas, Kedai Baso Aci Acay Garut, dan Kedai Boci Baso Aci Mantap Jiwa.

4. Emplod

Emplod (sumber: Info Garut)

Emplod atau yang lebih familiar disebut dengan Endog Lewo adalah oleh-oleh khas Garut yang berupa camilan ringan dengan rasa gurih dan terbuat dari singkong. Endog sendiri dalam bahasa Sunda berarti telur, hal ini sesuai dengan bentuk dari emplod yang bulat-bulat kecil menyerupai telur. Sedangkan Lewo adalah nama daerah di Garut yang menjadi asal tempat terciptanya camilan ini. Jika kamu ingin membawa pulang camilan yang satu ini, jangan khawatir karena emplod bisa dengan mudah kamu temui di berbagai pusat oleh-oleh khas Garut.

5. Chocodot

Chocodot (sumber: Berita Baik)

Pernah dengar kata chocodot? Jika pernah, tahukah kamu jika chocodot awalnya adalah sebuah singkatan untuk Chocolate with Dodol Garut? Dari nama itu saja kamu pasti bisa langsung menebak jika chocodot ini adalah oleh-oleh khas Garut yang merupakan inovasi terbaru dari dodol. Tidak hanya menggabungkan dodol dengan coklat, chocodot juga dibuat dengan berbagai macam varian coklat. Ada bisa membeli produk oleh-oleh Garut ini di Chocodot World The Castle yang terletak di Jl. Siliwangi, Regol, Kecamatan Garut Kota.

6. Jeruk Garut

Jeruk Garut (sumber: Garutexpress)

Oleh-oleh khas Garut selanjutnya yang bisa kamu bawa pulang adalah jeruk Garut. Jeruk ini memiliki kulit khas yang berwarna kuning kehijauan dengan rasa yang sedikit masam dan ukuran tidak terlalu besar. Untuk menikmati sensasi memetik jeruk ini secara langsung, kamu bisa mengunjungi Desa Situgede, di Kecamatan Cigedud, Garut.

7. Burayot

Burayot (sumber: Harapan Rakyat)

Suka dengan camilan manis yang bertekstur agak renyah? Jika iya, maka burayot ini adalah oleh-oleh khas Garut yang tepat untuk kamu bawa pulang. Camilan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah ini awalnya terkenal di daerah Cangkuang, di Kecamatan Leles, Garut. Untuk membeli burayot khas daerah Cangkuang, kamu juga bisa sekalian mengunjungi Cagar Budaya Candi Cangkuang. Di sekitar sana kamu dapat menjumpai kios-kios milik warga yang menjual burayot.

8. Opak

Opak Garut (sumber: Cerita Garut)

Ada satu lagi oleh-oleh khas Garut selain dodol yang tidak kalah terkenal. Yap, oleh-oleh itu adalah opak. Opak Garut terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan saripati kelapa dan sedikit garam. Tak heran bila opak ini memiliki rasa yang gurih dan lezat. Kamu bisa menemukan makanan yang satu ini di berbagai pusat oleh-oleh khas Garut.

9. Dorokdok

Dorokdok (sumber: Kotagarutdotcom)

Dorokdok adalah nama lain untuk kerupuk kulit yang banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas Garut. Kerupuk kulit ini memiliki ciri khas dari rasanya yang gurih dan teksturnya yang sangat renyah dan garing. Dari tekstur renyah inilah nama dorokdok berasal, karena konon katanya kamu akan mendengar bunyi dok dorok dok saat mengunyah kerupuk ini.

10. Ladu

Ladu Garut (sumber: Tribun Jabar)

Satu lagi makanan manis yang bisa menjadi oleh-oleh khas Garut selain dodol, yaitu ladu. Makanan yang berasal dari daerah Malangbong ini menggunakan bahan dasar berupa tepung ketan putih yang disangrai. Rasa manis dari ladu didapat berkat campuran gula putih dan gula merah. Kamu juga akan merasakan tekstur yang sedikit kasar dan berpasir saat memakan ladu karena penggunaan kelapa parut. Jika tertarik untuk membeli ladu, kamu dapat menemukannya di UMKM Malangbong yang terletak di daerah Paminggir.

11. Moring Garutan

Moring Garutan (sumber: Resep Dapur Ema)

Moring garutan adalah sebuah keripik yang terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu yang ditambah penyedap rasa. Secara teknis, moring garutan ini bisa juga disebut sebagai cimol yang digoreng atau cimol kering (moring). Untuk memperolehnya juga tidaklah susah, kamu bisa mengunjungi berbagai pusat oleh-oleh khas Garut yang tersebar di seluruh penjuru kota itu.

12. Wajit Cisompet

Wajik Cisompet (sumber: Mari Kita Masak)

Wajit yang berasal dari daerah Cisompet ini menjadi oleh-oleh khas Garut yang digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan mampu bertahan lama. Wajit ini memiliki tekstur yang legit dan mudah dicerna karena terbuat dari ketan dan santan. Ciri khas dari makanan ini terletak pada bungkusnya yang terbuat dari pelepah kawung atau aren.

13. Keripik Kentang Cikajang

Keripik Kentang Cikajang (sumber: Oleholehdarigarut.blogspot)

Cikajang adalah sebuah daerah yang terletak di kaki Gunung Cikuray. Daerah ini memiliki hawa yang dingin dan sangat cocok untuk menjadi wilayah pertanian. Salah satu produk pertanian kebanggaan Cikajang adalah keripik kentangnya. Terbuat dari kentang yang dipanen langsung dari daerah tersebut, keripik ini berhasil menghadirkan tekstur yang renyah serta rasa gurih yang lezat. Keripik ini banyak dijual di pasar induk dan toko-toko yang berada di Jalan Otista, Tarogong, Garut.

14. Jaket Kulit

Jaket Kulit Asli Garut (sumber: Travel Okezone)

Bukan hanya makanan saja yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Garut, jaket kulit juga merupakan produk populer yang wajib kamu bawa pulang saat mengunjungi kota ini. Jaket kulit khas Garut terkenal akan kualitas kulit dan desainnya yang bagus dan rapi. Sentra industri kulit terbesar yang bisa kamu kunjungi di Garut berada di Desa Sukaregang. Di sana, kamu bisa menemukan dan memilih-milih jaket kulit dengan berbagai model dan rentang harga.

15. Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk (sumber: Gingsul)

Bagi para pecinta makanan pedas, kamu wajib untuk membawa pulang sambal cibiuk sebagai oleh-oleh khas Garut. Sambal ini memiliki rasa yang menyegarkan karena menggunakan tomat hijau dan daun kemangi sebagai campurannya. Ada dua jenis sambal cibiuk, yaitu sambal cibiuk dengan cabai merah dan sambal cibiuk dengan cabai hijau. kamu bisa menemukan sambal ini dengan mudah ketika mengunjungi restoran-restoran di kota Garut. Sekarang, sambal ini juga sudah banyak tersedia dalam kemasan botol.

16. Lada Hitam Negeri Mas

Minuman Lada Hitam Negeri Mas (sumber: Budaya Indonesia)

Lada Hitam Negeri Mas adalah sebuah minuman herbal yang sudah dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Garut. Minuman ini akan memberi rasa pedas yang mampu menghangatkan tubuh. Selain itu, Lada Hitam Negeri Mas juga berfungsi sebagai minuman penambah energi yang berbahan dasar herbal yang dihasilkan dari rempah-rempah pilihan khas Indonesia.

17. Surabi Garut

Surabi Garut (sumber: Budaya Indonesia)

Jajanan khas dari Jawa Barat ini dapat kamu temukan dengan mudah di sepanjang jalan kota Garut. Terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan, surabi juga mulai tersedia dengan berbagai varian rasa. Jajanan ini sangat cocok untuk dimakan saat cuaca dingin atau ketika kamu sedang dalam perjalanan. Oleh karena itu, surabi bisa menjadi oleh-oleh khas Garut yang tepat untuk kamu.

Itulah 17 oleh-oleh khas Garut terbaik yang wajib untuk kamu bawa pulang. Beberapa oleh-oleh Garut yang disebutkan di atas adalah produk UMKM dari daerah setempat. Jadi, dengan membeli oleh-oleh tersebut kamu juga bisa ikut mendukung para pelaku usaha-usaha kecil, lho! 

Tertarik untuk mengetahui oleh-oleh khas daerah lain? Yuk, tunggu artikel Kuliner Kota berikutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 17 Oleh Oleh Khas Garut Terpopuler, Wajib Jadi Buah Tangan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending