7 Kuliner Malam Makassar Yang Nikmat Untuk Disantap

Rumah Makan Nelayan
Tidak perlu resah lapar saat malam, karena 7 kuliner makassar ini akan menemani santap malam kamu saat berlibur di Kota Daeng.
Daftar isi

Sebagai salah satu kota metropolitan di Sulawesi, Makassar punya banyak potensi keindahan yang memanjakan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai dari keindahan tempat-tempat wisatanya sampai kelezatan kuliner lokal yang menggugah selera. Kota Daeng terkenal dengan ciri khas kulinernya yang kebanyakan berbahan dasar daging-dagingan. Tapi siapa bilang kulineran di Kota Makassar cuma bisa dilakukan pagi atau siang hari? Malam hari juga jadi waktu yang asik untuk mengeksplor kelezatan makanan khas Makassar. Kali ini Kuliner Kota akan mengulas 7 kuliner malam Makassar yang bisa jadi referensi makan malam kamu. Berikut informasi lengkapnya.

1. Sop Saudara

Kulineran malam paling cocok dimulai dengan makanan khas Makassar yang hangat-hangat. Ada satu tempat kuliner malam Makassar yang legendaris dan terkenal dengan cita rasa hidangannya yang nikmat. Sop Saudara namanya, terletak di Jalan Irian, Pattunuang, Wajo, Kota Makassar. Letaknya yang strategis membuat tempat ini selalu ramai pengunjung. 

Soto Saudara
Sop SaudaraFoto oleh The Jakarta Post Com

Menu utama di sini adalah sop daging dicampur dengan perkedel kentang, bihun, kemudian disiram dengan kuah kaldu yang masih panas. Bukan cuma itu, kamu juga bisa memilih sendiri campuran isian dagingnya dengan hati, babat, kikil, atau paru. Selain sop daging, ada juga menu sop konro yang bisa kamu cicipi. Seporsi nasi dengan sop dibanderol seharga Rp30.000. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan sambal agar rasanya semakin yummy!

2. Coto Gagak

Coto Gagak Makassar
Coto Gagak, Foto oleh Kumparan Com

Resah diserang rasa lapar malam hari? Jangan khawatir. Cobalah datang ke Coto Gagak. Dinamakan Coto Gagak karena lokasinya yang ada di Jalan Gagak 27, Makassar. Aroma gurih kuah coto yang dimasak menggunakan kuali dijamin akan makin menggugah selera makan kamu. Dalam satu mangkuk coto, berisi irisan daging dan jeroan sapi, disiram dengan kuah gurih yang masih panas. Ditemani buras atau ketupat, acara makam malam di Makassar kamu akan makin tak terlupakan. 

Baca Juga:  8 Kuliner Malam Jakarta yang Murah dan Wajib Dicoba

3. Rumah Makan Nelayan

Rumah Makan Nelayan
Restoran Nelayan Malang, foto oleh medanlook blogspot com

Sebagai kota yang terletak di daerah pesisir, Makassar juga terkenal dengan sajian seafoodnya. Ada banyak rumah makan tersebar di sini yang punya menu andalan seafood, tapi ada satu tempat yang cukup terkenal. Rumah Makan Nelayan terletak di Jalan Ali Malaka 25, Kota Makassar. Apalagi jika kamu adalah penyuka makanan pedas, cobalah untuk mencicipi ikan bakar rica-rica dengan bumbu yang super lezat. Ada juga menu ikan goreng rica-rica dan sup ikan woku yang bercita rasa asam dan pedas. Rumah Makan Nelayan buka setiap hari mulai pukul 10.30 pagi sampai pukul 10 malam. Jadi, cocok bukan sebagai tempat kuliner malam Makassar kamu saat berada di kota Daeng?

Artikel Terkait

4. Makassar Coffee House

Makassar Coffee House
Makassar Coffee House, Foto oleh Blog Airy Rooms Com

Setelah puas kuliner malam Makassar yang berat-berat, sekarang waktunya pindah ke minuman yang hangat-hangat. Ada satu tempat ngopi di Makassar yang legendaris, namanya Makassar Coffee House. Kalau kamu hobi nongkrong bareng teman-teman, tempat ini bisa jadi alternatif yang recommended. Lokasinya di Jalan Tupai 67 Mamajang Dalam, Tamalate, Kota Makassar.  Di sini kamu bisa menikmati beragam sajian kopi seperti espresso, cappucino, americano, dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apalagi? Segera agendakan jadwal pergi ke sini bersama teman-teman.

Baca Juga:  6 Kuliner Malam Cirebon Lezat dan Bikin Nambah Terus

5. Seafood Apong

Seafood Apong
Wajir Seafood medan, foto oleh makanmama net

Masih seputar seafood, satu lagi tempat kuliner malam Makassar yang harus kamu datangi adalah Seafood Apong. Terletak di Jalan Boulevard 52 Makassar, lokasi Seafood Apong ini dekat dengan pusat kuliner Makassar sehingga mudah ditemukan. Di sini kamu akan dimanjakan dengan menu makanan khas Makassar berupa seafood yang beragam, seperti ikan napoleon, ikan mahi-mahi, kakap merah dan putih, kepiting dan cumi-cumi. Kamu bisa memilih sajian tersebut dimasak dengan cara dibakar atau digoreng, berbumbu rica-rica, asam manis, atau saus padang. Semua makanannya cocok untuk menjadi menu kuliner malam kamu hari ini. Tertarik kulineran mencicipi makan malam Makassar di tempat ini

6. Songkolo Bagadang Alhamdulillah

Mendengar namanya mungkin terasa unik di telinga, tapi bukan cuma namanya, kuliner malam Makassar satu ini juga unik dan tidak kalah enaknya. Warung Songkolo Bagadang Alhamdulillah, menyajikan makanan khas Makassar yaitu Songkolo atau Sokko. Songkolo merupakan hidangan yang terbuat dari nasi ketan, bisa memakai ketan hitam atau putih. Kemudian di atasnya diberi taburan serundeng, ikan teri yang digoreng kering, sambal dan telur asin. 

Songkolo Begadang Alhamdulillah
Songkolo Begadang Alhamdulillah, Foto oleh Adilenerz Com

Berlokasi di Jalan Pannara Nomor 19, Antang, Kota Makassar, sajian Songkolo di sini dibanderol mulai Rp10.000. Kamu tidak perlu khawatir apabila dilanda rasa lapar pada tengah malam karena tempat makan ini buka 24 jam setiap harinya. 

Baca Juga:  12 Tempat Untuk Kuliner Malam Medan Paling Populer

7. Warung Nasi Kuning Begadang Hj. Teo Wasfah Latifah 

Siapa bilang nasi kuning cuma bisa jadi menu sarapan? Untuk mengatasi rasa lapar malam ini, tidak ada salahnya mencoba kuliner malam Makassar nasi kuning. Di Makassar ada banyak penjual nasi kuning yang buka 24 jam, lho!. Salah satunya Warung Nasi Kuning Begadang Hj. Teo Wasfah Latifah ini. Terletak di  Jalan Maccini Raya No.217, Sinrijala, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, nasi kuning di tempat ini menawarkan cita rasa gurih dan lezat. Aroma wangi dan warna kuning alami khas nasi kuning sangat menggugah selera. 

Warung nasi kuning begadang
Warung Nasi kuning Begadang Hj Teo Wasfah Latifah, Foto oleh Traveloka Com

Di sini, kamu akan dimanjakan dengan sajian makanan khas Makassar yaitu nasi kuning berbagai macam topping, ada ayam goreng, paru goreng, semur daging, ikan balado, dan telur rebus. Selain itu, ditambahkan juga kuah kaldu yang disajikan secara terpisah. Kuah kaldu yang didominasi rasa gurih, manis dan asam memberikan sensasi segar begitu disantap. Harga yang dibanderol pun juga terjangkau, mulai Rp10.000 sampai Rp15.000 saja. 

Singgah di Makassar kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner malamnya. Kota yang terletak di daerah pesisir ini punya segudang tempat makan malam yang patut dikunjungi. Kulineran bersama teman-teman atau keluarga bisa jadi pilihan menarik untuk menghabiskan malam di kota ini.  Dijamin deh liburan kamu kali ini akan jadi momen manis yang tak terlupakan. Jadi, mau malam malam Makassar dimana dulu hari ini?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Comments 1

  1. Syaifudin says:

    Menu kepiting di seafood apong emang mantep banget
    thanks rekomendasinya……

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *