1. Tak Berkategori

Mangkokku, Bisnis Rice Bowl Anak Presiden & Chef Arnold

Rice bowl adalah salah satu makanan yang saat ini banyak digemari masyarakat. Selain rasanya yang enak dan isian yang beragam, rice bowl juga sangat mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan banyak tempat. Mangkokku melihat peluang ini dan kemudian menjadikannya sebagai produk utama. Seperti apa kiprah bisnis kuliner satu ini di Indonesia? Yuk, simak informasi selengkapnya di Kuliner Kota.

Mengenal Mangkokku, Bisnis Kolaborasi Berbentuk Startup

Mangkokku adalah salah satu perusahaan rintisan dalam bidang kuliner yang didirikan oleh seorang chef ternama Indonesia Arnold Poernomo, pengusaha kuliner Randy Kartadinata, dan kakak beradik Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Perusahaan ini berdiri pada saat Covid-19 masih merajalela.

Pada awalnya, perusahaan ini memiliki konsep untuk membuka tempat makan di mall. Konsep tersebut gagal terlaksana dan kemudian mengalami modifikasi menjadi cloud kitchen atau sebuah restoran yang hanya melayani pemesanan secara online. Konsep yang diusung Mangkokku ini menjadi awal dari cloud kitchen di Indonesia.

Perjalan Mangkokku sebagai Perusahaan Rintisan

Salah Satu Menu Mangkokku (sumber: Instagram)
Salah Satu Menu Mangkokku (sumber: Instagram)

Ide dari perusahaan rintisan ini berasal dari omongan santai antara  Randy Julius Kartadinata dengan Chef Arnold, Kaesang, dan Gibran. Chef Arnold Poernomo menceritakan pengalamannya di Australia ketika membuat rice bowl. Dengan bekal pengalaman dan resep yang dibuat chef Arnold, keempat orang ini kemudian sepakat dan melakukan persiapan selama 3 bulan untuk mendirikan Mangkokku.

Chef Arnold sendiri sudah mengenal Gibran sejak lama karena Ia juga berkecimpung di bisnis kuliner. Dari yang sekedar kenal, Arnold dan Gibran kemudian berkolaborasi untuk menciptakan bisnis ini. Mangkokku pertama kali diluncurkan di daerah Tanjung Duren Raya Jakarta Barat pada tanggal 20 Juli 2019.

Konsep restoran yang berusaha diberikan adalah restoran keluarga dengan suasana yang bersih, merakyat dan nikmat. Tidak hanya itu, kedai pertama Mangkokku juga menjadi tempat bisnis terbaru Kaesang yang bernama Ternakopi.

Sampai tahun 2022, restoran ini sudah membuka 45 lebih cabang di seluruh Indonesia. Tahun ini, target perusahaan ini adalah membuka outlet ke-100. Rencana ini didukung oleh keberhasilan perusahaan mendapatkan pendanaan Seri A sebesar 7 juta dollar AS, atau setara dengan Rp 101 miliar yang berasal dari Alpha JWC Ventures & EMTEK, serta partisipasi dari Cakra Ventures.

Pendanaan ini rencananya akan digunakan untuk semakin melebarkan layanan. Langkah pertama yang ditempuh adalah dengan membuka kembali layanan dine-in. Terlebih lagi, perusahaan ini baru saja membuka gerai flagship pertamanya di Mall Sarinah.

Menu Mangkokku Andalan 

Menu Andalan Mangkokku (sumber: Instagram)
Menu Andalan Mangkokku (sumber: Instagram)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, restoran ini memiliki menu andalan rice bowl. Restoran memiliki sejumlah varian menu rice bowl, seperti rice bowl fried chicken sambal ijo, beef sambal korek bawang bone marrow, beef onion sauce with onsen egg, endog beef mayo, endog curry sauce, endog kulit crispy, fried chicken with sambal korek bawang, endog burger slice mayo, ox tongue dabu, beef with sambal korek bawang, dan endog fried chicken.

Penyajian yang cepat dan suasana restoran yang nyaman membuat restoran ini memiliki nilai plus. Terlebih lagi,  resep menu makanannya yang secara langsung dibuat oleh chef Arnold Poernomo dan berasal dari bahan-bahan berkualitas terbaik. Kamu dapat merasakan cita rasa Nusantara yang kaya dengan harga yang terjangkau, rasa yang enak, dan higienis. 

Harga yang ditawarkan pun juga cukup beragam mulai dari harga Rp19.000 per porsi sampai Rp54.000. Harga tersebut tentunya berbeda jika kamu memesannya secara online, mulai dari harga Rp21.000-Rp59.500 per porsinya. Kamu juga dapat menikmati masakan buatan chef Arnold ini di outlet-outlet terdekat yang ada di kotamu.

Daftar Harga Mangkokku

Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati rice bowl ini,berikut adalah daftar harganya.

Daftar Harga dan Menu Mangkokku
Daftar Harga dan Menu Mangkokku

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, restoran ini memungkinkan kamu merasakan cita rasa Nusantara dengan harga yang terjangkau, tapi dengan kualitas terbaik. Harga yang tertera di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan restoran.

Konsep Restoran yang Berbeda

Bagi kamu yang ingin dine-in, restoran ini memiliki konsep sedikit berbeda dari restoran pada umumnya. Mangkokku memiliki konsep open kitchen. Konsep ini memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan secara langsung para juru masak yang sedang mempersiapkan pesanannya. 

Konsep ini memang dipilih karena Randy selaku Co-founder ingin para pengunjung melihat langsung cara pengolahan, kualitas bahan yang dipakai, dan tingkat kehigienisan dapur. Pada hari ke 8 setelah soft launching, restoran ini bahkan sudah banyak yang mengantri. Sayang sekali, pengunjung menunggu terlalu lama pada saat itu dan restoran masih belum menemukan cara menanggulanginya.

Baca juga: Cek Daftar Menu Es Teh Indonesia dan Harganya [TERBARU]

Berawal dari rice bowl yang mungkin terkesan biasa saja, Mangkokku berhasil menjadi salah satu perusahaan rintisan dalam bidang kuliner tersukses di Indonesia dan chef Arnold berhasil membuat rice bowl semakin mudah dijangkau oleh berbagai kalangan. Perusahaan ini bahkan berambisi untuk semakin melebarkan pelayanannya. Mari kita tunggu langkah-langkah selanjutnya dari perusahaan rintisan ini. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mangkokku, Bisnis Rice Bowl Anak Presiden & Chef Arnold

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]