Lisa Novitasari culinary enthusiast

10 Makanan Khas Bekasi yang Enak, Menarik & Wajib Dicoba

3 min read

Sop Janda Bekasi

Jalan-jalan ke Kota Bekasi, ada banyak spot yang bisa dinikmati. Ragam destinasi wisata menarik tersebar di penjuru kota, mulai dari tempat wisata yang hits sampai tempat wisata keluarga, ada disini. Tidak hanya itu, Bekasi juga punya ragam kuliner lokal yang istimewa. Kelezatan makanan, jajanan tradisional, sampai minuman khasnya pasti bikin kamu ketagihan. Bingung mau kulineran dimulai dari mana? Berikut ini adalah 10 makanan khas Bekasi rekomendasi dari Kuliner Kota yang mesti kamu coba. 

1. Bir Pletok

Sekilas mendengar namanya, kamu mungkin berpikir Bir Pletok punya kandungan alkohol. Tapi jangan salah. Minuman satu ini justru lebih mirip jamu daripada bir yang mengandung alkohol. Ini karena Bir Pletok memiliki khasiat yang tinggi layaknya jamu. Bahan dasar pembuatan Bir Pletok adalah rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, kayu secang dan bahan lainnya. 

Bir Pletok Bekasi
Bir Pletok, Foto oleh Resep Gulaku Com

Minuman ini dipercaya memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah, menghangatkan badan serta mencegah masuk angin lho! Disebut bir, asalnya dari kata bahasa Arab bi’r yang artinya sumur atau sumber air. Kabarnya, orang zaman dulu terbiasa menyimpan minuman satu ini di dalam selongsong bambu kemudian diberi es batu. Adanya es batu ini membuat selongsong bambu berbunyi pletok-pletok saat tergoyang-goyang. Oleh karena itu dinamailah Bir Pletok. Unik, ya!

2. Kue Rangi 

Kue Rangi Bekasi
Kue Rangi, Foto oleh Keluyuran Com

Kalau makanan khas Bekasi yang ini termasuk makanan tradisional. Kue Rangi terbuat dari adonan tepung kanji dan parutan kelapa. Kemudian dimasak memakai cetakan khusus yang bentuknya mirip cetakan kue pukis, tapi lebih kecil dan dangkal. Setelah matang, Kue Rangi diberi taburan gula merah di atasnya. Aroma wangi dan rasanya yang didominasi manis gurih, cocok disantap ketika saat masih panas. 

3. Sop Janda

Makanan khas Bekasi berikutnya yang pas dijadikan menu makan siang adalah Sop Janda. Kata Janda sendiri sebenarnya adalah akronim dari Jawa-Sunda. Jadi bukan berarti yang menjual sopnya adalah seorang janda, ya…

Sop Janda Bekasi
Sop Janda, Foto oleh Qraved Com

Apabila kamu adalah penyuka kuliner pedas, cobalah untuk mencicipi makanan khas Bekasi satu ini. Terbuat dari daging sapi, biasanya diambil dagingnya, tulangnya atau bagian iganya. Sop Janda kemudian disiram dengan kuah gurih berbumbu rempah-rempah. Yang bikin istimewa, ditambahkan juga cabai ijo segar supaya makin nikmat. Soal rasa jangan ditanya. Dijamin akan membuat kamu melek dan ketagihan. Kalau kamu tertarik mencoba nikmatnya Sop Janda, mampir ke tempat makan Sop Janda Mama Idah atau Sop Janda Bu Darmi bisa jadi pilihan.

4. Kembang Goyang

Setelah puas makan besar, sekarang waktunya cicipi jajanan khas Bekasi. Namanya kue Kembang Goyang. Camilan ini juga termasuk kuliner tradisional. Apalagi ketika momen lebaran, kamu pasti akan dengan mudah menemuinya. Bentuknya seperti kelopak bunga, dengan tekstur renyah dan rasa yang gurih. 

Kembang Goyang Bekasi
Kembang Goyang, Foto oleh Keluyuran Com

Dinamakan Kembang Goyang karena pada saat digoreng, cetakannya harus digoyang-goyang agar kue bisa terlepas. Penasaran mencicipinya? Kamu bisa membelinya di berbagai pasar tradisional sampai pusat oleh-oleh Bekasi.

5. Sagon 

Kamu mungkin sudah familiar dengan kuliner bekasi berikut ini. Yap! Sagon merupakan jajanan khas Bekasi, terbuat dari tepung beras ketan yang disangrai terlebih dahulu. Kemudian dicampur dengan kelapa parut. Bentuknya bermacam-macam, ada yang persegi panjang, ada juga yang bulat pipih.

Sagon Bekasi
Sagon, Foto oleh Cara Membuat Saja Blogspot Com

Cita rasa gurih dan khas dari kelapa, cocok sebagai teman ngobrol kamu bersama teman atau keluarga, dengan secangkir kopi atau teh hangat. Jika kamu tertarik mencoba nikmatnya Sagon, maka pergi ke Roti Sagon Monas Veny Bakery Bekasi bisa jadi pilihannya. Harganya cukup Rp15.000/pack.

6. Kue Telur Gabus

Makanan khas Bekasi ini terkenal dengan rasanya yang didominasi gurih asin dan teksturnya yang empuk seperti gabus. Karena itulah dinamakan Kue Telur Gabus. Bahan utama pembuatan kue ini adalah tepung tapioka dan telor kemudian dipilin-pilin dengan tangan hingga membentuk seperti silinder panjang dan digoreng.

Kue Gabus Telur Bekasi
Kue Telur Gabus, Foto oleh Bekasi Pedia Com

Warna kue ini putih agak kekuningan. Selain punya rasa gurih, Kue Telor Gabus sekarang memiliki banyak variasi rasa, seperti keju dan manis. Nah, Kue Telur Gabus juga cocok untuk dijadikan buah tangan lho! Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di pusat oleh-oleh Bekasi.

7. Jalabia 

Bagi kamu penyuka jajanan basah, mesti coba kuliner Bekasi yaitu Jalabia. Sekilas, kuliner ini bentuknya mirip seperti donat, tapi Jalabia punya tekstur yang lebih basah dan lengket. Warnanya hitam, tapi meski begitu rasanya sangat manis. 

Jalabia Bekasi
Jalabia, Foto oleh Cara Membuat Kue Paling Enak Blogspot Com

Warnanya hitam karena bahan dasar pembuatannya adalah ketan hitam yang dicampur dengan tepung beras, kelapa, santan dan gula merah. Kue Jalabia paling enak disantap di sore hari sambil menyeruput teh hangat. Jika tertarik mencoba Kue Jalabia, kamu bisa membelinya di Jalabia Q atau Jalabia Po Murnie dengan harga Rp2.000/biji.

8. Bandeng Rorod

Sajian makanan khas Bekasi yang juga ikon kuliner lokal berikutnya adalah Bandeng Rorod. Kalau kamu pernah makan Bandeng Presto yang durinya lunak, maka Bandeng Rorod ini adalah olahan ikan bandeng tanpa duri. 

Bandeng Rorod Bekasi
Bandeng Rorod, Foto oleh Good Times Id

Ikan bandeng yang masih segar, dipisahkan daging dan tulangnya dengan cara ditarik, dalam bahasa betawi istilahnya di rorod. Kemudian daging yang sudah bersih ini diolah bersama bumbu-bumbu khusus lantas dimasak dengan cara dikukus. Selain lezat, Bandeng Rorod juga menyehatkan lho! Selain itu, Bandeng Rorod juga bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Kamu bisa membelinya di Jalan Maluku Raya Blok C1 Nomor 5, Perumnas 3 Bekasi Timur, Aren Jaya, Bekasi Timur.

9. Kue Duit 

Kue Duit Bekasi
Kue Duit, Foto oleh Go Travelly Com

Meski namanya Kue Duit, jangan dikira makanan khas Bekasi ini berbahan dasar kepingan duit. Dinamakan Kue Duit karena wujudnya yang mirip seperti kepingan uang logam. Warnanya putih hampir kekuningan. Memiliki tekstur tipis dan renyah yang didominasi rasa gurih serta manis. Bahan dasar pembuatan Kue Duit meliputi tepung, gula dan telur. Adonan ini kemudian dibentuk bulat tipis, lalu digoreng dalam minyak panas. Untuk mendapatkan Kue Duit, kamu bisa membelinya di Toko Kue Dennis Cake atau Butri Cake & Bakery.

10. Es Durian Patal

Es Durian Patal Bekasi
Es Durian Patal, Foto oleh My Eat And Travel Story WordPress Com

Puas mengisi perut dengan ragam makanan besar dan jajanan lokal? Nah, sekarang waktunya berburu minuman yang segar-segar. Olahan satu ini berupa es krim durian dengan topping keju, coklat, hingga kacang. Kalau kamu mau cicipi rasa originalnya tanpa topping, boleh juga, lho! Tekstur lembut, rasa duriannya yang khas, disertai kesegaran es, dijamin akan melengkapi hasrat kulineran kamu di Bekasi.  

Kulineran di Bekasi wajib hukumnya bagi para travellers. Ragam kelezatan kuliner Bekasi akan membuat lawatan kamu kali ini makin berkesan.  Sekarang saatnya memutuskan makanan mana dulu yang ingin dicicipi bersama teman dan keluarga. Jangan lupa untuk mengabadikan momen seru kulineran kalian, ya sobat Kuliner Kota. Selamat mencoba!

Last Updated on November 19, 2020

Lisa Novitasari
Lisa Novitasari culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *