1. Kuliner

Tahu Gejrot Bang Jack, Jajanan yang Viral dan Fenomenal

Olahan kuliner berbahan dasar tahu memang kerap kali menjadi favorit masyarakat dari berbagai kalangan karena selain rasanya yang enak, harganya juga ramah di kantong. Sama halnya dengan kuliner khas Cirebon yang akan diulas kali ini, yaitu tahu gejrot. Namanya yang unik seringkali membuat orang-orang tertarik untuk mencobanya. Yang lagi viral akhir-akhir ini, salah satunya adalah tahu gejrot Bang Jack.

Tahu gejrot Bang Jack merupakan tahu gejrot yang populer dan viral di daerah Kebayoran Lama. Sebenarnya, apa sih, yang membuatnya begitu populer laris manis di kalangan masyarakat? Berapa harga tahu gejrot Bang Jack satu porsinya? Simak ulasan lengkapnya harga di Kuliner Kota!

Apa itu Tahu Gejrot?

Daftar Isi

Tahu gejrot adalah kuliner khas Cirebon yang menggunakan tahu sumedang goreng sebagai bahan dasarnya. Disebut tahu gejrot karena kuliner ini disajikan dengan saus atau air gula merah, bawang-bawangan, serta beberapa rempah lainnya keatas tahu yang telah dipotong-potong sehingga seolah-olah menimbulkan bunyi ‘jrot-jrot’. Inilah awal mula penyebutan tahu gejrot.

Kuliner tahu gejrot dapat ditemukan di pedagang kaki lima atau rumahan.Tahu gejrot bisa disajikan di gelas cup dan dimakan dengan tusuk sate maupun di sajikan di layah atau piring. Rasanya yang sedikit asam, pedas, dan gurih membuat kuliner ini banyak digemari masyarakat.

Jajanan khas ini dikategorikan sebagai jajanan bercita rasa pedas karena pada saus atau airnya menggunakan irisan cabai rawit yang menggugah selera. Jangan khawatir bagi kamu yang tidak suka dengan rasa pedas. Kamu bisa menuangkan sausnya sedikit saja atau meminta cabai yang tidak terlalu banyak supaya rasa pedasnya tidak terlalu dominan.

Sejarah Tahu Gejrot Bang Jack

Tahu Gejrot Bang Jack (sumber: @kulinerjabodetabek on Instagram)
Tahu Gejrot Bang Jack (sumber: @kulinerjabodetabek on Instagram)

Tahu gejrot Bang Jack yang begitu fenomenal tentu tak luput dari sejarahnya yang unik. Bila kamu mempertanyakan apakah nama asli beliau adalah Bang Jack, jawaban singkatnya adalah tidak. Penamaan ini bermula ketika beliau tengah berjualan di Stadion Gelora Bung Karno, saat tim Persija Jakarta tanding melawan Semen Padang, ada salah seorang Jakmania yang memanggilnya untuk membeli tahu gejrot dengan sebutan “Jack, Jack! Tahu gejrot, Jack!”. Beliau yang saat itu belum memberikan tahu gejrotnya nama yang spesifik akhirnya terinspirasi dari kejadian tersebut. 

Alamat Tahu Gejrot Bang Jack

Salah satu alasan mengapa tahu gejrot Bang Jack selalu ludes diburu pelanggan karena bumbu nampolnya yang khas Cirebon dan harganya yang murah meriah. Meski bukan orang asli Cirebon, bang Jack telah menghabiskan waktu cukup lama untuk meracik bumbu tahu Gejrot khas Cirebon agar memiliki citarasa yang nampol di lidah. 

Alasan lain dibalik populernya kuliner ini karena harganya yang murah meriah dan cukup mengenyangkan. Bagaimana tidak, berapapun request cabe yang diminta, harganya tidak berubah! Padahal, harga cabai selalu naik turun di setiap waktu. 

Bila kamu adalah pecinta pedas yang menyukai tantangan, kamu bisa memesan tahu gejrot Bang Jack ini dan request untuk diberi cabe yang lebih banyak karena bumbu diracik langsung setelah memesan. Bahkan, salah satu yang populer disini adalah tahu gejrot dengan cabe 200! Waduh, nggak kebayang, ya, kondisi perutnya setelah itu seperti apa. 

Tahu gejrot Bang jack yang viral ini berlokasi di Jl. Raya Kebayoran Lama, Grogol Selatan, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tak perlu bingung ketika mencarinya. Bang Jack biasa berjualan di depan SPBU dengan gerobak dan tendanya. Lagipula dari antriannya, pun, pelanggan pasti langsung bisa menemukannya. Tahu gejrot Bang jack buka di siang hari sampai menjelang dini hari, yaitu mulai pukul 13.00-23.00 WIB.

Daftar Menu dan Harga Tahu Gejrot Bang Jack

Harga Tahu Gejrot Bang Jack (sumber: @kulinerjabodetabek on Instagram)
Harga Tahu Gejrot Bang Jack (sumber: @kulinerjabodetabek on Instagram)

Harga tahu gejrot Bang Jack satu porsinya mulai dari 10.000 rupiah saja. Murah sekali bukan. Belum lagi es kebonya yang hanya dibanderol sekitar 2.000 rupiah. Meski dalam beberapa level harganya tetap, ketika order online dari beberapa aplikasi yang berbeda, tetap terdapat perbedaan harga. Tak hanya es kebo, air mineral dan teh kemasan juga tersedia bagi kamu yang ingin makan di tempat.

Itulah ulasan ringkas dan lengkap tentang tahu gejrot Bang Jack yang fenomenal. Bagaimana, sudah semakin tertarik untuk mencicipi kuliner khas Cirebon yang satu ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tahu Gejrot Bang Jack, Jajanan yang Viral dan Fenomenal

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]