1. Tempat Makan

9 Tempat Makan di Balikpapan yang Enak & Legendaris

Kota Balikpapan merupakan salah satu magnet wisata kuliner di Kalimantan. Apalagi selepas puas berkeliling menikmati tempat-tempat rekreasi, berwisata kuliner menjadi acara selanjutnya yang tak kalah seru. Meski terkenal dengan sajian seafood andalannya yaitu kepiting, tapi kota ini masih punya segudang kekayaan kuliner lezat yang wajib dieksplor. Banyak deretan tempat makan yang siap mengatasi perut keroncongan. Lantas apa saja tempat makan di Balikpapan legendaris yang mesti dikunjungi? Berikut ini Kuliner Kota telah merangkumnya khusus untuk kamu.

1. Dandito Balikpapan

Mau langsung coba kuliner andalan kota ini? Apalagi kalau bukan kepiting. Yuk meluncur ke Restoran Dandito Balikpapan. Di sini kamu akan dimanjakan dengan olahan kepiting berbagai saus yang bisa kamu pilih sendiri. Tidak cuma itu, kamu juga diperbolehkan untuk memilih jenis kepitingnya sendiri, mau kepiting biasa atau kepiting bertelur. Jangan kaget karena seafood yang ada di sini ukurannya besar-besar. Selain kepiting, ada juga pilihan menu lain seperti ikan, cumi dan udang.

Dandito Balikpapan
Dandito BalikpapanFoto oleh Google Com

Tempat makan di Balikpapan yang berlokasi di Jalan Marsma R. Iswahyudi Nomor 70 ini terkenal dengan cita rasa sajiannya yang enak, bahkan sampai pernah dikunjungi artis-artis ibukota lho! Buat kamu yang ingin membawa pulang kepiting sebagai oleh-oleh, juga bisa. Di sini kepiting akan dikemas sesuai standar sehingga aman dan tidak akan bocor sepanjang perjalanan kamu pulang. Restoran Dandito buka mulai pukul 6 pagi sampai pukul 10 malam.

2. Bubur Ayam Samarinda

Bubur Ayam Samarinda Balikpapan
Bubur Ayam SamarindaFoto oleh Id Open Rice Com

Tempat makan di Balikpapan selanjutnya yang pas dikunjungi sore hari adalah Bubur Ayam Samarinda. Seperti bubur pada umumnya, bubur ayam di sini diberi topping ayam suwir, ati ampela, irisan telur rebus, dan yang membuatnya istimewa adalah siraman kuahnya yang melimpah. Berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani 50, Bubur Ayam Samarinda buka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 9.30 malam. Tertarik mencoba?

3. Rumah Makan Torani

Rumah Makan Torani Balikpapan
Rumah Makan ToraniFoto oleh News Act Id

Masih belum puas makan seafood? Ada satu lagi tempat makan di Balikpapan yang punya sajian kepiting nan lezat. Rumah Makan Torani terletak di Jalan Jenderal Sudirman 73. Tempat ini cocok untuk dijadikan lokasi makan beramai-ramai bersama keluarga. Kamu bisa datang ke sini setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 9 pagi sampai pukul 12 malam.

4. Depot Cendrawasih Balikpapan

Depot Cendrawasih Balikpapan
Depot Cendrawasih BalikpapanFoto oleh Id Open Rice Com

Tempat makan di Balikpapan selanjutnya yang terkenal dengan menu andalannya yaitu Soto Banjar dan Es Kacang Merah adalah Depot Cendrawasih. Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya membuat tempat makan ini selalu ramai dikunjungi pelanggan. Sedapnya cita rasa Soto Banjar disambung dengan segarnya Es Kacang Merah cocok dijadikan menu santap siang. Kamu juga bisa membeli Pia Cendrawasih untuk dibawa pulang lho! Beralamat di Jalan Ahmad Yani 46, Depot Cendrawasih buka mulai pukul 8.30 pagi sampai pukul 6 sore saja. Jangan sampai terlewat, ya!

5. Depot Simpang Empat

Depot Simpang Empat Balikpapan
Depot Simpang EmpatFoto oleh Maulana Ideiz Blogspot Com

Bukan cuma punya seafood, kota ini juga punya menu daging-dagingan. Tempat makan di Balikpapan berikutnya yang menyajikan menu olahan daging sapi adalah Depot Simpang Empat. Di sini kamu bisa mencicipi sapi lada hitamnya yang terkenal. Selain itu, ada juga sajian kue khas Balikpapan yaitu Kue Mantau. Kedua menu ini paling pas jika disantap bersamaan. Terletak di Jalan Letjen Soeprapto Nomor 6, Depot Simpang Empat buka di hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 9.30 pagi sampai pukul 2 siang, kemudian buka lagi pukul 5 sore sampai pukul 10 malam.

6. Soto Banjar Kuin Abdhu

Soto Banjar Kuin Abdhu Balikpapan
Soto Banjar Kuin Abdhul, Foto oleh Google Com

Soto Banjar adalah menu yang wajib kamu coba saat bertandang ke Pulau Kalimantan. Di Balikpapan sendiri ada kedai Soto Banjar yang ramai dikunjungi yaitu Soto Banjar Kuin Abdhu. Selepas pukul 6 sore, biasanya adalah puncak keramaian tempat makan ini. Sajian Soto Banjar yang diracik memakai ayam kampung dan telur bebek. Keotentikannya inilah yang membuat cita rasanya khas dan enak. Sebagai teman makan soto, kamu bisa memilih antara ketupat atau nasi. Bukan cuma terkenal dengan Soto Banjarnya, Sate Ayam di tempat ini juga dikenal maknyus. Soto Banjar Kuin Abdhu berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 1, dan buka mulai pukul 10 pagi sampai pukul 10 malam.

7. Kedai Kopi Mantaw Balikpapan

Kedai Kopi Mantaw Balikpapan
Kedai Kopi Mantaw Balikpapan, Foto oleh Idn Times Com

Mau jalan-jalan pagi sekalian cari sarapan? Ada satu tempat makan di Balikpapan yang punya sajian menu sarapan enak. Kedai Kopi Mantaw terletak di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 101. Kedai yang buka mulai pukul 7.30 pagi sampai pukul 3 sore ini menyediakan menu sarapan yang komplit. Ada nasi kuning, lontong banjar, dimsum, dan masih banyak lagi. Menu yang populer tentu saja jajanan khas Balikpapan yaitu Mantau.  Cocok bukan sebagai pilihan menu sarapan kamu?

8. Kedai Kopi Nam Min Balikpapan

Kedai Kopi Nam Min Balikpapan
Kedai Kopi Nam Min BalikpapanFoto oleh Twitter Com

Masih seputar kedai kopi, ada satu lagi tempat makan di Balikpapan yang legendaris yaitu Kedai Kopi Nam Min. Kedai yang telah berdiri sejak 59 tahun lalu ini berdesain interior klasik khas pecinan. Selain menyajikan kopi, kamu juga mesti mencicipi roti bakar selai srikaya, menu favorit di sini. Uniknya, kedai ini memproduksi sendiri roti dan selai srikayanya. Soal harga? Secangkir kopi hanya dibanderol dengan harga Rp7.000 saja, sedangkan roti dihargai Rp10.000. Kedai Kopi Nam Min terletak di Jalan Pandan Sari Nomor 32 dan jam operasionalnya mulai pukul 8 pagi sampai pukul 7 malam.

9. Depot Miki

Kalau kamu mencari tempat makan di Balikpapan yang menyediakan menu sarapan, cobalah datang ke Depot Miki. Depot Miki berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 93, tepatnya di seberang Balikpapan Plaza. Di sini kamu bisa menikmati aneka menu sarapan mulai dari makanan berat seperti nasi kuning, soto banjar, bubur ayam, bakmi ayam, lontong sayur, sampai jajanan lokal seperti cakue, bakpau dan aneka kue basah lainnya.

Depot Miki Balikpapan
Kedai Kopi Nam Min BalikpapanFoto oleh Id Open Rice Com

Menu yang direkomendasikan untuk dicicipi di sini adalah nasi kuningnya. Berbeda dengan nasi kuning di daerah lain yang teksturnya kering, di sini nasi kuningnya agak lengket karena dicampur dengan ketan. Kemudian disajikan dengan topping berupa mie kuning, serundeng, telur, ayam, atau ikan haruan masak merah. Depot Miki beroperasi mulai pukul 7 pagi sampai pukul 3 sore.

Deretan tempat makan di Balikpapan akan menemani wisata kulineran kamu selama berada di kota ini. Bukan hanya punya sajian makanan berat, Balikpapan juga memiliki kue khas lokal yang mesti dicicipi karena tak akan kamu temui di kota lain. Pastinya setelah kulineran, momen liburan dengan keluarga dan teman-teman akan semakin seru. Jadi, sudah memutuskan mau ke mana dulu hari ini?


Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Tempat Makan di Balikpapan yang Enak & Legendaris

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Martabak manis adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak manis biasanya menggunakan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, kacang, dan meses. Jika kamu ingin membuat martabak manis ala rumah, tidak perlu khawatir karena pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan teflon saja. Berikut ini […]
    Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keragaman budaya tersebut juga tercermin dalam kuliner khas Singkawang yang beragam. Singkawang merupakan kota yang kaya akan kuliner khas. Kota ini memiliki beragam makanan khas yang turun temurun oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Berikut iniΒ  5 makanan […]