1. Tempat Makan

12 Rekomendasi Tempat Makan di Padang Melegenda & Terfavorit

Padang terkenal dengan julukan Ranah Minang punya potensi pariwisata yang mengagumkan sekaligus ragam kuliner khas bercita rasa lezat dan tiada duanya. Sebagai kota terbesar sekaligus Ibukota Provinsi Sumatera Barat, kota ini juga punya banyak ikon daerah yang terkenal. Sebut saja Jam Gadang, Jembatan Siti Nurbaya atau Museum Adityawarman kebanggan masyarakat Padang. Puas menikmati ragam destinasi wisata kamu harus menikmati kuliner di berbagai tempat makan di Pandang. 

Ragam makanan khas Panda mulai dari rendang, sate dan berbagai pilihan kuliner khas lainnya bisa kamu coba disini. Mau tau apa saja tempat makan di Padang yang paling rekomended untuk icip-icip makanan tersebut? Yuk, cek ulasannya dari Kuliner Kota berikut!

1. RM Pagi Sore

RM Pagi Sore Padang
RM Pagi Sore, foto oleh My Eat And Travel Story WordPress Com

Tempat makan di Padang legendaris yang masih eksis sampai sekarang adalah RM Pagi Sore. Tempat ini punya suasana yang nyaman dan bersih. Menu andalan rumah makan Pagi Sore adalah ayam goreng. Eits, jangan salah. Ayam goreng di sini terkenal jadi menu favorit para pengunjung, lho! 

Meski ayamnya digoreng sampai garing, tapi rasanya tetap gurih, manis dan bumbunya meresap sampai ke tulang. Bukan cuma punya sajian ayam goreng yang lezat, rumah makan Padang ini juga menyediakan sayur anyang, kacang putih bumbu gulai dan gulai tauco buah rimbang. Tertarik mencoba?

Alamat: Jalan Pondok No 143, Padang
Jam Buka: 10.00 – 23.30 WIB
Harga: Sekitar Rp20.000

2. Martabak Kubang

Meski martabak bisa dibilang mudah ditemukan di banyak kedai, tapi ada satu kedai martabak yang terkenal dan dijamin bikin kamu tergila-gila. Martabak Kubang menyediakan sajian utama martabak dengan isian daging yang melimpah. Sebagai pendamping, martabak akan ditemani kuah cuka dengan irisan cabai, bawang dan tomat. Tidak cuma punya menu martabak, tempat makan Padang satu ini juga punya menu lain seperti nasi goreng, mie goreng dan roti cane.

Martabak Kubang Padang
Martabak Kubang, foto oleh Id Open Rice Com

Alamat: Jalan Moh. Yamin No.138 Padang Barat, Kota Padang
Jam Buka: 14.00 – 00.00 WIB
Harga: Mulai Rp18.000

3. Rumah Makan Lamun Ombak

Jika kamu ingin mencicipi nasi padang dengan rasa yang otentik, cobalah datang ke Rumah Makan Lamun Ombak. Tempat ini merupakan salah satu rumah makan legendaris yang menyajikan masakan Minang seperti rendang, gulai ikan, ikan asam padeh, gulai otak, gulai hati ampela, udang balado dan paru goreng. Ciri khas dari masakan di sini ada pada aroma dan rasa bumbu khas Minang yang tajam.

Rumah Makan Padang Lamun Ombak
Rumah Makan Lamun Ombak, foto oleh Venoth Blogspot Com

Selain itu, cara penyajian makanan di restoran ini cukup unik. Pelayan akan menghidangkan banyak makanan sekaligus yang dibagi ke dalam tumpukan piring, kemudian langsung diantarkan ke meja tamu. Jika kamu kurang menyukai masakan pedas, tempat makan di Padang ini juga menyajikan gado-gado atau ayam goreng khas Kota Padang.

Alamat: Jalan S. Parman 232 Ulak Karang, Kota Padang
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB
Harga: Sekitar Rp25.000

4. Es Durian Ganti Nan Lamo

Es Durian Ganti Nan Lamo
Es Durian Ganti Nan Lamo, foto oleh Inspirasi Indonesia Com

Selesai berkeliling berburu makanan berat, kini saatnya menyegarkan tenggorokan dengan es durian. Buat kamu para pecinta durian, cobalah mampir ke Es Durian Ganti Nan Lamo. Kamu tidak perlu khawatir, karena baik sedang musim durian maupun tidak, pemilik kedai akan selalu menyediakan es durian. Aroma sedap dari durian, rasa manis, asam dan segar bakal bikin kamu tidak ingin berhenti menyantap kuliner ini.

Alamat: Kampung Pondok, HOS. Cokroaminoto 31A Kota Padang
Jam Buka: 09.00 – 22.30 WIB
Harga: Sekitar Rp10.000

5. Sate Danguang-Danguang

Sate Danguang-Danguang
Sate Danguang-Danguang, foto oleh Kang Dudi Com

Selain rendang, makanan khas Padang lainnya yang juga menjadi ikon kuliner kota ini adalah Sate Padang. Kurang lengkap rasanya melancong ke Padang tanpa mencicipi kelezatan hidangan satu ini. 

Ada satu spot wisata kuliner yang banyak didatangi wisatawan, yaitu Sate Danguang-Danguang. Tempat makan Padang ini punya menu andalan Sate Padang dengan cita rasa yang gurih dan lembut. Daging yang dipakai yaitu daging sapi dan jeroannya dengan potongan besar. 

Seporsi sate disajikan bersama kuah kental berwarna coklat yang dihidangkan terpisah. Selain itu, ditambahkan juga sepiring ketupat untuk menemani menyantap sate. Untuk bisa menikmati kelezatan Sate Padang di tempat makan Padang satu ini, kamu tak perlu merogoh kocek dalam.

Alamat: Simpang Kinol, Padang
Jam Buka: 16.30 – 23.30 WIB
Harga: Mulai Rp20.000

6. Soto Garuda Padang

Mumpung lagi ada di Padang, tak ada salahnya untuk mampir ke Restoran Soto Garuda. Restoran Soto Garuda berlokasi di Jalan S. Parman, Lolong Belanti, Padang Utara. Tempat makan Padang yang setiap harinya buka dari pukul 8 pagi ini umumnya dijadikan jujugan sarapan oleh warga setempat. Seperti namanya, restoran ini memiliki menu andalan yakni Soto Padang. Berbeda dengan Soto Betawi, Soto Madura, atau Soto Lamongan, Soto Padang memiliki penampakan kuah yang cenderung bening.

Soto Garuda Padang
Soto Garuda Padang, foto oleh Google Com

Namun jangan salah, meskipun kuahnya terlihat bening, tapi cita rasa Soto Padang jauh lebih pedas. Aroma rempah-rempah khas Minang begitu kuat dan menyeruak dari kuah soto ini. Soto Garuda Padang ini juga melegenda lho! buka sejak tahun 1976. 

Satu porsi soto Padang terdiri dari daging yang dipotong kotak-kotak kecil, irisan paru goreng nan renyah, irisan kentang, serta bihun yang lembut. Kemudian disiram dengan kuah beraroma rempah yang khas dan rasa sangat gurih.

Alamat: Jalan S. Parman, Lolong Belanti, Padang Utara
Jam Buka: 07.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai Rp20.000 -Rp27.000

7. Rumah Makan Pauh Piaman 

Rumah Makan Padang Pauh Piaman
Rumah Makan Pauh Piaman, foto oleh Pelagi Holiday Com

Salah satu ciri khas dari kuliner Padang adalah kuah santan. Nah, salah satu rumah makan Padang yang punya sajian lezat makanan bersantan yaitu Rumah Makan Pauh Piaman. Sajian gulai ikan di sini punya tekstur daging yang lembut dan tidak amis. Disiram dengan sedapnya kuah gulai yang pekat, membuat selera makan kamu akan meningkat.

Alamat: Jalan Khatib Sulaiman 63, Padang Utara, Kota Padang
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai Rp19.500

8. Sari Raso Padang 

Sari Roso Padang
Sari Roso Padang, foto oleh Stand Loopert Jies Net

Kalau tempat makan di Padang yang satu ini terletak di Jalan Karya Nomor 3. Restoran yang buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 7 malam ini punya sajian makanan khas Padang yang lebih soft daripada tempat lain. Di sini kamu bisa menikmati kelezatan ayam goreng kampung, gulai sumsum, rendang dan makanan khas Padang lainnya.

Alamat: Jalan Karya Nomor 3, Padang
Jam Buka: 10.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai Rp10.000

9. Rumah Makan Fuja

rumah makan fuja padang
Rumah Makan Fuja, Foto Oleh Tripadvisor Co Id

Beragam olahan seafood akan mudah kamu dapatkan ketika di Padang, termasuk di Rumah Makan Fuja. Walau masih berdiri sekitar tahun 2007, rumah makan Fuja mampu bersaing dengan bisnis makanan lainnya di area kota loh. Karena dekat dengan pesisir pantai menjadikan tempat makan di Padang ini dipenuhi menu seafood favorit wisatawan.

Kamu bisa menikmati hasil tangkapan laut fresh seperti kerang, udang, lobster, cumi, ikan kue dan masih banyak lagi. Beberapa kuliner andalan di sini yakni gulai ikan karang, udang bakar, ikan bakar, cumi bakar dan berbagai menu favorit lain. Spesialnya lagi, bukan hanya soal hidangan lezatnya, melainkan kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai apalagi sambil menunggu matahari tenggelam.

Alamat: Jl. Samudera No. Purus, Padang
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai Rp30.000 – Rp70.000

10. Ongkrongan Turagari

ongkrongan turagari
Ongkrongan Turagari, Foto Oleh Rentalmobilpadang Co Id

Mencari tempat makan di Padang berkonsep angkringan? Berkunjung saja ke Ongkrongan Turagari. Berdiri sejak tahun 2012, walau terkesan baru namun Ongkrongan Turagari mampu menjadi salah satu tujuan wisata kuliner terbaik di Padang. Seperti konsep angkringannya, rumah makan ini hanya buka ketika malam hari. Meskipun begitu Ongkrongan Turagari tetap ramai pengunjung bahkan sampai warung tutup.

Kamu bisa mencicipi menu kuliner Padang sembari menikmati angin malam. Menu favoritnya yakni lontong sayur pakis, cemilan sala ikan, minuman jus pinang, bubur kampiun, kacang hijau, teh telur dan beberapa hidangan lezat lain. Untuk itu, jangan sampai lupa mampir ke tempat makan di Padang satu ini ya sobat Kuliner Kota!

Alamat: Jalan Veteran, Purus, Padang Barat, Padang
Jam Buka: 18.00 – 02.00 WIB
Harga: Mulai Rp10.000

11. D’Cost

d'cost
D’Cost, Foto Oleh Kompasiana Com

Kota Padang memang tak pernah lepas dari kuliner seafood, selain rumah makan Fuja, ada pula D’ Cost dengan kesegaran setiap hidangannya. Tempat makan di Padang ini bisa dijumpai di lantai tiga Plaza Andalas. Beberapa menu favorit pengunjung adalah cumi saus padang, gurame fillet asam manis, sop tomyam dan sayur padang.

Pengunjung pun bisa mengambil nasi dan sambal sendiri sesuai porsinya, sehingga tak perlu bingung jika porsi kurang atau terlalu banyak. Tempatnya pun berkesan romantis dan bersih. Kamu bisa mengajak pasangan maupun keluarga untuk mencicipi nikmatnya olahan seafood di D’Cost.

Alamat: Jalan Pemuda No. 15, Olo, Padang Barat, Padang
Jam Buka: 11.00 – 21.15 WIB
Harga: Sekitar Rp30.000

12. Restoran Simpang Raya

restoran simpang raya
Restoran Simpang Raya, Foto Oleh Tripadvisor Com

Restoran Simpang Raya memang sudah menjadi andalan wisatawan ketika ingin mencicipi menu masakan Padang. Lokasinya strategis sehingga mudah dijangkau wisatawan yang baru menginjak kota Padang. Menyediakan berbagai hidangan khas Padang yang tak kalah enak dengan restoran berbintang. Beberapa menu andalannya antara lain ikan asam padeh, ayam pop, udang balado dan cumi gulai.

Setiap makanan di tempat ini terjamin fresh dan berkualitas, tak heran jika belum sampai restoran tutup hidangan sudah ludes terjual. Menu minumannya pun bervariasi, mulai dari es teh, jus, es jeruk dan masih banyak lagi. 

Bagi yang tidak suka keramaian, maka tempat makan di Padang ini cocok menjadi tujuan utama destinasi wisata kuliner, karena tempatnya tidak pengap dan leluasa. Indahkan harimu di Padang dengan mencoba berbagai hidangan di Restoran Simpang Raya.

Alamat: Jalan Bundo Kanduang, Kampung Jao, Padang Barat, Padang
Jam Buka: 06.00 – 23.30 WIB
Harga: Sekitar Rp25.000

Tidak melulu Rendang, ternyata Kota Padang punya banyak rumah makan bercita rasa lokal yang bisa dieksplor. Mulai dari makanan berat sampai ragam sajian minuman segar yang memanjakan lidah, siap untuk memeriahkan momen kulineran kamu. Jadi, rencananya mau ke mana dulu hari ini ketika berada di Padang?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Rekomendasi Tempat Makan di Padang Melegenda & Terfavorit

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]