1. Oleh-Oleh Khas

5 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Kamu Jadikan Buah Tangan

Hai, Sobat Kuliner! Ketika mengunjungi sebuah kota, tentunya nggak akan lengkap kalau kita nggak bawa oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kota asal. Terlalu banyak kuliner enak yang sayang untuk kita lewatkan, khususnya oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang. Termasuk ketika kamu mengunjungi Kota Jepara, banyak banget oleh-oleh lezat yang sayang bila nggak kamu bawa pulang.

Kali ini, Kuliner Kota akan memberikan 5 rekomendasi oleh-oleh khas Jepara yang wajib banget kamu bawa pulang ke rumah. Apa saja mereka? Yuk, langsung aja, cek rekomendasi oleh-oleh khas Jepara berikut ini!

5 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Daftar Isi

Pergi ke Jepara, belum afdol kalau nggak beli oleh-oleh khas dari sana. Banyak oleh-oleh lezat yang bakalan mubazir banget bila nggak kamu beli untuk dijadikan buah tangan. Beberapa diantaranya merupakan oleh-oleh unik yang mungkin nggak bisa kamu temukan di kota lain, lho. Penasaran apa saja oleh-oleh khas Jepara yang wajib kamu beli? Yuk, intip rekomendasinya berikut ini!

1. Kerupuk Bawang

Kerupuk Bawang Jepara (sumber - Shopee)
Kerupuk Bawang Jepara (sumber – Shopee)

Rekomendasi oleh-oleh khas Jepara yang pertama adalah kerupuk bawang. Kerupuk bawang khas Jepara ini memang terkenal akan kelezatannya, lho. 

Bahkan, menurut orang-orang yang sudah pernah mencicipinya, kerupuk bawang dari Jepara ini memiliki citarasa unik yang membuatnya berbeda dari kerupuk bawang pada umumnya. Oleh-oleh dari Jepara yang satu ini menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai bahan utamanya.

Nggak perlu takut bokek, oleh-oleh khas Jepara Jawa Tengah yang satu ini dibanderol dengan harga yang sangat murah, yakni Rp 20.000-Rp 30.000an saja. Jadi, kamu nggak perlu takut akan menguras kantong lebih dalam! Buat kamu yang berminat membawanya pulang, segera kunjungi toko oleh-oleh khas Jepara terdekat, ya!

2. Carang Madu

Carang Madu (sumber - @carang_madu_buripah on Instagram)
Carang Madu (sumber – @carang_madu_buripah on Instagram)

Dari namanya saja, sudah bisa ditebak bahwa oleh-oleh khas Jepara yang satu ini merupakan sajian yang sangat unik, yang mungkin nggak bisa ditemukan di wilayah lain. Carang madu merupakan camilan manis yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula aren. 

Rasanya pun manis, namun tidak bikin eneg. Selain itu, teksturnya yang renyah juga bakal bikin siapapun ketagihan, lho.

Sama seperti kerupuk bawang, Carang Madu nggak bakal bikin kantongmu kering, sebab oleh-oleh yang satu ini dibanderol dengan harga yang sangat murah. Carang Madu sendiri dijual dengan harga Rp 20.000-Rp 30.000 saja per kemasannya. 

Gimana? Sudah tertarikkah kamu untuk membawa pulang oleh-oleh yang satu ini?

3. Durian Petruk

Durian Petruk (sumber - @baba.durian on Instagram)
Durian Petruk (sumber – @baba.durian on Instagram)

Petruk merupakan salah satu nama tokoh wayang yang mungkin juga sudah kamu ketahui. Kalau di Jepara, kamu akan menemukan oleh-oleh yang bernama durian petruk, lho. Apa sih, durian petruk itu?

Jadi durian petruk adalah buah durian dengan ukuran yang lebih jumbo dibanding durian pada umumnya. Uniknya lagi, durian petruk ini diklaim sebagai salah satu jenis durian paling lezat di Indonesia, lho.

Saat berkunjung ke Jepara, kamu wajib banget cicipi durian petruk ini. Karena kualitasnya yang baik, oleh-oleh khas Jepara Jawa Tengah yang satu ini memang dibanderol dengan harga yang sedikit mahal, yakni Rp 70.000an per buahnya. Namun, kualitas dan rasanya tentu worth it dengan harganya, jadi jangan ragu untuk mencicipinya!

4. Kacang Jepara

Kacang Jepara (sumber - @andrehamara on Instagram)
Kacang Jepara (sumber – @andrehamara on Instagram)

Sekilas, bentuknya memang mirip dengan kacang bawang pada umumnya. Namun, kamu perlu tahu bahwa kacang jepara ini sangat berbeda dengan kacang bawang biasa, lho. Hal ini disebabkan oleh bumbu rahasia yang digunakan dalam kacang ini, yang katanya hanya diketahui oleh orang-orang asli Jepara.

Ini merupakan satu alasan mengapa kacang jepara merupakan oleh-oleh khas Jepara yang sangat eksklusif. Proses pembuatannya pun bisa dibilang cukup kompleks dibandingkan kacang goreng biasa. 

Meski begitu, bukan berarti kacang jepara ini dibanderol dengan harga yang mahal juga, ya. Oleh-oleh yang satu ini hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 25.000 per kemasan seperempat kilogramnya. Jangan lupa cobain, ya!

5. Rondo Royal

Rondo Royal (sumber - detikFood)
Rondo Royal (sumber – detikFood)

Rekomendasi oleh-oleh khas Jepara yang selanjutnya adalah Rondo Royal. Nama yang unik untuk sesuatu yang unik juga. Jangan salah mendefinisikan, karena rondo royal ini merupakan jajanan lezat khas Jepara.

Terbuat dari singkong yang difermentasi alias tape, rondo royal ini mampu membuat siapapun ketagihan. Pada dasarnya, rondo royal merupakan sajian lezat berupa tape goreng yang diberi isian. Sekarang, kamu bisa menikmati jajanan yang satu ini dengan citarasa yang lebih beragam, sebab oleh-oleh yang satu ini sekarang sudah banyak dimodifikasi menjadi lebih kekinian, dengan topping coklat atau keju misalnya.

Rasanya yang manis pasti akan membuat kamu ketagihan. Untuk harganya, rondo royal sendiri dibanderol dengan harga Rp 2.000-Rp 5.000 per bijinya. Berminat untuk mencobanya? Yuk, segera cari toko oleh-oleh Jepara terdekat!

Baca juga: 11 Oleh Oleh khas Wonosobo Paling Banyak Dicari Wisatawan

Nah, Sobat Kuliner, demikianlah pembahasan tentang rekomendasi oleh-oleh khas Jepara Jawa Tengah yang bisa Kuliner Kota sajikan kali ini. Menurutmu, manakah oleh-oleh yang paling menarik untuk dibawa pulang? Semua oleh-oleh di atas tentu memiliki citarasa lezat yang sayang untuk kamu lewatkan. Semoga tulisan dari Kuliner Kota kali ini bermanfaat untuk kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Kamu Jadikan Buah Tangan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending