1. Tempat Makan

Ada yang Buka 24 Jam! Inilah 17 Rekomendasi Cafe di Jogja

Ketika kamu berada di Jogja, tentu saja hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berwisata kuliner sambil mengabadikan momen dengan berfoto ria. Hal ini bisa kamu lakukan sekaligus dengan mengeksplor beberapa cafe di Jogja yang unik dan hits seperti yang sudah Kuliner Kota rangkum di bawah ini.

Sebelum pandemi, memang banyak cafe di Jogja 24 jam yang buka non-stop setiap harinya. Namun tidak perlu khawatir, karena sekarang pun beberapa cafe mulai buka hingga larut malam. Jadi kamu dan teman-temanmu tetap bisa menikmati indahnya kota Jogja di malam hari sambil bersantai.

Rekomendasi 17 Cafe di Jogja yang Unik, Hits, & Instagramable

Berikut 17 cafe di Jogja yang hits dengan desain dan interior menarik, unik, dan pastinya Instagramable.

1. Filosofi Kopi

Filosofi Kopi Jogja (sumber: @dramboro on Instagram)
Filosofi Kopi Jogja (sumber: @dramboro on Instagram)

Setelah sukses di Jakarta, Filosofi Kopi Jogja pun hadir dengan nuansa yang tidak kalah keren dan menarik. Cafe hits ini berhasil memadukan unsur modern dan tradisional dengan sangat baik. Terlihat dari bangunan cafenya yang berbentuk seperti sebuah joglo dan dilengkapi dengan kursi warna-warni yang menghidupkan suasana.

Belum lagi lokasi cafe di Jogja yang unik ini pun berada cukup jauh dari keramaian pusat kota, tepatnya di Jl. Pandhawa, Palagan KM 8.2, Sariharjo, Ngaglik. Tak heran jika kamu berkunjung ke sana, kamu akan merasa dimanjakan oleh keadaan alam sekitar yang tenang, sepi, dan asri.

2. Brick Cafe

Brick Cafe (sumber: @traveloka on Instagram)
Brick Cafe (sumber: @traveloka on Instagram)

Brick cafe adalah salah satu cafe di Jogja yang mengusung konsep Eropa yang kental. Kamu akan langsung merasakannya ketika melihat interior dan pernak-pernik yang ada di dalam cafe. Dengan konsep ini, tidak sulit untuk menemukan spot foto yang kece dan instagramable di Brick Cafe.

Selain cocok untuk menjadi tempat berfoto, Brick Cafe juga berhasil menghadirkan nuansa cozy yang nyaman sehingga kamu dijamin akan betah berlama-lama di dalamnya. Kamu juga bisa memesan mulai dari camilan hingga makanan berat dengan harga yang relatif  murah.

Cafe yang satu ini terletak di Jl. Damai No. 8, Tambakan, Sinduharjo, Kabupaten Sleman. Sebelum pandemi, Brick Cafe termasuk ke dalam salah satu cafe di Jogja 24 jam, namun sekarang cafe ini hanya buka dari pukul 09.00 hingga 22.00 setiap hari.

3. Roaster & Bear Cafe

Roaster & Bear Cafe (sumber: @rulyani_wynda on Instagram)
Roaster & Bear Cafe (sumber: @rulyani_wynda on Instagram)

Ketika berkunjung ke Roaster & Bear Cafe, kamu akan langsung disambut oleh boneka beruang super besar yang menggemaskan. Karena sesuai namanya, cafe di Jogja yang unik ini memang dipenuhi dengan dekorasi beruang.

Bukan hanya unik, Roaster & Bear Cafe juga menawarkan sebuah tempat yang nyaman untuk bersantai dan berkumpul bersama teman. Kamu juga bisa memesan berbagai camilan dan makanan yang menarik. Dari mulai hidangan bergaya western seperti pizza, hingga hidangan nusantara seperti bebek sambal matah.

Roaster & Bear Cafe berlokasi di kawasan Tugu Jogja yang strategis dan mudah untuk diakses, tepatnya di Jl. P. Mangkubumi No. 52, Gowongan, Yogyakarta.

4. Via Via Jogja

Via Via Jogja (sumber: @viaviajogja on Instagram)
Via Via Jogja (sumber: @viaviajogja on Instagram)

Cafe di Jogja ini menawarkan suasana homie dan cozy yang membuat para pengunjungnya merasa nyaman. Ada juga berbagai menu lezat yang siap memanjakan lidah, kebanyakan di antaranya adalah menu bergaya western. Namun, ada beberapa menu Indonesia yang tidak kalah menarik.

Yang menjadi keunikan dari Via Via Jogja adalah tema backpacker-nya yang terlihat pada hampir setiap dekorasi dan desain cafe. Tak heran jika kemudian cafe ini pun kerap disebut sebagai backpacker cafe.

Jika kamu ingin mampir ke cafe ini, datang saja ke Jl.Prawirotaman No. 30, Brontokusuman, Mergangsan. Via Via Jogja buka cukup lama, yaitu dari pukul 07.30 hingga 23.00.

5. 80’s Bocor Alus

80's Bocor Alus (sumber: @rofiana_risa on Instagram)
80’s Bocor Alus (sumber: @rofiana_risa on Instagram)

Buat kamu yang suka dengan nuansa jadul dan retro wajib banget untuk berkunjung ke cafe di Jogja yang unik ini, 80’s Bocor Alus. Di sini kamu akan disuguhi dengan berbagai dekorasi unik dan kece untuk berfoto. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat berbagai barang jadul yang sangat populer pada masanya.

Makanan yang bisa kamu pesan di cafe ini pun beragam. Kamu bisa mencoba aneka camilan seperti kentang goreng, roti bakar, pisang bakar, dll. Ataupun makanan dan minuman, mulai dari olahan seafood, mie, nasi goreng hingga aneka jus, susu, dan wedang.

Untuk berkunjung ke 80’s Bocor Alus, kamu bisa datang langsung ke alamat Jl. Parangtritis 5.5, Tarudan, Bangunharjo, Bantul, Yogyakarta. Cafe ini buka dari pukul 11.00 hingga 21.00.

6. Secret Garden Coffee & Chocolate

Secret Garden Coffee & Chocolate (sumber: @atyafaudina on Instagram)
Secret Garden Coffee & Chocolate (sumber: @atyafaudina on Instagram)

Suka dengan cafe berkonsep outdoor? Jika iya, maka kamu harus coba mampir ke Secret Garden Coffe & Chocolate. Di sini para pengunjung bisa menikmati makanan sambil bersantai di tengah hamparan rumput layaknya sedang berpiknik di taman.

Cafe di Jogja yang satu ini juga terkenal dengan nuansa romantis yang sangat cocok untuk para pasangan. Bahkan, cafe ini juga menjadi salah satu tempat pernikahan favorit di Jogja. 

Jika penasaran, kamu bisa pergi ke Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.2, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Secret Garden Coffee & Chocolate ini buka dari pukul 15.00 – 23.00 pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara hari Senin hingga Kamis tutup lebih awal pada pukul 21.00.

7. Ekologi Desk & Coffee

Ekologi Desk & Coffee (sumber: @ekologi on Instagram)
Ekologi Desk & Coffee (sumber: @ekologi on Instagram)

Ekologi Desk & Coffee adalah tempat nongkrong sekaligus tempat mengerjakan tugas yang nyaman dan chic. Dengan konsep exposed material yang tertata rapi, cafe di Jogja hits ini juga bisa menjadi spot berfoto yang kekinian. Ada juga bagian outdoor yang menawarkan nuansa semi-modern dengan berbagai dekorasi tanaman yang membuat suasana menjadi asri.

Cafe ini buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 00.00 dan berlokasi di Jl. Pandean Sari Blok IV No. 10A Condong Catur.

8. Blanco Coffee & Books

Blanco Coffee & Books (sumber: @whyjogja on Instagram)
Blanco Coffee & Books (sumber: @whyjogja on Instagram)

Cafe di Jogja yang unik ini menawarkan pengalaman seru membaca buku sambil ditemani dengan secangkir kopi. Tentu saja karena keunikannya ini Blanco Coffee & Books menjadi salah satu cafe terfavorit, bukan hanya untuk nongkrong bersama teman tapi juga untuk mengerjakan tugas.

Dekorasinya yang simpel namun rapi dan modern juga membuat Blanco Coffee & Books sangat instagramable. Buat kamu yang ingin berkunjung, cafe ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 01.00 WIB. Untuk lokasinya sendiri berada di Jl. Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta.

9. Makan Minum Jogja

Makan Minum Jogja (sumber: @jogjaku on Instagram)
Makan Minum Jogja (sumber: @jogjaku on Instagram)

Makan Minum Jogja adalah sebuah cafe dengan konsep yang seru dan ceria. Saat masuk ke dalamnya, kamu akan melihat dinding-dinding yang dipenuhi dengan lukisan mural warna-warni. Bukan hanya itu, di cafe ini juga terdapat menu andalan yang dinamakan “mie terbang”.

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan masalah budget saat berkunjung ke cafe ini. Itu karena hampir semua makanan dan minuman di Makan Minum Jogja relatif murah. Lokasi dari cafe ini sendiri terletak di Jl. Taman Siswa No.156, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta.

10. Tempo Gelato

Tempo Gelato (sumber: @tempogelato.real on Instagram)
Tempo Gelato (sumber: @tempogelato.real on Instagram)

Mau makan gelato sambil berfoto ria? Kalau begitu, kamu harus mengunjungi cafe yang satu ini: Tempo Gelato. Di sini kamu bisa berfoto dengan bangunan bergaya Eropa sebagai latar belakangnya. Selain itu, gelato yang dijual di cafe ini juga terkenal enak dengan harga yang relatif terjangkau.

Lokasi dari tempo Gelato sendiri berada di Jl. Prawirotaman No.43, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Untuk waktu bukanya mulai dari pukul 10.00 – 23. 00 setiap hari.

11. Mezzanine Eatery & Coffee

Mezzanine Eatery & Coffee (sumber: @timtiga_arsitek on Instagram)
Mezzanine Eatery & Coffee (sumber: @timtiga_arsitek on Instagram)

Cafe di Jogja hits yang satu ini mempunyai desain yang sangat estetik dan mencolok. Itu karena sebagian besar bangunan cafenya terbuat dari kaca. Meski begitu, kamu tidak akan merasa kepanasan saat berada di dalamnya karena di sana terdapat banyak pepohonan yang membuat suasana menjadi asri.

Makanan yang disajikan di Mezzanine Eatery & Coffee ini kebanyakan bergaya western, namun dari segi harga masih bisa dibilang terjangkau. Kamu bisa berkunjung ke cafe ini pada hari Selasa sampai Minggu daril 09.00 – 23.00 dan hari Senin pada 15.00 – 23.00.

12. Legend Coffee Jogja

Legend Coffee Jogja (sumber: @kulinerjogya on Instagram)
Legend Coffee Jogja (sumber: @kulinerjogya on Instagram)

Legend Coffee Jogja mengusung tema klasik yang elegan. Dengan bangunan bergaya Eropa yang cukup luas, kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana sekitar cafe dengan nyaman. Kamu juga bisa memanfaatkan dekorasi dan konsep dari cafe ini untuk menjadi spot berfoto yang instagramable.

Untuk letaknya sendiri, Legend Coffee Jogja berada di Jl. Abu Bakar Ali No.24-26, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta dan buka setiap hari dari pukul 09.00 – 00.00.

13. Saorsa Kopi

Saorsa Kopi (sumber: @loronghomestay on Instagram)
Saorsa Kopi (sumber: @loronghomestay on Instagram)

Nama cafe di Jogja yang satu ini berasal dari bahasa Skotlandia yang berarti “kebebasan”. Sesuai nama tersebut, Saorsa Kopi memberi kebebasan bagi para pengunjungnya untuk memilih tempat yang paling sesuai. Itu karena cafe ini sudah menyediakan ruangan dengan konsep yang berbeda, mulai indoor, outdoor, hingga semi outdoor.

Selain itu, cafe ini juga mempunyai desain yang mengagumkan dan pastinya dijamin instagramable. Berlokasi di Jl. Nitiprayan No.RT 01, Tegal Kenanga, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Bantul, Saorsa Kopi buka dari pukul 10.00 – 00.00.

14. Lantai Bumi

Lantai Bumi (sumber: @restuanjar on Instagram)
Lantai Bumi (sumber: @restuanjar on Instagram)

Cafe di Jogja yang unik berikutnya adalah Lantai Bumi. Ketika berkunjung ke cafe ini, kamu akan merasakan nuansa yang sedikit antik namun tetap cozy. Ada juga ruangan khusus untuk rapat yang bisa menampung hingga sepuluh orang.

Untuk makanan, Lantai Bumi menyajikan berbagai menu dengan harga yang terbilang relatif murah. Lokasi dari cafe ini sendiri terletak di Pogung Baru C28, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman.

15. Bong Kopitown

Bong Kopitown (sumber: @travelokaeats on Instagram)
Bong Kopitown (sumber: @travelokaeats on Instagram)

Bong Kopitown adalah cafe di Jogja yang unik dan banyak menarik perhatian masyarakat. Itu karena, cafe ini memiliki desain tempat yang sangat tidak biasa, yaitu desain menyerupai penjara atau bong. Ada banyak properti seperti jeruji besi yang akan membuat pengunjung akan merasa bahwa mereka benar-benar sedang berada dalam sebuah penjara.

Dengan konsep yang bold ini tentu saja membuat Bong Kopitown masuk ke dalam list cafe-cafe ter-instagramable di Jogja. Jika kamu penasaran, kamu bisa pergi ke Jl. Sagan Kidul No.4, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

16. Tujuan Cafe

Tujuan Cafe (sumber: @ceinclara on Instagram)
Tujuan Cafe (sumber: @ceinclara on Instagram)

Jika kamu mencari tempat yang cocok untuk bersantai dengan interior kece dan estetik, maka Tujuan Cafe adalah jawaban yang tepat. Interior dari cafe ini didominasi dengan warna-warna pastel yang tetap mencolok dan indah. Tak heran jika setiap sudut dari cafe ini akan terlihat bagus di foto. Tujuan Cafe berlokasi di Tirtodipuran St No.17C, Kec. Mantrijeron dan buka dari Selasa hingga Minggu mulai pukul 11.00 – 21.00.

17. Indische Koffie Benteng Vredeburg

Indische Koffie Benteng Vredeburg (sumber: @soldatz_kaiser on Instagram)
Indische Koffie Benteng Vredeburg (sumber: @soldatz_kaiser on Instagram)

Cafe yang satu ini berlokasi di dalam Benteng Vredeburg. Bukan hanya menawarkan tempat untuk bersantai dan menikmati makanan, Indische Koffie Benteng Vredeburg juga mengajak para pengunjungnya untuk belajar mengenai sejarah pada masa penjajahan. Yang lebih menariknya lagi, di cafe ini kamu juga bisa memesan berbagai makanan khas Belanda. 

Semua cafe di Jogja yang sudah disebutkan di atas mempunyai keunikan dan ciri khasnya tersendiri sehingga sayang sekali jika kamu melewatkan salah satunya. Pastikan juga kamu mengabadikan setiap momen saat berkunjung dan nongkrong di sana bersama teman-temanmu. Jadi, ayo segera tentukan cafe mana dulu yang akan kamu kunjungi!

Baca juga: 20 Tempat Makan di Pekalongan Terkenal Bikin Ketagihan

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ada yang Buka 24 Jam! Inilah 17 Rekomendasi Cafe di Jogja

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]