10 Oleh-Oleh Khas Kendal yang Enak, Murah, & Wajib Dibeli!

Oleh Oleh Khas Kendal (Instagram)
Oleh Oleh Khas Kendal (Instagram)
Daftar isi

Kendal termasuk salah satu kota cantik di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang berbatasan dengan laut Jawa ini terkenal sebagai kota santri, terutama di wilayah Kaliwungu. Tetapi tak hanya itu, Kendal juga menjadi destinasi menarik untuk wisata kulinernya. 

Kuliner khas Kendal memang terkenal sangat lezat, khas, dan cukup unik karena jarang ditemukan di daerah lain. Lalu apakah Sobat Kuliner penasaran dengan oleh-oleh khas Kendal Jawa Tengah yang paling recommended untuk dicoba? Berikut adalah daftar oleh-oleh khas Kendal yang wajib dibawa pulang!

10 Oleh-Oleh Khas Kendal yang Enak dan Wajib Dibeli

1. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak (Sumber: @melia.budiman on Instagram)
Kerupuk Rambak (Sumber: @melia.budiman on Instagram)

Sebenarnya oleh-oleh khas Kendal  satu ini bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa dan Sumatera. Tetapi, Sobat Kuliner juga bisa menemukan kerupuk rambak yang berkualitas di Kendal, karena menggunakan kulit kerbau kualitas terbaik.

Bagi Sobat Kuliner yang ingin mengunjungi sentra produksi kerupuk rambak, langsung saja berkunjung ke Desa Penanggulan, Kabupaten Kendal. Dijamin akan mendapatkan harga lebih murah karena membeli langsung dari pusatnya!

2. Kerupuk Goreng Wedi

Kerupuk Tayamum (Sumber: @life.at.40s on Instagram)
Kerupuk Tayamum (Sumber: @life.at.40s on Instagram)

Salah satu oleh-oleh khas Kendal yang bisa Sobat Kuliner temui adalah kerupuk tayamum, namun biasa dikenal sebagai kerupuk goreng wedi. Dalam bahasa Jawa, wedi berarti pasir. Yup, tak salah lagi, proses penggorengan kerupuk ini menggunakan pasir, loh! 

Artikel Terkait

Baca Juga:  18 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Populer 2022, Ada Bakpia Juga

Pada umumnya, makanan ringan ini dibuat dari tepung tapioka, terasi, bawang, penyedap rasa, garam, dan pewarna makanan. Lalu, adonan kerupuk tadi akan dibentuk dan dijemur sampai mengering dan akhirnya digoreng dengan pasir yang panas. Camilan satu ini pastinya bebas minyak dan harganya cukup terjangkau, cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

3. Kerupuk Petis

Kerupuk Petis (Sumber: @epha_ownerdzph on Instagram)
Kerupuk Petis (Sumber: @epha_ownerdzph on Instagram)

Kerupuk satu ini adalah cemilan yang paling terkenal dan menjadi primadona wisatawan ketika berburu oleh-oleh khas Kendal. Walaupun komposisi kerupuk ini sangat sederhana, namun rasanya begitu gurih dan nagih. Selain memiliki cita rasa yang lezat, kerupuk ini juga punya aroma yang menggoda selera makan Sobat Kuliner. Apalagi sebungkus kerupuk petis ini dibanderol dengan harga sekitar 6 ribu rupiah saja, loh!

4. Keripik Buah

Keripik Buah Kendal (Sumber: @riena_bawell on Instagram)
Keripik Buah Kendal (Sumber: @riena_bawell on Instagram)

Oleh-oleh khas Kendal yang selanjutnya adalah keripik buah, sangat layak untuk dibawa pulang dan dijadikan buah tangan untuk keluarga. Umumnya, keripik ini banyak dijual di beberapa gerai yang tersebar di seluruh kota. Sobat Kuliner juga tak perlu khawatir, harganya sangat terjangkau, yakni Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu saja per bungkus.

5. Emping Bandeng

Emping Bandeng (Sumber: Wisata Kendalku)
Emping Bandeng (Sumber: Wisata Kendalku)

Kabupaten Kendal dan sekitarnya dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan bandeng terbesar di Jawa. Kelimpahan ikan bandeng tersebut dimanfaatkan oleh para UMKM untuk diolah sebagai makanan ringan. Salah satu olahan ikan bandeng yang terkenal dan bisa dijadikan sebagai buah tangan adalah emping bandeng. Rasanya gurih dan nikmat, sehingga jajanan satu ini diburu para wisatawan.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jombang Jawa Timur Populer

6. Getuk Goreng

Getuk Goreng (Sumber: @kurniaarum_as on Instagram)
Getuk Goreng (Sumber: @kurniaarum_as on Instagram)

Bagi Sobat Kuliner yang suka dengan jajanan pasar, maka getuk goreng adalah makanan yang wajib dicoba. Kebanyakan getuk disajikan dengan tekstur yang lembut dan ditambahkan parutan kelapa, namun getuk goreng Kendal tak demikian. Sesuai dengan namanya, getuk khas Kendal ini sudah diolah melalui proses penggorengan. Memiliki cita rasa yang gurih, menjadikan jajanan tradisional ini banyak dibeli wisatawan untuk buah tangan.

7. Bandeng Tanpa Duri

Bandeng Tanpa Duri (Sumber: @fannyelen on Instagram)
Bandeng Tanpa Duri (Sumber: @fannyelen on Instagram)

Karena Kendal adalah sentra penghasil ikan bandeng terbanyak, maka tak heran berbagai olahan bandeng sering ditemui. Salah satu olahan yang terkenal adalah bandeng tanpa duri, sehingga Sobat Kuliner tidak perlu repot untuk mengolah dan menyantapnya. Sobat kuliner bisa membeli dalam keadaan frozen, sehingga aman untuk dibawa pulang ke rumah sebagai oleh-oleh.

8. Terasi Udang Rebon

Terasi Khas Kendal (Sumber: Ahmadil Aqib)
Terasi Khas Kendal (Sumber: Ahmadil Aqib)

Selain Cirebon, daerah Kendal juga diketahui sebagai penghasil terasi berkualitas namun jarang orang yang mengetahuinya. Terasi khas Kendal merupakan salah satu bumbu masak yang terbuat dari udang rebon berkualitas serta tanpa bahan pengawet. Walaupun terasi memang mudah didapatkan, tetapi tidak ada salahnya jika Sobat Kuliner membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga kalian.

Baca Juga:  10 Oleh-oleh Khas Palu Paling Dicari & Wajib Diborong!

9. Kerupuk Bawang

Kerupuk Bawang Khas Kendal (Sumber: Toko Magalira)
Kerupuk Bawang Khas Kendal (Sumber: Toko Magalira)

Oleh oleh khas Kendal memang tak jauh dari olahan kerupuknya. Selain kerupuk petis, kerupuk bawang satu juga sangat enak dijadikan teman makan dan sering dibuat seblak. Apalagi dalam mengolahnya juga praktis, siap digoreng tanpa dijemur lagi. Orang rumah pasti dijamin bakal suka kalau dibawakan kerupuk ini!

10. Telur Mimi

Telur Mimi (Sumber: Arafuru)
Telur Mimi (Sumber: Arafuru)

Sobat Kuliner, telur mimi merupakan makanan yang berasal dari ikan mimi. Punya cita rasa yang gurih dan nikmat, sehingga membuat warga Kendal dan sekitarnya sampai berdesakan untuk memperoleh jajanan itu. 

Bagi warga Kaliwungu, Kendal, telur mimi merupakan menu wajib saat Ramadhan tiba. Banyak dari mereka yang percaya jika belum afdal saat puasa, jika tidak didahului dengan menyantap telur mimi terlebih dahulu. Kalian bisa mencoba dan membawakannya sebagai oleh-oleh khas Kendal karena sangat unik dan hanya ada di Kendal saja!

Baca juga: 6 Oleh Oleh Khas Jember Ini Terbuat dari Olahan Tape, Lho!

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Kendal yang paling populer dan bisa Sobat Kuliner bawa pulang untuk sanak keluarga di rumah. Apakah Sobat Kuliner sudah menentukan pilihan akan membeli yang mana?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *