10 Oleh-oleh Khas Cilacap Ini Jangan Sampai Ketinggalan!

Oleh-Oleh Khas Cilacap (sumber: @lantingmaswiofficial on Instagram)
Oleh-Oleh Khas Cilacap (sumber: @lantingmaswiofficial on Instagram)
Daftar isi

Cilacap merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini selalu ramai pengunjung atau wisatawan, khususnya pada saat hari libur karena banyak sekali wisata alam yang mempesona di kota ini. Nah, sembari menikmati wisata alam yang ada, tidak ada salahnya jika juga turut menikmati aneka kuliner khas yang ada di sana.

Aneh rasanya jika hanya menikmati kuliner khasnya namun  belum membawa pulang oleh-oleh langsung dari tempat asalnya. Oleh karena itu, Kuliner Kota sudah menyiapkan 10 daftar rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah yang bisa kamu beli. Yuk, simak!

10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Cilacap yang Wajib Dibeli

1. Lanting

Lanting (Sumber: @oleh_oleh_khas_cilacap on Instagram)
Lanting (Sumber: @oleh_oleh_khas_cilacap on Instagram)

Rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap yang pertama adalah Lanting yang merupakan cemilan berbahan ubi kayu dan singkong. Camilan khas ini berbentuk bulat dan berlubang di bagian tengahnya. Teksturnya renyah dan memiliki cita rasa yang gurih, sehingga cocok sebagai camilan saat bersantai bersama keluarga.


Lanting juga memiliki berbagai varian rasa seperti rasa pedas, bawang, jagung bakar, dan masih banyak rasa lainnya. Untuk harganya, satu kilo lanting ini biasanya dijual dengan harga Rp20.000 sampai Rp40.000 per kemasannya.

2. Sale Pisang

Sale Pisang (Sumber: @rikhatiwi on Instagram)
Sale Pisang (Sumber: @rikhatiwi on Instagram)

Bisa ditebak dari namanya, oleh-oleh khas Cilacap ini memang merupakan olahan pisang. Pisang yang digunakan adalah yang berjenis lempeneng, raja nangka, raja bandung, atau pisang kepok yang dalam pengolahannya dikeringkan lalu dibalut dengan adonan tepung, kemudian digoreng hingga warnanya kecoklatan. Sale pisang ini juga tahan lama, lho. Harganya pun murah, yakni mulai dari Rp8.500 saja per bungkusnya.

Artikel Terkait

Baca Juga:  Musim Mudik, 10 Oleh-Oleh Khas Tarakan Ini Jangan Lupa!

3. Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk (Sumber: @syaefull.bnyms on Instagram)
Rempeyek Yutuk (Sumber: @syaefull.bnyms on Instagram)

Oleh-oleh khas Cilacap satu ini bukanlah camilan biasa, terkenal sebagai yutuk atau undur-undur adalah binatang laut yang mirip dengan udang maupun kepiting. Nah, yutuk inilah yang menjadi bahan utama rempeyek ini. Rasanya gurih dan bikin nagih! Teksturnya pun renyah sehingga cocok untuk dijadikan camilan atau teman makan nasi. Satu rempeyek yutuk biasanya dihargai sekitar Rp2.000 saja, lho.

4. Kerupuk Tenggiri

Kerupuk Tenggiri (Sumber: @cemilan.medan on Instagram)
Kerupuk Tenggiri (Sumber: @cemilan.medan on Instagram)

Kerupuk tenggiri yang merupakan makanan khas oleh-oleh khas Cilacap ini memiliki tekstur renyah dengan rasa yang gurih bercampur aroma ikan tenggiri yang khas. Karena rasanya yang lezat, tak heran banyak orang yang menjadikan jajanan satu ini sebagai oleh-oleh khas Cilacap. Satu bungkus kerupuk tenggiri umumnya dihargai Rp10.000 sampai Rp20.000 per kemasan.

5. Gembus

Gembus (Sumber: @camilanquw on Instagram)
Gembus (Sumber: @camilanquw on Instagram)

Pernahkah kamu mendengar gembus? Kalau gembus satu ini merupakan oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah dari bahan dasar singkong yang bertekstur renyah dengan ras yang gurih dan juga nikmat. Gembus ini dapat dinikmati dengan saus sambal atau bumbu pecel. Tersedia pula berbagai varian rasa seperti coklat, keju, hingga durian. Harganya pun murah, yakni dengan Rp1.000, kamu sudah bisa mendapatkan 10 buah gembus.

Baca Juga:  15 Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Populer, Ada Pempek Juga

6. Keripik Singkong

Keripik Singkong (Sumber: @juli_chen777 on Instagram)
Keripik Singkong (Sumber: @juli_chen777 on Instagram)

Masih berbahan dasar singkong, keripik singkong yang merupakan oleh-oleh khas Cilacap ini memang merupakan camilan wajib yang digemari berbagai kalangan. Keripik singkong atau biasa disebut manggleng singkong ini terbuat dari singkong pilihan yang diiris tipis dan ditaburi bumbu khas. Paduan tersebut menciptakan rasa gurih dengan tekstur yang renyah. Harganya pun mulai dari Rp20.000 saja dan mudah ditemukan di berbagai toko di Cilacap.

7. Keripik Tempe

Keripik Tempe (Sumber: @jktfoodbang on Instagram)
Keripik Tempe (Sumber: @jktfoodbang on Instagram)

Hampir di setiap daerah memang menjadikan keripik tempe sebagai oleh-oleh khasnya, demikian pula dengan Cilacap yang menjadikan keripik tempe sebagai oleh-oleh khasnya. Kendati demikian, setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing, sehingga itulah yang membuat keripik tempe khas Cilacap ini berbeda. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Ukurannya pun juga bervariasi, mulai dari yang tebal hingga tipis.

8. Templeng

Templeng (Sumber: wisatatempat.com)
Templeng (Sumber: wisatatempat.com)

Hmm.. Sekilas tampilan dari templeng ini mirip dengan rempeyek, ya? Pasalnya, templeng ini juga terbuat dari tepung beras dan campuran bumbu khas dengan rasa yang gurih. Cara pengolahannya pun sama dengan rempeyek, hanya saja templeng punya lebih banyak variasi topping, seperti kacang tanah, udang rebon, kedelai, ikan teri, hingga kacang hijau. Teksturnya renyah sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan saat bersantai.

Baca Juga:  Ini 10 Oleh Oleh Khas Riau yang Wajib Dibawa Pulang!

9. Brekecek

Brekecek (Sumber: @aleenalatifa on Instagram)
Brekecek (Sumber: @aleenalatifa on Instagram)

Namanya memang cukup unik. Brekecek mungkin masih asing bagi kamu yang belum terbiasa mendengar oleh-oleh khas Cilacap ini. Makanan satu ini terbuat dari kepala ikan jahan yang sudah dilengkapi dengan bumbu khas yang mirip rica-rica. Oleh karena itu, tidak hanya rasanya yang lezat, tetapi aromanya juga sedap, lho. Tertarik mencobanya?

10. Keripik dan Stik Sukun

Keripik dan Stik Sukun (Sumber: @oleh_oleh_khas_cilacap on Instagram)
Keripik dan Stik Sukun (Sumber: @oleh_oleh_khas_cilacap on Instagram)

Oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah selanjutnya ialah keripik dan stik sukun yang merupakan favorit para wisatawan. Sukun dikenal sebagai buah yang memiliki rasa yang manis sehingga rasanya sangat enak ketika diolah menjadi keripik dan stik sukun. Teksturnya sama seperti keripik dan stik pada umumnya, yakni renyah. Keripik dan stik sukun ini dapat dengan mudah ditemui di toko oleh-oleh di Cilacap dengan harga mulai dari Rp15.000 saja.

Itu tadi 10 rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap yang wajib dibawa pulang untuk diberikan kepada kerabat di kampung halaman. Sudah menentukan ingin membeli oleh-oleh khas Cilacap yang mana?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *