1. Tempat Makan

Mie Ayam Afui Palembang, Sekali Makan Kenyang 7 Turunan

Nama Mie Ayam Afui Jogja mungkin sudah tidak asing untuk kamu yang tinggal di Yogyakarta. Mie ayam satu ini memang cukup terkenal terutama di kalangan anak-anak kuliah. Kira-kira kenapa mie ayam satu ini terkenal dan apa yang membuatnya berbeda dari mie ayam lainnya? Yuk, ikuti Kuliner Kota membahas mie ayam sahabat mahasiswa ini!

Mie Ayam Afui, Mie Ayam khas Palembang Porsi Melimpah

Secara umum, memang kedai ini menyediakan mie ayam sebagai menu utamanya. Namun, Mie Ayam Afui mempunyai keunikannya sendiri jika dibandingkan mie ayam lainnya yang ada di Yogyakarta. Mie ayam umumnya memiliki rasa yang manis dengan ukuran mie yang besar. 

Hal ini berbeda dengan yang ada di Mie Ayam Afui, kedai ini menyediakan mie ayam khas Palembang yang cenderung lebih kecil dan memiliki rasa yang lebih gurih. Selain itu, mie ayam khas Palembang ini juga mendapat tambahan topping pangsit basah.

Mie ayam yang disediakan tidak begitu berbeda dengan sajian mie ayam chinese-style, yaitu kuah terpisah, mie yang lebih tipis, kecil, berminyak, serta diberi taburan ayam kering. Sebenarnya mie ayam ini adalah salah satu legenda mie ayam di Yogyakarta karena sudah berdiri sejak tahun 2010. 

Nama Mie Ayam Afui mulai terkenal sejak viral di TikTok karena porsinya yang besar. Selain pilihan porsinya yang beragam mulai dari yang manusiawi sampai porsi monster, harga mie ayam yang disediakan juga cukup terjangkau. 

Afui juga menyediakan Mie Afui versi goreng jika kamu tidak suka mie rebus. Ditambah lagi, makanan pelengkap yang tidak kalah menarik seperti pangsit goreng, otak-otak bakar, acar, dan bakso goreng yang terbuat dari kulit tenggiri.

Pada awalnya, pelanggan yang sering datang adalah para mahasiswa atau anak-anak kost. Tentu saja, harga yang murah dengan porsi yang banyak sangat menguntungkan kantong anak kost. Seiring berjalannya waktu, pelanggan yang datang semakin beragam mulai dari yang berjalan kaki, menggunakan motor, sampai yang menggunakan mobil. Oleh karena itu, mie ayam satu ini selalu ramai dan sudah membuka cabang.

Mie Ayam Afui buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 18.00. Kamu perlu datang awal jika ingin menikmati mie ayam khas Palembang ini karena banyak sekali peminatnya dan sering habis bahkan sebelum tutup. Jadi, jangan sampai kehabisan.

Harga Menu Mie Ayam Afui 

MakananHargaMinumanHarga
Mie Ayam BiasaRp8.000Es Teh/ HangatRp2.000
Mie Ayam PangsitRp9.000Teh TawarRp1.000
Mie Ayam BaksoRp10.000Air MineralRp3.000
Mie Ayam KomplitRp11.000Es JerukRp3.000
Mini JumboRp10.000Air EsRp1.000
Mini Jumbo PangsitRp11.000Makanan PelengkapHarga
Mini Jumbo BaksoRp12.000Bakso GorengRp1.000
Mini Jumbo KomplitRp13.000Pangsit 1 Porsi Rp6.000
Jumbo BiasaRp12.000Tekwan 1 PorsiRp9.000
Jumbo PangsitRp13.000Tofu 1 PorsiRp8.000
Jumbo BaksoRp14.000Bakso KulitRp10.000
Jumbo KomplitRp15.000Pangsit GorengRp3.000
Super BiasaRp14.000
Super PangsitRp15.000
Super BaksoRp16.000
Super KomplitRp17.000
Mie MonsterRp25.000
Kwetiau AyamRp10.000
Kwetiau GorengRp13.000
Kwetiau PangsitRp11.000
Kwetiau BaksoRp12.000
Kwetiau KomplitRp14.000
Biasa GorengRp10.000
Mini GorengRp13.000
Jumbo GorengRp16.000

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hal menarik dari Mie Ayam Afui ini adalah varian porsi yang dapat dipesan. Kamu dapat memilih mulai dari porsi biasa, mini jumbo, jumbo, super, sampai monster. Selain itu, tersedia juga kwetiau dan mie goreng untuk melengkapi menu mie yang tersedia. 

Menu yang paling mahal adalah Mie Monster. Menu Mie Monster ini biasanya hanya dimakan satu orang dan tersedia di cabang utama. Menu satu ini adalah daya tarik tersendiri bagi mereka yang suka tantangan, karena porsinya yang sangat besar harus dihabiskan oleh satu orang saja. Tenang saja, jika kamu tidak kuat menghabiskannya, kamu dapat membungkusnya untuk dibawa pulang.

Lokasi Mie Ayam Afui Jogja

Lokasi Mie Ayam Afui (sumber: @kulinerjogya on Instagram)
Lokasi Mie Ayam Afui (sumber: @kulinerjogya on Instagram)

Saat ini, Mie Afui sudah memiliki 5 cabang di seluruh Yogyakarta dan 1 cabang di Semarang yang baru dibuka pada tanggal 14 Juli 2022. Pusat kedai mie ayam ini berada di Jalan Tambak Bayan, TB VI No. 11, Janti, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Berikut adalah beberapa lokasi cabangnya:

  • Cabang UAD
  • Cabang Jakal KM 11
  • Cabang Jakal KM 4,5
  • Cabang Depan Kids Fun Galeria Mall
  • Cabang Undip Tembalang, Semarang 

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba Mie Ayam Afui atau mencoba tantangan dengan memesan menu Mie Monster yang tersedia? Mie ayam satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin makan murah tapi dengan porsi yang banyak. Jika di lebih-lebihkan, sekali makan mie ayam ini maka kamu akan kenyang selama 7 turunan. Semoga penjelasan kali ini menambah referensi tempat makan kamu di Yogyakarta!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mie Ayam Afui Palembang, Sekali Makan Kenyang 7 Turunan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending