Ini 10 Oleh Oleh Khas Riau yang Wajib Dibawa Pulang!

Oleh-Oleh Khas Riau (sumber: @grosirkeripikbuah.indonesia on Instagram)
Oleh-Oleh Khas Riau (sumber: @grosirkeripikbuah.indonesia on Instagram)
Daftar isi

Pernahkah Sobat Kuliner berkunjung ke Riau? Provinsi Riau ini terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di sepanjang pesisir Selat Malaka. Ibukota dari Provinsi Riau adalah Kota Pekanbaru yang merupakan kota industri yang maju dan berkembang. Kota ini ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara karena terdapat tempat wisata, panganan khas, hingga oleh-oleh uniknya yang menarik.

Nah, bagi Sobat Kuliner yang sedang berkunjung ke Riau tetapi bingung ingin membawa oleh-oleh apa untuk kerabat di kampung asal, jangan khawatir! Kali ini Kuliner Kota akan menyajikan daftar rekomendasi oleh-oleh khas Riau Pekanbaru yang bisa dibeli. Yuk, simak ulasan berikut ini!

10 Rekomendasi Oleh-oleh khas Riau Ini Paling Diburu Wisatawan

1. Lempuk Durian

Lempuk Durian (Sumber: @insyiraoleholehpekanbaru on Instagram)
Lempuk Durian (Sumber: @insyiraoleholehpekanbaru on Instagram)

Bisa ditebak dari namanya, lempuk durian merupakan salah satu oleh-oleh khas Riau yang terbuat dari durian. Buah yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini membuat para penggemarnya tidak akan melewatkan makanan olahan dari durian ini. Cara membuat lempuk durian ini seperti dodol. Rasanya manis dan gurih dengan aroma khas durian. Untuk membeli lempuk durian ini hanya perlu menyiapkan uang mulai dari Rp25.000 saja.

2. Kacang Pukul

Kacang Pukul (Sumber: @geraimamiola on Instagram)
Kacang Pukul (Sumber: @geraimamiola on Instagram)

Kacang pukul adalah oleh-oleh khas Riau yang terbuat dari kacang tanah berkualitas terbaik. Kacang yang sudah dipilih kemudian diproses dan adonannya dipukul-pukul hingga mengembang. Setelah itu, kacang dibungkus kertas minyak agar tahan lama. Teksturnya cenderung padat dan rasanya manis. Salah satu merek kacang pukul yang populer adalah ‘HH’ yang dijual dengan harga Rp25.000 per kotaknya. 

Baca Juga:  Maniskan Momen Liburan dengan 9 Oleh-Oleh Khas Blitar Ini

3. Lopek Bugi

Lopek Bugi (Sumber: @ratnamomoii on Instagram)
Lopek Bugi (Sumber: @ratnamomoii on Instagram)

Oleh-oleh khas Riau ini memiliki cita rasa khas dan unik yang wajib Sobat Kuliner cicipi. Lopek bugi terbuat dari beras ketan. Lopek artinya adalah lepat, sedangkan bugi merupakan sebutan untuk beras ketan yang ditumbuk. 

Artikel Terkait

Yap, lopek bugi ini memang dibuat dengan cara ditumbuk halus lalu dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang. Rasa manis legit yang berasal dari beras ketan dipadukan dengan bumbu khas akan membuat penikmatnya ketagihan. Sobat Kuliner bisa membeli oleh-oleh khas Riau ini dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp10.000 per kotak.

4. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo (Sumber: @premierehotelpekanbaru on Instagram)
Bolu Kemojo (Sumber: @premierehotelpekanbaru on Instagram)

Bolu kemojo merupakan makanan khas Melayu yang bisa dengan mudah di temui pada toko oleh-oleh khas Riau. Tekstur dari bolu beraroma pandan ini lembut dan berwarna hijau yang khas. Bolu ini disebut sebagai ikon kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Riau, lho. Harga bolu ini juga cukup bersahabat, yaitu sekitar Rp15.000 sampai Rp20.000 per bungkusnya. Tertarik membeli bolu satu ini? 

5. Amplang Tenggiri

Amplang Tenggiri (Sumber: @gallery.pama on Instagram)
Amplang Tenggiri (Sumber: @gallery.pama on Instagram)

Oleh-oleh khas Riau selanjutnya adalah amplang tenggiri atau kerupuk ikan tenggiri. Amplang ini terbuat dari ikan tenggiri yang masih segar. Teksturnya renyah dan rasanya juga gurih sehingga cocok untuk jadi teman makan nasi. Cara membuat kerupuk tenggiri ini adalah dengan menghaluskan daging ikan tenggiri lalu dicampurkan dengan tepung beras dan bumbu lainnya sehingga memiliki rasa yang khas.

Baca Juga:  14 Oleh-Oleh Khas Lombok Murah dan Banyak Dicari Wisatawan

6. Pancake Durian

Pancake Durian (Sumber: @pancakedurian.pekanbaru on Instagram)
Pancake Durian (Sumber: @pancakedurian.pekanbaru on Instagram)

Pernahkah Sobat Kuliner mendengar pancake durian? Bagi kamu penggemar durian tentu saja wajib hukumnya untuk mencoba oleh-oleh khas Riau yang lezat ini. Teksturnya lembut dan rasanya manis khas durian. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan durian lalu dimasukan ke kulit pancake sebagai isian. Sayangnya, pada perjalanan jauh, pancake durian ini tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, sebaiknya pancake durian ini disajikan dalam keadaan dingin.

7. Salai Ikan Patin

Salai Ikan Patin (Sumber: @mrpatin on Instagram)
Salai Ikan Patin (Sumber: @mrpatin on Instagram)

Riau dikenal dengan budidaya ikan patinnya yang melimpah. Hal tersebut menjadikan warga sekitar harus kreatif untuk mengolah ikan patin ini, salah satu hasil olahannya adalah salai ikan patin. Salai dipilih sebagai produk olahan ikan patin karena dengan diolah menjadi salai, ikan patin menjadi tahan lama serta mampu mempertahankan kualitas tekstur dan rasanya. Selain itu, nilai gizinya juga cukup tinggi, lho.

8. Dodol Kedondong

Dodol Kedondong (Sumber: @skrdumai on Instagram)
Dodol Kedondong (Sumber: @skrdumai on Instagram)

Kedondong merupakan buah yang cukup familiar di kalangan orang Indonesia. Rasa manis serta asam dari buah ini menjadikannya sebagai buah dengan rasa yang unik sehingga warga Riau mengubahnya menjadi oleh-oleh khas Riau yang cukup familiar, yaitu dodol. Perpaduan rasa manis dan asam menjadikan dodol kedondong ini menjadi cita rasa unik yang wajib dicicipi ketika mampir ke Riau.

Baca Juga:  Inilah 15 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Kuningan Jawa Barat

9. Keripik Nanas

Keripik Nanas (Sumber: @darsa_keripikbuahlampung on Instagram)
Keripik Nanas (Sumber: @darsa_keripikbuahlampung on Instagram)

Nanas memang menjadi favorit banyak orang karena buah tropis ini memiliki banyak vitamin. Rasanya yang manis dan asam menjadikan nanas diolah menjadi keripik. Meskipun dalam pembuatannya nanas ini digoreng hingga kering, namun rasa nanasnya sama sekali tidak berubah. Rasanya legit dan asam khas nanas yang bikin ketagihan. Selain itu, keripik nanas ini relatif tahan lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh khas Riau untuk dibawa pulang.

10. Kue Bangkit

Kue Bangkit (Sumber: @nova_pupe on Instagram)
Kue Bangkit (Sumber: @nova_pupe on Instagram)

Kue bangkit yang merupakanan makanan khas Melayu ini biasanya mudah dijumpai ketika hari raya Idul Fitri. Namun kini kue bangkit sudah bisa dijumpai kapan saja. Rasanya yang nikmat dengan warna kuenya yang kekuningan membuat kue ini menjadi favorit banyak orang. Makanan ini memiliki tekstur lembut dan aroma yang khas. Harga per bungkusnya hanya sekitar Rp23.000 saja, cukup terjangkau bukan?

Nah, itulah tadi daftar rekomendasi oleh-oleh khas Riau Pekanbaru yang bisa dibawa pulang untuk kerabat di rumah. Produk makanan tersebut dapat dengan mudah ditemukan pada toko oleh-oleh khas Riau yang tersedia. Selamat berbelanja!

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *